|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Etnofisika |
8410302018 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
8 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Oka Saputra, M.Pd
|
.......................................
|
Dr. Titin Sunarti, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mengembangkan pengetahuan pedagogik dan implikasinya pada pembelajaran fisika dengan menggunakan Hybrid Blended Learning, STEM Education, TPACK, ETNOFISIKA, Pembelajaran SDGs, dan TIK |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mengembangkan secara komprehensif dan mengkreasikan pengetahuan tentang hakekat etnofisika dan ruang lingkup kajian etnofisika
|
PO - 2 |
Mampu mengembangkan secara komprehensif dan mengkreasikan pengetahuan tentang pentingnya kajian etnofisika dalam pengembangan konten dan konsep belajar fisika
|
PO - 3 |
Mampu mengembangkan secara komprehensif dan mengkreasikan pengetahuan tentang perspektif etnosains sebagai fokus penelitian pendidikan fisika, merekonstruksi fisika asli
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-5 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Etnofisika adalah cabang ilmu fisika yang mengkaji konsep-konsep dan fenomena fisika dalam konteks budaya tertentu. Etnofisika bertujuan untuk memahami bagaimana berbagai budaya memandang dan memanfaatkan prinsip-prinsip fisika dalam kehidupan sehari-hari mereka. Mata kuliah ini mencakup studi tentang teknologi tradisional, astronomi, arsitektur, pertanian, dan praktik-praktik lainnya yang dipengaruhi oleh pemahaman lokal tentang fisika. Selain itu, etnofisika juga berusaha untuk mengapresiasi dan menghormati pengetahuan tradisional yang sering kali tidak terdokumentasi dalam literatur ilmiah konvensional. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Cross,R.T & R.F. Price 1992. Teaching Science for Social Responsibility. Sydney: St.Louis Press.
- Darren M. O’Hern. 2014. Natural Science Education, Indigenous Knowledge,and Sustainable Development in Rural and Urban Schools in Kenya. Rotterdam; Sense Publishers
- Ogawa,M. 1995. Science Education in MultiScience Perspective. Science Education. 79, 583-593.
- Snively,G & J. Corsiglia. 2001. Discovering Indigenous Science: Implications for Science Education. Science Education. Vol 85 (1): 7-34.
- Suastra, W.I. 2009. Merekonstruksi Sains Asli (Indegenous Science) dalam Upaya Mengembangkan Pendidikan Sains Berbasis Budaya lokal di Sekolah. Makalah. Bali: Jurusan Pend. Fisika IKIP Singaraja
|
Pendukung : |
|
- Suastra,W.I. 2003. Implementasi Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri di SLTP. Laporan Penelitian Research Grand IKIP Negeri Singaraja. Tidak Dipublikasikan.
- Sudarmin. 2014. Pendidikan karakter, etnosains dan kearifan lokal : konsep dan penerapannya dalam penelitian dan pembelajaran sains. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Nadi Suprapto, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Dr. Oka Saputra, M.Pd |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu mengkontruk pengetahuan terkait pendidikan sebagai inkulturasi budaya |
Mengkontruk pengetahuan terkait pendidikan sebagai inkulturasi budaya |
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Penndidikan sebagai inkulturasi budaya, Tantangan Pendidikan Fisika dalam abad-21, Landasan Pendidikan, Bentuk Pembelajaran, dan Implikasi pembelajaran Berbasis Budaya Pustaka: Cross,R.T & R.F. Price 1992. Teaching Science for Social Responsibility. Sydney: St.Louis Press. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mengkontruk pengetahuan terkait kearifan lokal dan ruang lingkupnya |
Mengkontruk pengetahuan terkait kearifan lokal dan ruang lingkupnya |
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah
Tanya Jawab
Disksui 2x50 |
|
