|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Dasar Kependidikan |
8620702235 |
Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
9 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Afifah Rahmaningrum, S.Pd., M.Pd.
|
Nur Ika Sari Rakhmawati, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menguasai konsep hakikat Pendidikan dan pentingnya pendidikan bagi manusia
|
PO - 2 |
Mahasiswa memahami landasan kependidikan
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu memahami tugas dan tanggung Jawaban guru sebagai yenaga professional
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan-permasalahan dalam lembaga-lembaga pendidikan
|
PO - 5 |
Mahasiswa menguasai konsep pendidikan karakter
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi inovasi dalam pembelajaran yang telah dilakukan Oleh lembaga-lembaga pendidikan
|
PO - 7 |
Mahasiswa mampu merancang inovasi dalam pembelajaran
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PO-1 | | | ✔ | PO-2 | | | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | | PO-4 | | | ✔ | PO-5 | ✔ | | | PO-6 | | ✔ | | PO-7 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini mengkaji tentang konsep dasar pendidikan, hakikat manusia dan pengembangannya, landasan pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan, inovasi pendidikan di Indonesia, dan pendidikan karakter baik di sekolah maupun di luar sekolah. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang.
|
Pendukung : |
|
- 2. Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan: Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.
|
Dosen Pengampu
|
Nur Ika Sari Rakhmawati, S.Pd., M.Pd. Afifah Rahmaningrum, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar ilmu pendidikan. |
Mendeskripsikan konsep dasar ilmu pendidikan |
Kriteria:
Pemahaman Konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
● Direct instruction Brainstorming
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab 2 X 50‘ |
|
Materi: Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat menjelaskan landasan pendidikan. |
- Menjelaskan landasan landasan historis
- Menjelaskan landasan filosofis
- Menjelaskan landasan psikologis
- Menjelaskan landasan sosiologis
- Menjelaskan landasan tutwuri handayani
- Menjelaskan landasan IPTEK
|
Kriteria:
Pemahaman Konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
● Direct instruction Brainstorming
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab 2 X 50‘ |
|
Materi: Landasan Pendidikan Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat manusia dan keterkaitannya dengan pendidikan |
- Menjelaskan sifat hakiki manusia
- Menjelaskan manusia dan keterkaitannya dengan pendidikan
- Menjelaskan dimensi hakikat manusia
- Menjelaskan pengembangan dimensi manusia
|
Kriteria:
1. Pemahaman konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 2 X 50‘ |
|
Materi: Hakikat manusia Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat pendidikan dan pembelajaran. |
- Menjelaskan mendeskripsikan pengertian pendidikan Menjelaskan menganalisis proses pendidikan
- Menjelaskan menganalisis fungsi pendidikan
- Menjelaskan menganalisis proses pendidikan
|
Kriteria:
1. Penguasaan konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
● Model Case Ba-sed Learning (CBL)
● Brainstorming
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab 2 X 50‘ |
|
Materi: Hakikat pendidikan dan pembelajaran Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat menjelaskan komponen pendidikan. |
Menjelaskan komponen pendidikan |
Kriteria:
1. Pemahaman konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
● Model Case Ba-sed Learning (CBL) atau
● Direct instruction Brainstorming
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab 2 X 50‘ |
|
Materi: Komponen Pendidikan Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang. |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat menjelaskan ajaran-ajaran luhur Ki Hajar Dewantara |
- Mendeskripsikan pengertian sistem pendidikan
- Mendeskripsikan macam-macam sistem pendidikan
|
Kriteria:
1. Pemahaman konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
● Model PBL
● Brainstorming
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab 2 X 50‘ |
|
Materi: Ajaran Luhur Ki Hajar Dewantara Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat menjelaskan pendidikan sebagai sistem. |
- Menjelaskan dasar, tujuan, dan fungsi pendidikan nasional
- Mendeskripsikan program dan pengelolaan pendidikan nasional
- Menganalisis kelembagaan pendidikan di Indonesia
|
Kriteria:
1. Pemahaman konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
● Model Case Ba-sed Learning (CBL)
● Brainstorming
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab 2 X 50‘ |
|
Materi: Sistem Pendidikan Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Evaluasi Tengah Semester |
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester dengan Baik Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tulis 2 X 50‘ |
|
Materi: Materi Dasar Kependidikan Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat menganalisis konsep guru sebagai profesi |
Menjelaskan konsep guru sebagai profesi |
Kriteria:
Penguasaan konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
● Model Case Ba-sed Learning (CBL)
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab 2 X 50‘ |
|
Materi: Guru sebagai profesi Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang. Materi: Guru sebagai profesi Pustaka: 2. Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan: Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat menganalisis permasalahan pendidikan dalam praktek pendidikan |
- Menganalisis permasalahan pendidikan
- Mendeskripsikan masalah praktis pendidikan Indonesia
|
Kriteria:
1. Penguasaan konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
● Model Case Ba-sed Learning (CBL)
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab 2 X 50‘ |
|
Materi: Permasalahan pendidikan Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang. Materi: Permasalahan pendidikan Pustaka: 2. Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan: Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat menganalisis usaha-usaha mengatasi permasalahan pendidikan di Indonesia |
Mendeskripsikan usaha-usaha mengatasi permasalahan pendidikan di Indonesia |
Kriteria:
1. Pemahaman konsep Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
● Model Case Ba-sed Learning (CBL)
● Brainstorming
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab 2 X 50‘ |
|
Materi: Permasalahan pendidikan Pustaka: 2. Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan: Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat menganalisis inovasi pendidikan di Indonesia. |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi inovasi pembelajaran yang telah dilakukan Oleh lembaga-lembaga pendidikan |
Kriteria:
1. Pemahaman konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi lapangan 2 X 50‘ |
|
Materi: Inovasi pendidikan Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat menjelaskan pemanfaatan IPTEK dalam Pendidikan |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi inovasi pembelajaran yang telah dilakukan Oleh lembaga-lembaga pendidikan |
Kriteria:
Pemahaman konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi lapangan 2 X 50‘ |
|
Materi: Inovasi pendidikan Pustaka: 2. Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan: Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat menjelaskan pendidikan Karakter |
Mahasiswa mampu merancang inovasi dalam pembelajaran |
Kriteria:
Pemahaman Konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
● Model Case Ba-sed Learning (CBL)
● Brainstorming
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab 2 X 50‘ |
|
Materi: Pendidikan Karakter Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat menganalisis pendidikan di era globalisasi. |
Mahasiswa mampu membuat artikel terkait dengan tema inovasi pembelajaran di PAUD |
Kriteria:
Pemahaman Konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
● Model Case Ba-sed Learning (CBL)
● Brainstorming
● Diskusi kelompok
● Tanya jawab 2 X 50‘ |
|
Materi: Pendidikan di Era Globalisasi Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Evaluasi Akhir Semester |
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tulis 2 X 50‘ |
|
Materi: Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Pustaka: 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang. |
23% |