|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan IPS
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Makro dan Mikro Ekonomi |
8420703128 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
30 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E., M.Si. Dr. Durrotun Nafisah, S.Pd.,M.Pd.
|
Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E., M.Si.
|
Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal. |
PLO-8 |
Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang bidang keahliannya agar kompetitif di tataran lokal dan global. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai kebangsaan dan budaya nasional serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya;
|
PO - 2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam meningkatkan Perekonomian Indonesia; (CPL-2)
|
PO - 3 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam mengembangkan kreativitas ekonomi
|
PO - 4 |
Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial dan ekonomi sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten ekonomi kreatif lokal dalam pembelajaran IPS
|
PO - 5 |
Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang kreatifitas ekonomi agar kompetitif di tataran lokal dan global.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ | | PO-5 | | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | PO-2 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-5 | | | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membahas analisis secara kritis berbagai aspek perekonomian Indonesia, termasuk sejarah perkembangan ekonomi, kebijakan ekonomi, serta peran sektor-sektor ekonomi utama dalam pembangunan nasional, dengan menggunakan teori-teori ekonomi dan data empiris yang relevan, serta memahami posisi dan peran sistem ekonomi dalam dinamika perekonomian dengan pembelajaran project base learning dengan metode inkuiri, diskusi, tanya jawab, penugasan. Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja, tes tulis dan portofolio. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Sukirno, S. (2020). Makroekonomi: Teori Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- 2. Soesastro, H. (2007). Ekonomi Indonesia di Era Globalisasi. Jakarta: CSIS.
- 3. Boediono. (2001). Ekonomi Indonesia: Dalam Perspektif Regional dan Global. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
- 4. Swasono, S. E. (2015). Perekonomian Indonesia: Dinamika Ekonomi Pasca-Orde Baru. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
- 5. Thee, K. W. (2012). Indonesia’s Economy Since Independence. Singapore: ISEAS Publishing.
- 6. Hill, H. (1996). The Indonesian Economy. Cambridge: Cambridge University Press.
- 7. McLeod, R., & Thee, K. W. (Eds.). (2007). Indonesia: Democracy and the Promise of Good Governance. Singapore: ISEAS Publishing.
|
Pendukung : |
|
- 1. Badan Pusat Statistik (BPS). Statistik Indonesia. (Berbagai tahun). Jakarta: Badan Pusat Statistik.
- 2. Prakoso, A. F., Surjanti, J., Sholikhah, N., Hermanto, F. Y., & Andriansyah, E. H. (2021). Teaching of Microeconomics with Local Wisdom: How? International Conference on Economic and Education, 3–8.
- 3. Surjanti, J., Musdholifah, & Budiono. (2017). Edisi Belajar Teori Ekonomi (Pendekatan Mikro) Berbasis Karakter (1st ed.). Depublish.
- 4. Surjanti, J., Prakoso, A. F., & Kamalia, H. M. P. U. (2023). An Analysis of Curriculum Development for Economics : A Study on Senior High School Economics Subjects. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(4), 5059–5066. https://doi.org/10.35445/alishlah
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E., M.Si. Dr. Durrotun Nafisah, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu membuat sejarah dinamika rekonstruksi ekonomi Indonesia. |
- 1.1 Mengidentifikasi periode-periode utama dalam sejarah ekonomi Indonesia
- 1.2 membuat sejarah dinamika rekonstruksi ekonomi Indonesia
- 1.3 Menganalisis perubahan struktural dalam perekonomian Indonesia dari masa ke masa.
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project Base Learning
Kuliah
Small Group Discussion
|
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
|
Materi: Periode-periode utama dalam sejarah ekonomi Indonesia Pustaka: 4. Swasono, S. E. (2015). Perekonomian Indonesia: Dinamika Ekonomi Pasca-Orde Baru. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu membuat sejarah dinamika rekonstruksi ekonomi Indonesia. |
- 1.1 Mengidentifikasi periode-periode utama dalam sejarah ekonomi Indonesia
- 1.2 membuat sejarah dinamika rekonstruksi ekonomi Indonesia
- 1.3 Menganalisis perubahan struktural dalam perekonomian Indonesia dari masa ke masa.
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project Base Learning
Kuliah
Small Group Discussion
|
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
|
Materi: Periode-periode utama dalam sejarah ekonomi Indonesia Pustaka: 4. Swasono, S. E. (2015). Perekonomian Indonesia: Dinamika Ekonomi Pasca-Orde Baru. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menganalisis menganalisis Kebijakan Ekonomi Mikro dan Makro |
- Menganalisis kebijakan fisikal dan moneter.
