Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengantar Manajemen dan Bisnis

8720902160

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

23 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Muhammad Miftah Farid, S.Pd., M.Pd.




Drs. Eko Wahjudi, M.Si.




Rochmawati, S.Pd., M.Ak.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-11

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menjalankan tugas sebagai karyawan

PO - 2

Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang ilmu manajemen secara mandiri dan berkelompok bagi karyawan

PO - 3

Mampu mengaplikasikan dan menganalisis konsep ilmu manajemen dalam program pendidikan akuntansi bagi karyawan

PO - 4

Mampu menentukan keputusan secara tepat dalam menyelesaikan permasalahan di bidang ilmu manajemen bagi karyawan

PO - 5

Mampu menggunakan konsep dan teori dalam pengantar bisnis

PO - 6

Mengaplikasikan dan merancang bisnis plan sederhana

Matrik PLO-PO

 
POPLO-11
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Dalam mempelajari mata kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan konsep manajemen, mengkaji teori evolusi perkembangan manajemen, menganalisis fungsi perencanaan, menganalisis fungsi pengorganisasian, menganalisis fungsi penggerakan, dan menganalisis fungsi pengawasan. Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar perencanaan dan pengembangan bisnis secara kontekstual, yang meliputi bentuk kepemilikan bisnis, pengorganisasian perusahaan bisnis,memperhatikan factor lingkungan bisnis, pengembangan sumber daya manusia, pengawasan produksi, dan menjalankan strategi pemasaran yang tepat dengan memperhatikan etika bisnis dan tanggungjawab social. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan metode diskusi, presentasi, dan proyek. Course Description This course examines the basic concepts of contextual business planning and development, which include forms of business ownership, organizing business companies, paying attention to business environmental factors, developing human resources, controlling production, and carrying out appropriate marketing strategies by paying attention to business ethics and social responsibility. Learning is done by applying the methodsof discussion, presentation, and project.

Pustaka

Utama :

  1. Richard L Daft. 2012. Era Baru Manajemen. Jakarta: Salemba Empat
  2. Stephen P. Robbins, Mary Coulter.2002.Management. New York: Prentice Hall International Inc
  3. Thomas S.Bateman& Scott A. Snell.2014. Management. USA: McGraw Hill Education
  4. Griffin, Ricky W., and Ebert, Ronald J., 2013 :Business Essentials, New Jersey : Pearson Education.
  5. Sumarni, Murti, 2003 :Pengantar Bisnis, Yogyakarta. Liberty
  6. Pride, William M., Hughes, Robert J., and Kapoor Jack R., 2014.Business, Ohio : South-Western
  7. Fuad dkk, 2000 :Pengantar Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
  8. Porter, Micheal, 2001 :Strategi Bersaing, Teknik Menganalisis Industri, dan Pesaing, Erlangga, Jakarta.
  9. Gene Boone and Dave Kurtz. 2012.Contemporary Business. MA : John Wiley & Sons, Inc.
  10. Brown, Betty J. and Clow, John E.. 2008.Introduction to Business. California : Glencoe/McGraw-Hill
  11. Peng, Mike W. 2012.Global Business, OH : South-Western, Cengage Learning
  12. Van Horne, James C. And Wachowicz, John M.2008.Fundamentals of financial management. London : Pearson Education Limited
  13. O 19Brien, James A. and Marakas, George M. 2011.Management information systems. New York : McGraw-Hill/Irwin

Pendukung :

  1. George R. Terry, Stephen G. Franklin. 2003. Principles of Management. India: AITBS
  2. Ivancevich& Matteson.2002. Organizational Behavior and Management. New York: McGraw Hill Co
  3. Laurance A. Manullang.2013. Teori Manajemen. Jakarta: Salemba Empat
  4. Maman Ukas.2006. Manajemen: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi.Bandung: Agnini

Dosen Pengampu

Drs. Eko Wahjudi, M.Si.

