Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

STATISTIK

2130202049

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Arya Mahendra Sakti, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pengenalandan pemahaman statistik, pengolahan data, distribusi, frekuensi, ukuran gejalapusat, simpagan baku, kurva normal, chi kuadrat, uji t, analisis varians,korelasi, regresi, dan statistik non parametrik.

Pustaka

Utama :

  1. Sudjana.1980. Metoda statistika . Bandung:Tarsito.Hadi,Sutrisno. 1980. Satistik I, II, III .Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM. Moedjiarto.1996. Uji Hipotesis . Surabaya:Unipress IKIP Surabaya.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Warju, S.Pd., S.T., M.T.

Dr. Yustin Setiya Widoretno, M.Pd.

Ferly Isnomo Abdi, S.T., S.Pd., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami gambaran umum perkuliahan Statistik

  1. Menjelaskan kajian perkuliahan statistik
  2. Menjelaskan pengertian statistik
  3. Menjelaskan peran statistic dalam penelitian
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi

1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memahami statistic deskriptif

  1. Menjelaskan pengertian statistic deskriptif
  2. Mengetahui dan melakukan beberapa cara penyajian data, baik penyajian data table, table distribusi frekuensi, grafik, diagram lingkaran, pictogram
  3. Menejelaskan dan melakukan pengukuran gejala pusat baik: modus, median, mean,
  4. Menjelaskan dan melakukan pengukuran variasi kelompok baik: rentang data, maupun varians
  5. Menghitung modus, median, mean, dan standar deviasi untuk data bergolong
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi

1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Memahami konsep populasi, sampel, pengujian normalitas datal

  1. Menjelaskan populasi, sampel. Dan teknik sampling baik: probability sampling, nonprobability sampling,
  2. Menjelaskan contoh menentukan ukuran sampel
  3. Menjelaskan cara menentukan anggota sampel
  4. Melakukan pengujian normalisasi data
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi

1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Memahami konsep dasar pengujian hipotesis

  1. Menjelaskan pengertian statistic dan penelitian
  2. Menjelaskan hubungan statistic dan penelitian
  3. Menjelaskan tiga bentuk rumusan hipotesis, baik hipotesis deskriptif, komparatif, maupun asosiatif
  4. Menjelaskan pengertian taraf kesalahan dalam hipotesis
  5. Menjelaskan dua kesalahan dalam pengujian hipotesis
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi

1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Memahami pengujian hipotesis deskriptif satu sampel (parametris)

  1. Menjelaskan pengertian analisis hipotesis deskriptif satu sampel
  2. Melakukan pengujian hipotesis deskriptif satu sampel uji dua fihak
  3. Melakukan pengujian hipotesis deskriptif satu sampel uji satu fihak
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi

1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Memahami pengujian hipotesis deskriptif satu sampel (nonparametris)

  1. Menjelaskan pengertian pengujian hipotesis deskriptif satu sampel non parametris
  2. Menjelaskan pengujian test binomial
  3. Menjelaskan dan melakukan pengujian chi Kuadrat
  4. Menjelaskan dan melakukan pengujian Run Test
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi

1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Memahami pengujian hipotesis komparatif dua sampel

  1. Menjelaskan pengujian hipotesis komparatif dua sampel
  2. Melakukan pengujian hipotesis komparatif dua sampel berkorelasi
  3. Melakukan pengujian hipotesis komparatif k sampel tidak berkorelasi
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi

1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Memahami pengujian hipotesis k sampel

  1. Menjelaskan pengujian hipotesis k sampel
  2. Melakukan pengujian hipotesis k sampel berkorelasi
  3. Melakukan pengujian hipotesis k sampel tidak berkorelasi
Kriteria:

sesuai rubrik penilaian

ceramahdiskusitanyajawab
3 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Memahami statistic deskriptifMemahami konsep populasi, sampel, pengujian normalitas dataMemahami konsep dasar pengujian hipotesisMemahami pengujian hipotesis deskriptif satu sampel (parametris)Memahami pengujian hipotesis deskriptif satu sampel (nonparametris)Memahami pengujian hipotesis komparatif dua sampelMemahami pengujian hipotesis k sampel

    Kriteria:

    sesuai rubrik penilaian

    tes tertulis
    3 X 50

    0%

    10

    Minggu ke 10

    Memahami pengujian hipotesis asosiatif parametris

    1. Menjelaskan dan melakukan pengujian hipotesis asosiatif parametris
    2. Menjelaskan dan melakukan pengujian korelasa Produk Moment
    3. Menjelaskan dan melakukan pengujian korelasi ganda
    4. Menjelaskan dan melakukan pengujian parsial
    Kriteria:

    Keaktifan dan penguasaan materi

    1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
    3 X 50

    0%

    11

    Minggu ke 11

    Memahami pengujian hipotesis asosiatif nonparametris

    1. Menjelaskan statistic asosiatif non parametris
    2. Menjelaskan dan menentukan koefisien kontingensi
    3. Menjelaskan dan menentukan spearman rank
    4. Menjelaskan dan menentukan Kendal tau
    Kriteria:

    Keaktifan dan penguasaan materi

    1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
    3 X 50

    0%

    12

    Minggu ke 12

    Memahami analisis regresi linier sederhana

    1. Menjelaskan pengertian regresi linier sederhana
    2. Menyebutkan contoh perhitungan regresi linier sederhana
    3. Melakukan Uji linireitas regresi
    4. Menghitung harga a dan b
    5. Menyusun persamaan regresi
    6. Membuat garis regresi
    Kriteria:

    Keaktifan dan penguasaan materi

    1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
    3 X 50

    0%

    13

    Minggu ke 13

    Memahami analisis regresi ganda

    1. Menjelaskan analisis regresi ganda dua predictor
    2. Menjelaskan analisis regresi tiga preditor
    3. Menjelaskan analisis regresi dan korelasi ganda dengan 4 prediktor
    Kriteria:

    Keaktifan dan penguasaan materi

    1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
    3 X 50

    0%

    14

    Minggu ke 14

    Memahami pengujian validitas

    1. Menjelaskan pengertian pengujian validitas instrument
    2. Menjelaskan pengujian validitas konstrak
    3. Menjelaskan pengujian validitas isi
    4. Menjelaskan pengujian validitas eksternal
    Kriteria:

    Keaktifan dan penguasaan materi

    1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
    3 X 50

    0%

    15

    Minggu ke 15

    Memahami Pengujian reliabilitas instrumen

    1. Menjelaskan pengujian reliabilitas instrument
    2. Melakukan Pengujian test-retest, ekuivalen, gabungan, dan internal consistancy
    Kriteria:

    Keaktifan dan penguasaan materi

    1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
    3 X 50

    0%

    16

    Minggu ke 16

    Aktivitas Partisipatif, Praktik/Unjuk Kerja

    Kriteria:

    Uji kinerja (performance test)


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
    Case study penggunaan aplikasi SPSS
    2 x 50 menit

    Materi: Aplikasi SPSS
    Pustaka: Sudjana.1980. Metoda statistika . Bandung:Tarsito.Hadi,Sutrisno. 1980. Satistik I, II, III .Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM. Moedjiarto.1996. Uji Hipotesis . Surabaya:Unipress IKIP Surabaya.
    10%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 5%
    2. Praktik / Unjuk Kerja 5%
    10%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.