Materi: Kearifan lokal dan kearifan lingkungan, Fungsi dan wujud kearifan lokal, Kearifan lokal sebagai fenomena keilmuan, Perlunya Kurikulum Fisika yang Peduli terhadap Kearifan lokal, Menelaah Penelian Model Pembelajaran etnofisika sebagai salah satu model pembelajaran berbasis kearifan Lokal budaya Minangkabau Pustaka: Cross,R.T & R.F. Price 1992. Teaching Science for Social Responsibility. Sydney: St.Louis Press. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu mengkontruk pengetahuan terkait hakekat etnofisika dan ruang lingkupnya |
Mengkontruk pengetahuan terkait hakekat etnofisika dan ruang lingkupnya |
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Pengertian, Sejarah, dan Hakikat dari etnofisika, Fisika asli sebagai sumber belajar sains Pustaka: Cross,R.T & R.F. Price 1992. Teaching Science for Social Responsibility. Sydney: St.Louis Press. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu mengkontruk pengetahuan terkait peran etnofisika dalam membangun pembelajaran abad-21 |
Mengkontruk pengetahuan terkait peran etnofisika dalam membangun pembelajaran abad-21 |
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Pendekatan Etnofisika dalam Tinjauan Fisafat Pendidikan, Peran Pendekatan etnofisika dalam pembelajaran Abad-21, Strategi Penerapan Etnofisika dalam Pembelajaran fisika Pustaka: Cross,R.T & R.F. Price 1992. Teaching Science for Social Responsibility. Sydney: St.Louis Press. Materi: Pendekatan Etnofisika dalam Tinjauan Fisafat Pendidikan, Peran Pendekatan etnofisika dalam pembelajaran Abad-21, Strategi Penerapan Etnofisika dalam Pembelajaran Pustaka: Darren M. O’Hern. 2014. Natural Science Education, Indigenous Knowledge,and Sustainable Development in Rural and Urban Schools in Kenya. Rotterdam; Sense Publishers |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu mengkontruk pengetahuan terkait kajian etnofisika dalam Fisika lingkungan |
Mengkontruk pengetahuan terkait kajian etnofisika dalam Fisika lingkungan |
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Pengertian, Sejarah, dan Hakikat dari etnofisika, Fisika asli sebagai sumber belajar sains Pustaka: Cross,R.T & R.F. Price 1992. Teaching Science for Social Responsibility. Sydney: St.Louis Press. Materi: Pengertian, Sejarah, dan Hakikat dari etnofisika, Fisika asli sebagai sumber belajar sains Pustaka: Ogawa,M. 1995. Science Education in MultiScience Perspective. Science Education. 79, 583-593. Materi: Pendekatan Etnofisika dalam Tinjauan Fisafat Pendidikan, Peran Pendekatan etnofisika dalam pembelajaran Abad-21, Strategi Penerapan Etnofisika dalam Pembelajaran Fisika Pustaka: Snively,G & J. Corsiglia. 2001. Discovering Indigenous Science: Implications for Science Education. Science Education. Vol 85 (1): 7-34. |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu mengkontruk pengetahuan terkait kajian etnofisika dalam Fisika kesehatan |
Mengkontruk pengetahuan terkait kajian etnofisika dalam Fisika kesehatan |
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Konsep Fisika lingkungan, Pengetahuan Sains asli masyarakat dalam Fisika lingkungan, Hasil penelitian etnofisika dalam kontek Fisika lingkungan, Implementasi fisika asli masyarakat dalam Fisika lingkungan dalam pembelajaran Fisika Pustaka: Snively,G & J. Corsiglia. 2001. Discovering Indigenous Science: Implications for Science Education. Science Education. Vol 85 (1): 7-34. Materi: Konsep Fisika kesehatan, Pengetahuan Fisika asli masyarakat dalam Fisika kesehatan, Hasil penelitian etnofisika dalam kontek Fisika Kesehatan, Implementasi fisika asli masyarakat dalam Fisika kesehatan dalam pembelajaran Fisika Pustaka: Suastra, W.I. 2009. Merekonstruksi Sains Asli (Indegenous Science) dalam Upaya Mengembangkan Pendidikan Sains Berbasis Budaya lokal di Sekolah. Makalah. Bali: Jurusan Pend. Fisika IKIP Singaraja Materi: Konsep Fisika lingkungan, Pengetahuan Sains asli masyarakat dalam Fisika lingkungan, Hasil penelitian etnofisika dalam kontek Fisika lingkungan, Implementasi fisika asli masyarakat dalam Fisika lingkungan dalam pembelajaran Fisika Pustaka: Cross,R.T & R.F. Price 1992. Teaching Science for Social Responsibility. Sydney: St.Louis Press. |
