|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Fotografi Dasar |
9024103018 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Marsudi, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan metodologi bidang inti Desain Komunikasi Visual. |
PLO-9 |
Mampu merancang karya Desain Komunikasi Visual yang berorientasi pada pemecahan masalah dengan pendekatan berbasis kreativitas dan teknologi serta menggunakan perangkat lunak terkini. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan keilmuan fotografi pada karya foto
|
PO - 2 |
mampu memahami karakteristik dan peran media audio visual dalam kegiatan komunikasi visual
|
PO - 3 |
mampu menerapkan media audio visual baik statis maupun dinamis.
|
PO - 4 |
mampu menjadi sutradara pada sebuah aktifitas rekam komunikasi visual.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-9 | PO-1 | | | PO-2 | | | PO-3 | | | PO-4 | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah dengan penerapan lanjutan dari prinsip dasar media berbasis waktu dalam bentuk program audio visual dinamis (program video, TV dan Film), penyusunan skenario kerja dan pengenalan media Audio Visual beserta karakteristiknya melalui bahasa rupa dinamis. Perkuliahan disampaikan dengan metode paduan pengajaran konsep dan direct instruction. Evaluasi melalui screening dan peer review . |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bruce Warren, 2003. , Photography The Concise Guide, Canada: Thomson Delmar learning
- Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited.
- Giwanda, Griand, 2004. , Panduan Praktis Fotografi Digital, Jakarta: Puspa Swara.
- Website Design Content Management Based on Visual Communication Design at SMK Negeri 3 Batu Proceeding of International Joint Conference on UNESA
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Tri Cahyo Kusumandyoko, S.Sn., M.Ds. Nanda Nini Anggalih, S.Pd., M.Ds. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Introduksi dan anatomi kamera |
Mengetahui fotografi secara umum, sejarah kamera, jenis kamera, anatomi kamera dan cara kerjanya |
Kriteria:
Mampu mengidentifikasi serta menjelaskan Sejarah Fotografi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi Pustaka: Bruce Warren, 2003. , Photography The Concise Guide, Canada: Thomson Delmar learning |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Triple aspect photography |
Mengetahui hubungan triple aspect photography dengan pencahayaan (exposure), efek gerak dalam gambar, ruang tajam, dan white balance |
Kriteria:
Deskripsi pengertian, manfaat, fungsi, peran, karakteristik dan factor penunjang fotografi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi Pustaka: Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Triple aspect photography |
Mengetahui hubungan triple aspect photography dengan pencahayaan (exposure), efek gerak dalam gambar, ruang tajam, dan white balance |
Kriteria:
Deskripsi pengertian, manfaat, fungsi, peran, karakteristik dan factor penunjang fotografi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi, 3 X 50 |
|
Materi: Mengidentifikasi cara Change positioning, set display fotografi Pustaka: Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
pemahaman dan penggunaan Lensa |
Mengetahui klasifikasi lensa, panjang fokus lensa, sifat-sifat lensa, dan lensa-lensa khusus |
Kriteria:
Deskripsi pengertian, manfaat, fungsi, peran, karakteristik dan factor penunjang fotografi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi Pustaka: Bruce Warren, 2003. , Photography The Concise Guide, Canada: Thomson Delmar learning |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Pemotretan indoor dengan penggunaan lampu studio |
Menjalankan pekerjaan pemotretan di dalam studio dengan menggunakan artificial light |
Kriteria:
Mahasiswa mampu Menjalankan pekerjaan pemotretan di dalam studio dengan menggunakan artificial light Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi Pustaka: Giwanda, Griand, 2004. , Panduan Praktis Fotografi Digital, Jakarta: Puspa Swara. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Pemotretan fesyen dengan menitik beratkan pada komposisi |
Mengelola pemotretan fesyen di luar studio (outdoor) dengan menggunakan natural light |
Kriteria:
- Standar cahaya
- Focus
- Komposisi
- Warna
- white balance
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi Pustaka: Giwanda, Griand, 2004. , Panduan Praktis Fotografi Digital, Jakarta: Puspa Swara. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mengelola dan merancang pemotretan benda |
- Mengidentifikasi karakter benda yang akan dipotret
- Mengelola pemotretan benda tunggal
- Mengelola pemotretan dua benda yang berbeda jenis dan karakter
|
Kriteria:
- Kualitas foto
- Kualitas cetak
- Pengemasan
- Penataan
- Rincian data
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi Pustaka: Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mengelola dan merancang pemotretan benda |
- Teknik memotret subjek foto bergerak.
