Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Sains Data

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Arsitektur Komputer dan Sistem Operasi

4920203065

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

23 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ibnu Febry Kurniawan, S.Kom., M.Sc., Ph.D.




Dr. Elly Matul Imah, M.Kom




Yuliani Puji Astuti, S.Si., M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Memiliki tanggung jawab profesional dan dapat melakukan penilaian berdasar informasi dalam praktek computing berdasar pada prinsip-prinsip legal dan etika

PLO-8

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta membawa perubahan terhadap lingkungannya

PLO-18

Menguasai konsep teknologi informasi baik dari sisi komputasi maupun manajemen data untuk menyelesaikan masalah sains data

PLO-21

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang sains data, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

PLO-26

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan sains data khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menjelaskan fundamental komponen dalam sistem komputer

PO - 2

Mampu menjelaskan sistematika dari komponen-komponen sistem komputer

PO - 3

Mampu menjelaskan fundamental komponen dalam sistem operasi

PO - 4

Mampu menjelaskan sistematika dari komponen-komponen sistem operasi

PO - 5

Mampu menerapkan teknologi sistem operasi untuk keperluan topik-topik pengelolaan data

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-8PLO-18PLO-21PLO-26
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4     
PO-5     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas arsitektur dan organisasi komputer modern dengan menekankan konsep dasar sistem komputer meliputi CPU, Sistem Bus, Memori Internal dan Eksternal, serta Input/Output. Selanjutnya, mata kuliah ini mempelajari konsep-konsep pokok dalam sistem operasi yang mendukung proses komputasi pengguna, seperti Process, Threads, Pengelolaan memori, Penjadwalan, Pengelolaan Input/Output, Virtualisasi, dan Kontainerisasi.

Pustaka

Utama :

  1. Stallings, Williams. 2019. Computer Organization and Architecture: Designing for Performance Eighth Edition. United States: Pearson Prentice- Hall.
  2. Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall.

Pendukung :

  1. Tanenbaum, Andrew. 2005. Structured Computer Organization Fifth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall.
  2. Carl Hamacher, Zvonko Vranesic dan Safwat Zaky. 2012. Computer Organization and Embedded Systems Sixth Edition. McGraw-Hill.
  3. John L Hennessy dan David Patterson. 2012. Computer Architecture A Quantitative Approach. Morgan Kaufman

Dosen Pengampu

Ibnu Febry Kurniawan, S.Kom., M.Sc.

Ike Fitriyaningsih, M.Si

Harmon Prayogi, M.Sc.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan fundamental komponen dalam sistem komputer.

  1. Mampu menjelaskan komponen-komponen dasar sistem komputer.
  2. Mampu menceritakan kembali evolusi mikroprosesor.
  3. Mampu menjelaskan prinsip kerja multiprosesor dan multicore.
Kriteria:

Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan tanya jawab
3x50 menit

Materi: Basic Elements, Evolution of the Microprocessor, Instruction Execution, Memory Hierarchy, Cache Memory, Direct Memory Access, Multiprocessor and Multicore Organization.
Pustaka: Stallings, Williams. 2019. Computer Organization and Architecture: Designing for Performance Eighth Edition. United States: Pearson Prentice- Hall.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan fundamental komponen dalam sistem komputer.

  1. Mampu menjelaskan struktur acuan Von Neumann.
  2. Mampu menjelaskan fundamental interaksi antar komponen dan siklus terkait.
  3. Mampu melakukan konversi sistem bilangan biner dan hexadecimal.
Kriteria:
  1. Non-Tes
  2. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

Ceramah dan tanya jawab.
3x50
Materi: Komponen-komponen von Neumann, interaksi antar komponen komputer, siklus komputer, konsep interupsi, transfer antar memori, sistem bilangan biner dan hexadecimal.
Pustaka: Stallings, Williams. 2019. Computer Organization and Architecture: Designing for Performance Eighth Edition. United States: Pearson Prentice- Hall.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjelaskan sistematika dari komponen-komponen sistem komputer.

  1. Menjelaskan secara umum komponen dan cara kerja CPU.
  2. Menjelaskan secara umum komponen dan cara kerja I/O.
  3. Menjelaskan secara umum komponen dan cara kerja Bus.
  4. Menjelaskan secara umum komponen memori.
Kriteria:

Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab.
3x50 menit

Materi: I/O, CPU, interkoneksi bus, PCI bus, cache memory, Internal memory, external memory.
Pustaka: Stallings, Williams. 2019. Computer Organization and Architecture: Designing for Performance Eighth Edition. United States: Pearson Prentice- Hall.
0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menjelaskan sistematika dari komponen-komponen sistem komputer.

  1. Menjelaskan konsep dasar set instruksi.
  2. Menceritakan kembali prinsip kerja Reduced Instruction Set (RISC).
  3. Memahami secara umum baris instruksi mesin dalam siklus.
Kriteria:

Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab.
3x50 menit

Materi: Karakteristik set instruksi, fungsi set instruksi, instruksi mesin.
Pustaka: Stallings, Williams. 2019. Computer Organization and Architecture: Designing for Performance Eighth Edition. United States: Pearson Prentice- Hall.
0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menjelaskan fundamental komponen dalam sistem operasi.

