Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Seni Rupa Murni

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Studio Keramik

9020102120

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Muchlis Arif, S.Sn., M.Sn.




Muchlis Arif, S.Sn., M.Sn.




Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dan mampu mengambil keputusan secara tepat dalam pemecahan masalah

PLO-9

Merancang dan menciptakan karya seni rupa dengan menerapkan prinsip-prinsip penciptaan, metode, serta eksplorasi teknis dan medium yang berbasis riset dan teruji secara teoritis

PLO-11

Mempublikasikan kinerja, proses, dan komponen secara analitis dengan mempertimbangkan aspek komunikasi efektif, keberlanjutan dan networking.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menganalisis teknik pembuatan keramik bakaran rendah (gerabah), meliputi teknik pinch (tekan), Coil (pilin), dan slab

PO - 2

Mahasiswa dapat merancang penciptaan karya seni keramik berdasarkan pertimbangan fungsi ekspresi dan fungsi penunjang pembelajaran

PO - 3

Mahasiswa dapat membuat karya seni keramik berdasarkan pertimbangan fungsi ekspresi dan fungsi penunjang pembelajaran

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-9PLO-11
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini berisi tentang pemahaman teknik pembuatan karya seni keramik bakaran rendah (earthenwarere) dengan suhu delapan ratus derajat Celcius 13 seribu derajat Celcius mulai dari pencarian, pengolahan dan komposisi bahan hingga pembentukan bodi dengan teknik manual yaitu teknik pinch, coil, dan slab. Latihan bereksplorasi terhadap berbagai kemungkinan pendekorasian, dan pembakaran suhu rendah untuk menghasilkan keramik bakaran rendah, dengan strategi praktek penciptaan karya seni keramik dan diakhiri dengan presentasi karya.

Pustaka

Utama :

  1. Alexander, Brian. (2006), Kamus Keramik , Milenia Populer, Yogyakart
  2. Arif, Muchlis. (2002), SeniKeramik , Unesa University Press, Surabaya
  3. Astuti, Ambar. (2008), Keramik - Ilmudan Proses Pembuatannya, JurusanKriya FSR ISI Yogyakarta &Arindo Nusa Media, Yogyakarta
  4. Clark, Kenneth. (1996), The Potters Manual, A Little Book , London Ostermann,
  5. Mathias. (2002), The Ceramic Surface , University of Pennsylvania Press,
  6. Philadelphia Ponimin. (2010), Desain dan Teknik Berkarya Kriya Keramik , Lubuk Agung, Bnadung. Raharjo, Timbul. (2001), Teko Dalam Perspektif Seni Keramik , Tonil Press, Yogyakarta.

Pendukung :

  1. Setiabudhi, Natas. (2011), Belajar Sendiri Membuat Keramik , Bejana, Bandung.

Dosen Pengampu

Muchlis Arif, S.Sn., M.Sn.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami pengertian , sejarah perkembangan, manfaat dan macam-macam keramik.

Dapat menjelaskan : Pengertian, sejarahperkembangan, manfaat dan macam-macam keramik

Kriteria:

Kriteria: Mahasiswa dapat membuat makalah dengan baik tentang pengertian , sejarah, macam-macam keramik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, dan tanya jawab diskusi
2 x 50

Materi: Pengantar kriya keramik
Pustaka: Arif, Muchlis. (2002), SeniKeramik , Unesa University Press, Surabaya
5%

2

Minggu ke 2

Memahami pengertian , sejarah perkembangan, manfaat dan macam-macam keramik.

Dapat menjelaskan : Pengertian, sejarahperkembangan, manfaat dan macam-macam keramik

Kriteria:

Kriteria: Mahasiswa dapat membuat makalah dengan baik tentang pengertian , sejarah, macam-macam keramik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, dan tanya jawab diskusi
2 x 50

Materi: Pengantar kriya keramik
Pustaka: Arif, Muchlis. (2002), SeniKeramik , Unesa University Press, Surabaya
5%

3

Minggu ke 3

Memahami pengertian , sejarah perkembangan, manfaat dan macam-macam keramik.

