|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Kimia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kimia Material |
4720102108 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
23 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Amaria, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian Tentang Polimer Anorganik, Homopolimer, Heteropolimer, material berbasis Polisilika Alumina, Silika, Biomaterial (biomassa, kitin kitosan, asam humat), cara sintesis, karakterisasi material yang dihasilkan dan pengembangan material cerdas terkini: nanomaterial |
Pustaka
|
Utama : |
|
- D.N. Hunter. 1990. Inorganic Polymer Black Well, Oxford University Science
- James E mark, Harry R Allcock.1994., Inorganic, Polymer Oxford University Science
- B.Mark T Weller.1995. Inorganic material Chemistry. Oxford University Science Book
- Sari Edi Cahyaningrum, 2016 Biomaterila Berbasis kitosan
- Jurnal material
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Amaria, M.Si. Prof. Dr. Sari Edi Cahyaningrum, M.Si. Dr. Dina Kartika Maharani, S.Si., M.Sc. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami pengertian material anorganik |
1. Mampu menjelaskan cirri-ciri dan sifat material anorganik |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
- 4. 3x Skor nilai UAS (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas x 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
ceramah dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami konsep tentang struktur dan sifat homopolimer anorganik |
1. Mampu menjelaskan konsep homopolimer 2. Mampu menjelaskan sifat dan struktur homopolimer, silikon, karbon dan sulfur |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
- 4. 3x Skor nilai UAS (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Ceramah, diskusi kelompok 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami konsep tentang struktur dan sifat homopolimer anorganik |
menjelaskan persamaan dan perbedaan homopolimer, silikon, karbon dan sulfur. |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
- 4. 3x Skor nilai UAS (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Ceramah, diskusi kelompok 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami konsep tentang struktur dan sifat heteropolimer anorganik |
1. Mampu menjelaskan konsep heteropolimer 2. Mampu menjelaskan sifat dan struktur heteropolimer, hidrogen, karbon, nitrogen dan oksigen |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
- 4. 3x Skor nilai UAS (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Ceramah,diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami konsep tentang struktur dan sifat heteropolimer anorganik |
1. menjelaskan persamaan dan perbedaan heteropolimer, hidrogen, karbon, nitrogen dan oksigen |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
- 4. 3x Skor nilai UAS (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Ceramah,diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami struktur, sifat dan karakteristik polisilika alumina |
1. Mampu menjelaskan konsep senyawa polisilika alumina 2. Mampu menjelaskan sifat dan struktur senyawa polisilika alumina, zeolit, bentonit, clay, abu layang |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
- 4. 3x Skor nilai UAS (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Presentasi tugas, diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami struktur, sifat dan karakteristik polisilika alumina |
1. Mampu menjelaskan persamaan dan perbedaan senyawa polisilika alumina, zeolit, bentonit, clay, abu layang 2. Mampu menjelaskan cara sintesis dan modifikasi senyawa polisilika alumina, zeolit, bentonit, clay, abu layang |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
- 4. 3x Skor nilai UAS (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Membaca dan merangkum buku wajib. Menélaah jurnal 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
indikator pertemuan 1-7 |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
- 4. 3x Skor nilai UAS (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Tes 2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami konsep tentang struktur, sifat dan sintesis material silika |
1. Mampu menjelaskan konsep senyawa silika gel |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
- 4. 3x Skor nilai UAS (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Ceramah diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami konsep tentang struktur, sifat dan sintesis material silika |
1. Mampu menjelaskan sifat dan struktur senyawa silika gel |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
- 4. 3x Skor nilai UAS (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Presentasi tugas, diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami konsep tentang struktur, sifat dan sintesis material silika |
mampu menjelaskan cara sintesis dan modifikasi senyawa silika gel |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
- 4. 3x Skor nilai UAS (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Presentasi tugas, diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami konsep tentang struktur, sifat dan sintesis Biomaterial dan perkembangan material cerdas terkini termasuk diantaranya nanomaterial |
1. Mampu menjelaskan sifat dan struktur senyawa Tanah diatome, lumpur aktif, kitin dan kitosan |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
- 4. 3x Skor nilai UAS (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Presentasi tugas, diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami konsep tentang struktur, sifat dan sintesis Biomaterial dan perkembangan material cerdas terkini termasuk diantaranya nanomaterial |
1. Mampu menjelaskan cara sintesis dan modifikasi senyawa Tanah diatome, lumpur aktif, kitin dan kitosan |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
- 4. 3x Skor nilai UAS (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Presentasi tugas, diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami konsep tentang struktur, sifat dan sintesis Biomaterial dan perkembangan material cerdas terkini termasuk diantaranya nanomaterial |
Mampu menjelaskan perkembangan material terkini: nanomaterial |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
- 4. 3x Skor nilai UAS (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Presentasi tugas, diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami konsep tentang struktur, sifat dan sintesis Biomaterial dan perkembangan material cerdas terkini termasuk diantaranya nanomaterial |
Mampu menjelaskan perkembangan material terkini: nanomaterial |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
- 4. 3x Skor nilai UAS (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Presentasi tugas, diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Indikator pertemuan 9-15 |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
- 4. 3x Skor nilai UAS (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Tes Tulis 2 X 50 |
|
|
0% |