Dr. Muhammad Miftah Farid, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menjelaskan konsep manajemen

  1. Menjelaskan pengertian manajemen
  2. Mengkaji konsep manajemen
  3. Menjabarkan empat fungsi manajemen
  4. Menjabarkan proses manajemen
  5. Menyebutkan tingkatan managerial
  6. Menyebutkan keahlian managerial
Kriteria:

Non Test: 1. Mendiskusikan konsep dasar dan fungsi-fungsi manajemen


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya-Jawab
2 X 50
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya-Jawab
2 X 50
Materi: 1. Pengertian manajemen 2. Konsep manajemen,
Pustaka: Richard L Daft. 2012. Era Baru Manajemen. Jakarta: Salemba Empat
3%

2

Minggu ke 2

Mampu mengkaji perkembangan pemikiran manajemen, dan fungsi manajemen

Mendeskripsikan teori manajemen pendekatan pra klasik, klasik, hubungan manusiawi, kuantitatif, system, kontigensi, TQM

Kriteria:

Mampu menjawab pertanyaan mengenai materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Case study
2 X 50
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Case study
2 X 50
Materi: 6. pendekatan TQM 7. pengertian Perencanaan, 8. tujuan Perencanaan 9. bentuk Perencanaan, 10. proses perencanaan
Pustaka: Laurance A. Manullang.2013. Teori Manajemen. Jakarta: Salemba Empat
3%

3

Minggu ke 3

Mampu mengkaji perkembangan pemikiran manajemen, dan fungsi manajemen

  1. Menganalisis perkembangan pemikiran manajemen
  2. Menjelaskan pengertian Perencanaan (planning)
  3. Menjabarkan tujuan perencanaan
  4. Mengklasifikasikan bentuk-bentuk perencanaan (planning)
Kriteria:

Mampu menjawab pertanyaan mengenai materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Case study
2 X 50
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Case study
2 X 50
Materi: 6. pendekatan TQM 7. pengertian Perencanaan, 8. tujuan Perencanaan 9. bentuk Perencanaan, 10. proses perencanaan
Pustaka: Laurance A. Manullang.2013. Teori Manajemen. Jakarta: Salemba Empat

Materi: 11. pengertian Pengorganisasian 12. proses Pengorganisasian, 13. konsep pembagian kerja, 14. pengelompokkan pekerjaan, 15. rentang kendali
Pustaka: Thomas S.Bateman& Scott A. Snell.2014. Management. USA: McGraw Hill Education
3%

4

Minggu ke 4

Mampu mengkaji perkembangan pemikiran manajemen, dan fungsi manajemen

  1. Menjelaskan pengertian pengorganisasian (organizing)
  2. Menjabarkan proses pengorganisasian (organizing)
  3. MenjabarkanKonsep Pembagian kerja (division of work)
Kriteria:

Mampu menjawab pertanyaan mengenai materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Case study
2 X 50
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Case study
Materi: 6. pendekatan TQM 7. pengertian Perencanaan, 8. tujuan Perencanaan 9. bentuk Perencanaan, 10. proses perencanaan
Pustaka: Laurance A. Manullang.2013. Teori Manajemen. Jakarta: Salemba Empat

Materi: 11. pengertian Pengorganisasian 12. proses Pengorganisasian, 13. konsep pembagian kerja, 14. pengelompokkan pekerjaan, 15. rentang kendali
Pustaka: Thomas S.Bateman& Scott A. Snell.2014. Management. USA: McGraw Hill Education
3%

5

Minggu ke 5

Mampu mengkaji perkembangan pemikiran manajemen, dan fungsi manajemen

  1. Menjabarkan Konsep Pengelompokkan pekerjaan (departmentalization)
  2. Menjabarkan Konsep Rentang kendali
  3. Menjabarkan Konsep Pembagian wewenang
  4. Menjabarkan Konsep Struktur organisasi
  5. Menjelaskan pengertian penggerakan
Kriteria:

Mampu menjawab pertanyaan mengenai materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Case study
2 X 50
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Case study
2 X 50
Materi: 6. pendekatan TQM 7. pengertian Perencanaan, 8. tujuan Perencanaan 9. bentuk Perencanaan, 10. proses perencanaan
Pustaka: Laurance A. Manullang.2013. Teori Manajemen. Jakarta: Salemba Empat

Materi: 11. pengertian Pengorganisasian 12. proses Pengorganisasian, 13. konsep pembagian kerja, 14. pengelompokkan pekerjaan, 15. rentang kendali
Pustaka: Thomas S.Bateman& Scott A. Snell.2014. Management. USA: McGraw Hill Education

Materi: 16. pembagian wewenang, 17. struktur organisasi 18. Pengertian Penggerakan, 19. konsep motivasi, 20. komunikasi, 21. kepemimpinan
Pustaka: Maman Ukas.2006. Manajemen: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi.Bandung: Agnini
3%

