Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

KOMUNIKASI OLAHRAGA

8920102356

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Catur Supriyanto, M.Kes., Ph.D




Catur Supriyanto, M.Kes., Ph.D




Dr. Heri Wahyudi, S.Or., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

mampu melakukan analisis teoretis tentang hubungan antara anatomi manusia dan implementasi fungsi manusia dalam aktivitas fisik dan olahraga, khususnya dalam bidang kajian ilmu keolahragaan.". (PLO-4)

PLO-6

memiliki keahlian dalam hubungan sosial, humaniora dengan konsep kesehatan dan rekreasi.(PLO-6)

PLO-10

Mampu berfikir kritis, logis, inovatif dan sistematis guna mengembangkan dan mengoptimalisasi potensi dunia usaha dan industri di bidang ilmu keolahragaan. (PLO-10)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menerapkan teori dan prinsip komunikasi dalam konteks kegiatan olahraga dan rekreasi. (C3)

PO - 2

Mahasiswa dapat menganalisis efektivitas strategi komunikasi dalam berbagai situasi olahraga. (C4)

PO - 3

Mahasiswa dapat mengevaluasi dampak komunikasi dalam tim dan antar pemangku kepentingan di bidang olahraga. (C5)

PO - 4

Mahasiswa dapat menciptakan strategi komunikasi inovatif untuk meningkatkan kinerja dan kohesi tim olahraga. (C6)

PO - 5

Mahasiswa dapat menerapkan teknik komunikasi efektif untuk promosi dan manajemen event olahraga. (C3)

PO - 6

Mahasiswa dapat menganalisis peran media dalam mempengaruhi persepsi publik terhadap olahraga. (C4)

PO - 7

Mahasiswa dapat mengevaluasi etika dan hukum yang berlaku dalam komunikasi olahraga. (C5)

PO - 8

Mahasiswa dapat menciptakan konten media yang inovatif dan etis untuk kegiatan olahraga. (C6)

PO - 9

Mahasiswa dapat menerapkan pendekatan komunikasi yang sesuai untuk mengatasi konflik dalam tim olahraga. (C3)

PO - 10

Mahasiswa dapat menganalisis dan mengevaluasi strategi komunikasi dalam pemasaran olahraga. (C4, C5)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6   
PO-7   
PO-8  
PO-9   
PO-10  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Komunikasi Olahraga pada jenjang S1 program studi Ilmu Keolahragaan bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya komunikasi dalam dunia olahraga. Mahasiswa akan mempelajari teori-teori komunikasi yang relevan dengan konteks olahraga, serta penerapannya dalam berbagai situasi seperti media massa, manajemen acara olahraga, dan hubungan antar individu dalam tim olahraga. Ruang lingkup mata kuliah ini mencakup pembelajaran tentang strategi komunikasi efektif, penulisan berita olahraga, presentasi publik, serta analisis kasus-kasus komunikasi dalam dunia olahraga. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik dan dapat diterapkan dalam konteks keolahragaan.

Pustaka

Utama :

  1. Pedersen, P. M., Miloch, K. S., Laucella, P. C. (2007). Strategic Sport Communication. United Kingdom: Human Kinetics.
  2. Routledge Handbook of Sport Communication. (2013). United Kingdom: Routledge.
  3. Hopwood, M., Skinner, J., Kitchin, P. (2012). Sport Public Relations and Communication. Netherlands: Taylor & Francis.
  4. Coombs, W. T., Harker, J. L. (2021). Strategic Sport Communication: Traditional and Transmedia Strategies for a Global Sports Market. United Kingdom: Taylor & Francis.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Made Pramono, S.S., M.Hum.

Catur Supriyanto, S.Pd., M.Kes., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teori dan prinsip komunikasi dalam situasi kegiatan olahraga dan rekreasi secara efektif dan efisien.

  1. teori komunikasi diterapkan dengan tepat
  2. prinsip komunikasi terintegrasi dalam konteks olahraga
  3. kemampuan berkomunikasi dalam kegiatan olahraga terlihat
Kriteria:

Mahasiswa Memberikan respon terhadap pertanyaan yang disampaikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi.
2x50 menit
Diskusi daring tentang penerapan teori komunikasi dalam olahraga
2x50 menit
Materi: Teori Komunikasi, Prinsip Komunikasi dalam Olahraga, Studi Kasus Komunikasi dalam Kegiatan Olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teori dan prinsip komunikasi dalam situasi kegiatan olahraga dan rekreasi secara efektif dan efisien.

  1. teori komunikasi diterapkan dengan tepat
  2. prinsip komunikasi terintegrasi dalam konteks olahraga
  3. kemampuan berkomunikasi dalam kegiatan olahraga terlihat
Kriteria:

Mahasiswa Memberikan respon terhadap pertanyaan yang disampaikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi.
2x50 menit
Diskusi daring tentang penerapan teori komunikasi dalam olahraga
Materi: Teori Komunikasi, Prinsip Komunikasi dalam Olahraga, Studi Kasus Komunikasi dalam Kegiatan Olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis efektivitas strategi komunikasi dalam berbagai situasi olahraga.