- Ikuti arah gerakan subjek ke samping kiri atau kanan.
- Penyesuaian kecepatan gerakan subjek.
- Mengatur shutter speed agar subjek tertangkap focus dan diperoleh latar belakang blur.
|
Kriteria:
- Standar cahaya
- Focus
- Komposisi
- Warna
- white balance
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: teknis implementasi implementasi tata cahaya Pustaka: Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
mahasiswa mampu menerapkan dan menjeklaskan bentuk karya yang telah di rancang dengan tema food fotografi |
Kriteria:
mampu merancang teknis komposisi, lighting, dan penataan set fotografi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
metoda brief tugas 3 X 50 |
|
Materi: teknis komposisi, lighting, dan penataan set fotografi Pustaka: Giwanda, Griand, 2004. , Panduan Praktis Fotografi Digital, Jakarta: Puspa Swara. Materi: teknis komposisi, lighting, dan penataan set fotografi Pustaka: Bruce Warren, 2003. , Photography The Concise Guide, Canada: Thomson Delmar learning |
15% |
10
Minggu ke 10 |
Lighting: Pencahayaan dalam Fotografi strobo/ artificial light |
Memahami proses pencahayaan yang terjadi diluar tubuh kamera, bisa membedakan pencahayaan berdasarkan: 1) Jenis sumber pencahaya-an; 2) Tempat pengambilan foto; 3) Halangan antara sumber cahaya dengan objek foto; dan 4) Fungsinya |
Kriteria:
- Standar cahaya
- Focus
- Komposisi
- Warna
- white balance
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi Pustaka: Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Melakukan olah digital editing face dan color correction dengan perangkat lunak photshop. |
Melakukan olah digital dengan menggunakan software komputer untuk menghasilkan efek-efek tertentu |
Kriteria:
- Standar cahaya
- Focus
- Komposisi
- Warna
- white balance
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, praktek olah digital, dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Mengidentifikasi cara Change positioning, set display quality pada fotografi Pustaka: Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Merekam objek peristiwa untuk kebutuhan bahan pemberitaan |
- Mengidentifikasi dasar-dasar pemotretan peristiwa
- Menghasilkan gambar tunggal dari suatu peristiwa
- Menghasilkan rangkaian gambar dari suatu peristiwa.
- Menghasilkan karya fotografi esai
|
Kriteria:
- Standar cahaya
- Focus
- Komposisi
- Warna
- white balance
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi Pustaka: Bruce Warren, 2003. , Photography The Concise Guide, Canada: Thomson Delmar learning |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Merekam objek peristiwa untuk kebutuhan bahan pemberitaan |
- Mengidentifikasi dasar-dasar pemotretan peristiwa
- Menghasilkan gambar tunggal dari suatu peristiwa
- Menghasilkan rangkaian gambar dari suatu peristiwa.
- Menghasilkan karya fotografi esai
|
Kriteria:
- Standar cahaya
- Focus
- Komposisi
- Warna
- white balance
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tanya jawab, praktek memotret, dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi Pustaka: Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Merancang karya fotografi desain |
- Membuat karya tematik dengan tujuan tertentu:Melakukan koordinasi dengan tim kerja
- Mempresentasikan hasil pekerjaan
- Membuat dokumentasi karya fotografi
|
Kriteria:
mampu mengimplementasikan Pencetakan, Pengemasan, dan Kreativitas karya fotografi. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Konsultasi, kerjasama kelompok, praktek memotret, dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi Pustaka: Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
Dapat menjawab soal, mengemas dan memamerkan karya |
Kriteria:
- Kualitas foto
- Kualitas cetak
- Pengemasan
- Penataan
- Rincian data
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tanya jawab secara Lisan, tulisan, dan praktik menyajian 3 X 50 |
|
Materi: Mampu memahami dasar-dasar fotografi Pustaka: Bruce Warren, 2003. , Photography The Concise Guide, Canada: Thomson Delmar learning |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
Dapat menjawab soal, mengemas dan memamerkan karya |
Kriteria:
- Kualitas foto
- Kualitas cetak
- Pengemasan
- Penataan
- Rincian data
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktikum di studio foto 3 X 50 |
|
Materi: Mampu memahami dasar-dasar Artificial light dan kreatifitas karya fotografi Pustaka: Philip Andrews, 2005. , Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited. |
10% |