Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Problematika dan Inovasi dalam Pendidikan Sains

8400103078

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=7.56

1

25 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd.




Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd.




Prof. Dr. Suyatno, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains

PLO-7

Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional

PLO-8

Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa terkait dengan Inovasi dan Problematika Pendidikan Sains

PO - 2

Memiliki pengetahuan dan wawasan tentang Problema Pendidikan Sains.

PO - 3

Memiliki keterampilan untuk melakukan reviu Pustaka, menganalisis situasi, dan mensintesis dan mengembangkan Inovasi dalam rangka menyelesaikan masalah Pendidikan Sains

PO - 4

Memiliki sikap bertanggung jawab, objektif dalam menerapkan suatu inovasi untuk menyelesaikan masalah-masalah pendidikan sains

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengaji tentang problema-problema yang dihadapi oleh pendidikan sains pada level lokal, regional, maupun global, melakukan analisis (Fishbone Analysis) untuk menemukan penyebab utama dan penyebab penyerta dari setiap problema yang dihadapi, menyusun rancangan inovatif untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi secara bersama (dalam kelompok) dan atau mandiri serta mengkomunikasikan pada tataran kelas. Perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk teori, penugasan, seminar (qolokium) dan workshop

Pustaka

Utama :

  1. Diamond, Ian. (Science Education in School, Issues, evidence, and Proposal. The Association for Science Programs
  2. Jenkins, Edgar. (Ed) (2002) “Science and Technology Education Current Challenges and Possible Solutions” dipublikasikan dalam Innovations in 
Science and Technology Education Vol VIII Paris, UNESCO Science and Technology

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd.

Dr. I Gusti Made Sanjaya, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep problematika dan inovasi Pendidikan sains

  1. Menjelaskan pengertian inovasi
  2. Mengidentifikasi contoh-contoh inovasi (produk, ide, dsb)
  3. Melakukan analisis akar permasalahan pendidikan sains (Fish bone analysis
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi, dan case method
2 x 50 menit
Presentasi, diskusi, dan case method
2 x 50 menit
Materi: Pendahuluan, orientasi dan penugasan, pengertian inovasi
Pustaka:

Materi: Identifikasi dan analisis faktor-faktor penyebab problematika pendidikan sains
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep problematika dan inovasi Pendidikan sains

  1. Menjelaskan karakteristik inovasi
  2. Menjelaskan strategi inovasi
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi, Tanya jawab, dan case method
2 x 50 menit
Presentasi, Diskusi, Tanya jawab, dan case method
2 x 50 menit
Materi: Karakteristik dan desiminasi inovasi
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains

  1. Mensisntesis ide inovatif untuk menyelesaikan permasalahan
  2. Mempresentasikan ide inovatif kelompok untuk meyelesaikan masalah pendidikan sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi, Tanya jawab, dan case method
2 x 50 menit
Presentasi, Diskusi, Tanya jawab, dan case method
2x50 menit
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya kelompok
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains

  1. Mensisntesis ide inovatif untuk menyelesaikan permasalahan
  2. Mempresentasikan ide inovatif kelompok untuk meyelesaikan masalah pendidikan sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Innovasi (kelompok), diskusi, reflelksi dan case method
2 x 50 menit
Presentasi Innovasi (kelompok), diskusi, reflelksi dan case method
2 x 50 menit
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya kelompok
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains

  1. Mensisntesis ide inovatif untuk menyelesaikan permasalahan
  2. Mempresentasikan ide inovatif kelompok untuk meyelesaikan masalah pendidikan sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Innovasi (kelompok), diskusi, reflelksi dan case method
2 x 50 menit
Presentasi Innovasi (kelompok), diskusi, reflelksi dan case method
2x50 menit
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya kelompok
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains

  1. Mensisntesis ide inovatif untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan sains
  2. Mempresentasikan ide inovatif kelompok untuk meyelesaikan masalah pendidikan sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Innovasi (kelompok), diskusi, reflelksi dan case method
2 x 50 menit

2 x 50 menit
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya kelompok
Pustaka:
7%

7

Minggu ke 7

Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains

  1. Mensisntesis ide inovatif untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan sains
  2. Mempresentasikan ide inovatif kelompok untuk meyelesaikan masalah pendidikan sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Innovasi (kelompok), diskusi, reflelksi dan case method
2 x 50 menit
Presentasi Innovasi (kelompok), diskusi, reflelksi dan case method
2 x 50 menit
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya kelompok
Pustaka:
7%

8

Minggu ke 8

Kemampuan Akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7

Indikator TM-1 sampai dengan indikator TM-7

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tes tulis atau tugas pengganti UTS
2 x 50 menit
Tes tulis atau tugas pengganti UTS
2x 50 menit
Materi: Topik pembelajaran dari TM-1 sampai TM-7
Pustaka:
5%

9

Minggu ke 9

Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains

  1. Mensintesis ide inovatif secara individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
  2. Mempresentasikan ide inovatif individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method
3 x 50 menit
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method
3x50 menit
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya individu
Pustaka:
7%

10

Minggu ke 10

Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains

  1. Mensintesis ide inovatif secara individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
  2. Mempresentasikan ide inovatif individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method
3 x 50 menit
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method
3x50 menit
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya individu
Pustaka:
7%

11

Minggu ke 11

Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains

  1. Mensintesis ide inovatif secara individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
  2. Mempresentasikan ide inovatif individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method
3 x 50 menit
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method
3 x 50 menit
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya individu
Pustaka:
7%

12

Minggu ke 12

Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains

  1. Mensintesis ide inovatif secara individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
  2. Mempresentasikan ide inovatif individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method
3 x 50 menit
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method
3x50 menit
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya individu
Pustaka:
7%

13

Minggu ke 13

Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains

  1. Mensintesis ide inovatif secara individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
  2. Mempresentasikan ide inovatif individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method
3 x 50 menit
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method
3x50 menit
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya individu
Pustaka:
7%

14

Minggu ke 14

Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains

  1. Mensintesis ide inovatif secara individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
  2. Mempresentasikan ide inovatif individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method
3 x 50 menit
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method
3x50 menit
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya individu
Pustaka:
7%

15

Minggu ke 15

Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains

  1. Mensintesis ide inovatif secara individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
  2. Mempresentasikan ide inovatif individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method
3 x 50 menit
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method
3x50 menit
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya individu
Pustaka:
7%

16

Minggu ke 16

Kemampuan Akhir dari TM-9 sampai dengan TM-15

Indikator TM-9 sampai dengan indikator TM-15

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tes tulis atau pemberian tugas pengganti UAS
2 x 50 menit
es tulis atau pemberian tugas pengganti UAS
2x50 menit
Materi: Topik pembelajaran dari TM-9 sampai TM-15
Pustaka:
7%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.