Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PLP 1

8321301004

T=1

P=0

ECTS=1.59

7

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Nia Kusstianti, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

ยท Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan, struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan seremonial-formal di sekolah, kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuluer, dan praktik-praktik pembiasan dan kebiasan positif di sekolah.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Arend, R.I., 2012. Learning to Teach . New York: Mc Grow-Hill International Edition.

    2. Hyland, Ken., & Wong, Lilian L. C. 2016. Innovation and Cange in English Language Education . London: Ruthledge.

    3. Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler . Jogjakarta: AR-Ruzz Media.

    4. Mulyasa, E., 2004. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi . Bandung: Remaja Rosdakarya.

    5. Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran . Jakarta: Bumi Aksara.

    6. Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif . Bandung: Alfabeta.

    7. Wena, Made. 2016. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional . Jakarta: Bumi Aksara.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dra. Dewi Lutfiati, M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengidentifikasi karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan

Mampu menjelaskan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan

Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
1 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasi struktur organisasi dan tata kerja sekolah

Menjelaskan struktur organisasi dan tata kerja sekolah

Kriteria:
  1. 5: 5 identifikasi benar
  2. 4: 4 identifikasi benar
  3. 3: 3 identifikasi benar
  4. 2: 2 identifikasi benar
  5. 1: 1 identifikasi benar
  6. 0: tidak ada identifikasi yang benar
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
1 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasi peraturan dan tata tertib sekolah

Menjelaskan peraturan dan tata tertib sekolah

Kriteria:
  1. 3: penjelasan 3 ciri benar
  2. 2: penjelasan 2 ciri benar
  3. 1: penjelasan 1 ciri benar
  4. 0: tidak ada penjelasan yang benar
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
1 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan seremonial-formal di sekolah

Menjelaskan kegiatan-kegiatan seremonial-formal di sekolah

Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
1 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuluer

Menjelaskan kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuluer

Kriteria:
  1. 3: penjelasan 3 ciri benar
  2. 2: penjelasan 2 ciri benar
  3. 1: penjelasan 1 ciri benar
  4. 0: tidak ada penjelasan yang benar
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
1 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mengidentifikasi praktik-praktik pembiasan dan kebiasan positif di sekolah

Menjelaskan praktik-praktik pembiasan dan kebiasan positif di sekolah

Kriteria:
  1. 3: penjelasan 3 ciri benar
  2. 2: penjelasan 2 ciri benar
  3. 1: penjelasan 1 ciri benar
  4. 0: tidak ada penjelasan yang benar
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
1 X 50

0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.