- Menganalisis kebijakan ekonomi terhadap indikator ekonomi seperti inflasi, pengangguran, dan distribusi pendapatan.
- Menganalisis Kebijakan Harga dan Subsidi
- Menganalisis Kebijakan Persaingan dan Anti-Monopoli
- Menganalsis Kebijakan Pasar Tenaga Kerja
- Menganalisis Kebijakan Lingkungan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Project Base Learning
Kuliah
Small Group Discussion
|
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
|
Materi: Kebijakan Ekonomi Mikro dan Makro Pustaka: 3. Surjanti, J., Musdholifah, & Budiono. (2017). Edisi Belajar Teori Ekonomi (Pendekatan Mikro) Berbasis Karakter (1st ed.). Depublish. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menganalisis menganalisis Kebijakan Ekonomi Mikro dan Makro |
- Menganalisis kebijakan fisikal dan moneter.
- Menganalisis kebijakan ekonomi terhadap indikator ekonomi seperti inflasi, pengangguran, dan distribusi pendapatan.
- Menganalisis Kebijakan Harga dan Subsidi
- Menganalisis Kebijakan Persaingan dan Anti-Monopoli
- Menganalsis Kebijakan Pasar Tenaga Kerja
- Menganalisis Kebijakan Lingkungan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Project Base Learning
Kuliah
Small Group Discussion
|
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menganalisis sektor-sektor ekonomi utama |
- Menganalisis Sektor Pertanian Indonesia
- Menganalisis Sektor Industri Pengolahan Indonesia.
- Menganalisis Sektor Pertambangan dan penggalian
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Project Base Learning
Kuliah
Responsi
|
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
|
Materi: 1. sektor-sektor ekonomi utama Pertanian 2. Industri pengolahan 3. Pertambangan dan penggalian Pustaka: 3. Boediono. (2001). Ekonomi Indonesia: Dalam Perspektif Regional dan Global. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menganalisis sektor-sektor ekonomi utama |
- Menganalisis Sektor Perdagangan
- Menganalisis Sektor Transportasi dan logistic
|
Kriteria:
Rubrik Kinerja Bentuk: Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Base Learning
Kuliah
Responsi (2x50’) |
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id (2x50’)] |
Materi: 1. Perdagangan 2. Transportasi dan logistic Pustaka: 5. Thee, K. W. (2012). Indonesia’s Economy Since Independence. Singapore: ISEAS Publishing. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menganalisis sektor-sektor ekonomi utama |
- Menganalisis Sektor Keuangan dan asuransi Konstruksi
- Menganalisis Sektor Energi Pariwisata, Teknologi informasi dan komunikasi
|
Kriteria:
Rubrik Kinerja Bentuk: Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Base Learning
Kuliah
Responsi (2x50’) |
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id (2x50’)] |
Materi: 1. Perdagangan 2. Transportasi dan logistic Pustaka: 5. Thee, K. W. (2012). Indonesia’s Economy Since Independence. Singapore: ISEAS Publishing. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
|
Kriteria:
5 |
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menganalisis konsep globalisasi dan dampaknya terhadap ekonomi. |
menganalisis konsep globalisasi dan dampaknya terhadap ekonomi nasional. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Base Learning
Kuliah
Diskusi (2x50’) |
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id (2x50’) |
Materi: Konsep globalisasi dan dampaknya terhadap ekonomi nasional. Pustaka: 2. Soesastro, H. (2007). Ekonomi Indonesia di Era Globalisasi. Jakarta: CSIS. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menganalisis hubungan perdagangan internasional Indonesia dengan negara lain. |
- Menganalisis hubungan perdagangan internasional Indonesia dengan negara lain.