  1. analisis strategi komunikasi
  2. penerapan strategi komunikasi
  3. evaluasi efektivitas strategi komunikasi
Kriteria:

Mahasiswa Memberikan respon terhadap pertanyaan yang disampaikan


Bentuk Penilaian :
Tes
video
2 X 50
menulis apa yang tidak tepat
2 X 50
Materi: Teori komunikasi olahraga, Studi kasus strategi komunikasi dalam olahraga, Analisis video strategi komunikasi atlet terkenal
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis efektivitas strategi komunikasi dalam berbagai situasi olahraga.

  1. Analisis strategi komunikasi yang tepat
  2. Evaluasi efektivitas strategi komunikasi
  3. Penerapan konsep komunikasi dalam olahraga
Kriteria:

Mahasiswa Memberikan respon terhadap pertanyaan yang disampaikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
2 X 50
Diskusi daring tentang studi kasus strategi komunikasi dalam olahraga
2 X 50
Materi: Teori komunikasi dalam olahraga, Studi kasus strategi komunikasi dalam olahraga, Evaluasi efektivitas strategi komunikasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis efektivitas strategi komunikasi dalam berbagai situasi olahraga.

  1. analisis strategi komunikasi dalam situasi olahraga tertentu
  2. evaluasi efektivitas strategi komunikasi yang digunakan
  3. menyusun rekomendasi perbaikan strategi komunikasi
Kriteria:
  1. Mahasiswa Memberikan respon terhadap pertanyaan yang disampaikan
  2. Mahasiswa mampu melakukan analisis dengan benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.
2 X 50
Diskusi daring tentang analisis strategi komunikasi dalam olahraga
2 X 50
Materi: Teori Komunikasi dalam Olahraga, Studi Kasus Strategi Komunikasi dalam Olahraga, Analisis Video Komunikasi dalam Olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis efektivitas strategi komunikasi dalam berbagai situasi olahraga.

  1. analisis strategi komunikasi dalam situasi olahraga tertentu
  2. evaluasi efektivitas strategi komunikasi yang digunakan
  3. menyusun rekomendasi perbaikan strategi komunikasi
Kriteria:
  1. Mahasiswa Memberikan respon terhadap pertanyaan yang disampaikan
  2. Mahasiswa mampu melakukan analisis dengan benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.
2 X 50
Diskusi daring tentang analisis strategi komunikasi dalam olahraga
2 X 50
Materi: Teori Komunikasi dalam Olahraga, Studi Kasus Strategi Komunikasi dalam Olahraga, Analisis Video Komunikasi dalam Olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan strategi komunikasi inovatif yang dapat meningkatkan kinerja dan kohesi tim olahraga.

  1. strategi komunikasi inovatif
  2. kinerja tim olahraga
  3. kohesi tim
Kriteria:
  1. Mahasiswa Memberikan respon terhadap pertanyaan yang disampaikan
  2. Mahasiswa mampu melakukan analisis dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Kolaboratif.
2 X 50
Diskusi daring tentang penerapan strategi komunikasi inovatif dalam olahraga
2 X 50
Materi: Teori Komunikasi, Strategi Komunikasi dalam Olahraga, Studi Kasus Tim Olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teknik komunikasi efektif dalam promosi dan manajemen event olahraga.

  1. Penggunaan bahasa yang jelas dan persuasif
  2. Kemampuan menyampaikan informasi dengan menarik
  3. Penerapan strategi komunikasi yang tepat
Kriteria:
  1. Mahasiswa Memberikan respon terhadap pertanyaan yang disampaikan
  2. Mahasiswa mampu melakukan analisis dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran Kolaboratif.
2 X 50
Diskusi daring tentang penerapan strategi komunikasi inovatif dalam olahraga
2 X 50
Materi: Pengertian komunikasi efektif, Strategi komunikasi dalam promosi event olahraga, Teknik komunikasi dalam manajemen event olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik komunikasi efektif untuk promosi dan manajemen event olahraga.

  1. teknik komunikasi efektif
  2. promosi event olahraga
  3. manajemen event olahraga
Kriteria:
  1. Mahasiswa Memberikan respon terhadap pertanyaan yang disampaikan
  2. Mahasiswa mampu melakukan analisis dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi.
2 X 50
Diskusi daring tentang penerapan teknik komunikasi efektif dalam event olahraga
2 X 50
Materi: Pengertian teknik komunikasi efektif, Strategi promosi event olahraga, Manajemen event olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik komunikasi efektif untuk promosi dan manajemen event olahraga.

