Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan IPS

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Makro dan Mikro Ekonomi

8420703128

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

30 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E., M.Si. Dr. Durrotun Nafisah, S.Pd.,M.Pd.




Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E., M.Si.




Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal.

PLO-8

Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang bidang keahliannya agar kompetitif di tataran lokal dan global.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukkan nilai-nilai kebangsaan dan budaya nasional serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya;

PO - 2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam meningkatkan Perekonomian Indonesia; (CPL-2)

PO - 3

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam mengembangkan kreativitas ekonomi

PO - 4

Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial dan ekonomi sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten ekonomi kreatif lokal dalam pembelajaran IPS

PO - 5

Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang kreatifitas ekonomi agar kompetitif di tataran lokal dan global.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-4PLO-5PLO-8
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membahas analisis secara kritis berbagai aspek perekonomian Indonesia, termasuk sejarah perkembangan ekonomi, kebijakan ekonomi, serta peran sektor-sektor ekonomi utama dalam pembangunan nasional, dengan menggunakan teori-teori ekonomi dan data empiris yang relevan, serta memahami posisi dan peran sistem ekonomi dalam dinamika perekonomian dengan pembelajaran project base learning dengan metode inkuiri, diskusi, tanya jawab, penugasan. Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja, tes tulis dan portofolio.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Sukirno, S. (2020). Makroekonomi: Teori Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  2. 2. Soesastro, H. (2007). Ekonomi Indonesia di Era Globalisasi. Jakarta: CSIS.
  3. 3. Boediono. (2001). Ekonomi Indonesia: Dalam Perspektif Regional dan Global. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
  4. 4. Swasono, S. E. (2015). Perekonomian Indonesia: Dinamika Ekonomi Pasca-Orde Baru. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  5. 5. Thee, K. W. (2012). Indonesia’s Economy Since Independence. Singapore: ISEAS Publishing.
  6. 6. Hill, H. (1996). The Indonesian Economy. Cambridge: Cambridge University Press.
  7. 7. McLeod, R., & Thee, K. W. (Eds.). (2007). Indonesia: Democracy and the Promise of Good Governance. Singapore: ISEAS Publishing.

Pendukung :

  1. 1. Badan Pusat Statistik (BPS). Statistik Indonesia. (Berbagai tahun). Jakarta: Badan Pusat Statistik.
  2. 2. Prakoso, A. F., Surjanti, J., Sholikhah, N., Hermanto, F. Y., & Andriansyah, E. H. (2021). Teaching of Microeconomics with Local Wisdom: How? International Conference on Economic and Education, 3–8.
  3. 3. Surjanti, J., Musdholifah, & Budiono. (2017). Edisi Belajar Teori Ekonomi (Pendekatan Mikro) Berbasis Karakter (1st ed.). Depublish.
  4. 4. Surjanti, J., Prakoso, A. F., & Kamalia, H. M. P. U. (2023). An Analysis of Curriculum Development for Economics : A Study on Senior High School Economics Subjects. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(4), 5059–5066. https://doi.org/10.35445/alishlah

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E., M.Si.

Dr. Durrotun Nafisah, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu membuat sejarah dinamika rekonstruksi ekonomi Indonesia.

  1. 1.1 Mengidentifikasi periode-periode utama dalam sejarah ekonomi Indonesia
  2. 1.2 membuat sejarah dinamika rekonstruksi ekonomi Indonesia
  3. 1.3 Menganalisis perubahan struktural dalam perekonomian Indonesia dari masa ke masa.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project Base Learning

Kuliah
Small Group Discussion
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
Materi: Periode-periode utama dalam sejarah ekonomi Indonesia
Pustaka: 4. Swasono, S. E. (2015). Perekonomian Indonesia: Dinamika Ekonomi Pasca-Orde Baru. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
5%

2

Minggu ke 2

Mampu membuat sejarah dinamika rekonstruksi ekonomi Indonesia.

  1. 1.1 Mengidentifikasi periode-periode utama dalam sejarah ekonomi Indonesia
  2. 1.2 membuat sejarah dinamika rekonstruksi ekonomi Indonesia
  3. 1.3 Menganalisis perubahan struktural dalam perekonomian Indonesia dari masa ke masa.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project Base Learning

Kuliah
Small Group Discussion
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
Materi: Periode-periode utama dalam sejarah ekonomi Indonesia
Pustaka: 4. Swasono, S. E. (2015). Perekonomian Indonesia: Dinamika Ekonomi Pasca-Orde Baru. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu menganalisis menganalisis Kebijakan Ekonomi Mikro dan Makro