2% |
7
Minggu ke 7 |
- Mampu mengkontruk pengetahuan terkait kajian etnofisika dalam Fisika reproduksi
- Mampu mengkontruk pengetahuan terkait kajian etnofisika dalam Fisika terapan
|
- Mengkontruk pengetahuan terkait kajian etnofisika dalam Fisika reproduksi
- Mengkontruk pengetahuan terkait kajian etnofisika dalam Fisika terapan
|
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Konsep Fisika lingkungan, Pengetahuan Sains asli masyarakat dalam Fisika lingkungan, Hasil penelitian etnofisika dalam kontek Fisika lingkungan, Implementasi fisika asli masyarakat dalam Fisika lingkungan dalam pembelajaran fisika Pustaka: Snively,G & J. Corsiglia. 2001. Discovering Indigenous Science: Implications for Science Education. Science Education. Vol 85 (1): 7-34. Materi: Konsep Fisika kesehatan, Pengetahuan Fisika asli masyarakat dalam Fisika kesehatan, Hasil penelitian etnofisika dalam kontek Fisika Kesehatan, Implementasi fisika asli masyarakat dalam Fisika kesehatan dalam pembelajaran Fisika Pustaka: Suastra, W.I. 2009. Merekonstruksi Sains Asli (Indegenous Science) dalam Upaya Mengembangkan Pendidikan Sains Berbasis Budaya lokal di Sekolah. Makalah. Bali: Jurusan Pend. Fisika IKIP Singaraja |
2% |
8
Minggu ke 8 |
- Mampu mengkontruk pengetahuan terkait pendidikan sebagai inkulturasi budaya
- Mampu mengkontruk pengetahuan terkait kearifan lokal dan ruang lingkupnya
- Mampu mengkontruk pengetahuan terkait hakekat etnofisika dan ruang lingkupnya
- Mampu mengkontruk pengetahuan terkait peran etnofisika dalam membangun pembelajaran abad-21
- Mampu mengkontruk pengetahuan terkait kajian etnofisika dalam Fisika lingkungan
- Mampu mengkontruk pengetahuan terkait kajian etnofisika dalam Fisika kesehatan
- Mampu mengkontruk pengetahuan terkait kajian etnofisika dalam Fisika reproduksi
- Mampu mengkontruk pengetahuan terkait kajian etnofisika dalam Fisika terapan
|
- Mengkontruk pengetahuan terkait pendidikan sebagai inkulturasi budaya
- Mengkontruk pengetahuan terkait kearifan lokal dan ruang lingkupnya
- Mengkontruk pengetahuan terkait hakekat etnofisika dan ruang lingkupnya
- Mengkontruk pengetahuan terkait peran etnofisika dalam membangun pembelajaran abad-21
- Mengkontruk pengetahuan terkait kajian etnofisika dalam Fisika lingkungan
- Mengkontruk pengetahuan terkait kajian etnofisika dalam Fisika kesehatan
- Mengkontruk pengetahuan terkait kajian etnofisika dalam Fisika reproduksi
- Mengkontruk pengetahuan terkait kajian etnofisika dalam Fisika terapan
|
Kriteria:
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UTS 2x50 |
|
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu mengeidentifikasi kearifan lokal atau Etnofisika Pendidikan Fisika (Fisika Lingkungan, Fisika Kesehatan, Fisika Reproduksi, Fisika Terapan) daerah setempat sebagai dasar pengembangan konten dan konsep belajar sains |
Mengidentifikasi kearifan lokal atau Etnofisika Pendidikan Fisika (Fisika Lingkungan, Fisika Kesehatan, Fisika Reproduksi, Fisika Terapan) daerah setempat sebagai dasar pengembangan konten dan konsep belajar sains |
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Konsep Fisika reproduksi, Pengetahuan Fisika asli masyarakat dalam Fisika reproduksi, Hasil penelitian etnofisika dalam kontek Fisika reproduksi, Implementasi Fisika asli masyarakat dalam Fisika lingkungan dalam pembelajaran Fisika Pustaka: Suastra, W.I. 2009. Merekonstruksi Sains Asli (Indegenous Science) dalam Upaya Mengembangkan Pendidikan Sains Berbasis Budaya lokal di Sekolah. Makalah. Bali: Jurusan Pend. Fisika IKIP Singaraja |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu mengeidentifikasi kearifan lokal atau Etnofisika Pendidikan Fisika (Fisika Lingkungan, Fisika Kesehatan, Fisika Reproduksi, Fisika Terapan) daerah setempat sebagai dasar pengembangan konten dan konsep belajar sains |
