|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
MANAJEMEN PUBLIC RELATION DAN IKLAN OLAHRAGA |
8920104232 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
1 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Heri Wahyudi, S.Or., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Mampu memahami, menganalisis dan mengevaluasi serta menerapkan teori keilmuan khususnya kebugaran fisik, kesehatan mental, dan sosial di bidang ilmu keolahragaan. (PLO-7) |
PLO-10 |
Mampu berfikir kritis, logis, inovatif dan sistematis guna mengembangkan dan mengoptimalisasi potensi dunia usaha dan industri di bidang ilmu keolahragaan. (PLO-10) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar public relations dan iklan dalam konteks industri olahraga. (C3)
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat menganalisis strategi public relations dan iklan yang efektif untuk meningkatkan citra organisasi olahraga. (C4)
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas kampanye public relations dan iklan dalam olahraga berdasarkan kriteria dan standar yang telah ditetapkan. (C5)
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat menciptakan strategi komunikasi yang inovatif untuk mengatasi tantangan dalam manajemen public relations dan iklan olahraga. (C6)
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat menerapkan teori dan prinsip manajemen dalam merancang dan melaksanakan kegiatan public relations dan iklan di sektor olahraga. (C3)
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat menganalisis dampak sosial dan etika dari kampanye public relations dan iklan dalam olahraga. (C4)
|
PO - 7 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi dan mengoptimalkan penggunaan media digital dan tradisional dalam kampanye iklan olahraga. (C5)
|
PO - 8 |
Mahasiswa dapat menciptakan konten promosi yang kreatif dan menarik untuk berbagai platform media yang digunakan dalam olahraga. (C6)
|
PO - 9 |
Mahasiswa dapat menerapkan metode penelitian untuk mengumpulkan dan menganalisis data terkait efektivitas strategi public relations dan iklan. (C3)
|
PO - 10 |
Mahasiswa dapat mengintegrasikan berbagai teori dan model komunikasi untuk mengembangkan strategi public relations dan iklan yang efektif di industri olahraga. (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-7 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | | PO-4 | | ✔ | PO-5 | ✔ | | PO-6 | ✔ | | PO-7 | | ✔ | PO-8 | | ✔ | PO-9 | ✔ | | PO-10 | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Manajemen Public Relation Dan Iklan Olahraga membahas konsep dasar manajemen public relation dan iklan yang diterapkan dalam dunia olahraga. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang strategi komunikasi dan promosi yang efektif dalam membangun citra positif dan meningkatkan popularitas di bidang olahraga. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pembahasan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program public relation dan iklan olahraga, serta studi kasus untuk memperkuat pemahaman mahasiswa. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- G Clayton Stoldt Stephen Dittmore Scott Branvold. 2012. Sport Public Relations: Managing Stakeholder Communication.Human Kinetics; 2nd edition
- John A Fortunato. 2013. Sports Sponsorship: Principles and Practices. McFarland & Co Inc
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Catur Supriyanto, S.Pd., M.Kes., Ph.D. Lutfhi Abdil Khuddus, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dasar public relations dan iklan dalam konteks industri olahraga. |
- Penerapan konsep public relations dalam industri olahraga
- Penerapan konsep iklan dalam industri olahraga
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis studi kasus.
|
Diskusi daring tentang penerapan konsep public relations dalam industri olahraga
|
Materi: Pengertian Public Relations, Fungsi Public Relations dalam Industri Olahraga, Konsep Dasar Iklan, Strategi Iklan dalam Industri Olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dasar public relations dan iklan dalam konteks industri olahraga dengan baik dan efektif. |
- Penerapan konsep public relations dalam industri olahraga
- Penerapan konsep iklan dalam industri olahraga
- Kemampuan mengintegrasikan public relations dan iklan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok dan studi kasus.
|
Penugasan online memungkinkan. Jenis penugasan yang cocok adalah membuat kampanye iklan olahraga yang menggabungkan konsep public relations untuk meningkatkan popularitas suatu olahraga.
|
Materi: Pengenalan konsep dasar public relations, Strategi iklan dalam industri olahraga, Integrasi public relations dan iklan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dasar public relations dan iklan dalam konteks industri olahraga dengan baik dan efektif. |
- Penerapan konsep public relations dalam industri olahraga
- Penerapan konsep iklan dalam industri olahraga
- Kemampuan mengintegrasikan public relations dan iklan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok dan studi kasus.
|
Penugasan online memungkinkan. Jenis penugasan yang cocok adalah membuat kampanye iklan olahraga yang menggabungkan konsep public relations untuk meningkatkan popularitas suatu olahraga.
|
Materi: Pengenalan konsep dasar public relations, Strategi iklan dalam industri olahraga, Integrasi public relations dan iklan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis strategi public relations dan iklan yang efektif untuk meningkatkan citra organisasi olahraga. |
- Analisis strategi public relations
- Analisis strategi iklan
- Implementasi strategi dalam studi kasus
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis kasus.