  1. Menganalisis kebijakan fisikal dan moneter.
  2. Menganalisis kebijakan ekonomi terhadap indikator ekonomi seperti inflasi, pengangguran, dan distribusi pendapatan.
  3. Menganalisis Kebijakan Harga dan Subsidi
  4. Menganalisis Kebijakan Persaingan dan Anti-Monopoli
  5. Menganalsis Kebijakan Pasar Tenaga Kerja
  6. Menganalisis Kebijakan Lingkungan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Project Base Learning

Kuliah
Small Group Discussion
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
Materi: Kebijakan Ekonomi Mikro dan Makro
Pustaka: 3. Surjanti, J., Musdholifah, & Budiono. (2017). Edisi Belajar Teori Ekonomi (Pendekatan Mikro) Berbasis Karakter (1st ed.). Depublish.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menganalisis menganalisis Kebijakan Ekonomi Mikro dan Makro

  1. Menganalisis kebijakan fisikal dan moneter.
  2. Menganalisis kebijakan ekonomi terhadap indikator ekonomi seperti inflasi, pengangguran, dan distribusi pendapatan.
  3. Menganalisis Kebijakan Harga dan Subsidi
  4. Menganalisis Kebijakan Persaingan dan Anti-Monopoli
  5. Menganalsis Kebijakan Pasar Tenaga Kerja
  6. Menganalisis Kebijakan Lingkungan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Project Base Learning

Kuliah
Small Group Discussion
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menganalisis sektor-sektor ekonomi utama

  1. Menganalisis Sektor Pertanian Indonesia
  2. Menganalisis Sektor Industri Pengolahan Indonesia.
  3. Menganalisis Sektor Pertambangan dan penggalian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Project Base Learning

Kuliah
Responsi
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
Materi: 1. sektor-sektor ekonomi utama Pertanian 2. Industri pengolahan 3. Pertambangan dan penggalian
Pustaka: 3. Boediono. (2001). Ekonomi Indonesia: Dalam Perspektif Regional dan Global. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
4%

6

Minggu ke 6

Mampu menganalisis sektor-sektor ekonomi utama

  1. Menganalisis Sektor Perdagangan
  2. Menganalisis Sektor Transportasi dan logistic
Kriteria:

Rubrik Kinerja Bentuk: Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Base Learning

Kuliah
Responsi
(2x50’)
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
(2x50’)]
Materi: 1. Perdagangan 2. Transportasi dan logistic
Pustaka: 5. Thee, K. W. (2012). Indonesia’s Economy Since Independence. Singapore: ISEAS Publishing.
3%

7

Minggu ke 7

Mampu menganalisis sektor-sektor ekonomi utama

  1. Menganalisis Sektor Keuangan dan asuransi Konstruksi
  2. Menganalisis Sektor Energi Pariwisata, Teknologi informasi dan komunikasi
Kriteria:

Rubrik Kinerja Bentuk: Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Base Learning

Kuliah
Responsi
(2x50’)
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
(2x50’)]
Materi: 1. Perdagangan 2. Transportasi dan logistic
Pustaka: 5. Thee, K. W. (2012). Indonesia’s Economy Since Independence. Singapore: ISEAS Publishing.
3%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Kriteria:

5



0%

9

Minggu ke 9

Mampu menganalisis konsep globalisasi dan dampaknya terhadap ekonomi.

menganalisis konsep globalisasi dan dampaknya terhadap ekonomi nasional.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Base Learning

Kuliah
Diskusi
(2x50’)
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
(2x50’)
Materi: Konsep globalisasi dan dampaknya terhadap ekonomi nasional.
Pustaka: 2. Soesastro, H. (2007). Ekonomi Indonesia di Era Globalisasi. Jakarta: CSIS.
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menganalisis hubungan perdagangan internasional Indonesia dengan negara lain.

  1. Menganalisis hubungan perdagangan internasional Indonesia dengan negara lain.
  2. Mengevaluasi kebijakan perdagangan dan investasi asing yang diterapkan di Indonesia.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Base Learning

Kuliah
Diskusi
(2x50’)
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
(2x50’)
Materi: Materi 1. Hubungan perdagangan internasional Indonesia dengan negara lain. 2. Kebijakan perdagangan dan investasi asing yang diterapkan di Indonesia.
Pustaka: 3. Boediono. (2001). Ekonomi Indonesia: Dalam Perspektif Regional dan Global. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menganalisis tantangan dan prospek perekonomian Indonesia

  1. 1. Mengidentifikasi tantangan ekonomi utama seperti ketimpangan, pengangguran, dan utang luar negeri
  2. 2. Merumuskan strategi kebijakan yang dapat diambil untuk menghadapi tantangan tersebut
  3. 3. Menyusun rekomendasi kebijakan yang dapat meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia di kancah global