- Mengevaluasi kebijakan perdagangan dan investasi asing yang diterapkan di Indonesia.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Base Learning
Kuliah
Diskusi (2x50’) |
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id (2x50’) |
Materi: Materi 1. Hubungan perdagangan internasional Indonesia dengan negara lain. 2. Kebijakan perdagangan dan investasi asing yang diterapkan di Indonesia. Pustaka: 3. Boediono. (2001). Ekonomi Indonesia: Dalam Perspektif Regional dan Global. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menganalisis tantangan dan prospek perekonomian Indonesia |
- 1. Mengidentifikasi tantangan ekonomi utama seperti ketimpangan, pengangguran, dan utang luar negeri
- 2. Merumuskan strategi kebijakan yang dapat diambil untuk menghadapi tantangan tersebut
- 3. Menyusun rekomendasi kebijakan yang dapat meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia di kancah global
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Project Base Learning
Kuliah
Penugasan (2x50’) |
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id (2x50’) |
Materi: 1. Tantangan ekonomi utama seperti ketimpangan, pengangguran, dan utang luar negeri. 2. Strategi kebijakan yang dapat diambil untuk menghadapi tantangan tersebut. 3. Rekomendasi kebijakan yang dapat meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia di kancah global. Pustaka: 6. Hill, H. (1996). The Indonesian Economy. Cambridge: Cambridge University Press. |
8% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menganalisis tantangan dan prospek perekonomian Indonesia |
- 1. Mengidentifikasi tantangan ekonomi utama seperti ketimpangan, pengangguran, dan utang luar negeri
- 2. Merumuskan strategi kebijakan yang dapat diambil untuk menghadapi tantangan tersebut
- 3. Menyusun rekomendasi kebijakan yang dapat meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia di kancah global
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Project Base Learning
Kuliah
Penugasan (2x50’) |
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id (2x50’) |
Materi: 1. Tantangan ekonomi utama seperti ketimpangan, pengangguran, dan utang luar negeri. 2. Strategi kebijakan yang dapat diambil untuk menghadapi tantangan tersebut. 3. Rekomendasi kebijakan yang dapat meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia di kancah global. Pustaka: 6. Hill, H. (1996). The Indonesian Economy. Cambridge: Cambridge University Press. |
7% |
13
Minggu ke 13 |
|
- 1. Menganalisis karakteristik dasar dari sistem ekonomi kapitalis dan sosialis
- 2. Menganalisis bagaimana setiap sistem ekonomi sistem ekonomi kapitalis dan sosialis mempengaruhi kebijakan ekonomi di Indonesia
- 3. Mengevaluasi dampak dari penerapan prinsip-prinsip sistem ekonomi sistem ekonomi kapitalis dan sosialis terhadap kesejahteraan masyarakat dan perkembangan ekonomi Indonesia
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Project Base Learning
Kuliah
Penugasan (2x50’) |
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id (2x50’) |
|
15% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu mengevaluasi Posisi dan Peran Macam-Macam Sistem Ekonomi campuran |
- Menganalisis karakteristik dasar dari sistem ekonomi campuran
- Menganalisis bagaimana setiap sistem ekonomi ekonomi campuran mempengaruhi kebijakan ekonomi di Indonesia.
- Mengevaluasi dampak dari penerapan prinsip-prinsip sistem ekonomi ekonomi campuran terhadap kesejahteraan masyarakat dan perkembangan ekonomi Indonesia
|
Kriteria:
15 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Project Base Learning
Kuliah
Penugasan (2x50’) |
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id (2x50’) |
Materi: 1. Karakteristik dasar dari sistem ekonomi kapitalis dan sosialis 2. Sistem ekonomi sistem ekonomi kapitalis dan sosialis mempengaruhi kebijakan ekonomi di Indonesia. 3. Dampak dari penerapan prinsip-prinsip sistem ekonomi sistem ekonomi kapitalis dan sosialis terhadap kesejahteraan masyarakat dan perkembangan ekonomi Indonesia. Pustaka: 5. Thee, K. W. (2012). Indonesia’s Economy Since Independence. Singapore: ISEAS Publishing. |
15% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu mengevaluasi Posisi dan Peran Macam-Macam Sistem Ekonomi Islam |
- Menganalisis karakteristik dasar dari sistem ekonomi Islam.
- Menganalisis bagaimana setiap sistem ekonomi Islam mempengaruhi kebijakan ekonomi di Indonesia.
- Mengevaluasi dampak dari penerapan prinsip-prinsip sistem ekonomi Islam terhadap kesejahteraan masyarakat dan perkembangan ekonomi Indonesia
- Mengidentifikasi peran ekonomi Islam dalam konteks perekonomian Indonesia, termasuk instrumen-instrumen keuangan syariah.
|
Kriteria:
Rubrik Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Project Base Learning
Kuliah
Penugasan (2x50’) |
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id (2x50’) |
Materi: 1. Karakteristik dasar dari sistem ekonomi Islam. 2. Sistem ekonomi Islam mempengaruhi kebijakan ekonomi di Indonesia. 3. Dampak dari penerapan prinsip-prinsip sistem ekonomi Islam terhadap kesejahteraan masyarakat dan perkembangan ekonomi Indonesia. 4. Peran ekonomi Islam dalam konteks perekonomian Indonesia, termasuk instrumen-instrumen keuangan syariah.. Pustaka: 4. Surjanti, J., Prakoso, A. F., & Kamalia, H. M. P. U. (2023). An Analysis of Curriculum Development for Economics : A Study on Senior High School Economics Subjects. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(4), 5059–5066. https://doi.org/... |
15% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
|
|
|
|
|
0% |