|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Dasar Kependidikan |
8620702235 |
Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
9 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menguasai konsep hakikat Pendidikan dan pentingnya pendidikan bagi manusia
|
PO - 2 |
Mahasiswa memahami landasan kependidikan
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu memahami tugas dan tanggung Jawaban guru sebagai yenaga professional
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan-permasalahan dalam lembaga-lembaga pendidikan
|
PO - 5 |
Mahasiswa menguasai konsep pendidikan karakter
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi inovasi dalam pembelajaran yang telah dilakukan Oleh lembaga-lembaga pendidikan
|
PO - 7 |
Mahasiswa mampu merancang inovasi dalam pembelajaran
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | | | ✔ | | PO-2 | | | ✔ | | PO-3 | ✔ | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ | | PO-5 | ✔ | | | | PO-6 | | | | | PO-7 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini mengkaji tentang konsep dasar pendidikan, hakikat manusia dan pengembangannya, landasan pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan, inovasi pendidikan di Indonesia, dan pendidikan karakter baik di sekolah maupun di luar sekolah. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang.
|
Pendukung : |
|
- 2. Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan: Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.
|
Dosen Pengampu
|
Nur Ika Sari Rakhmawati, S.Pd., M.Pd. Afifah Rahmaningrum, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pemberian materi tentang hakikat pendidikan 2 X 50‘ |
|
|
2% |
2
Minggu ke 2 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penyampaian materi tentang konsep pendidikan dan pentingnya pendidikan bagi manusia 2 X 50‘ |
|
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
|
|
Kriteria:
1. Pemahaman konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 2 X 50‘ |
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
Kriteria:
1. Penguasaan konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 2 X 50‘ |
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
|
|
Kriteria:
1. Pemahaman konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 2 X 50‘ |
|
|
2% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
Kriteria:
1. Pemahaman konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi dan diskusi 2 X 50‘ |
|
|
10% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
Kriteria:
1. Pemahaman konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 2 X 50‘ |
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menguasai materi dari pertemuan 1-7 |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tulis 2 X 50‘ |
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
Kriteria:
1. Penguasaan konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 2 X 50‘ |
|
|
3% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
Kriteria:
1. Penguasaan konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 2 X 50‘ |
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi inovasi pembelajaran yang telah dilakukan Oleh lembaga-lembaga pendidikan |
|
Kriteria:
1. Pemahaman konsep Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Studi lapangan 2 X 50‘ |
|
|
10% |
12
Minggu ke 12 |
|
Mahasiswa mampu mengidentifikasi inovasi pembelajaran yang telah dilakukan Oleh lembaga-lembaga pendidikan |
Kriteria:
1. Pemahaman konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi lapangan 2 X 50‘ |
|
|
3% |
13
Minggu ke 13 |
|
Mahasiswa mampu mengidentifikasi inovasi pembelajaran yang telah dilakukan Oleh lembaga-lembaga pendidikan |
Kriteria:
1. Pemahaman konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi lapangan 2 X 50‘ |
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
|
Mahasiswa mampu merancang inovasi dalam pembelajaran |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL 2 X 50‘ |
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
|
Mahasiswa mampu membuat artikel terkait dengan tema inovasi pembelajaran di PAUD |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL 2 X 50‘ |
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tulis 2 X 50‘ |
|
|
20% |