Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Terapi Edukatif ABK

8620202451

T=0

P=0

ECTS=0

0

6 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. H. Pamuji, M.Kes.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-6

Menguasai dasar-dasar perancangan, penerapan, penilaian layanan bagi PDBK

PLO-9

Terampil memberikan layanan akademik dan program kebutuhan khusus bagi PDBK

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan teknik dan metode terapi edukatif yang sesuai untuk mendukung pengembangan akademik dan sosial PDBK (C3)

PO - 2

Menganalisis kebutuhan individu PDBK untuk menyesuaikan metode dan pendekatan terapi yang efektif (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas program terapi edukatif yang telah diterapkan pada PDBK, menggunakan kriteria dan standar yang telah ditetapkan (C5)

PO - 4

Menciptakan program terapi edukatif inovatif yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik PDBK (C6)

PO - 5

Menerapkan nilai-nilai etika, kebangsaan, dan agama dalam pelaksanaan terapi edukatif (C3)

PO - 6

Menganalisis dan menyesuaikan strategi intervensi berdasarkan evaluasi kontinu terhadap perkembangan PDBK (C4)

PO - 7

Mengevaluasi dan merefleksikan praktik terapi edukatif sendiri untuk peningkatan kualitas layanan (C5)

PO - 8

Menciptakan materi dan sumber belajar yang inovatif dan inklusif untuk mendukung terapi edukatif PDBK (C6)

PO - 9

Menerapkan pendekatan multidisiplin dalam perancangan dan penerapan terapi edukatif untuk PDBK (C3)

PO - 10

Menganalisis dampak sosial dan emosional dari intervensi terapi edukatif pada PDBK dan lingkungannya (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-6PLO-9
PO-1 
PO-2  
PO-3 
PO-4 
PO-5  
PO-6 
PO-7  
PO-8  
PO-9 
PO-10  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Terapi Edukatif Abk pada jenjang S1 program studi Pendidikan Luar Biasa bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang berbagai metode dan teknik terapi yang dapat diterapkan pada anak berkebutuhan khusus (ABK). Mata kuliah ini mencakup pemahaman tentang karakteristik ABK, strategi intervensi, pengembangan program terapi, serta evaluasi hasil terapi. Ruang lingkupnya meliputi pendekatan terapi edukatif, penerapan teknik-teknik terapi yang sesuai dengan kebutuhan ABK, serta pembelajaran kolaboratif antara guru, terapis, dan orang tua dalam mendukung perkembangan anak ABK.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.