Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

KEPELATIHAN CABANG OLAH RAGA RUGBY 7S

8520204556

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=3

ECTS=6.36

3

1 Januari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Mochamad Purnomo, S.Pd., M.Kes.




Dr. Mochamad Purnomo, S.Pd., M.Kes.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menguasai konsep, teoritis dan praktis bidang kepelatihan dan kependidikan olahraga

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

pada matakuliah ini mahasiswa akan diperkenalkan dan diajarkan berbagai macam teknik dalam olahraga rugby

Pustaka

Utama :

  1. Chris Sheryn. 2006. 101 Youth Rugby Drills (101 Drills). A & C Black Publishers Ltd
  2. Trevor Lipscombe. 2009. The Physics of Rugby. Nottingham University Press.
  3. Tudor O Bompa; Frederick Claro. 2013. Periodization in rugby. Meyer & Meyer Sport

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Mochamad Purnomo, S.Pd., M.Kes.

Dr. Tutur Jatmiko, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

mengembangkan keterampilan dan kecepatan komunikasi.

Mahasiswa dapan melakukan keterampian dan kecepatan berkomunikasi dalam permainan rugby

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes
praktek
4 X 50

Materi: Teknik dasar
Pustaka: Trevor Lipscombe. 2009. The Physics of Rugby. Nottingham University Press.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mempraktekkan BALL HANDLING AND ATTACKING

mahasiswa mempraktek komunikasi dan gerakan di antara penyerang, dan cari umpan cepat namun akurat.

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek
4 X 50

Materi: praktik menyerang
Pustaka: Chris Sheryn. 2006. 101 Youth Rugby Drills (101 Drills). A & C Black Publishers Ltd
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mempraktekkan BALL HANDLING AND ATTACKING

mahasiswa mempraktek komunikasi dan gerakan di antara penyerang, dan cari umpan cepat namun akurat.

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek
4 X 50

Materi: praktik menyerang
Pustaka: Chris Sheryn. 2006. 101 Youth Rugby Drills (101 Drills). A & C Black Publishers Ltd
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mempraktekkan BALL HANDLING AND ATTACKING

mahasiswa mempraktek komunikasi dan gerakan di antara penyerang, dan cari umpan cepat namun akurat.

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek
4 X 50

Materi: praktik menyerang
Pustaka: Chris Sheryn. 2006. 101 Youth Rugby Drills (101 Drills). A & C Black Publishers Ltd
5%

5

Minggu ke 5

mahasiswa mampu melakukan teknik COntact Skill pada permainan rugby. teknik ini digunakan pada saat penyerangan dimana pemain harus mampu mempertahankan diri secara fisik dari kontak fisik dari pemain lawan

mahasiswa mampu mempraktekkan teknik Contac

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
praktek
4 X 50

Materi: teknik COntact Skill
Pustaka: Trevor Lipscombe. 2009. The Physics of Rugby. Nottingham University Press.
5%

6

Minggu ke 6

mahasiswa mampu melakukan teknik COntact Skill pada permainan rugby. teknik ini digunakan pada saat penyerangan dimana pemain harus mampu mempertahankan diri secara fisik dari kontak fisik dari pemain lawan

mahasiswa mampu mempraktekkan teknik Contac

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
praktek
4 X 50

Materi: teknik COntact Skill
Pustaka: Trevor Lipscombe. 2009. The Physics of Rugby. Nottingham University Press.
5%

7

Minggu ke 7

mahasiswa mengenal yang dimaksuk teknik Line-out

mahasiswa mampu mempraktekkan beberapa teknik dalam permainan line out

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
praktek
4 X 50

Materi: teknik Line-out
Pustaka: Chris Sheryn. 2006. 101 Youth Rugby Drills (101 Drills). A & C Black Publishers Ltd
5%

8

Minggu ke 8

UTS

mahasiswa mampu mempraktekkan beberapa teknik dalam permainan line out

Kriteria:

praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
praktek
4 X 50

Materi: UTS
Pustaka: Chris Sheryn. 2006. 101 Youth Rugby Drills (101 Drills). A & C Black Publishers Ltd
13%

9

Minggu ke 9

uts

mampu mengaplikasikan teknik Line-out

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek lapangan
4 X 50

Materi: mahasiswa mengenal yang dimaksuk teknik Line-out
Pustaka: Chris Sheryn. 2006. 101 Youth Rugby Drills (101 Drills). A & C Black Publishers Ltd
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu malakukan teknik RUCK, MAUL, SCRUM

mahasiswa mampu mempraktekkan dengan benar teknik RUCK, MAUL, SCRUM

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
praktek
4 X 50

Materi: teknik RUCK, MAUL, SCRUM
Pustaka: Trevor Lipscombe. 2009. The Physics of Rugby. Nottingham University Press.
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu malakukan teknik RUCK, MAUL, SCRUM

mahasiswa mampu mempraktekkan dengan benar teknik RUCK, MAUL, SCRUM

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
praktek
4 X 50

Materi: teknik RUCK, MAUL, SCRUM
Pustaka: Trevor Lipscombe. 2009. The Physics of Rugby. Nottingham University Press.
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu malakukan teknik RUCK, MAUL, SCRUM

mahasiswa mampu mempraktekkan dengan benar teknik RUCK, MAUL, SCRUM

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
praktek
4 X 50

Materi: teknik RUCK, MAUL, SCRUM
Pustaka: Trevor Lipscombe. 2009. The Physics of Rugby. Nottingham University Press.
3%

13

Minggu ke 13

mahasiswa mampu melakukan teknik TACKLING AND DEFENCE

mahasiswa mampu mempraktekkan teknik TACKLING AND DEFENCE

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
praktek
4 X 50

Materi: teknik TACKLING AND DEFENCE
Pustaka: Trevor Lipscombe. 2009. The Physics of Rugby. Nottingham University Press.
5%

14

Minggu ke 14

mahasiswa mampu melakukan teknik TACKLING AND DEFENCE

mahasiswa mampu mempraktekkan teknik TACKLING AND DEFENCE

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
praktek
4 X 50

Materi: teknik TACKLING AND DEFENCE
Pustaka: Trevor Lipscombe. 2009. The Physics of Rugby. Nottingham University Press.
5%

15

Minggu ke 15

mahasiswa mampu melakukan teknik TACKLING AND DEFENCE

mahasiswa mampu mempraktekkan teknik TACKLING AND DEFENCE

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
praktek
4 X 50

Materi: teknik TACKLING AND DEFENCE
Pustaka: Trevor Lipscombe. 2009. The Physics of Rugby. Nottingham University Press.
5%

16

Minggu ke 16

UAS

melaksanakan UAS

Kriteria:

Praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek lapangan

Materi: UAS
Pustaka: Trevor Lipscombe. 2009. The Physics of Rugby. Nottingham University Press.
23%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 59.51%
2. Penilaian Praktikum 6.68%
3. Praktik / Unjuk Kerja 27.84%
4. Tes 6%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.