6

Minggu ke 6

Mampu mengkaji perkembangan pemikiran manajemen, dan fungsi manajemen

  1. Menjabarkan konsep motivasi
  2. Menjabarkan konsep komunikasi
  3. Menjabarkan konsep kepemimpinan
Kriteria:

Mampu menjawab pertanyaan mengenai materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Case study
2 X 50
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Case study
2 X 50
Materi: 16. pembagian wewenang, 17. struktur organisasi 18. Pengertian Penggerakan, 19. konsep motivasi, 20. komunikasi, 21. kepemimpinan
Pustaka: Maman Ukas.2006. Manajemen: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi.Bandung: Agnini
3%

7

Minggu ke 7

Mampu mengkaji perkembangan pemikiran manajemen, dan fungsi manajemen

  1. Menjelaskan pengertian Pengawasan
  2. Menjabarkan Fungsi pengawasan
  3. Menjabarkan proses pengawasan
  4. Membandingkan bentuk-bentuk pengawasan
Kriteria:

Mampu menjawab pertanyaan mengenai materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Case study
2 X 50
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Case study
2 X 50
Materi: 16. pembagian wewenang, 17. struktur organisasi 18. Pengertian Penggerakan, 19. konsep motivasi, 20. komunikasi, 21. kepemimpinan
Pustaka: Maman Ukas.2006. Manajemen: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi.Bandung: Agnini
7%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Ujian Tengah Semester (UTS)

Kriteria:

Ujian Tengah Semester (UTS)


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Tengah Semester (UTS)
2 X 50
Ujian Tengah Semester (UTS)
20%

9

Minggu ke 9

Memahami konsep bisnis dan konsep risk & return yang dihadapi pelaku bisnis dalam era globalisasi

  1. Menjelaskan: - Konsep bisnis secara umum - Dua Sistem ekonomi (kapitalis dan terpimpin)Mengidentifikasi : - Perkembangan dunia bisnis sampai era global - Type persaingan bisnis (persaingan sempurna, monopolistik, monopoli, oligopoli)
  2. Menjelaskan pengertian risk dan return bisnisMengelompokan macam-macam risk dan return dalam bisnis. Menjelaskan karakteristik pelaku bisnis dalam menghadapi resiko (risk taker, risk averse dan high risk)
Kriteria:

Mampu menjawab pertanyaan mengenai materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode Pembelajaran : 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Studi kasus dan Tanya jawab (Melakukan analisis pada beberapa perusahaan di Jawa Timur dan Indonesia. Serta Tahapan perusahaan memasuki global (kasus UKM dan perusahaan besar). Alternatif Strategi pembelajaran yang digunakan :PembelajaranCooperatif PembelajaranLangsung
2 X 50
Metode Pembelajaran : 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Studi kasus dan Tanya jawab (Melakukan analisis pada beberapa perusahaan di Jawa Timur dan Indonesia. Serta Tahapan perusahaan memasuki global (kasus UKM dan perusahaan besar). Alternatif Strategi pembelajaran yang digunakan :PembelajaranCooperatif PembelajaranLangsung
2 X 50
Materi: konsep bisnis dalam era globalisasi
Pustaka: Gene Boone and Dave Kurtz. 2012.Contemporary Business. MA : John Wiley & Sons, Inc.

Materi: 1. pengertian risk dan return bisnis 2. macam-macam risk dan return dalam bisnis. 3. karakteristik pelaku bisnis dalam menghadapi resiko (risk taker, risk averse dan high risk)
Pustaka: Griffin, Ricky W., and Ebert, Ronald J., 2013 :Business Essentials, New Jersey : Pearson Education.
3%

10

Minggu ke 10

Membedakan karakter masing masing jenis Usaha dengan skala Usahanya & bentuk Badan Usaha

  1. Menjelaskan jenis-jenis usaha (manufaktur, jasa dan dagang)
  2. Menjelaskan kriteria skala usaha mikro, kecil, menengah dan perusahaan besar .
  3. Menjelaskan Bentuk-bentuk badan usaha yang ada (perorangan, CV, PT, Firma, NV, Koperasi, Joint ventura, Leasing, Merger, Franchise, Mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan dari masing masing bentuk Badan Usaha.
  4. Menjelaskan konsep kewirausahaan Tujuan Manfaat Pentingnya Karakteristik Wirausaha Kelebihan dan kekurangan wirausaha
Kriteria:

Mampu menjawab pertanyaan mengenai materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Pembelajaran : 1. Ceramah 2. Diskusi tanya jawab Alternatif Strategi pembelajaran yang digunakan : Pembelajaran langsung
2 X 50
Metode Pembelajaran : 1. Ceramah 2. Diskusi tanya jawabAlternatif Strategi pembelajaran yang digunakan : Pembelajaran langsung
2 X 50
Materi: karakter masing masing jenis Usaha dengan skala Usahanya & bentuk Badan Usaha
Pustaka: Porter, Micheal, 2001 :Strategi Bersaing, Teknik Menganalisis Industri, dan Pesaing, Erlangga, Jakarta.
3%

11

Minggu ke 11

Mengidentifikasi Lingkungan Bisnis Perusahaan dan Menyusun Perencanaan Bisnis

  1. Menjelaskan macam-macam lingkungan bisnis perusahan.
  2. Menjelaskan komponen dalam perencanaan bisnis yaitu : 1. Visi dan misi 2. Tujuan Bisnis 3. Sasaran Bisnis 4. Strategi Bisnis 5. Alokasi Sumber Daya 6. Implementasi Strategi 7. PengendalianMenentukan Langkah langkah Penyusunan Perencanaan Bisnis
Kriteria:

Mampu menjawab pertanyaan mengenai materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode Pembelajaran : 1. Ceramah 2. Diskusi tanya jawab Alternatif Strategi pembelajaran yang digunakan : Pembelajaran langsung
2 X 50
Metode Pembelajaran : 1. Ceramah 2. Diskusi tanya jawabAlternatif Strategi pembelajaran yang digunakan : Pembelajaran langsung
2 X 50
Materi: Menjelaskan macam-macam lingkungan bisnis perusahan. Menjelaskan komponen dalam perencanaan bisnis yaitu : 1. Visi dan misi 2. Tujuan Bisnis 3. Sasaran Bisnis 4. Strategi Bisnis 5. Alokasi Sumber Daya 6. Implementasi Strategi 7. PengendalianMenentukan Langkah langkah Penyusunan Perencanaan Bisnis
Pustaka: Brown, Betty J. and Clow, John E.. 2008.Introduction to Business. California : Glencoe/McGraw-Hill
3%

12

Minggu ke 12

Mengidentifikasi swot analysis dan Memahami konsep Etika dan Tanggung Jawab sosial Perusahan

  1. Menjelaskan konsep swot analisis, tujuan pembuatan swot analisis.
  2. Menentukan Tahapan pembuatan swot analisis
  3. Mengidentifikasi Kekuatan dan Kelemahan dari lingkungan internal perusahaan
  4. Mengidentifikasi Peluang dan Ancaman dari lingkungan internal perusahaan
  5. Menjelaskan konsep etika dan norma secara umum.
  6. Menjelaskan konsep dan komponen etika bisnis
  7. Menjelaskan Konsep Tanggung jawab sosial Perusahaan (CSR)
  8. Mengelompokan model praktek CSR
  9. Menganalisa praktek CSR dari Perusahaan kecil sedang dan besar
Kriteria:

Mampu menjawab pertanyaan mengenai materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode Pembelajaran : 1. Ceramah 2. Diskusi tanya jawab Alternatif Strategi pembelajaran yang digunakan : Pembelajaran langsung
2 X 50
Metode Pembelajaran : 1. Ceramah 2. Diskusi tanya jawabAlternatif Strategi pembelajaran yang digunakan : Pembelajaran langsung
2 X 50
Materi: Menjelaskan konsep swot analisis, tujuan pembuatan swot analisis. Menentukan Tahapan pembuatan swot analisis Mengidentifikasi Kekuatan dan Kelemahan dari lingkungan internal perusahaan Mengidentifikasi Peluang dan Ancaman dari lingkungan internal perusahaan Menjelaskan konsep etika dan norma secara umum. Menjelaskan konsep etika bisnis Menjelaskan komponen Etika Bisnis Menjelaskan Konsep Tanggung jawab sosial Perusahaan (CSR) Mengelompokan model praktek CSR Menganalisa praktek CSR dari Perusahaan kecil sedang dan besar
Pustaka: Pride, William M., Hughes, Robert J., and Kapoor Jack R., 2014.Business, Ohio : South-Western
3%

13

Minggu ke 13

Menerapkan Aspek Pemasaran dan aspek operasional dalam kegiatan bisnis

  1. Menjelaskan pengertian konsep pemasaran, Fungsipemasaran - Segmentasi - Targeting - Positioning
  2. Menjelaskan konsep Strategi Pemasaran Mengelompokan Marketing mix ( perusahaan secara umum 4 P (product, price, place, promotion) dan perusahaan jasa 7P (product, price, place, promotion, people,process danphisical evidance)
  3. Menjelaskan Pengertian manajemen operasional, Proses produksi dan pelayanan. Konsep design produk Kebutuhan bahan dan alat MenentukanSifat proses dan sifat produk Mengidentifikasi Lay out proses produksi
  4. Menjelaskan konsep Manajemen Persediaan Menganalisis Kebutuhan dengan metode EOQ, ROP
Kriteria:

