Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Manajemen (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Etika Bisnis

6122303049

T=0

P=0

ECTS=0

4

29 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Fandi Fatoni, S.Pd., M.SM.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

C4. Mahasiswa mampu mengaitkan secara tepat isu-isu etika yang berkembang sesuai dengan bentuk pemecahan masalah.

PO - 2

C4. Mahasiswa mampu mengimplementasikan dengan benar teori Etika Bisnis dalam pengambilan keputusan etis

PO - 3

C5. Mahasiswa mampu mengevaluasi paraktek GCG dalam perusahaan

PO - 4

P5. Mahasiswa mampu melakukan Analisis Praktek Etis dan tidak Etis dari praktek bisnis/perusahaan yang ada

PO - 5

A5. Mahasiswa mampu menunjukkan pada karakter Tangguh, Kolaboratif, Adaptif, Inovatif, Inklusif, Belajar sepanjang Hayat, Kewirausahaan

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Etika Bisnis memberikan pemahaman tentang pengambilan keputusan etis yang tepat serta perilaku etis dalam dunia bisnis yang harus mempertimbangkan kepentingan dan harapan kelompok pemangku kepentingan di samping pemegang saham. Etika bisnis merupakan matakuliah yang dapat dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan etis yang terkait dengan tata kelola dan etika manajemen risiko di era baru serta memberikan pemahaman penting dari tantangan bisnis. Etika bisnis mengeksplorasi secara mendalam berbagai kasus nyata yang terjadi serta contoh pada skala Internasional sehingga dapat memberikan pengalaman belajar. Perkuliahan diliaksanakan dengan ceramah, presentasi, diskusi, dan observasi.

Pustaka

Utama :

  1. Bambang Rudito & Melia Famiola. 2007. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Rekayasa Sains, Bandung.
  2. Sukrisno Agoes & I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis Dan Profesional, Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Salemba Empat, Jakarta.
  3. Sony Keraf. 2012. Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Jogjakarta, Kanisius.
  4. K. Bertens. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Kanisius, Bandung
  5. Agus Ariyanto. 2011. Etika Bisnis Bagi Perilaku Bisnis

Pendukung :

  1. N Asandimitra, W Widyastuti, Y Artanti, A Frianto. 2022. Pelatihan Manajemen Usaha Dan Etika Bisnis Santripreneur Pada Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Kota Sidoarjo.9(1). 67-77

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Merumuskan gambaran umum Etika Bisnis

  1. Mampu memahami hakekat etika
  2. Mampu mengetahui hubungan agama, etika, dan nilai
Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 X 50

Materi: gambaran umum Etika Bisnis
Pustaka: Bambang Rudito & Melia Famiola. 2007. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Rekayasa Sains, Bandung.

Materi: gambaran umum Etika Bisnis
Pustaka: Sukrisno Agoes & I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis Dan Profesional, Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Salemba Empat, Jakarta.

Materi: gambaran umum Etika Bisnis
Pustaka: Sony Keraf. 2012. Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Jogjakarta, Kanisius.

Materi: gambaran umum Etika Bisnis
Pustaka: K. Bertens. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Kanisius, Bandung

Materi: gambaran umum Etika Bisnis
Pustaka: Agus Ariyanto. 2011. Etika Bisnis Bagi Perilaku Bisnis
2%

2

Minggu ke 2

Menganalisis perkembangan teori etika

  1. Mampu mengetahui teori etika dalam perkembangan bisnis.
  2. Mampu mengetahui definisi dan perbedaan masing-masing teori etika
  3. Mampu mengetahui teori etika dan paradigma perkembangan hakikat manusia
Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Diskusi kelompok
3 X 50

Materi: perkembangan teori etika
Pustaka: Bambang Rudito & Melia Famiola. 2007. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Rekayasa Sains, Bandung.

Materi: perkembangan teori etika
Pustaka: Sukrisno Agoes & I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis Dan Profesional, Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Salemba Empat, Jakarta.

Materi: perkembangan teori etika
Pustaka: Sony Keraf. 2012. Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Jogjakarta, Kanisius.

Materi: perkembangan teori etika
Pustaka: K. Bertens. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Kanisius, Bandung

Materi: perkembangan teori etika
Pustaka: Agus Ariyanto. 2011. Etika Bisnis Bagi Perilaku Bisnis
2%

3

Minggu ke 3

Menganalisis perkembangan teori etika

Mampu membahas penerapan teori etika dalam kehidupan sehari-hari utamanya di dalam kegiatan bisnis

Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi Diskusi kelompok
3 X 50

Materi: perkembangan teori etika
Pustaka: Bambang Rudito & Melia Famiola. 2007. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Rekayasa Sains, Bandung.

Materi: perkembangan teori etika
Pustaka: Sukrisno Agoes & I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis Dan Profesional, Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Salemba Empat, Jakarta.

Materi: perkembangan teori etika
Pustaka: Sony Keraf. 2012. Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Jogjakarta, Kanisius.

Materi: perkembangan teori etika
Pustaka: K. Bertens. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Kanisius, Bandung

Materi: perkembangan teori etika
Pustaka: Agus Ariyanto. 2011. Etika Bisnis Bagi Perilaku Bisnis
2%

4

Minggu ke 4

Menganalisis Prinsip dan kode etik dalam bisnis

  1. Mengetahui bisnis sebagai profesi
  2. Mengetahui prinsip-prinsip etika bisnis
  3. Memahami paradigm etika lingkungan
  4. Memahami Kode etik di dalam bisnis
  5. Memecahkan Issu-issu etika bisnis di Indonesia
Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 X 50

Materi: Prinsip dan kode etik dalam bisnis
Pustaka: Bambang Rudito & Melia Famiola. 2007. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Rekayasa Sains, Bandung.

Materi: Prinsip dan kode etik dalam bisnis
Pustaka: Sukrisno Agoes & I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis Dan Profesional, Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Salemba Empat, Jakarta.

Materi: Prinsip dan kode etik dalam bisnis
Pustaka: Sony Keraf. 2012. Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Jogjakarta, Kanisius.

Materi: Prinsip dan kode etik dalam bisnis
Pustaka: K. Bertens. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Kanisius, Bandung

Materi: Prinsip dan kode etik dalam bisnis
Pustaka: Agus Ariyanto. 2011. Etika Bisnis Bagi Perilaku Bisnis
2%

5

Minggu ke 5

Menganalisis Prinsip dan kode etik dalam bisnis

Mampu membahas penerapan kode etik dalam kehidupan sehari-hari utamanya di dalam kegiatan bisnis

Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi Diskusi kelompok
3 X 50

Materi: Prinsip dan kode etik dalam bisnis
Pustaka: Bambang Rudito & Melia Famiola. 2007. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Rekayasa Sains, Bandung.

Materi: Prinsip dan kode etik dalam bisnis
Pustaka: Sukrisno Agoes & I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis Dan Profesional, Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Salemba Empat, Jakarta.

Materi: Prinsip dan kode etik dalam bisnis
Pustaka: Sony Keraf. 2012. Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Jogjakarta, Kanisius.

Materi: Prinsip dan kode etik dalam bisnis
Pustaka: K. Bertens. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Kanisius, Bandung

Materi: Prinsip dan kode etik dalam bisnis
Pustaka: Agus Ariyanto. 2011. Etika Bisnis Bagi Perilaku Bisnis
3%

6

Minggu ke 6

Memahami Good Corporate Governance

  1. Mampu mengetahui pengertian Good Corporate Governance
  2. Mampu mengetahui dan memahami latar Belakang Munculnya GCG
  3. Mampu mengetahui Prinsip-prinsip dan Manfaat GCG
Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Presentasi Diskusi kelompok
3 X 50

Materi: Good Corporate Governance
Pustaka: Bambang Rudito & Melia Famiola. 2007. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Rekayasa Sains, Bandung.

Materi: Good Corporate Governance
Pustaka: Sukrisno Agoes & I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis Dan Profesional, Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Salemba Empat, Jakarta.

Materi: Good Corporate Governance
Pustaka: Sony Keraf. 2012. Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Jogjakarta, Kanisius.

Materi: Good Corporate Governance
Pustaka: K. Bertens. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Kanisius, Bandung

Materi: Good Corporate Governance
Pustaka: Agus Ariyanto. 2011. Etika Bisnis Bagi Perilaku Bisnis
3%

7

Minggu ke 7

Memahami Good Corporate Governance

Mampu membahas penerapan GCG Perusahaan yang ada di Indonesia dan di luar Indonesia

Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Presentasi & Diskusi kelompok
3 x 50

Materi: Good Corporate Governance
Pustaka: Bambang Rudito & Melia Famiola. 2007. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Rekayasa Sains, Bandung.

Materi: Good Corporate Governance
Pustaka: Sukrisno Agoes & I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis Dan Profesional, Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Salemba Empat, Jakarta.

Materi: Good Corporate Governance
Pustaka: Sony Keraf. 2012. Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Jogjakarta, Kanisius.

Materi: Good Corporate Governance
Pustaka: K. Bertens. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Kanisius, Bandung

Materi: Good Corporate Governance
Pustaka: Agus Ariyanto. 2011. Etika Bisnis Bagi Perilaku Bisnis
3%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

    Kriteria:

    test terstruktur


    Bentuk Penilaian :
    Tes

    3 X 50

    20%

    9

    Minggu ke 9

    Memahami Kedudukan Sosial Perusahaan

    1. Memahami Fungsi Perusahaan
    2. Memahami Tanggung jawab social internal Perusahaan kepada Stakeholder
    Kriteria:

    rubrik holistik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Kuliah Presentasi Diskusi kelompok
    6 X 50

    Materi: Kedudukan Sosial Perusahaan
    Pustaka: Bambang Rudito & Melia Famiola. 2007. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Rekayasa Sains, Bandung.

    Materi: Kedudukan Sosial Perusahaan
    Pustaka: Sukrisno Agoes & I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis Dan Profesional, Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Salemba Empat, Jakarta.

    Materi: Kedudukan Sosial Perusahaan
    Pustaka: Sony Keraf. 2012. Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Jogjakarta, Kanisius.

    Materi: Kedudukan Sosial Perusahaan
    Pustaka: K. Bertens. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Kanisius, Bandung

    Materi: Kedudukan Sosial Perusahaan
    Pustaka: Agus Ariyanto. 2011. Etika Bisnis Bagi Perilaku Bisnis
    3%

    10

    Minggu ke 10

    Memahami Kedudukan Sosial Perusahaan

    Mampu membahas penerapan tanggung jawab internal Perusahaan yang ada di Indonesia dan di luar Indonesia

    Kriteria:

    rubrik holistik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Diskusi, Presentasi & Diskusi kelompok
    3 x 50

    Materi: Kedudukan Sosial Perusahaan
    Pustaka: Bambang Rudito & Melia Famiola. 2007. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Rekayasa Sains, Bandung.

    Materi: Kedudukan Sosial Perusahaan
    Pustaka: Sukrisno Agoes & I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis Dan Profesional, Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Salemba Empat, Jakarta.

    Materi: Kedudukan Sosial Perusahaan
    Pustaka: Sony Keraf. 2012. Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Jogjakarta, Kanisius.

    Materi: Kedudukan Sosial Perusahaan
    Pustaka: K. Bertens. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Kanisius, Bandung

    Materi: Kedudukan Sosial Perusahaan
    Pustaka: Agus Ariyanto. 2011. Etika Bisnis Bagi Perilaku Bisnis
    5%

    11

    Minggu ke 11

    Memahami Corporate Social Responsibility

    1. Mengetahui pengertian Corporate Social Responsibility
    2. Mampu memahami tujuan dan manfaat Corporate Social
    3. Mampu mengaitkan CSR dengan etika bisnis
    Kriteria:

    rubrik holistik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Kuliah Presentasi Diskusi kelompok
    3 X 50

    Materi: Corporate Social Responsibility
    Pustaka: Bambang Rudito & Melia Famiola. 2007. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Rekayasa Sains, Bandung.

    Materi: Corporate Social Responsibility
    Pustaka: Sukrisno Agoes & I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis Dan Profesional, Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Salemba Empat, Jakarta.

    Materi: Corporate Social Responsibility
    Pustaka: Sony Keraf. 2012. Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Jogjakarta, Kanisius.

    Materi: Corporate Social Responsibility
    Pustaka: K. Bertens. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Kanisius, Bandung

    Materi: Corporate Social Responsibility
    Pustaka: Agus Ariyanto. 2011. Etika Bisnis Bagi Perilaku Bisnis
    5%

    12

    Minggu ke 12

    Memahami Corporate Social Responsibility

    Mampu membahas penerapan CSR Perusahaan yang ada di Indonesia dan di luar Indonesia

    Kriteria:

    rubrik holistik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Diskusi, Presentasi & Diskusi kelompok
    3 x 50

    Materi: Corporate Social Responsibility
    Pustaka: Bambang Rudito & Melia Famiola. 2007. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Rekayasa Sains, Bandung.