Mengidentifikasi kearifan lokal atau Etnofisika Pendidikan Fisika (Fisika Lingkungan, Fisika Kesehatan, Fisika Reproduksi, Fisika Terapan) daerah setempat sebagai dasar pengembangan konten dan konsep belajar sains |
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Konsep Fisika reproduksi, Pengetahuan Fisika asli masyarakat dalam Fisika reproduksi, Hasil penelitian etnofisika dalam kontek Fisika reproduksi, Implementasi Fisika asli masyarakat dalam Fisika lingkungan dalam pembelajaran Fisika Pustaka: Suastra, W.I. 2009. Merekonstruksi Sains Asli (Indegenous Science) dalam Upaya Mengembangkan Pendidikan Sains Berbasis Budaya lokal di Sekolah. Makalah. Bali: Jurusan Pend. Fisika IKIP Singaraja |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Mengkontruksi rancangan kegiatan/konten pembelajaran bermuatan kearifan lokal atau Etnofisika Pendidikan Fisika (Fisika Lingkungan, Fisika Kesehatan, Fisika Reproduksi, Fisika Terapan) daerah setempat |
Mengkontruksi rancangan kegiatan/konten pembelajaran bermuatan kearifan lokal atau Etnofisika Pendidikan Fisika (Fisika Lingkungan, Fisika Kesehatan, Fisika Reproduksi, Fisika Terapan) daerah setempat |
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Konsep Fisika reproduksi, Pengetahuan Fisika asli masyarakat dalam Fisika reproduksi, Hasil penelitian etnofisika dalam kontek Fisika reproduksi, Implementasi Fisika asli masyarakat dalam Fisika lingkungan dalam pembelajaran Fisikac Pustaka: Suastra,W.I. 2003. Implementasi Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri di SLTP. Laporan Penelitian Research Grand IKIP Negeri Singaraja. Tidak Dipublikasikan. Materi: Konsep Fisika reproduksi, Pengetahuan Fisika asli masyarakat dalam Fisika reproduksi, Hasil penelitian etnofisika dalam kontek Fisika reproduksi, Implementasi Fisika asli masyarakat dalam Fisika lingkungan dalam pembelajaran Fisikac Pustaka: Ogawa,M. 1995. Science Education in MultiScience Perspective. Science Education. 79, 583-593. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mengkontruksi rancangan kegiatan/konten pembelajaran bermuatan kearifan lokal atau Etnofisika Pendidikan Fisika (Fisika Lingkungan, Fisika Kesehatan, Fisika Reproduksi, Fisika Terapan) daerah setempat |
Mengkontruksi rancangan kegiatan/konten pembelajaran bermuatan kearifan lokal atau Etnofisika Pendidikan Fisika (Fisika Lingkungan, Fisika Kesehatan, Fisika Reproduksi, Fisika Terapan) daerah setempat |
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Konsep Fisika reproduksi, Pengetahuan Fisika asli masyarakat dalam Fisika reproduksi, Hasil penelitian etnofisika dalam kontek Fisika reproduksi, Implementasi Fisika asli masyarakat dalam Fisika lingkungan dalam pembelajaran Fisikac Pustaka: Suastra,W.I. 2003. Implementasi Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri di SLTP. Laporan Penelitian Research Grand IKIP Negeri Singaraja. Tidak Dipublikasikan. Materi: Konsep Fisika reproduksi, Pengetahuan Fisika asli masyarakat dalam Fisika reproduksi, Hasil penelitian etnofisika dalam kontek Fisika reproduksi, Implementasi Fisika asli masyarakat dalam Fisika lingkungan dalam pembelajaran Fisikac Pustaka: Ogawa,M. 1995. Science Education in MultiScience Perspective. Science Education. 79, 583-593. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menuangkan hasil rancangan kegiatan/konten pembelajaran bermuatan kearifan lokal atau Etnofisika dalam bentuk artikel ilmiah, dan dianjurkan mengirim artikel tersebut ke Jurnal ilmiah nasional sinta 1-4 atau seminar atau media publikasi lain sebagai tugas akhir |
Menuangkan hasil rancangan kegiatan/konten pembelajaran bermuatan kearifan lokal atau Etnofisika dalam bentuk artikel ilmiah, dan dianjurkan mengirim artikel tersebut ke Jurnal ilmiah nasional sinta 1-4 atau seminar atau media publikasi lain sebagai tugas akhir |