|
Diskusi daring tentang studi kasus implementasi strategi PR dan iklan dalam olahraga
|
Materi: Konsep dasar public relations, Teknik-teknik iklan yang efektif, Studi kasus implementasi strategi PR dan iklan dalam olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis strategi public relations dan iklan yang efektif untuk meningkatkan citra organisasi olahraga. |
- Analisis strategi public relations dan iklan
- Penerapan strategi dalam konteks organisasi olahraga
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
|
Diskusi daring tentang penerapan strategi public relations dan iklan dalam konteks organisasi olahraga
|
Materi: Teori Public Relations, Strategi Iklan, Studi Kasus Citra Organisasi Olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas kampanye public relations dan iklan dalam olahraga berdasarkan kriteria dan standar yang telah ditetapkan. |
- Analisis efektivitas kampanye PR dan iklan olahraga
- Pemahaman terhadap kriteria evaluasi
- Kemampuan menilai standar yang telah ditetapkan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Diskusi daring tentang studi kasus kampanye PR dan iklan olahraga
|
Materi: Teori evaluasi kampanye PR dan iklan olahraga, Studi kasus kampanye PR dan iklan olahraga, Kriteria evaluasi efektivitas kampanye PR dan iklan olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas kampanye public relations dan iklan dalam olahraga berdasarkan kriteria dan standar yang telah ditetapkan. |
- Analisis efektivitas kampanye PR dan iklan olahraga
- Pemahaman terhadap kriteria evaluasi
- Kemampuan menilai standar yang telah ditetapkan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Diskusi daring tentang studi kasus kampanye PR dan iklan olahraga
|
Materi: Teori evaluasi kampanye PR dan iklan olahraga, Studi kasus kampanye PR dan iklan olahraga, Kriteria evaluasi efektivitas kampanye PR dan iklan olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teori dan prinsip manajemen dalam merancang dan melaksanakan kegiatan public relations dan iklan di sektor olahraga. |
- Penerapan teori manajemen dalam kegiatan public relations olahraga
- Penerapan prinsip manajemen dalam kegiatan iklan olahraga
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
|
Materi: Teori Manajemen dalam Public Relations Olahraga, Prinsip Manajemen dalam Iklan Olahraga, Studi Kasus Kegiatan Public Relations dan Iklan di Sektor Olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teori dan prinsip manajemen dalam konteks public relations dan iklan di sektor olahraga. |
- Kemampuan menerapkan teori manajemen dalam kegiatan public relations olahraga
- Kemampuan menerapkan prinsip manajemen dalam kegiatan iklan olahraga
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi.
|
Penugasan online memungkinkan, Pembuatan proposal kampanye public relations olahraga
|
Materi: Teori manajemen dalam public relations olahraga, Prinsip manajemen dalam iklan olahraga, Studi kasus public relations dan iklan di sektor olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teori dan prinsip manajemen dalam konteks public relations dan iklan di sektor olahraga. |
- Kemampuan menerapkan teori manajemen dalam kegiatan public relations olahraga
- Kemampuan menerapkan prinsip manajemen dalam kegiatan iklan olahraga
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi.
|
Penugasan online memungkinkan, Pembuatan proposal kampanye public relations olahraga
|
Materi: Teori manajemen dalam public relations olahraga, Prinsip manajemen dalam iklan olahraga, Studi kasus public relations dan iklan di sektor olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teori dan prinsip manajemen dalam konteks public relations dan iklan di sektor olahraga. |
- Kemampuan menerapkan teori manajemen dalam kegiatan public relations olahraga
- Kemampuan menerapkan prinsip manajemen dalam kegiatan iklan olahraga
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi.
|
Penugasan online memungkinkan, Pembuatan proposal kampanye public relations olahraga
|
Materi: Teori manajemen dalam public relations olahraga, Prinsip manajemen dalam iklan olahraga, Studi kasus public relations dan iklan di sektor olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan konten promosi yang kreatif dan menarik untuk berbagai platform media yang digunakan dalam olahraga. |
- Kemampuan merancang konten promosi yang inovatif
- Kemampuan memilih platform media yang tepat untuk konten promosi
- Kemampuan menarik perhatian target audiens
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Pembuatan video promosi olahraga
|
Materi: Strategi konten promosi dalam olahraga, Pemilihan platform media yang efektif, Teknik menarik perhatian audiens Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metode penelitian yang tepat untuk mengumpulkan dan menganalisis data terkait efektivitas strategi public relations dan iklan dalam olahraga. |
- Kemampuan menerapkan metode penelitian
- Kemampuan mengumpulkan data
- Kemampuan menganalisis data
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung.
|
Diskusi daring tentang penerapan metode penelitian dalam kasus nyata public relations dan iklan olahraga
|
Materi: Pengenalan metode penelitian, Tahapan penelitian, Teknik pengumpulan data, Analisis data dalam konteks public relations dan iklan olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metode penelitian yang tepat untuk mengumpulkan dan menganalisis data terkait efektivitas strategi public relations dan iklan dalam olahraga. |
- Kemampuan menerapkan metode penelitian
- Kemampuan mengumpulkan data
- Kemampuan menganalisis data
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung.
|
Diskusi daring tentang penerapan metode penelitian dalam kasus nyata public relations dan iklan olahraga
|
Materi: Pengenalan metode penelitian, Tahapan penelitian, Teknik pengumpulan data, Analisis data dalam konteks public relations dan iklan olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metode penelitian yang tepat untuk mengumpulkan dan menganalisis data terkait efektivitas strategi public relations dan iklan dalam olahraga. |
- Kemampuan menerapkan metode penelitian
- Kemampuan mengumpulkan data
- Kemampuan menganalisis data
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung.
|
Diskusi daring tentang penerapan metode penelitian dalam kasus nyata public relations dan iklan olahraga
|
Materi: Pengenalan metode penelitian, Tahapan penelitian, Teknik pengumpulan data, Analisis data dalam konteks public relations dan iklan olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
1% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |