|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Sains Data
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Arsitektur Komputer dan Sistem Operasi |
4920203065 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
23 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ibnu Febry Kurniawan, S.Kom., M.Sc., Ph.D.
|
Dr. Elly Matul Imah, M.Kom
|
Yuliani Puji Astuti, S.Si., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Memiliki tanggung jawab profesional dan dapat melakukan penilaian berdasar informasi dalam praktek computing berdasar pada prinsip-prinsip legal dan etika |
PLO-8 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta membawa perubahan terhadap lingkungannya |
PLO-18 |
Menguasai konsep teknologi informasi baik dari sisi komputasi maupun manajemen data untuk menyelesaikan masalah sains data |
PLO-21 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang sains data, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
PLO-26 |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan sains data khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menjelaskan fundamental komponen dalam sistem komputer
|
PO - 2 |
Mampu menjelaskan sistematika dari komponen-komponen sistem komputer
|
PO - 3 |
Mampu menjelaskan fundamental komponen dalam sistem operasi
|
PO - 4 |
Mampu menjelaskan sistematika dari komponen-komponen sistem operasi
|
PO - 5 |
Mampu menerapkan teknologi sistem operasi untuk keperluan topik-topik pengelolaan data
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-6 | PLO-8 | PLO-18 | PLO-21 | PLO-26 | PO-1 | | | | | | PO-2 | | | | | | PO-3 | | | | | | PO-4 | | | | | | PO-5 | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membahas arsitektur dan organisasi komputer modern dengan menekankan konsep dasar sistem komputer meliputi CPU, Sistem Bus, Memori Internal dan Eksternal, serta Input/Output. Selanjutnya, mata kuliah ini mempelajari konsep-konsep pokok dalam sistem operasi yang mendukung proses komputasi pengguna, seperti Process, Threads, Pengelolaan memori, Penjadwalan, Pengelolaan Input/Output, Virtualisasi, dan Kontainerisasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Stallings, Williams. 2019. Computer Organization and Architecture: Designing for Performance Eighth Edition. United States: Pearson Prentice- Hall.
- Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall.
|
Pendukung : |
|
- Tanenbaum, Andrew. 2005. Structured Computer Organization Fifth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall.
- Carl Hamacher, Zvonko Vranesic dan Safwat Zaky. 2012. Computer Organization and Embedded Systems Sixth Edition. McGraw-Hill.
- John L Hennessy dan David Patterson. 2012. Computer Architecture A Quantitative Approach. Morgan Kaufman
|
Dosen Pengampu
|
Ibnu Febry Kurniawan, S.Kom., M.Sc. Ike Fitriyaningsih, M.Si Harmon Prayogi, M.Sc. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan fundamental komponen dalam sistem komputer. |
- Mampu menjelaskan komponen-komponen dasar sistem komputer.
- Mampu menceritakan kembali evolusi mikroprosesor.
- Mampu menjelaskan prinsip kerja multiprosesor dan multicore.
|
Kriteria:
Non-Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan tanya jawab 3x50 menit |
|
Materi: Basic Elements, Evolution of the Microprocessor, Instruction Execution, Memory Hierarchy, Cache Memory, Direct Memory Access, Multiprocessor and Multicore Organization. Pustaka: Stallings, Williams. 2019. Computer Organization and Architecture: Designing for Performance Eighth Edition. United States: Pearson Prentice- Hall. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan fundamental komponen dalam sistem komputer. |
- Mampu menjelaskan struktur acuan Von Neumann.
- Mampu menjelaskan fundamental interaksi antar komponen dan siklus terkait.
- Mampu melakukan konversi sistem bilangan biner dan hexadecimal.
|
Kriteria:
- Non-Tes
- Tugas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Ceramah dan tanya jawab. 3x50 |
Materi: Komponen-komponen von Neumann, interaksi antar komponen komputer, siklus komputer, konsep interupsi, transfer antar memori, sistem bilangan biner dan hexadecimal. Pustaka: Stallings, Williams. 2019. Computer Organization and Architecture: Designing for Performance Eighth Edition. United States: Pearson Prentice- Hall. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan sistematika dari komponen-komponen sistem komputer. |
- Menjelaskan secara umum komponen dan cara kerja CPU.
- Menjelaskan secara umum komponen dan cara kerja I/O.
- Menjelaskan secara umum komponen dan cara kerja Bus.
- Menjelaskan secara umum komponen memori.
|
Kriteria:
Non-Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab. 3x50 menit |
|
Materi: I/O, CPU, interkoneksi bus, PCI bus, cache memory, Internal memory, external memory. Pustaka: Stallings, Williams. 2019. Computer Organization and Architecture: Designing for Performance Eighth Edition. United States: Pearson Prentice- Hall. |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan sistematika dari komponen-komponen sistem komputer. |
- Menjelaskan konsep dasar set instruksi.
- Menceritakan kembali prinsip kerja Reduced Instruction Set (RISC).
- Memahami secara umum baris instruksi mesin dalam siklus.
|
Kriteria:
Non-Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab. 3x50 menit |
|
Materi: Karakteristik set instruksi, fungsi set instruksi, instruksi mesin. Pustaka: Stallings, Williams. 2019. Computer Organization and Architecture: Designing for Performance Eighth Edition. United States: Pearson Prentice- Hall. |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menjelaskan fundamental komponen dalam sistem operasi. |
- Mampu menyebutkan secara singkat tujuan sistem operasi.
