|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Desain Program Proyek Kemanusiaan |
7920209096 |
|
T=0 |
P=4 |
ECTS=6.36 |
5 |
25 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Mampu mengaplikasikan konsep dan teori budaya untuk menganalisis serta merespons fenomena sosial budaya dengan cara yang responsif terhadap budaya |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengidentifikasi isu-isu kemanusiaan yang dapat diselesaikan melalui pendekatan literatur dan budaya.
|
PO - 2 |
Merancang program kemanusiaan berbasis literatur yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
|
PO - 3 |
Mengaplikasikan metodologi penelitian literatur untuk menganalisis dampak sosial program kemanusiaan.
|
PO - 4 |
Berkolaborasi dalam tim untuk mengimplementasikan dan mengevaluasi proyek kemanusiaan yang didesain.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-7 | PO-1 | | | ✔ | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas perancangan proyek kemanusiaan berbasis literatur, di mana mahasiswa akan mengeksplorasi hubungan antara literatur, budaya, dan isu-isu kemanusiaan. Mahasiswa akan mempelajari konsep dan metodologi dalam mendesain program-program kemanusiaan yang berdampak positif pada masyarakat melalui pendekatan humaniora. Dengan menggabungkan penelitian literatur, analisis budaya, dan prinsip-prinsip kemanusiaan, mahasiswa akan belajar bagaimana merancang program yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan dapat diterapkan di dunia nyata. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Fowler, Roger. 1981. Literature as Social Discourse.
- Jones, Leo. 2001. Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry.
- Huckin, Thomas. 2005. Critical Discourse Analysis in Functional Approaches to Written Text.
- Tannen, Deborah. 2007. Talking Voices: Repetition, Dialogue, and Imagery in Conversational Discourse.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu mengembangkan pemahaman kritis tentang hubungan antara literatur, budaya, dan isu-isu kemanusiaan. |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu-isu kemanusiaan melalui analisis teks literatur. |
Kriteria:
Ketepatan dan kelengkapan dalam mengidentifikasi masalah-masalah kemanusiaan dari teks literatur. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: isu-isu kemanusiaan melalui analisis teks literatur. Pustaka: Fowler, Roger. 1981. Literature as Social Discourse. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu mengembangkan pemahaman kritis tentang hubungan antara literatur, budaya, dan isu-isu kemanusiaan. |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu-isu kemanusiaan melalui analisis teks literatur. |
Kriteria:
Ketepatan dan kelengkapan dalam mengidentifikasi masalah-masalah kemanusiaan dari teks literatur. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: isu-isu kemanusiaan melalui analisis teks literatur. Pustaka: Fowler, Roger. 1981. Literature as Social Discourse. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu mengembangkan pemahaman kritis tentang hubungan antara literatur, budaya, dan isu-isu kemanusiaan. |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu-isu kemanusiaan melalui analisis teks literatur. |
Kriteria:
Ketepatan dan kelengkapan dalam mengidentifikasi masalah-masalah kemanusiaan dari teks literatur. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: isu-isu kemanusiaan melalui analisis teks literatur. Pustaka: Fowler, Roger. 1981. Literature as Social Discourse. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu mengembangkan pemahaman kritis tentang hubungan antara literatur, budaya, dan isu-isu kemanusiaan. |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu-isu kemanusiaan melalui analisis teks literatur. |
Kriteria:
Ketepatan dan kelengkapan dalam mengidentifikasi masalah-masalah kemanusiaan dari teks literatur. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: isu-isu kemanusiaan melalui analisis teks literatur. Pustaka: Fowler, Roger. 1981. Literature as Social Discourse. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip humaniora dalam merancang proyek-proyek kemanusiaan yang berkelanjutan dan berdampak. |
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menggunakan metode riset dalam memahami kebutuhan masyarakat. Percentage: 25% Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 2 X 50 |
|
Materi: Program kemanusiaan berbasis literature Pustaka: Jones, Leo. 2001. Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip humaniora dalam merancang proyek-proyek kemanusiaan yang berkelanjutan dan berdampak. |
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menggunakan metode riset dalam memahami kebutuhan masyarakat. Percentage: 25% Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 2 X 50 |
|
Materi: Program kemanusiaan berbasis literature Pustaka: Jones, Leo. 2001. Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip humaniora dalam merancang proyek-proyek kemanusiaan yang berkelanjutan dan berdampak. |
