|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pendidikan Matematika 1 |
8620603109 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
31 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal. |
PLO-7 |
Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an. |
PLO-8 |
Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga). |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-7 | PLO-8 |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan pembelajaran geometri dan pengukuran di Sekolah Dasar. Proses
pembelajaran meliputi kegiatan yang mengkondisikan, mengkaji, berlatih, eksplorasi baik secara individu
maupun berkelompok serta melaksanakan simulasinya. Evaluasi hasil belajar meliputi ujian tengah semester,
ujian akhir semester, tugas mandiri, tugas kelompok dan aktivitas kelas. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda 2. Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip 3. Karim, Muchtar A, dkk. 2011. Pendalaman Materi Matematika Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang 4. Kenedy, LM. Tapp S. 1994. Guiding Children 19s Learning of Mathematic (7th). California: Wodswith Publishing Company
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
: Menguasai konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar |
: 1. Mampu membelajarkan konsep geometri di Sekolah Dasar 2. Menguasai teori Van Hiele |
Kriteria:
Keaktifan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar Pustaka: Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda 2. Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip 3. Karim, Muchtar A, dkk. 2011. Pendalaman Materi Matematika Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang 4. Kenedy, LM. Tapp S. 1994. Guiding Children 19s Learning of Mathematic (7th). California: Wodswith Publishing Company |
10% |
2
Minggu ke 2 |
: Menguasai konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar |
: 1. Mampu membelajarkan konsep geometri di Sekolah Dasar 2. Menguasai teori Van Hiele |
Kriteria:
Keaktifan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar Pustaka: Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda 2. Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip 3. Karim, Muchtar A, dkk. 2011. Pendalaman Materi Matematika Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang 4. Kenedy, LM. Tapp S. 1994. Guiding Children 19s Learning of Mathematic (7th). California: Wodswith Publishing Company |
10% |
3
Minggu ke 3 |
: Menguasai konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar |
: 1. Mampu membelajarkan konsep geometri di Sekolah Dasar 2. Menguasai teori Van Hiele |
Kriteria:
Keaktifan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar Pustaka: Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda 2. Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip 3. Karim, Muchtar A, dkk. 2011. Pendalaman Materi Matematika Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang 4. Kenedy, LM. Tapp S. 1994. Guiding Children 19s Learning of Mathematic (7th). California: Wodswith Publishing Company |
10% |
4
Minggu ke 4 |
: Menguasai konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar |
: 1. Mampu membelajarkan konsep geometri di Sekolah Dasar 2. Menguasai teori Van Hiele |
Kriteria:
Keaktifan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar Pustaka: Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda 2. Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip 3. Karim, Muchtar A, dkk. 2011. Pendalaman Materi Matematika Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang 4. Kenedy, LM. Tapp S. 1994. Guiding Children 19s Learning of Mathematic (7th). California: Wodswith Publishing Company |
10% |
5
Minggu ke 5 |
: Menguasai konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar |
: 1. Mampu membelajarkan konsep geometri di Sekolah Dasar 2. Menguasai teori Van Hiele |
Kriteria:
Keaktifan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar Pustaka: Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda 2. Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip 3. Karim, Muchtar A, dkk. 2011. Pendalaman Materi Matematika Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang 4. Kenedy, LM. Tapp S. 1994. Guiding Children 19s Learning of Mathematic (7th). California: Wodswith Publishing Company |
10% |
6
Minggu ke 6 |
: Menguasai konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar |
: 1. Mampu membelajarkan konsep geometri di Sekolah Dasar 2. Menguasai teori Van Hiele |
Kriteria:
Keaktifan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar Pustaka: Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda 2. Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip 3. Karim, Muchtar A, dkk. 2011. Pendalaman Materi Matematika Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang 4. Kenedy, LM. Tapp S. 1994. Guiding Children 19s Learning of Mathematic (7th). California: Wodswith Publishing Company |
10% |
7
Minggu ke 7 |
: Menguasai konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar |
: 1. Mampu membelajarkan konsep geometri di Sekolah Dasar 2. Menguasai teori Van Hiele |
Kriteria:
Keaktifan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar Pustaka: Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda 2. Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip 3. Karim, Muchtar A, dkk. 2011. Pendalaman Materi Matematika Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang 4. Kenedy, LM. Tapp S. 1994. Guiding Children 19s Learning of Mathematic (7th). California: Wodswith Publishing Company |
10% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
: 1. Mampu membelajarkan konsep geometri di Sekolah Dasar 2. Menguasai teori Van Hiele |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar Pustaka: Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda 2. Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip 3. Karim, Muchtar A, dkk. 2011. Pendalaman Materi Matematika Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang 4. Kenedy, LM. Tapp S. 1994. Guiding Children 19s Learning of Mathematic (7th). California: Wodswith Publishing Company |
25% |
9
Minggu ke 9 |
: Menguasai konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar |
: 1. Mampu membelajarkan konsep geometri di Sekolah Dasar 2. Menguasai teori Van Hiele |
Kriteria:
Keaktifan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar Pustaka: Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda 2. Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip 3. Karim, Muchtar A, dkk. 2011. Pendalaman Materi Matematika Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang 4. Kenedy, LM. Tapp S. 1994. Guiding Children 19s Learning of Mathematic (7th). California: Wodswith Publishing Company |
10% |
10
Minggu ke 10 |
: Menguasai konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar |
: 1. Mampu membelajarkan konsep geometri di Sekolah Dasar 2. Menguasai teori Van Hiele |
Kriteria:
Keaktifan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar Pustaka: Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda 2. Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip 3. Karim, Muchtar A, dkk. 2011. Pendalaman Materi Matematika Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang 4. Kenedy, LM. Tapp S. 1994. Guiding Children 19s Learning of Mathematic (7th). California: Wodswith Publishing Company |
10% |
11
Minggu ke 11 |
: Menguasai konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar |
: 1. Mampu membelajarkan konsep geometri di Sekolah Dasar 2. Menguasai teori Van Hiele |
Kriteria:
Keaktifan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar Pustaka: Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda 2. Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip 3. Karim, Muchtar A, dkk. 2011. Pendalaman Materi Matematika Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang 4. Kenedy, LM. Tapp S. 1994. Guiding Children 19s Learning of Mathematic (7th). California: Wodswith Publishing Company |
10% |
12
Minggu ke 12 |
: Menguasai konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar |
: 1. Mampu membelajarkan konsep geometri di Sekolah Dasar 2. Menguasai teori Van Hiele |
Kriteria:
Keaktifan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar Pustaka: Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda 2. Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip 3. Karim, Muchtar A, dkk. 2011. Pendalaman Materi Matematika Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang 4. Kenedy, LM. Tapp S. 1994. Guiding Children 19s Learning of Mathematic (7th). California: Wodswith Publishing Company |
10% |
13
Minggu ke 13 |
: Menguasai konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar |
: 1. Mampu membelajarkan konsep geometri di Sekolah Dasar 2. Menguasai teori Van Hiele |
Kriteria:
Keaktifan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar Pustaka: Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda 2. Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip 3. Karim, Muchtar A, dkk. 2011. Pendalaman Materi Matematika Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang 4. Kenedy, LM. Tapp S. 1994. Guiding Children 19s Learning of Mathematic (7th). California: Wodswith Publishing Company |
10% |
14
Minggu ke 14 |
: Menguasai konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar |
: 1. Mampu membelajarkan konsep geometri di Sekolah Dasar 2. Menguasai teori Van Hiele |
Kriteria:
Keaktifan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar Pustaka: Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda 2. Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip 3. Karim, Muchtar A, dkk. 2011. Pendalaman Materi Matematika Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang 4. Kenedy, LM. Tapp S. 1994. Guiding Children 19s Learning of Mathematic (7th). California: Wodswith Publishing Company |
10% |
15
Minggu ke 15 |
: Menguasai konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar |
: 1. Mampu membelajarkan konsep geometri di Sekolah Dasar 2. Menguasai teori Van Hiele |
Kriteria:
Keaktifan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran geometri di Sekolah Dasar Pustaka: Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda 2. Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip 3. Karim, Muchtar A, dkk. 2011. Pendalaman Materi Matematika Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang 4. Kenedy, LM. Tapp S. 1994. Guiding Children 19s Learning of Mathematic (7th). California: Wodswith Publishing Company |
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
2 X 50 |
|
|
25% |