|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Evaluasi Kurikulum*) |
8600311026 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
3 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Mustaji, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji konsep dan problematik evaluasi kurikulum yang secara mendalam dan membahas tentang pengembangan tujuan, fungsi dan kriteria evaluasi serta model evaluasi kurikulum yang memungkinkan untuk dilaksanakan sesuai kondisi evaluand disertai kajian evaluasi kurikulum pada berbagai jenjang dan jenis Pendidikan yang ada di Indonesia. |
Pustaka
|
Utama : |
|
-
1. Hasan, Hamid S. (2018). Evaluasi Kurikulum . Bandung: Remaja Rosda Karya. 2. Miller, John P, & Seller, Wyne. (2015). Curriculum: Perspective and Practise. New York: Longman. 3. Oliva, F. Peter. (2012). Developing The Curriculum USA: Harper Collins Publisher 4. Schubert, H. William. (2016). Curriculum Perspective, Paradigm, and Possibility . New York: Macmillan Publishing Company. 5. Seels, M. Robert and Sanne Dijkstra. (2014). Curriculum, Plan, Ans Processes in Instructional Design : International Perspective. London: Lawrence Earl Baum Associates Publishers.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Bachtiar Sjaiful Bachri, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengidentifikasi pemahaman kurikulum secara umum dan tujuan evaluasi serta penggunaannya terhadap kurikulum. |
- Memahami kurikulum sebagai rencana umum pendidikan
- Memahami fungsi dan tujuan evaluasi
- Memahami tujuan dan keguanaan evaluasi kurikulum
|
|
Ceramah Tanya Jawab Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami definisi, tujuan, fungsi dan landasan evaluasi kurikulum dalam perspektif model konsep kurikulum |
Mendefinisikan tujuan fungsi dan landasan evaluasi kurikulum. |
|
Inquiry terbimbing 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Pemahaman Model Evaluasi Kuantitatif dan Kualitatif |
Memahami model evaluasi kunatitatif dan kualitatif serta menguraikan perbedaannya |
|
Diskusi Penugasan Presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Pemahaman tentang prosedur, kriteria dan instrument evaluasi kurikulum |
· Memahami prosedur yang digunakan dalam setiap model evaluasi yang digunakan · Mengidentifikasi kriteria yang digunakan dalam evaluasi kurikulum · Mengembangkan instrument evaluasi kurikulum |
|
Inquiry terbimbing 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini |
- Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
- Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
- Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
- Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
|
|
· Discovery- Inquiry · Penugasan · Presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus |
- Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
- Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
- Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
- Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
|
|
· Discovery- Inquiry · Penugasan · Presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan Dasar |
- Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
- Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
- Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
- Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
|
|
· Discovery- Inquiry · Penugasan · Presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan Menengah |
- Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
- Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
- Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
- Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
|
|
· Discovery- Inquiry · Penugasan · Presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan Tinggi |
- Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
- Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
- Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
- Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
|
|
· Discovery- Inquiry · Penugasan · Presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
UTS |
UTS |
|
2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) |
- Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
- Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
- Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
- Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
|
|
· Discovery- Inquiry · PenugasanPresentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan Kedinasan |
- Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
- Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
- Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
- Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
|
|
· Discovery- Inquiry · Penugasan · Presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan Vokasi |
- Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
- Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
- Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
- Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
|
|
· Discovery- Inquiry · Penugasan · Presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan Keagamaan |
- Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
- Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
- Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
- Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
|
|
· Discovery- Inquiry · Penugasan · Presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan Masyarakat |
- Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
- Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
- Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
- Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
|
|
· Discovery- Inquiry · Penugasan · Presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
|
2 X 50 |
|
|
0% |