Mampu menjawab pertanyaan mengenai materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode Pembelajaran : 1. Ceramah 2. Diskusi tanya jawab Alternatif Strategi pembelajaran yang digunakan : Pembelajaran langsung
2 X 50
Metode Pembelajaran : 1. Ceramah 2. Diskusi tanya jawabAlternatif Strategi pembelajaran yang digunakan : Pembelajaran langsung
2 X 50
Materi: Menjelaskan pengertian konsep pemasaran, Fungsipemasaran - Segmentasi - Targeting - Positioning Menjelaskan konsep Strategi Pemasaran Mengelompokan Marketing mix ( perusahaan secara umum 4 P (product, price, place, promotion) dan perusahaan jasa 7P (product, price, place, promotion, people,process danphisical evidance) Menjelaskan Pengertian manajemen operasional, Proses produksi dan pelayanan. Konsep design produk Kebutuhan bahan dan alat MenentukanSifat proses dan sifat produk Mengidentifikasi Lay out proses produksi Menjelaskan konsep Manajemen Persediaan Menganalisis Kebutuhan dengan metode EOQ, ROP
Pustaka: Peng, Mike W. 2012.Global Business, OH : South-Western, Cengage Learning
3%

14

Minggu ke 14

Menerapkan Aspek Sumber daya Manusia dan Aspek Keuangan dalam kegiatan bisnis bisnis

  1. Menjelaskan Pengertian tentang konsep SDM MengidentifikasiFungsi SDM : analisis kebutuhan TK, perencanaan, reqruitment, seleksi, penempatan, pengelolaan, pengembangan dan pemberhentian.
  2. Menjelaskan beberapa Teori motivasi
  3. Menjelaskan Pengertian aspek Keuangan Manajemen Keuangan Menganalisis kebutuhan dana Sumberdana Kinerja Keuangan Laporan keuangan Analisis ratio (likwiditas, solvabilitas, rentabilitas dan aktivitas)
Kriteria:

Mampu menjawab pertanyaan mengenai materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode Pembelajaran : 1. Ceramah 2. Diskusi tanya jawab Alternatif Strategi pembelajaran yang digunakan : Pembelajaran langsung
2 X 50
Metode Pembelajaran : 1. Ceramah 2. Diskusi tanya jawabAlternatif Strategi pembelajaran yang digunakan : Pembelajaran langsung
2 X 50
Materi: Menjelaskan Pengertian tentang konsep SDM MengidentifikasiFungsi SDM : analisis kebutuhan TK, perencanaan, reqruitment, seleksi, penempatan, pengelolaan, pengembangan dan pemberhentian. Menjelaskan beberapa Teori motivasi Menjelaskan Pengertian aspek Keuangan Manajemen Keuangan Menganalisis kebutuhan dana Sumberdana Kinerja Keuangan Laporan keuangan Analisis ratio (likwiditas, solvabilitas, rentabilitas dan aktivitas)
Pustaka: Gene Boone and Dave Kurtz. 2012.Contemporary Business. MA : John Wiley & Sons, Inc.
3%

15

Minggu ke 15

Menyusun Konsep Bisnis Plan aspek bisnis perusahaan

Mengidentifikasi 4 aspek bisnis perusahaan

Kriteria:

Mampu menjawab pertanyaan mengenai materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode Pembelajaran : 1. Ceramah 2. Diskusi tanya jawab Alternatif Strategi pembelajaran yang digunakan : Pembelajaran langsung
2 X 50
Metode Pembelajaran : 1. Ceramah 2. Diskusi tanya jawabAlternatif Strategi pembelajaran yang digunakan : Pembelajaran langsung
2 X 50
Materi: Mengidentifikasi 4 aspek bisnis perusahaan
Pustaka: Griffin, Ricky W., and Ebert, Ronald J., 2013 :Business Essentials, New Jersey : Pearson Education.
7%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Ujian Akhir Semester (UAS)

Kriteria:

Ujian Akhir Semester (UAS)


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Akhir Semester (UAS)
Ujian Akhir Semester (UAS)
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 29.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 20.5%
3. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.