  1. Mampu menyebutkan secara singkat tujuan sistem operasi.
  2. Mampu menjelaskan secara umum perkembangan sistem operasi.
  3. Mampu menyebutkan singkat fitur-fitur utama dari berbagai sistem operasi.
Kriteria:
  1. Non-Tes
  2. Tugas

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan tanya jawab.
3x50 menit

Materi: Objectives and functions, evolution of OS, major achievements, developments leading to modern OS, fault tolerance, overview of modern OS.
Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menjelaskan fundamental komponen dalam sistem operasi.

  1. Mampu menyebutkan secara singkat tujuan sistem operasi.
  2. Mampu menjelaskan secara umum perkembangan sistem operasi.
  3. Mampu menyebutkan singkat fitur-fitur utama dari berbagai sistem operasi.
Kriteria:
  1. Non-Tes
  2. Tugas

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja

Presentasi dan tanya jawab.
3x50 menit
Materi: Objectives and functions, evolution of OS, major achievements, developments leading to modern OS, fault tolerance, overview of modern OS.
Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menjelaskan fundamental komponen dalam sistem operasi.

  1. Mampu menjelaskan secara umum prinsip kerja process.
  2. Mampu menjelaskan perbedaan process dan threads.
  3. Mampu menyebutkan permasalahan umum dalam konkurensi.
Kriteria:

Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan tanya jawab.
3x50 menit

Materi: Process, threads, concurrency: mutual exclusion and synchronization, concurrency: deadlock and starvation.
Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall.
0%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

  1. Mampu menjelaskan cara kerja prosesor
  2. Mampu meringkas sistematika pengambilan instruksi
  3. Mampu menganalisis alokasi memori langsung (direct mapping)
  4. Mampu menganalisis alokasi memori asosiatif (associative mapping)
  5. Mampu menjelaskan sistematika penyimpanan I/O dalam arsitektur komputer
Kriteria:

Tes


Bentuk Penilaian :
Tes
Tanya jawab
2 X 50

Materi: CPU, Instruksi, & Cache dalam main memory
Pustaka: Stallings, Williams. 2019. Computer Organization and Architecture: Designing for Performance Eighth Edition. United States: Pearson Prentice- Hall.
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menjelaskan sistematika dari komponen-komponen sistem operasi.

  1. Mampu menguraikan prinsip kerja pengelolaan memori.
  2. Mampu menyebutkan secara singkat fundamental memori virtual.
Kriteria:

Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan tanya jawab.
3x50 menit

Materi: Konsep dasar pengelolaan memori, partisi memori, memory paging, memory segmentation, virtual memory.
Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menjelaskan sistematika dari komponen-komponen sistem operasi.

  1. Mampu menyebutkan prinsip kerja penjadwalan uniprosesor.
  2. Mampu menjelaskan prinsip kerja penjadwalan multiprosesor.
  3. Mampu menggunakan algoritme-algoritme penjadwalan klasik.
Kriteria:
  1. Non-Tes
  2. Tugas

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan tanya jawab.
3x50 menit

Materi: Penjadwalan uniprosesor, algoritme-algoritme penjadwalan, penjadwalan multiprosesor.
Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menjelaskan sistematika dan komponen-komponen sistem operasi.

  1. Mampu menjelaskan prinsip kerja I/O.
  2. Mampu menjelaskan sistem berkas.
  3. Mampu menyebutkan secara singkat sistem berkas virtual.
Kriteria:

Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan tanya jawab.
3x50 menit

Materi: Pengelolaan I/O, pengelolaan berkas, sistem akses berkas, file sharing, sistem berkas virtual (virtual filesystems).
Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menjelaskan fundamental komponen dalam sistem operasi.

  1. Mampu menjelaskan prinsip dasar virtualization (virtualisasi).
  2. Mampu menjelaskan teknologi-teknologi tradisional virtualisasi.
  3. Mampu menyebutkan perbedaan pendekatan-pendekatan virtualisasi.
Kriteria:

Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan tanya jawab.
3x50 menit

Materi: Pendekatan-pendekatan virtualisasi, permasalahan prosesor dalam virtualisasi, pengelolaan memori dalam mesin virtual.
Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menerapkan teknologi sistem operasi untuk keperluan topik-topik pengelolaan data.

  1. Mampu mengenali prinsip dasar kontainerisasi.
  2. Mampu membuat sistem virtual berbasis kontainer untuk pelayan tunggal (single service).
  3. Mampu membuat sistem virtual berbasis kontainer untuk beberapa pelayan (multiple services).
Kriteria:

Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan tanya jawab.
3x50 menit

Materi: Docker
Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menerapkan teknologi sistem operasi untuk keperluan topik-topik pengelolaan data.

  1. Mampu mengenali prinsip dasar kontainerisasi.
  2. Mampu membuat sistem virtual berbasis kontainer untuk pelayan tunggal (single service).
  3. Mampu membuat sistem virtual berbasis kontainer untuk beberapa pelayan (multiple services).
Kriteria:

Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan tanya jawab.
3x50 menit

Materi: Docker
Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menerapkan teknologi sistem operasi untuk keperluan topik-topik pengelolaan data.

  1. Mampu mengenali prinsip dasar kontainerisasi.
  2. Mampu membuat sistem virtual berbasis kontainer untuk pelayan tunggal (single service).
  3. Mampu membuat sistem virtual berbasis kontainer untuk beberapa pelayan (multiple services).
Kriteria:

Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

Presentasi dan tanya jawab.
3x50 menit
Materi: Docker
Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Tes


25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 10%
2. Praktik / Unjuk Kerja 45%
3. Tes 45%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.