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menggunakan metode riset dalam memahami kebutuhan masyarakat. Percentage: 25% Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 2 X 50 |
|
Materi: Program kemanusiaan berbasis literature Pustaka: Jones, Leo. 2001. Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip humaniora dalam merancang proyek-proyek kemanusiaan yang berkelanjutan dan berdampak. |
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menggunakan metode riset dalam memahami kebutuhan masyarakat. Percentage: 25% Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 2 X 50 |
|
Materi: Program kemanusiaan berbasis literature Pustaka: Jones, Leo. 2001. Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu menganalisis masalah-masalah sosial dan budaya dengan menggunakan pendekatan literatur dan humaniora. |
Mahasiswa mampu menerapkan teknik analisis teks dalam mengkaji dampak sosial program. |
Kriteria:
Ketepatan dalam menerapkan teknik analisis teks terhadap isu sosial. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: metodologi penelitian literatur dan analisis teks Pustaka: Huckin, Thomas. 2005. Critical Discourse Analysis in Functional Approaches to Written Text. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu menganalisis masalah-masalah sosial dan budaya dengan menggunakan pendekatan literatur dan humaniora. |
Mahasiswa mampu menerapkan teknik analisis teks dalam mengkaji dampak sosial program. |
Kriteria:
Ketepatan dalam menerapkan teknik analisis teks terhadap isu sosial. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: metodologi penelitian literatur dan analisis teks Pustaka: Huckin, Thomas. 2005. Critical Discourse Analysis in Functional Approaches to Written Text. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu menganalisis masalah-masalah sosial dan budaya dengan menggunakan pendekatan literatur dan humaniora. |
Mahasiswa mampu menerapkan teknik analisis teks dalam mengkaji dampak sosial program. |
Kriteria:
Ketepatan dalam menerapkan teknik analisis teks terhadap isu sosial. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: metodologi penelitian literatur dan analisis teks Pustaka: Huckin, Thomas. 2005. Critical Discourse Analysis in Functional Approaches to Written Text. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu menganalisis masalah-masalah sosial dan budaya dengan menggunakan pendekatan literatur dan humaniora. |
Mahasiswa mampu menerapkan teknik analisis teks dalam mengkaji dampak sosial program. |
Kriteria:
Ketepatan dalam menerapkan teknik analisis teks terhadap isu sosial. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: metodologi penelitian literatur dan analisis teks Pustaka: Huckin, Thomas. 2005. Critical Discourse Analysis in Functional Approaches to Written Text. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu menyusun program kemanusiaan berbasis literatur yang sesuai dengan konteks sosial dan budaya. |
Mahasiswa mampu bekerja dalam tim dengan efektif untuk menyusun strategi implementasi program. |
Kriteria:
Kemampuan berkolaborasi dalam menyusun strategi program. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: kolaborasi dan analisis wacana Pustaka: Tannen, Deborah. 2007. Talking Voices: Repetition, Dialogue, and Imagery in Conversational Discourse. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu menyusun program kemanusiaan berbasis literatur yang sesuai dengan konteks sosial dan budaya. |
Mahasiswa mampu bekerja dalam tim dengan efektif untuk menyusun strategi implementasi program. |
Kriteria:
Kemampuan berkolaborasi dalam menyusun strategi program. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: kolaborasi dan analisis wacana Pustaka: Tannen, Deborah. 2007. Talking Voices: Repetition, Dialogue, and Imagery in Conversational Discourse. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu menyusun program kemanusiaan berbasis literatur yang sesuai dengan konteks sosial dan budaya. |
Mahasiswa mampu bekerja dalam tim dengan efektif untuk menyusun strategi implementasi program. |
Kriteria:
Kemampuan berkolaborasi dalam menyusun strategi program. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: kolaborasi dan analisis wacana Pustaka: Tannen, Deborah. 2007. Talking Voices: Repetition, Dialogue, and Imagery in Conversational Discourse. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
mengembangkan analisis kritis terhadap program kemanusiaan berbasis literatur yang telah didesain oleh tim mereka. |
Mahasiswa akan diminta untuk mengembangkan analisis kritis terhadap program kemanusiaan berbasis literatur yang telah didesain oleh tim mereka |
Kriteria:
- Evaluasi Proyek Desain (Laporan tertulis)
- Presentasi Proyek
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
|
15% |