  1. teknik komunikasi efektif
  2. promosi event olahraga
  3. manajemen event olahraga
Kriteria:
  1. Mahasiswa Memberikan respon terhadap pertanyaan yang disampaikan
  2. Mahasiswa mampu melakukan analisis dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi.
2 X 50
Diskusi daring tentang penerapan teknik komunikasi efektif dalam event olahraga
2 X 50
Materi: Pengertian teknik komunikasi efektif, Strategi promosi event olahraga, Manajemen event olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis secara kritis dan mendalam peran media dalam memengaruhi persepsi publik terhadap olahraga.

analisis peran media dalam mempengaruhi persepsi publik terhadap olahraga

Kriteria:
  1. Mahasiswa Memberikan respon terhadap pertanyaan yang disampaikan
  2. Mahasiswa mampu melakukan analisis dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, studi kasus, presentasi.
2 X 50
Diskusi daring tentang studi kasus pengaruh media terhadap olahraga
2 X 50
Materi: Teori komunikasi massa dalam olahraga, Studi kasus pengaruh media terhadap olahraga, Analisis konten media olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan menerapkan prinsip etika serta hukum yang berlaku dalam komunikasi olahraga, sehingga dapat berkomunikasi secara profesional dan bertanggung jawab dalam dunia olahraga.

  1. Etika dalam komunikasi olahraga
  2. Penerapan hukum dalam konteks komunikasi olahraga
  3. Analisis studi kasus terkait etika dan hukum
Kriteria:
  1. Mahasiswa Memberikan respon terhadap pertanyaan yang disampaikan
  2. Mahasiswa mampu melakukan analisis dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
2 X 50
Diskusi daring tentang studi kasus terkait etika dalam komunikasi olahraga, Menyusun portofolio analisis hukum dalam konteks olahraga
2 X 50
Materi: Prinsip Etika dalam Komunikasi Olahraga, Peraturan Hukum yang Berlaku, Studi Kasus Etika dan Hukum dalam Komunikasi Olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan konten media yang kreatif, inovatif, dan etis untuk mendukung kegiatan olahraga.

  1. Kreativitas dalam pembuatan konten media
  2. Kesesuaian dengan etika dalam kegiatan olahraga
Kriteria:
  1. Mahasiswa Memberikan respon terhadap pertanyaan yang disampaikan
  2. Mahasiswa mampu melakukan analisis dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Proyek.
2 X 50
Pembuatan konten media inovatif untuk kegiatan olahraga
2 X 50
Materi: Prinsip Konten Media Inovatif, Etika dalam Kegiatan Olahraga, Teknik Pembuatan Konten Media
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mengidentifikasi konflik dalam tim olahraga, memilih pendekatan komunikasi yang tepat, dan mengimplementasikannya untuk menyelesaikan konflik dengan efektif.

  1. konflik diidentifikasi dengan tepat
  2. pendekatan komunikasi dipilih secara tepat
  3. konflik dalam tim olahraga terselesaikan dengan efektif
Kriteria:
  1. Mahasiswa Memberikan respon terhadap pertanyaan yang disampaikan
  2. Mahasiswa mampu melakukan analisis dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi kelompok, studi kasus, role play.
2 X 50
Diskusi daring tentang studi kasus konflik dalam tim olahraga dan cara penyelesaiannya
2 X 50
Materi: Pengertian konflik dalam tim olahraga, Pendekatan komunikasi dalam penyelesaian konflik, Studi kasus konflik dalam tim olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi strategi komunikasi dalam pemasaran olahraga dengan baik (C4, C5).

  1. analisis strategi komunikasi
  2. evaluasi keberhasilan strategi komunikasi
Kriteria:
  1. Mahasiswa Memberikan respon terhadap pertanyaan yang disampaikan
  2. Mahasiswa mampu melakukan analisis dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
2 X 50
Penugasan online memungkinkan, Pembuatan analisis strategi komunikasi dalam pemasaran olahraga
2 X 50
Materi: Teori pemasaran olahraga, Strategi komunikasi dalam pemasaran olahraga, Studi kasus strategi komunikasi sukses
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi strategi komunikasi yang digunakan dalam pemasaran olahraga, serta dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari strategi tersebut.

  1. Analisis strategi komunikasi dalam pemasaran olahraga
  2. Evaluasi keberhasilan strategi komunikasi dalam pemasaran olahraga
Kriteria:
  1. Mahasiswa Memberikan respon terhadap pertanyaan yang disampaikan
  2. Mahasiswa mampu melakukan analisis dengan benar

Bentuk Penilaian :
Tes
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
2 X 50
Diskusi daring tentang studi kasus strategi pemasaran olahraga
2 X 50
Materi: Teori komunikasi pemasaran, Studi kasus strategi pemasaran olahraga, Evaluasi strategi komunikasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 23.75%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 30.41%
3. Penilaian Portofolio 13.75%
4. Penilaian Praktikum 1.66%
5. Praktik / Unjuk Kerja 10.41%
6. Tes 20%
99.98%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.