Dapat menjelaskan : Pengertian, sejarahperkembangan, manfaat dan macam-macam keramik

Kriteria:

Kriteria: Mahasiswa dapat membuat makalah dengan baik tentang pengertian , sejarah, macam-macam keramik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, dan tanya jawab diskusi
2 x 50

Materi: Pengantar kriya keramik
Pustaka: Arif, Muchlis. (2002), SeniKeramik , Unesa University Press, Surabaya
5%

4

Minggu ke 4

Mampu membuat bahan keramik bakaran rendah

  1. Dapat Menjelaskan pengertian dan karakteristik bahan Keramik bakaran rendah Menyebutkan komposisi bahan keramik bakaran rendah
  2. Terampil membuat dan menghasilakan komposisi bahan keramik suhu rendah yang plasti , siap pakai dan diujicoba
Kriteria:

mampu membuat dan menghasilakan komposisi bahan keramik suhu rendah yang plasti , siap pakai dan diujicoba


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
mampu membuat dan menghasilakan komposisi bahan keramik suhu rendah yang plasti , siap pakai dan diujicoba
2 x 50

Materi: keramik bakaran rendah
Pustaka: Arif, Muchlis. (2002), SeniKeramik , Unesa University Press, Surabaya
5%

5

Minggu ke 5

Mampu membuat bahan keramik bakaran rendah

  1. Dapat Menjelaskan pengertian dan karakteristik bahan Keramik bakaran rendah Menyebutkan komposisi bahan keramik bakaran rendah
  2. Terampil membuat dan menghasilakan komposisi bahan keramik suhu rendah yang plasti , siap pakai dan diujicoba
Kriteria:

mampu membuat dan menghasilakan komposisi bahan keramik suhu rendah yang plasti , siap pakai dan diujicoba


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
mampu membuat dan menghasilakan komposisi bahan keramik suhu rendah yang plasti , siap pakai dan diujicoba
2 x 50

Materi: keramik bakaran rendah
Pustaka: Arif, Muchlis. (2002), SeniKeramik , Unesa University Press, Surabaya
5%

6

Minggu ke 6

Mampu merancang keramik bakaran rendah dengan menerapkan teknik pinch, coil, slab

  1. Dapat menjelaskan proses merancang keramik bakaran rendah
  2. Terampil membuat dan menghasilkan rancangan keramik bakaran rendah dengan teknik pinch, coil, dan slab
Kriteria:

mampu membuat rancangan keramik bakaran rendah menggunakan beberapa teknik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Demonstrasi pemberian tugasmerancang keramik
2 x 50

Materi: teknik pinch, coil, slab
Pustaka: Arif, Muchlis. (2002), SeniKeramik , Unesa University Press, Surabaya
5%

7

Minggu ke 7

Mampu merancang keramik bakaran rendah dengan menerapkan teknik pinch, coil, slab

  1. Dapat menjelaskan proses merancang keramik bakaran rendah
  2. Terampil membuat dan menghasilkan rancangan keramik bakaran rendah dengan teknik pinch, coil, dan slab
Kriteria:

mampu membuat rancangan keramik bakaran rendah menggunakan beberapa teknik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Demonstrasi pemberian tugasmerancang keramik
2 x 50

Materi: teknik pinch, coil, slab
Pustaka: Arif, Muchlis. (2002), SeniKeramik , Unesa University Press, Surabaya
5%

8

Minggu ke 8

UTS

  1. A = Jika mahasiswa mampu membuat keramik bakaran rendah dan mempresentasikan dengan baik
  2. B = Jika mahasiswa mampu membuat keramik bakaran rendah dan mempresentasikannya
  3. C = Jika mahasiswa mampu membuat keramik bakaran rendah
Kriteria:

membuat karya bakaran rendah dengan beberapa teknik membuat presentasi tentang karya bakaran rendah


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
Mengerjakan tugas UTS
2 x 50

Materi: materi pertemuan 1 sampai 7
Pustaka: Arif, Muchlis. (2002), SeniKeramik , Unesa University Press, Surabaya
10%

9

Minggu ke 9

Mampu membuat /membentuk keramik dengan teknik manual, dengan cara cetak tekan

Terampil membuat dan Menghasilkan karya keramik dengan teknik pembentukan manual, cara cetak tekan

Kriteria:

Kesesuaian bentuk model, keutuhan, tebal-tipis karya keramik dengan teknik pembentukan manual dan cetak tekan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah dan demontrasi
2 X 50

Materi: teknik manual, dengan cara cetak tekan
Pustaka: Arif, Muchlis. (2002), SeniKeramik , Unesa University Press, Surabaya
5%

10

Minggu ke 10

Mampu membuat /membentuk keramik dengan teknik manual, dengan cara cetak tekan

Terampil membuat dan Menghasilkan karya keramik dengan teknik pembentukan manual, cara cetak tekan

Kriteria:

Kesesuaian bentuk model, keutuhan, tebal-tipis karya keramik dengan teknik pembentukan manual dan cetak tekan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah dan demontrasi
2 X 50

Materi: teknik manual, dengan cara cetak tekan
Pustaka: Arif, Muchlis. (2002), SeniKeramik , Unesa University Press, Surabaya
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa menguasai teknik mendekorasi keramik bakaran rendah

Terampil membuat dan Menghasilkan teknik mendekorasi keramik bakaran rendah

Kriteria:

Kesesuaian bentuk dekorasi, keutuhan, karya keramik bakaran rendah


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah dan demontrasi
2 x 50

Materi: Teknik mendekorasi keramik bakaran rendah
Pustaka: Arif, Muchlis. (2002), SeniKeramik , Unesa University Press, Surabaya
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa menguasai teknik mendekorasi keramik bakaran rendah

Terampil membuat dan Menghasilkan teknik mendekorasi keramik bakaran rendah

Kriteria:

Kesesuaian bentuk dekorasi, keutuhan, karya keramik bakaran rendah


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah dan demontrasi
2 x 50

Materi: Teknik mendekorasi keramik bakaran rendah
Pustaka: Arif, Muchlis. (2002), SeniKeramik , Unesa University Press, Surabaya
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa menguasai teknik mendekorasi keramik bakaran rendah

Terampil membuat dan Menghasilkan teknik mendekorasi keramik bakaran rendah

Kriteria:

Kesesuaian bentuk dekorasi, keutuhan, karya keramik bakaran rendah


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah dan demontrasi
2 x 50

Materi: Teknik mendekorasi keramik bakaran rendah
Pustaka: Arif, Muchlis. (2002), SeniKeramik , Unesa University Press, Surabaya
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa menguasai teknik mendekorasi keramik bakaran rendah

Terampil membuat dan Menghasilkan teknik mendekorasi keramik bakaran rendah

Kriteria:

Kesesuaian bentuk dekorasi, keutuhan, karya keramik bakaran rendah


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah dan demontrasi
2 x 50

Materi: Teknik mendekorasi keramik bakaran rendah
Pustaka: Arif, Muchlis. (2002), SeniKeramik , Unesa University Press, Surabaya
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menata karya keramik dalam tungku dan membakar dengan bakaran rendah (850c).

Terampil membakar keramik dan Menghasilkan karya keramik yang dibakar rendah (850 C)

Kriteria:

Keutuhan, kedap pada hasil pem,bakaran dengan suhu tinggi rendah (850c).


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah dan demontrasi, Praktek
2 x 50

Materi: Teknik mendekorasi keramik bakaran rendah
Pustaka: Arif, Muchlis. (2002), SeniKeramik , Unesa University Press, Surabaya
5%

16

Minggu ke 16

UAS

membuat keramik bakaran rendah membuat dekorasi pada body keramik dengan teknik cukil, ukir, dan tempel membuat presentasi karya

Kriteria:

Estetika, Keharmonisan, karakteristik, dekorasi pada body keramik bakaran rendah dengan kemampuan cukil, ukir, dan tempel, Keutuhan, kedap pada hasil pembakaran dengan suhu tinggi rendah (850c).


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi
2 x 50

Materi: materi pertemuan 9 sampai 15
Pustaka: Arif, Muchlis. (2002), SeniKeramik , Unesa University Press, Surabaya
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 7.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 6.67%
3. Penilaian Portofolio 19.17%
4. Penilaian Praktikum 17.5%
5. Praktik / Unjuk Kerja 37.5%
6. Tes 11.67%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.