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Miniresearch tentang etnofisika yang terdapat pada daerah asa Pustaka: Sudarmin. 2014. Pendidikan karakter, etnosains dan kearifan lokal : konsep dan penerapannya dalam penelitian dan pembelajaran sains. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang. |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menuangkan hasil rancangan kegiatan/konten pembelajaran bermuatan kearifan lokal atau Etnofisika dalam bentuk artikel ilmiah, dan dianjurkan mengirim artikel tersebut ke Jurnal ilmiah nasional sinta 1-4 atau seminar atau media publikasi lain sebagai tugas akhir |
Menuangkan hasil rancangan kegiatan/konten pembelajaran bermuatan kearifan lokal atau Etnofisika dalam bentuk artikel ilmiah, dan dianjurkan mengirim artikel tersebut ke Jurnal ilmiah nasional sinta 1-4 atau seminar atau media publikasi lain sebagai tugas akhir |
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Miniresearch tentang etnofisika yang terdapat pada daerah asa Pustaka: Sudarmin. 2014. Pendidikan karakter, etnosains dan kearifan lokal : konsep dan penerapannya dalam penelitian dan pembelajaran sains. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang. |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menuangkan hasil rancangan kegiatan/konten pembelajaran bermuatan kearifan lokal atau Etnofisika dalam bentuk artikel ilmiah, dan dianjurkan mengirim artikel tersebut ke Jurnal ilmiah nasional sinta 1-4 atau seminar atau media publikasi lain sebagai tugas akhir |
Menuangkan hasil rancangan kegiatan/konten pembelajaran bermuatan kearifan lokal atau Etnofisika dalam bentuk artikel ilmiah, dan dianjurkan mengirim artikel tersebut ke Jurnal ilmiah nasional sinta 1-4 atau seminar atau media publikasi lain sebagai tugas akhir |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Miniresearch tentang etnofisika yang terdapat pada daerah asal Pustaka: Snively,G & J. Corsiglia. 2001. Discovering Indigenous Science: Implications for Science Education. Science Education. Vol 85 (1): 7-34. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
- Mampu mengeidentifikasi kearifan lokal atau Etnofisika Pendidikan Fisika (Fisika Lingkungan, Fisika Kesehatan, Fisika Reproduksi, Fisika Terapan) daerah setempat sebagai dasar pengembangan konten dan konsep belajar sains
- Mengkontruksi rancangan kegiatan/konten pembelajaran bermuatan kearifan lokal atau Etnofisika Pendidikan Fisika (Fisika Lingkungan, Fisika Kesehatan, Fisika Reproduksi, Fisika Terapan) daerah setempat
- Mampu menuangkan hasil rancangan kegiatan/konten pembelajaran bermuatan kearifan lokal atau Etnofisika dalam bentuk artikel ilmiah, dan dianjurkan mengirim artikel tersebut ke Jurnal ilmiah nasional sinta 1-4 atau seminar atau media publikasi lain sebagai tugas akhir
- Mampu menuangkan hasil rancangan kegiatan/konten pembelajaran bermuatan kearifan lokal atau Etnofisika dalam bentuk artikel ilmiah, dan dianjurkan mengirim artikel tersebut ke Jurnal ilmiah nasional sinta 1-4 atau seminar atau media publikasi lain sebagai tugas akhir
|
- Mengidentifikasi kearifan lokal atau Etnofisika Pendidikan Fisika (Fisika Lingkungan, Fisika Kesehatan, Fisika Reproduksi, Fisika Terapan) daerah setempat sebagai dasar pengembangan konten dan konsep belajar sains
- Mengkontruksi rancangan kegiatan/konten pembelajaran bermuatan kearifan lokal atau Etnofisika Pendidikan Fisika (Fisika Lingkungan, Fisika Kesehatan, Fisika Reproduksi, Fisika Terapan) daerah setempat
- Menuangkan hasil rancangan kegiatan/konten pembelajaran bermuatan kearifan lokal atau Etnofisika dalam bentuk artikel ilmiah, dan dianjurkan mengirim artikel tersebut ke Jurnal ilmiah nasional sinta 1-4 atau seminar atau media publikasi lain sebagai tugas akhir
- Menuangkan hasil rancangan kegiatan/konten pembelajaran bermuatan kearifan lokal atau Etnofisika dalam bentuk artikel ilmiah, dan dianjurkan mengirim artikel tersebut ke Jurnal ilmiah nasional sinta 1-4 atau seminar atau media publikasi lain sebagai tugas akhir
|
Kriteria:
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UAS 2x50 |
|
|
40% |