|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Problematika dan Inovasi dalam Pendidikan Sains |
8400103078 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
1 |
25 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd.
|
Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd.
|
Prof. Dr. Suyatno, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional |
PLO-8 |
Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa terkait dengan Inovasi dan Problematika Pendidikan Sains
|
PO - 2 |
Memiliki pengetahuan dan wawasan tentang Problema Pendidikan Sains.
|
PO - 3 |
Memiliki keterampilan untuk melakukan reviu Pustaka, menganalisis situasi, dan mensintesis dan mengembangkan Inovasi dalam rangka menyelesaikan masalah Pendidikan Sains
|
PO - 4 |
Memiliki sikap bertanggung jawab, objektif dalam menerapkan suatu inovasi untuk menyelesaikan masalah-masalah pendidikan sains
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | | | | PO-2 | | | | | PO-3 | | | | | PO-4 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengaji tentang problema-problema yang dihadapi oleh pendidikan sains pada level lokal, regional, maupun global, melakukan analisis (Fishbone Analysis) untuk menemukan penyebab utama dan penyebab penyerta dari setiap problema yang dihadapi, menyusun rancangan inovatif untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi secara bersama (dalam kelompok) dan atau mandiri serta mengkomunikasikan pada tataran kelas. Perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk teori, penugasan, seminar (qolokium) dan workshop |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Diamond, Ian. (Science Education in School, Issues, evidence, and Proposal. The Association for Science Programs
- Jenkins, Edgar. (Ed) (2002) “Science and Technology Education Current Challenges and Possible Solutions” dipublikasikan dalam Innovations in
Science and Technology Education Vol VIII Paris, UNESCO Science and Technology
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd. Dr. I Gusti Made Sanjaya, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep problematika dan inovasi Pendidikan sains |
- Menjelaskan pengertian inovasi
- Mengidentifikasi contoh-contoh inovasi (produk, ide, dsb)
- Melakukan analisis akar permasalahan pendidikan sains (Fish bone analysis
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi, dan case method 2 x 50 menit |
Presentasi, diskusi, dan case method 2 x 50 menit |
Materi: Pendahuluan, orientasi dan penugasan, pengertian inovasi Pustaka: Materi: Identifikasi dan analisis faktor-faktor penyebab problematika pendidikan sains Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami konsep problematika dan inovasi Pendidikan sains |
- Menjelaskan karakteristik inovasi
- Menjelaskan strategi inovasi
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, Diskusi, Tanya jawab, dan case method 2 x 50 menit |
Presentasi, Diskusi, Tanya jawab, dan case method 2 x 50 menit |
Materi: Karakteristik dan desiminasi inovasi Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains |
- Mensisntesis ide inovatif untuk menyelesaikan permasalahan
- Mempresentasikan ide inovatif kelompok untuk meyelesaikan masalah pendidikan sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, Diskusi, Tanya jawab, dan case method 2 x 50 menit |
Presentasi, Diskusi, Tanya jawab, dan case method 2x50 menit |
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya kelompok Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains |
- Mensisntesis ide inovatif untuk menyelesaikan permasalahan
- Mempresentasikan ide inovatif kelompok untuk meyelesaikan masalah pendidikan sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Innovasi (kelompok), diskusi, reflelksi dan case method 2 x 50 menit |
Presentasi Innovasi (kelompok), diskusi, reflelksi dan case method 2 x 50 menit |
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya kelompok Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains |
- Mensisntesis ide inovatif untuk menyelesaikan permasalahan
- Mempresentasikan ide inovatif kelompok untuk meyelesaikan masalah pendidikan sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Innovasi (kelompok), diskusi, reflelksi dan case method 2 x 50 menit |
Presentasi Innovasi (kelompok), diskusi, reflelksi dan case method 2x50 menit |
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya kelompok Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains |
- Mensisntesis ide inovatif untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan sains
- Mempresentasikan ide inovatif kelompok untuk meyelesaikan masalah pendidikan sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Innovasi (kelompok), diskusi, reflelksi dan case method 2 x 50 menit |
2 x 50 menit |
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya kelompok Pustaka: |
7% |
7
Minggu ke 7 |
Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains |
- Mensisntesis ide inovatif untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan sains
- Mempresentasikan ide inovatif kelompok untuk meyelesaikan masalah pendidikan sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Innovasi (kelompok), diskusi, reflelksi dan case method 2 x 50 menit |
Presentasi Innovasi (kelompok), diskusi, reflelksi dan case method 2 x 50 menit |
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya kelompok Pustaka: |
7% |
8
Minggu ke 8 |
Kemampuan Akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7 |
Indikator TM-1 sampai dengan indikator TM-7 |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tes tulis atau tugas pengganti UTS 2 x 50 menit |
Tes tulis atau tugas pengganti UTS 2x 50 menit |
Materi: Topik pembelajaran dari TM-1 sampai TM-7 Pustaka: |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains |
- Mensintesis ide inovatif secara individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
- Mempresentasikan ide inovatif individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method 3 x 50 menit |
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method 3x50 menit |
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya individu Pustaka: |
7% |
10
Minggu ke 10 |
Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains |
- Mensintesis ide inovatif secara individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
- Mempresentasikan ide inovatif individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method 3 x 50 menit |
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method 3x50 menit |
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya individu Pustaka: |
7% |
11
Minggu ke 11 |
Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains |
- Mensintesis ide inovatif secara individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
- Mempresentasikan ide inovatif individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method 3 x 50 menit |
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method 3 x 50 menit |
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya individu Pustaka: |
7% |
12
Minggu ke 12 |
Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains |
- Mensintesis ide inovatif secara individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
- Mempresentasikan ide inovatif individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method 3 x 50 menit |
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method 3x50 menit |
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya individu Pustaka: |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains |
- Mensintesis ide inovatif secara individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
- Mempresentasikan ide inovatif individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method 3 x 50 menit |
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method 3x50 menit |
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya individu Pustaka: |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains |
- Mensintesis ide inovatif secara individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
- Mempresentasikan ide inovatif individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method 3 x 50 menit |
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method 3x50 menit |
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya individu Pustaka: |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Mensintesis ide inovatif secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains |
- Mensintesis ide inovatif secara individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
- Mempresentasikan ide inovatif individual untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method 3 x 50 menit |
Presentasi Innovasi (Individu), diskusi, reflelksi dan case method 3x50 menit |
Materi: Bentuk-bentuk inovasi karya individu Pustaka: |
7% |
16
Minggu ke 16 |
Kemampuan Akhir dari TM-9 sampai dengan TM-15 |
Indikator TM-9 sampai dengan indikator TM-15 |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tes tulis atau pemberian tugas pengganti UAS 2 x 50 menit |
es tulis atau pemberian tugas pengganti UAS 2x50 menit |
Materi: Topik pembelajaran dari TM-9 sampai TM-15 Pustaka: |
7% |