Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Kimia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kimia Material

4720102108

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

23 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Amaria, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian Tentang Polimer Anorganik, Homopolimer, Heteropolimer, material berbasis Polisilika Alumina, Silika, Biomaterial (biomassa, kitin kitosan, asam humat), cara sintesis, karakterisasi material yang dihasilkan dan pengembangan material cerdas terkini: nanomaterial

Pustaka

Utama :

  1. D.N. Hunter. 1990. Inorganic Polymer Black Well, Oxford University Science
  2. James E mark, Harry R Allcock.1994., Inorganic, Polymer Oxford University Science
  3. B.Mark T Weller.1995. Inorganic material Chemistry. Oxford University Science Book
  4. Sari Edi Cahyaningrum, 2016 Biomaterila Berbasis kitosan
  5. Jurnal material

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Amaria, M.Si.

Prof. Dr. Sari Edi Cahyaningrum, M.Si.

Dr. Dina Kartika Maharani, S.Si., M.Sc.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami pengertian material anorganik

1. Mampu menjelaskan cirri-ciri dan sifat material anorganik

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
  4. 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
  5. 4. 3x Skor nilai UAS (3)
  6. NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas x 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
ceramah dan diskusi
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep tentang struktur dan sifat homopolimer anorganik

1. Mampu menjelaskan konsep homopolimer 2. Mampu menjelaskan sifat dan struktur homopolimer, silikon, karbon dan sulfur

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
  4. 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
  5. 4. 3x Skor nilai UAS (3)
  6. NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Ceramah, diskusi kelompok
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Memahami konsep tentang struktur dan sifat homopolimer anorganik

menjelaskan persamaan dan perbedaan homopolimer, silikon, karbon dan sulfur.

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
  4. 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
  5. 4. 3x Skor nilai UAS (3)
  6. NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Ceramah, diskusi kelompok
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Memahami konsep tentang struktur dan sifat heteropolimer anorganik

1. Mampu menjelaskan konsep heteropolimer 2. Mampu menjelaskan sifat dan struktur heteropolimer, hidrogen, karbon, nitrogen dan oksigen

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
  4. 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
  5. 4. 3x Skor nilai UAS (3)
  6. NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Ceramah,diskusi
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Memahami konsep tentang struktur dan sifat heteropolimer anorganik

1. menjelaskan persamaan dan perbedaan heteropolimer, hidrogen, karbon, nitrogen dan oksigen

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
  4. 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
  5. 4. 3x Skor nilai UAS (3)
  6. NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Ceramah,diskusi
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Memahami struktur, sifat dan karakteristik polisilika alumina

1. Mampu menjelaskan konsep senyawa polisilika alumina 2. Mampu menjelaskan sifat dan struktur senyawa polisilika alumina, zeolit, bentonit, clay, abu layang

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
  4. 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
  5. 4. 3x Skor nilai UAS (3)
  6. NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Presentasi tugas, diskusi
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Memahami struktur, sifat dan karakteristik polisilika alumina

1. Mampu menjelaskan persamaan dan perbedaan senyawa polisilika alumina, zeolit, bentonit, clay, abu layang 2. Mampu menjelaskan cara sintesis dan modifikasi senyawa polisilika alumina, zeolit, bentonit, clay, abu layang

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
  4. 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
  5. 4. 3x Skor nilai UAS (3)
  6. NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Membaca dan merangkum buku wajib. Menélaah jurnal
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UTS

indikator pertemuan 1-7

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
  4. 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
  5. 4. 3x Skor nilai UAS (3)
  6. NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Tes
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Memahami konsep tentang struktur, sifat dan sintesis material silika

1. Mampu menjelaskan konsep senyawa silika gel

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
  4. 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
  5. 4. 3x Skor nilai UAS (3)
  6. NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Ceramah diskusi
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Memahami konsep tentang struktur, sifat dan sintesis material silika

1. Mampu menjelaskan sifat dan struktur senyawa silika gel

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
  4. 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
  5. 4. 3x Skor nilai UAS (3)
  6. NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Presentasi tugas, diskusi
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Memahami konsep tentang struktur, sifat dan sintesis material silika

mampu menjelaskan cara sintesis dan modifikasi senyawa silika gel

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
  4. 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
  5. 4. 3x Skor nilai UAS (3)
  6. NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Presentasi tugas, diskusi
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Memahami konsep tentang struktur, sifat dan sintesis Biomaterial dan perkembangan material cerdas terkini termasuk diantaranya nanomaterial

1. Mampu menjelaskan sifat dan struktur senyawa Tanah diatome, lumpur aktif, kitin dan kitosan

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
  4. 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
  5. 4. 3x Skor nilai UAS (3)
  6. NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Presentasi tugas, diskusi
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Memahami konsep tentang struktur, sifat dan sintesis Biomaterial dan perkembangan material cerdas terkini termasuk diantaranya nanomaterial

1. Mampu menjelaskan cara sintesis dan modifikasi senyawa Tanah diatome, lumpur aktif, kitin dan kitosan

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
  4. 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
  5. 4. 3x Skor nilai UAS (3)
  6. NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Presentasi tugas, diskusi
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Memahami konsep tentang struktur, sifat dan sintesis Biomaterial dan perkembangan material cerdas terkini termasuk diantaranya nanomaterial

Mampu menjelaskan perkembangan material terkini: nanomaterial

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
  4. 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
  5. 4. 3x Skor nilai UAS (3)
  6. NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Presentasi tugas, diskusi
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Memahami konsep tentang struktur, sifat dan sintesis Biomaterial dan perkembangan material cerdas terkini termasuk diantaranya nanomaterial

Mampu menjelaskan perkembangan material terkini: nanomaterial

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
  4. 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
  5. 4. 3x Skor nilai UAS (3)
  6. NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Presentasi tugas, diskusi
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16

UAS

Indikator pertemuan 9-15

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Tes sub sumatif, dilakukan mengases semua indicator yang relevan lewat ujian tulis, diberi bobot (3))
  4. 3. Nilai tugas mengerjakan soal dan membuat makalah ( bobot 2)
  5. 4. 3x Skor nilai UAS (3)
  6. NA akhir adalah (nilai partisipasi") (NIlai tugas%2 3) (nilai UTS%2 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Tes Tulis
2 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.