Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Fotografi Dasar

9024103018

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Marsudi, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan metodologi bidang inti Desain Komunikasi Visual.

PLO-9

Mampu merancang karya Desain Komunikasi Visual yang berorientasi pada pemecahan masalah dengan pendekatan berbasis kreativitas dan teknologi serta menggunakan perangkat lunak terkini.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengimplementasikan keilmuan fotografi pada karya foto

PO - 2

mampu memahami karakteristik dan peran media audio visual dalam kegiatan komunikasi visual

PO - 3

mampu menerapkan media audio visual baik statis maupun dinamis.

PO - 4

mampu menjadi sutradara pada sebuah aktifitas rekam komunikasi visual.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah dengan penerapan lanjutan dari prinsip dasar media berbasis waktu dalam bentuk program audio visual dinamis (program video, TV dan Film), penyusunan skenario kerja dan pengenalan media Audio Visual beserta karakteristiknya melalui bahasa rupa dinamis. Perkuliahan disampaikan dengan metode paduan pengajaran konsep dan direct instruction. Evaluasi melalui screening dan peer review .

Pustaka

Utama :

  1. Bruce Warren, 2003. , Photography The Concise Guide, Canada: Thomson Delmar learning
  2. Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited.
  3. Giwanda, Griand, 2004. , Panduan Praktis Fotografi Digital, Jakarta: Puspa Swara.
  4. Website Design Content Management Based on Visual Communication Design at SMK Negeri 3 Batu Proceeding of International Joint Conference on UNESA

Pendukung :

Dosen Pengampu

Tri Cahyo Kusumandyoko, S.Sn., M.Ds.

Nanda Nini Anggalih, S.Pd., M.Ds.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Introduksi dan anatomi kamera

Mengetahui fotografi secara umum, sejarah kamera, jenis kamera, anatomi kamera dan cara kerjanya

Kriteria:

Mampu mengidentifikasi serta menjelaskan Sejarah Fotografi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi
3 X 50

Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi
Pustaka: Bruce Warren, 2003. , Photography The Concise Guide, Canada: Thomson Delmar learning
5%

2

Minggu ke 2

Triple aspect photography

Mengetahui hubungan triple aspect photography dengan pencahayaan (exposure), efek gerak dalam gambar, ruang tajam, dan white balance

Kriteria:

Deskripsi pengertian, manfaat, fungsi, peran, karakteristik dan factor penunjang fotografi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi
3 X 50

Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi
Pustaka: Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited.
5%

3

Minggu ke 3

Triple aspect photography

Mengetahui hubungan triple aspect photography dengan pencahayaan (exposure), efek gerak dalam gambar, ruang tajam, dan white balance

Kriteria:

Deskripsi pengertian, manfaat, fungsi, peran, karakteristik dan factor penunjang fotografi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi,
3 X 50

Materi: Mengidentifikasi cara Change positioning, set display fotografi
Pustaka: Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited.
5%

4

Minggu ke 4

pemahaman dan penggunaan Lensa

Mengetahui klasifikasi lensa, panjang fokus lensa, sifat-sifat lensa, dan lensa-lensa khusus

Kriteria:

Deskripsi pengertian, manfaat, fungsi, peran, karakteristik dan factor penunjang fotografi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi
3 X 50

Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi
Pustaka: Bruce Warren, 2003. , Photography The Concise Guide, Canada: Thomson Delmar learning
5%

5

Minggu ke 5

Pemotretan indoor dengan penggunaan lampu studio

Menjalankan pekerjaan pemotretan di dalam studio dengan menggunakan artificial light

Kriteria:

Mahasiswa mampu Menjalankan pekerjaan pemotretan di dalam studio dengan menggunakan artificial light


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi
3 X 50

Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi
Pustaka: Giwanda, Griand, 2004. , Panduan Praktis Fotografi Digital, Jakarta: Puspa Swara.
5%

6

Minggu ke 6

Pemotretan fesyen dengan menitik beratkan pada komposisi

Mengelola pemotretan fesyen di luar studio (outdoor) dengan menggunakan natural light

Kriteria:
  1. Standar cahaya
  2. Focus
  3. Komposisi
  4. Warna
  5. white balance

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi
3 X 50

Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi
Pustaka: Giwanda, Griand, 2004. , Panduan Praktis Fotografi Digital, Jakarta: Puspa Swara.
5%

7

Minggu ke 7

Mengelola dan merancang pemotretan benda

  1. Mengidentifikasi karakter benda yang akan dipotret
  2. Mengelola pemotretan benda tunggal
  3. Mengelola pemotretan dua benda yang berbeda jenis dan karakter
Kriteria:
  1. Kualitas foto
  2. Kualitas cetak
  3. Pengemasan
  4. Penataan
  5. Rincian data

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi
3 X 50

Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi
Pustaka: Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited.
5%