    Materi: Corporate Social Responsibility
    Pustaka: Sukrisno Agoes & I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis Dan Profesional, Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Salemba Empat, Jakarta.

    Materi: Corporate Social Responsibility
    Pustaka: Sony Keraf. 2012. Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Jogjakarta, Kanisius.

    Materi: Corporate Social Responsibility
    Pustaka: K. Bertens. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Kanisius, Bandung

    Materi: Corporate Social Responsibility
    Pustaka: Agus Ariyanto. 2011. Etika Bisnis Bagi Perilaku Bisnis
    5%

    13

    Minggu ke 13

    Memahami Etika Pasar Bebas

    1. Mengetahui orientasi etika pasar bebas (global)
    2. Mengetahui Etika Hukum dan Pemerintahan pada pasar bebas
    3. Mengetahui dan memahami pasar global
    Kriteria:

    rubrik holistik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Kuliah Presentasi Diskusi kelompok
    3 X 50

    Materi: Etika Pasar Bebas
    Pustaka: Bambang Rudito & Melia Famiola. 2007. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Rekayasa Sains, Bandung.

    Materi: Etika Pasar Bebas
    Pustaka: Sukrisno Agoes & I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis Dan Profesional, Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Salemba Empat, Jakarta.

    Materi: Etika Pasar Bebas
    Pustaka: Sony Keraf. 2012. Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Jogjakarta, Kanisius.

    Materi: Etika Pasar Bebas
    Pustaka: K. Bertens. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Kanisius, Bandung

    Materi: Etika Pasar Bebas
    Pustaka: Agus Ariyanto. 2011. Etika Bisnis Bagi Perilaku Bisnis
    5%

    14

    Minggu ke 14

    Memahami Etika Pasar Bebas

    Mampu membahas penerapan etika pasar global

    Kriteria:

    rubrik holistik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Diskusi, Presentasi & Diskusi kelompok
    3 x 50

    Materi: Etika Pasar Bebas
    Pustaka: Bambang Rudito & Melia Famiola. 2007. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Rekayasa Sains, Bandung.

    Materi: Etika Pasar Bebas
    Pustaka: Sukrisno Agoes & I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis Dan Profesional, Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Salemba Empat, Jakarta.

    Materi: Etika Pasar Bebas
    Pustaka: Sony Keraf. 2012. Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Jogjakarta, Kanisius.

    Materi: Etika Pasar Bebas
    Pustaka: K. Bertens. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Kanisius, Bandung

    Materi: Etika Pasar Bebas
    Pustaka: Agus Ariyanto. 2011. Etika Bisnis Bagi Perilaku Bisnis
    5%

    15

    Minggu ke 15

    Memahami issue-issue utama etika bisnis di bidang SDM, Marketing, Keuangan

    1. Mengetahui etika bisnis di bidang SDM
    2. Mengetahui etika bisnis di bidang Marketing
    3. Mengetahui etika bisnis di bidang Keuangan
    Kriteria:

    rubrik holistik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Diskusi, Presentasi & Diskusi kelompok
    3 X 50

    Materi: issue-issue utama etika bisnis di bidang SDM, Marketing, Keuangan
    Pustaka: Bambang Rudito & Melia Famiola. 2007. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Rekayasa Sains, Bandung.

    Materi: issue-issue utama etika bisnis di bidang SDM, Marketing, Keuangan
    Pustaka: Sukrisno Agoes & I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis Dan Profesional, Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Salemba Empat, Jakarta.

    Materi: issue-issue utama etika bisnis di bidang SDM, Marketing, Keuangan
    Pustaka: Sony Keraf. 2012. Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Jogjakarta, Kanisius.

    Materi: issue-issue utama etika bisnis di bidang SDM, Marketing, Keuangan
    Pustaka: K. Bertens. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Kanisius, Bandung

    Materi: issue-issue utama etika bisnis di bidang SDM, Marketing, Keuangan
    Pustaka: Agus Ariyanto. 2011. Etika Bisnis Bagi Perilaku Bisnis
    5%

    16

    Minggu ke 16

    Ujian Akhir Semester

      Kriteria:

      test terstruktur


      Bentuk Penilaian :
      Tes

      3 X 50

      30%



      Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

      No Evaluasi Persentase
      1. Aktifitas Partisipasif 50%
      2. Tes 50%
      100%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.