|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pendidikan Ekonomi Inovatif |
8700303004 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
1 |
24 Juli 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D. Dr. Luqman Hakim, S.Pd., SE., M.SA.
|
Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D.
|
Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
|
PO - 2 |
Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi, atribut inovasi pendidikan, keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi, jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi, jenis saluran komunikasi inovasi, dan karakteristik social budaya sasaran difusi
|
PO - 3 |
Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan
|
PO - 4 |
Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan
|
PO - 5 |
Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini akan melakukan kajian terhadap berbagaia teori difusi inovasi pendidikan dari berbagai sudut pandang, dalam rangka memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam menganalisis system difusi inovasi pendidikan. Oleh karena itu matakuliah ini akan melakukan pembahasan tentang inovasi pendidikan mulai dari: peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi, atribut inovasi pendidikan,
keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi, jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi, jenis saluran komunikasi inovasi, dan karakteristik social budaya sasaran difusi; kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi
pendidikan; perancangan implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan; penelitian implememtasi inovas pendidikan di lembaga formal. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university
- 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press
- 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press
- 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York
- 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University.
|
Pendukung : |
|
- 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan
- 2) Referensi lain yang relevan
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D. Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
|
|
|
|
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan (CPMK 1) |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan (CPMK 1) |
|
|
|
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi (CPMK 2) |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: atribut inovasi pendidikan (CPMK 2) |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait:keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi (CPMK 2) |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi. (CPMK 2) |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis saluran komunikasi inovasi. (CPMK 2) |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: karakteristik social budaya sasaran difusi (CPMK 2) |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan (CPMK 3) |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan (CPMK 4) |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal (CPMK 5) |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal (CPMK 5) |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal (CPMK 5) |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
|
|
|
25% |