8

Minggu ke 8

Mengelola dan merancang pemotretan benda

  1. Teknik memotret subjek foto bergerak.
  2. Ikuti arah gerakan subjek ke samping kiri atau kanan.
  3. Penyesuaian kecepatan gerakan subjek.
  4. Mengatur shutter speed agar subjek tertangkap focus dan diperoleh latar belakang blur.
Kriteria:
  1. Standar cahaya
  2. Focus
  3. Komposisi
  4. Warna
  5. white balance

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi
3 X 50

Materi: teknis implementasi implementasi tata cahaya
Pustaka: Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited.
10%

9

Minggu ke 9

Ujian Tengah Semester (UTS)

mahasiswa mampu menerapkan dan menjeklaskan bentuk karya yang telah di rancang dengan tema food fotografi

Kriteria:

mampu merancang teknis komposisi, lighting, dan penataan set fotografi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
metoda brief tugas
3 X 50

Materi: teknis komposisi, lighting, dan penataan set fotografi
Pustaka: Giwanda, Griand, 2004. , Panduan Praktis Fotografi Digital, Jakarta: Puspa Swara.

Materi: teknis komposisi, lighting, dan penataan set fotografi
Pustaka: Bruce Warren, 2003. , Photography The Concise Guide, Canada: Thomson Delmar learning
15%

10

Minggu ke 10

Lighting: Pencahayaan dalam Fotografi strobo/ artificial light

Memahami proses pencahayaan yang terjadi diluar tubuh kamera, bisa membedakan pencahayaan berdasarkan: 1) Jenis sumber pencahaya-an; 2) Tempat pengambilan foto; 3) Halangan antara sumber cahaya dengan objek foto; dan 4) Fungsinya

Kriteria:
  1. Standar cahaya
  2. Focus
  3. Komposisi
  4. Warna
  5. white balance

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi
3 X 50

Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi
Pustaka: Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited.
5%

11

Minggu ke 11

Melakukan olah digital editing face dan color correction dengan perangkat lunak photshop.

Melakukan olah digital dengan menggunakan software komputer untuk menghasilkan efek-efek tertentu

Kriteria:
  1. Standar cahaya
  2. Focus
  3. Komposisi
  4. Warna
  5. white balance

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, praktek olah digital, dan diskusi
3 X 50

Materi: Mengidentifikasi cara Change positioning, set display quality pada fotografi
Pustaka: Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited.
5%

12

Minggu ke 12

Merekam objek peristiwa untuk kebutuhan bahan pemberitaan

  1. Mengidentifikasi dasar-dasar pemotretan peristiwa
  2. Menghasilkan gambar tunggal dari suatu peristiwa
  3. Menghasilkan rangkaian gambar dari suatu peristiwa.
  4. Menghasilkan karya fotografi esai
Kriteria:
  1. Standar cahaya
  2. Focus
  3. Komposisi
  4. Warna
  5. white balance

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi
3 X 50

Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi
Pustaka: Bruce Warren, 2003. , Photography The Concise Guide, Canada: Thomson Delmar learning
5%

13

Minggu ke 13

Merekam objek peristiwa untuk kebutuhan bahan pemberitaan

  1. Mengidentifikasi dasar-dasar pemotretan peristiwa
  2. Menghasilkan gambar tunggal dari suatu peristiwa
  3. Menghasilkan rangkaian gambar dari suatu peristiwa.
  4. Menghasilkan karya fotografi esai
Kriteria:
  1. Standar cahaya
  2. Focus
  3. Komposisi
  4. Warna
  5. white balance

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi
3 X 50

Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi
Pustaka: Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited.
5%

14

Minggu ke 14

Merancang karya fotografi desain

  1. Membuat karya tematik dengan tujuan tertentu:Melakukan koordinasi dengan tim kerja
  2. Mempresentasikan hasil pekerjaan
  3. Membuat dokumentasi karya fotografi
Kriteria:

mampu mengimplementasikan Pencetakan, Pengemasan, dan Kreativitas karya fotografi.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Konsultasi, kerjasama kelompok, praktek memotret, dan diskusi
3 X 50

Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi
Pustaka: Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited.
5%

15

Minggu ke 15

Ujian Akhir Semester (UAS)

Dapat menjawab soal, mengemas dan memamerkan karya

Kriteria:
  1. Kualitas foto
  2. Kualitas cetak
  3. Pengemasan
  4. Penataan
  5. Rincian data

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tanya jawab secara Lisan, tulisan, dan praktik menyajian
3 X 50

Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi
Pustaka: Bruce Warren, 2003. , Photography The Concise Guide, Canada: Thomson Delmar learning
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Dapat menjawab soal, mengemas dan memamerkan karya

Kriteria:
  1. Kualitas foto
  2. Kualitas cetak
  3. Pengemasan
  4. Penataan
  5. Rincian data

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktikum di studio foto
3 X 50

Materi: Mampu memahami dasar-dasar Artificial light dan kreatifitas karya fotografi
Pustaka: Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 22.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 77.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.