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Project Base Learning

Kuliah
Penugasan
(2x50’)
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
(2x50’)
Materi: 1. Tantangan ekonomi utama seperti ketimpangan, pengangguran, dan utang luar negeri. 2. Strategi kebijakan yang dapat diambil untuk menghadapi tantangan tersebut. 3. Rekomendasi kebijakan yang dapat meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia di kancah global.
Pustaka: 6. Hill, H. (1996). The Indonesian Economy. Cambridge: Cambridge University Press.
8%

12

Minggu ke 12

Mampu menganalisis tantangan dan prospek perekonomian Indonesia

  1. 1. Mengidentifikasi tantangan ekonomi utama seperti ketimpangan, pengangguran, dan utang luar negeri
  2. 2. Merumuskan strategi kebijakan yang dapat diambil untuk menghadapi tantangan tersebut
  3. 3. Menyusun rekomendasi kebijakan yang dapat meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia di kancah global

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Project Base Learning

Kuliah
Penugasan
(2x50’)
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
(2x50’)
Materi: 1. Tantangan ekonomi utama seperti ketimpangan, pengangguran, dan utang luar negeri. 2. Strategi kebijakan yang dapat diambil untuk menghadapi tantangan tersebut. 3. Rekomendasi kebijakan yang dapat meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia di kancah global.
Pustaka: 6. Hill, H. (1996). The Indonesian Economy. Cambridge: Cambridge University Press.
7%

13

Minggu ke 13

  1. 1. Menganalisis karakteristik dasar dari sistem ekonomi kapitalis dan sosialis
  2. 2. Menganalisis bagaimana setiap sistem ekonomi sistem ekonomi kapitalis dan sosialis mempengaruhi kebijakan ekonomi di Indonesia
  3. 3. Mengevaluasi dampak dari penerapan prinsip-prinsip sistem ekonomi sistem ekonomi kapitalis dan sosialis terhadap kesejahteraan masyarakat dan perkembangan ekonomi Indonesia

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Project Base Learning

Kuliah
Penugasan
(2x50’)
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
(2x50’)
15%

14

Minggu ke 14

Mampu mengevaluasi Posisi dan Peran Macam-Macam Sistem Ekonomi campuran

  1. Menganalisis karakteristik dasar dari sistem ekonomi campuran
  2. Menganalisis bagaimana setiap sistem ekonomi ekonomi campuran mempengaruhi kebijakan ekonomi di Indonesia.
  3. Mengevaluasi dampak dari penerapan prinsip-prinsip sistem ekonomi ekonomi campuran terhadap kesejahteraan masyarakat dan perkembangan ekonomi Indonesia
Kriteria:

15


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Project Base Learning

Kuliah
Penugasan
(2x50’)
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
(2x50’)
Materi: 1. Karakteristik dasar dari sistem ekonomi kapitalis dan sosialis 2. Sistem ekonomi sistem ekonomi kapitalis dan sosialis mempengaruhi kebijakan ekonomi di Indonesia. 3. Dampak dari penerapan prinsip-prinsip sistem ekonomi sistem ekonomi kapitalis dan sosialis terhadap kesejahteraan masyarakat dan perkembangan ekonomi Indonesia.
Pustaka: 5. Thee, K. W. (2012). Indonesia’s Economy Since Independence. Singapore: ISEAS Publishing.
15%

15

Minggu ke 15

Mampu mengevaluasi Posisi dan Peran Macam-Macam Sistem Ekonomi Islam

  1. Menganalisis karakteristik dasar dari sistem ekonomi Islam.
  2. Menganalisis bagaimana setiap sistem ekonomi Islam mempengaruhi kebijakan ekonomi di Indonesia.
  3. Mengevaluasi dampak dari penerapan prinsip-prinsip sistem ekonomi Islam terhadap kesejahteraan masyarakat dan perkembangan ekonomi Indonesia
  4. Mengidentifikasi peran ekonomi Islam dalam konteks perekonomian Indonesia, termasuk instrumen-instrumen keuangan syariah.
Kriteria:

Rubrik Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Project Base Learning

Kuliah
Penugasan
(2x50’)
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
(2x50’)
Materi: 1. Karakteristik dasar dari sistem ekonomi Islam. 2. Sistem ekonomi Islam mempengaruhi kebijakan ekonomi di Indonesia. 3. Dampak dari penerapan prinsip-prinsip sistem ekonomi Islam terhadap kesejahteraan masyarakat dan perkembangan ekonomi Indonesia. 4. Peran ekonomi Islam dalam konteks perekonomian Indonesia, termasuk instrumen-instrumen keuangan syariah..
Pustaka: 4. Surjanti, J., Prakoso, A. F., & Kamalia, H. M. P. U. (2023). An Analysis of Curriculum Development for Economics : A Study on Senior High School Economics Subjects. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(4), 5059–5066. https://doi.org/...
15%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 53%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 35%
4. Tes 7%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.