Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pendidikan Ekonomi Inovatif

8700303004

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=7.56

1

24 Juli 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D. Dr. Luqman Hakim, S.Pd., SE., M.SA.




Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D.




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan

PO - 2

Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi, atribut inovasi pendidikan, keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi, jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi, jenis saluran komunikasi inovasi, dan karakteristik social budaya sasaran difusi

PO - 3

Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan

PO - 4

Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan

PO - 5

Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-6
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini akan melakukan kajian terhadap berbagaia teori difusi inovasi pendidikan dari berbagai sudut pandang, dalam rangka memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam menganalisis system difusi inovasi pendidikan. Oleh karena itu matakuliah ini akan melakukan pembahasan tentang inovasi pendidikan mulai dari: peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi, atribut inovasi pendidikan, keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi, jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi, jenis saluran komunikasi inovasi, dan karakteristik social budaya sasaran difusi; kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan; perancangan implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan; penelitian implememtasi inovas pendidikan di lembaga formal.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university
  2. 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press
  3. 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press
  4. 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York
  5. 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University.

Pendukung :

  1. 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan
  2. 2) Referensi lain yang relevan

Dosen Pengampu

Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D.

Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2

Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan (CPMK 1)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

3

Minggu ke 3

Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan (CPMK 1)



0%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi (CPMK 2)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: atribut inovasi pendidikan (CPMK 2)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

6

Minggu ke 6

Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait:keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi (CPMK 2)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

7

Minggu ke 7

Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi. (CPMK 2)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


0%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)


Bentuk Penilaian :
Tes


20%

9

Minggu ke 9

Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis saluran komunikasi inovasi. (CPMK 2)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: karakteristik social budaya sasaran difusi (CPMK 2)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan (CPMK 3)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

12

Minggu ke 12

Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan (CPMK 4)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

13

Minggu ke 13

Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal (CPMK 5)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

14

Minggu ke 14

Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal (CPMK 5)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

15

Minggu ke 15

Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal (CPMK 5)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes


25%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 55%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 12.5%
3. Tes 32.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.