- Mampu menjelaskan secara umum perkembangan sistem operasi.
- Mampu menyebutkan singkat fitur-fitur utama dari berbagai sistem operasi.
|
Kriteria:
- Non-Tes
- Tugas
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan tanya jawab. 3x50 menit |
|
Materi: Objectives and functions, evolution of OS, major achievements, developments leading to modern OS, fault tolerance, overview of modern OS. Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menjelaskan fundamental komponen dalam sistem operasi. |
- Mampu menyebutkan secara singkat tujuan sistem operasi.
- Mampu menjelaskan secara umum perkembangan sistem operasi.
- Mampu menyebutkan singkat fitur-fitur utama dari berbagai sistem operasi.
|
Kriteria:
- Non-Tes
- Tugas
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
|
Presentasi dan tanya jawab. 3x50 menit |
Materi: Objectives and functions, evolution of OS, major achievements, developments leading to modern OS, fault tolerance, overview of modern OS. Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menjelaskan fundamental komponen dalam sistem operasi. |
- Mampu menjelaskan secara umum prinsip kerja process.
- Mampu menjelaskan perbedaan process dan threads.
- Mampu menyebutkan permasalahan umum dalam konkurensi.
|
Kriteria:
Non-Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan tanya jawab. 3x50 menit |
|
Materi: Process, threads, concurrency: mutual exclusion and synchronization, concurrency: deadlock and starvation. Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall. |
0% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
- Mampu menjelaskan cara kerja prosesor
- Mampu meringkas sistematika pengambilan instruksi
- Mampu menganalisis alokasi memori langsung (direct mapping)
- Mampu menganalisis alokasi memori asosiatif (associative mapping)
- Mampu menjelaskan sistematika penyimpanan I/O dalam arsitektur komputer
|
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Tes |
Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: CPU, Instruksi, & Cache dalam main memory Pustaka: Stallings, Williams. 2019. Computer Organization and Architecture: Designing for Performance Eighth Edition. United States: Pearson Prentice- Hall. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan sistematika dari komponen-komponen sistem operasi. |
- Mampu menguraikan prinsip kerja pengelolaan memori.
- Mampu menyebutkan secara singkat fundamental memori virtual.
|
Kriteria:
Non-Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan tanya jawab. 3x50 menit |
|
Materi: Konsep dasar pengelolaan memori, partisi memori, memory paging, memory segmentation, virtual memory. Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menjelaskan sistematika dari komponen-komponen sistem operasi. |
- Mampu menyebutkan prinsip kerja penjadwalan uniprosesor.
- Mampu menjelaskan prinsip kerja penjadwalan multiprosesor.
- Mampu menggunakan algoritme-algoritme penjadwalan klasik.
|
Kriteria:
- Non-Tes
- Tugas
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan tanya jawab. 3x50 menit |
|
Materi: Penjadwalan uniprosesor, algoritme-algoritme penjadwalan, penjadwalan multiprosesor. Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menjelaskan sistematika dan komponen-komponen sistem operasi. |
- Mampu menjelaskan prinsip kerja I/O.
- Mampu menjelaskan sistem berkas.
- Mampu menyebutkan secara singkat sistem berkas virtual.
|
Kriteria:
Non-Tes Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan tanya jawab. 3x50 menit |
|
Materi: Pengelolaan I/O, pengelolaan berkas, sistem akses berkas, file sharing, sistem berkas virtual (virtual filesystems). Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menjelaskan fundamental komponen dalam sistem operasi. |
- Mampu menjelaskan prinsip dasar virtualization (virtualisasi).
- Mampu menjelaskan teknologi-teknologi tradisional virtualisasi.
- Mampu menyebutkan perbedaan pendekatan-pendekatan virtualisasi.
|
Kriteria:
Non-Tes Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan tanya jawab. 3x50 menit |
|
Materi: Pendekatan-pendekatan virtualisasi, permasalahan prosesor dalam virtualisasi, pengelolaan memori dalam mesin virtual. Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menerapkan teknologi sistem operasi untuk keperluan topik-topik pengelolaan data. |
- Mampu mengenali prinsip dasar kontainerisasi.
- Mampu membuat sistem virtual berbasis kontainer untuk pelayan tunggal (single service).
- Mampu membuat sistem virtual berbasis kontainer untuk beberapa pelayan (multiple services).
|
Kriteria:
Non-Tes Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan tanya jawab. 3x50 menit |
|
Materi: Docker Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menerapkan teknologi sistem operasi untuk keperluan topik-topik pengelolaan data. |
- Mampu mengenali prinsip dasar kontainerisasi.
- Mampu membuat sistem virtual berbasis kontainer untuk pelayan tunggal (single service).
- Mampu membuat sistem virtual berbasis kontainer untuk beberapa pelayan (multiple services).
|
Kriteria:
Non-Tes Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan tanya jawab. 3x50 menit |
|
Materi: Docker Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menerapkan teknologi sistem operasi untuk keperluan topik-topik pengelolaan data. |
- Mampu mengenali prinsip dasar kontainerisasi.
- Mampu membuat sistem virtual berbasis kontainer untuk pelayan tunggal (single service).
- Mampu membuat sistem virtual berbasis kontainer untuk beberapa pelayan (multiple services).
|
Kriteria:
Non-Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Presentasi dan tanya jawab. 3x50 menit |
Materi: Docker Pustaka: Stallings, Williams. 2015. Operating systems: Internals and Design Principles Eighth Edition. United States: Pearson Prentice-Hall. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
25% |