Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Evaluasi Kurikulum*)

8600311026

T=2

P=0

ECTS=5.04

3

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Mustaji, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengkaji konsep dan problematik evaluasi kurikulum yang secara mendalam dan membahas tentang pengembangan tujuan, fungsi dan kriteria evaluasi serta model evaluasi kurikulum yang memungkinkan untuk dilaksanakan sesuai kondisi evaluand disertai kajian evaluasi kurikulum pada berbagai jenjang dan jenis Pendidikan yang ada di Indonesia.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Hasan, Hamid S. (2018). Evaluasi Kurikulum . Bandung: Remaja Rosda Karya.

    2. Miller, John P, & Seller, Wyne. (2015). Curriculum: Perspective and Practise. New York: Longman.

    3. Oliva, F. Peter. (2012). Developing The Curriculum USA: Harper Collins Publisher

    4. Schubert, H. William. (2016). Curriculum Perspective, Paradigm, and Possibility . New York: Macmillan Publishing Company.

    5. Seels, M. Robert and Sanne Dijkstra. (2014). Curriculum, Plan, Ans Processes in Instructional Design : International Perspective. London: Lawrence Earl Baum Associates Publishers.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Bachtiar Sjaiful Bachri, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengidentifikasi pemahaman kurikulum secara umum dan tujuan evaluasi serta penggunaannya terhadap kurikulum.

  1. Memahami kurikulum sebagai rencana umum pendidikan
  2. Memahami fungsi dan tujuan evaluasi
  3. Memahami tujuan dan keguanaan evaluasi kurikulum
Ceramah Tanya Jawab Diskusi
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memahami definisi, tujuan, fungsi dan landasan evaluasi kurikulum dalam perspektif model konsep kurikulum

Mendefinisikan tujuan fungsi dan landasan evaluasi kurikulum.

Inquiry terbimbing
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Pemahaman Model Evaluasi Kuantitatif dan Kualitatif

Memahami model evaluasi kunatitatif dan kualitatif serta menguraikan perbedaannya

Diskusi Penugasan Presentasi
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Pemahaman tentang prosedur, kriteria dan instrument evaluasi kurikulum

· Memahami prosedur yang digunakan dalam setiap model evaluasi yang digunakan · Mengidentifikasi kriteria yang digunakan dalam evaluasi kurikulum · Mengembangkan instrument evaluasi kurikulum

Inquiry terbimbing
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini

  1. Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
  2. Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
  3. Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
  4. Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
· Discovery- Inquiry · Penugasan · Presentasi
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

  1. Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
  2. Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
  3. Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
  4. Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
· Discovery- Inquiry · Penugasan · Presentasi
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan Dasar

  1. Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
  2. Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
  3. Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
  4. Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
· Discovery- Inquiry · Penugasan · Presentasi
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan Menengah

  1. Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
  2. Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
  3. Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
  4. Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
· Discovery- Inquiry · Penugasan · Presentasi
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan Tinggi

  1. Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
  2. Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
  3. Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
  4. Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
· Discovery- Inquiry · Penugasan · Presentasi
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

UTS

UTS


2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)

  1. Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
  2. Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
  3. Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
  4. Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
· Discovery- Inquiry · PenugasanPresentasi
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan Kedinasan

  1. Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
  2. Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
  3. Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
  4. Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
· Discovery- Inquiry · Penugasan · Presentasi
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan Vokasi

  1. Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
  2. Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
  3. Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
  4. Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
· Discovery- Inquiry · Penugasan · Presentasi
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan Keagamaan

  1. Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
  2. Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
  3. Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
  4. Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
· Discovery- Inquiry · Penugasan · Presentasi
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Pemahaman dan Kajian Kurikulum Pendidikan Masyarakat

  1. Memahami karakteristik dan jenis lembaga pendidikan
  2. Mengidentifikasi model konsep kurikulum yang digunakan.
  3. Mengklasifikasi karakteristik dimensi kurikulum pada Lembaga Pendidikan
  4. Mengkaji kurikulum yang digunakan pada lembaga
· Discovery- Inquiry · Penugasan · Presentasi
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS


2 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.