Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Dasar Kependidikan

8620702235

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

9 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Afifah Rahmaningrum, S.Pd., M.Pd.




Nur Ika Sari Rakhmawati, S.Pd., M.Pd.




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menguasai konsep hakikat Pendidikan dan pentingnya pendidikan bagi manusia

PO - 2

Mahasiswa memahami landasan kependidikan

PO - 3

Mahasiswa mampu memahami tugas dan tanggung Jawaban guru sebagai yenaga professional

PO - 4

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan-permasalahan dalam lembaga-lembaga pendidikan

PO - 5

Mahasiswa menguasai konsep pendidikan karakter

PO - 6

Mahasiswa mampu mengidentifikasi inovasi dalam pembelajaran yang telah dilakukan Oleh lembaga-lembaga pendidikan

PO - 7

Mahasiswa mampu merancang inovasi dalam pembelajaran

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3
PO-1  
PO-2  
PO-3 
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini mengkaji tentang konsep dasar pendidikan, hakikat manusia dan pengembangannya, landasan pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan, inovasi pendidikan di Indonesia, dan pendidikan karakter baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Pustaka

Utama :

  1. 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang.

Pendukung :

  1. 2. Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan: Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.

Dosen Pengampu

Nur Ika Sari Rakhmawati, S.Pd., M.Pd.

Afifah Rahmaningrum, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar ilmu pendidikan.

Mendeskripsikan konsep dasar ilmu pendidikan

Kriteria:

Pemahaman Konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
● Direct instruction Brainstorming
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab
2 X 50‘

Materi: Konsep Dasar Ilmu Pendidikan
Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang.
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan pendidikan.

  1. Menjelaskan landasan landasan historis
  2. Menjelaskan landasan filosofis
  3. Menjelaskan landasan psikologis
  4. Menjelaskan landasan sosiologis
  5. Menjelaskan landasan tutwuri handayani
  6. Menjelaskan landasan IPTEK
Kriteria:

Pemahaman Konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
● Direct instruction Brainstorming
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab
2 X 50‘

Materi: Landasan Pendidikan
Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang.
2%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat manusia dan keterkaitannya dengan pendidikan

  1. Menjelaskan sifat hakiki manusia
  2. Menjelaskan manusia dan keterkaitannya dengan pendidikan
  3. Menjelaskan dimensi hakikat manusia
  4. Menjelaskan pengembangan dimensi manusia
Kriteria:

1. Pemahaman konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
2 X 50‘

Materi: Hakikat manusia
Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat pendidikan dan pembelajaran.

  1. Menjelaskan mendeskripsikan pengertian pendidikan Menjelaskan menganalisis proses pendidikan
  2. Menjelaskan menganalisis fungsi pendidikan
  3. Menjelaskan menganalisis proses pendidikan
Kriteria:

1. Penguasaan konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
● Model Case Ba-sed Learning (CBL)
● Brainstorming
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab
2 X 50‘

Materi: Hakikat pendidikan dan pembelajaran
Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat menjelaskan komponen pendidikan.

Menjelaskan komponen pendidikan

Kriteria:

1. Pemahaman konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
● Model Case Ba-sed Learning (CBL) atau
● Direct instruction Brainstorming
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab
2 X 50‘

Materi: Komponen Pendidikan
Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang.
2%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat menjelaskan ajaran-ajaran luhur Ki Hajar Dewantara

  1. Mendeskripsikan pengertian sistem pendidikan
  2. Mendeskripsikan macam-macam sistem pendidikan
Kriteria:

1. Pemahaman konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
● Model PBL
● Brainstorming
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab
2 X 50‘

Materi: Ajaran Luhur Ki Hajar Dewantara
Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang.
10%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat menjelaskan pendidikan sebagai sistem.

  1. Menjelaskan dasar, tujuan, dan fungsi pendidikan nasional
  2. Mendeskripsikan program dan pengelolaan pendidikan nasional
  3. Menganalisis kelembagaan pendidikan di Indonesia
Kriteria:

1. Pemahaman konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
● Model Case Ba-sed Learning (CBL)
● Brainstorming
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab
2 X 50‘

Materi: Sistem Pendidikan
Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang.
5%

8

Minggu ke 8

Evaluasi Tengah Semester

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester dengan Baik


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes tulis
2 X 50‘

Materi: Materi Dasar Kependidikan
Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang.
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa dapat menganalisis konsep guru sebagai profesi

Menjelaskan konsep guru sebagai profesi

Kriteria:

Penguasaan konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
● Model Case Ba-sed Learning (CBL)
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab
2 X 50‘

Materi: Guru sebagai profesi
Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang.

Materi: Guru sebagai profesi
Pustaka: 2. Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan: Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat menganalisis permasalahan pendidikan dalam praktek pendidikan

  1. Menganalisis permasalahan pendidikan
  2. Mendeskripsikan masalah praktis pendidikan Indonesia
Kriteria:

1. Penguasaan konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
● Model Case Ba-sed Learning (CBL)
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab
2 X 50‘

Materi: Permasalahan pendidikan
Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang.

Materi: Permasalahan pendidikan
Pustaka: 2. Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan: Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat menganalisis usaha-usaha mengatasi permasalahan pendidikan di Indonesia

Mendeskripsikan usaha-usaha mengatasi permasalahan pendidikan di Indonesia

Kriteria:

1. Pemahaman konsep


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
● Model Case Ba-sed Learning (CBL)
● Brainstorming
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab
2 X 50‘

Materi: Permasalahan pendidikan
Pustaka: 2. Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan: Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.
10%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat menganalisis inovasi pendidikan di Indonesia.

Mahasiswa mampu mengidentifikasi inovasi pembelajaran yang telah dilakukan Oleh lembaga-lembaga pendidikan

Kriteria:

1. Pemahaman konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi lapangan
2 X 50‘

Materi: Inovasi pendidikan
Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang.
3%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat menjelaskan pemanfaatan IPTEK dalam Pendidikan

Mahasiswa mampu mengidentifikasi inovasi pembelajaran yang telah dilakukan Oleh lembaga-lembaga pendidikan

Kriteria:

Pemahaman konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi lapangan
2 X 50‘

Materi: Inovasi pendidikan
Pustaka: 2. Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan: Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat menjelaskan pendidikan Karakter

Mahasiswa mampu merancang inovasi dalam pembelajaran

Kriteria:

Pemahaman Konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
● Model Case Ba-sed Learning (CBL)
● Brainstorming
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab
2 X 50‘

Materi: Pendidikan Karakter
Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat menganalisis pendidikan di era globalisasi.

Mahasiswa mampu membuat artikel terkait dengan tema inovasi pembelajaran di PAUD

Kriteria:

Pemahaman Konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
● Model Case Ba-sed Learning (CBL)
● Brainstorming
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab
2 X 50‘

Materi: Pendidikan di Era Globalisasi
Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang.
5%

16

Minggu ke 16

Evaluasi Akhir Semester

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes tulis
2 X 50‘

Materi: Konsep Dasar Ilmu Pendidikan
Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang.
23%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 52%
2. Penilaian Portofolio 15%
3. Tes 33%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.