Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

KEPELATIHAN CABANG OLAH RAGA BALAP MOTOR

8520204547

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=3

ECTS=6.36

3

1 Januari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Muhammad Kharis Fajar, S.Pd., M.Pd.




Muhammad Kharis Fajar, S.Pd., M.Pd.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

mahasiswa mampu Menguasai konsep, teori, etika pengembangan profesi kepelatihan dan kependidikan olahraga

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mempraktikkan metode-metode pelatihan teknik Karate baik Kihon (teknik dasar), Kata (jurus), Kumite (teknik perkelahian), Ishodori (teknik bela diri praktis). Mempelajari sistem pertandingan karate dan praktik perwasitan. Filosofis Karate-Do pun dalam kajian diskusi. Model –Model dan media pembelajaran peningkatan prestasi saat ini.

Pustaka

Utama :

  1. Perry Paul. 1992. Bebas Cidera Karate . Jakarta: Ghalia Indonesia.
  2. Sujito J.B. 2006. Teknik Oyama Karate . Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
  3. Prayitno Kwat dan P. Rahmadi Guruh. 2007. Karate Kata. Jombang: K-Media.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd.

Muhammad Kharis Fajar, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do

MAHASISWA mampu menjelaskan komponen latihan bagi atlet balap sepeda nilai A

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
4 X 50

Materi: balap sepeda
Pustaka: Perry Paul. 1992. Bebas Cidera Karate . Jakarta: Ghalia Indonesia.
5%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami Berbagai model latihan Teknik dasar atau Kihon

Memahami Berbagai model latihan Teknik dasar atau Kihon

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

Materi: balap sepeda
Pustaka: Sujito J.B. 2006. Teknik Oyama Karate . Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu mempraktikkan Model-model latihan kekuatan pukulan atau punching

Menguasai berbagai Model-model latihan kekuatan pukulan atau punching

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

Materi: balap sepeda
Pustaka: Sujito J.B. 2006. Teknik Oyama Karate . Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu mempraktikkan Latihan teknik SHITEI KATA atau JURUS WAJIB

Menguasai teknik SHITEI KATA atau JURUS WAJIB

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

Materi: balap sepeda
Pustaka: Sujito J.B. 2006. Teknik Oyama Karate . Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
5%

5

Minggu ke 5

Mampu mempraktikkan latihan dasar pernafasan atau hara karate-do

Menguasai teknik dasar pernafasan atau hara karate-do

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

Materi: balap
Pustaka: Sujito J.B. 2006. Teknik Oyama Karate . Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Materi: balap sepeda
Pustaka: Prayitno Kwat dan P. Rahmadi Guruh. 2007. Karate Kata. Jombang: K-Media.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu mempraktikkan Metode dan Prinsip latihan KUMITE atau teknik perkelahian

Menguasai Metode dan Prinsip latihan KUMITE atau teknik perkelahian

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

Materi: balap sepeda
Pustaka: Sujito J.B. 2006. Teknik Oyama Karate . Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu mempraktikkan Bela diri praktis atau BDP

Menguasai teknik Bela diri praktis atau BDP

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

Materi: balap
Pustaka: Sujito J.B. 2006. Teknik Oyama Karate . Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktik lapangan
2 X 50

Materi: balap sepeda
Pustaka: Sujito J.B. 2006. Teknik Oyama Karate . Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
20%

9

Minggu ke 9

Mampu mempraktikkan Metode dan konsep latihan TENDANGAN

Menguasai Metode dan konsep latihan TENDANGAN

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

Materi: balap sepeda
Pustaka: Sujito J.B. 2006. Teknik Oyama Karate . Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
3%

10

Minggu ke 10

Mampu mempraktikkan Model latihan kecepatan punching dan kicking

Menguasai Model latihan kecepatan punching dan kicking

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Tes
Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

Materi: balap sepeda
Pustaka: Perry Paul. 1992. Bebas Cidera Karate . Jakarta: Ghalia Indonesia.
3%

11

Minggu ke 11

Mampu mempraktikkan Model latihan kelincahan dengan pendekatan jurus pilihan

Menguasai Model latihan kelincahan dengan pendekatan jurus pilihan

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

Materi: balap sepeda
Pustaka: Sujito J.B. 2006. Teknik Oyama Karate . Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
3%

12

Minggu ke 12

Mampu mempraktikkan Perwasitan karate-do

Menguasai Perwasitan karate-do

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

Materi: balap sepeda
Pustaka: Sujito J.B. 2006. Teknik Oyama Karate . Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
3%

13

Minggu ke 13

Mampu melakukan Simulasi Pertandingan

Memahami pertandingan karate-do dan mensimulasikan

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

Materi: balap sepeda
Pustaka: Sujito J.B. 2006. Teknik Oyama Karate . Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
3%

14

Minggu ke 14

Mampu melakukan Simulasi Pertandingan

Memahami pertandingan karate-do dan mensimulasikan

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

Materi: balap sepeda
Pustaka: Sujito J.B. 2006. Teknik Oyama Karate . Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
3%

15

Minggu ke 15

Mampu memecahkan Isu-isu dan masalah dalam implementasi perkembangan karate

Memahami Isu-isu dan masalah dalam implementasi perkembangan karate

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

Materi: balap sepeda
Pustaka: Sujito J.B. 2006. Teknik Oyama Karate . Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
7%

16

Minggu ke 16

UAS

Kriteria:

tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
UAS
2 X 50

Materi: UAS
Pustaka: Prayitno Kwat dan P. Rahmadi Guruh. 2007. Karate Kata. Jombang: K-Media.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 80.5%
2. Penilaian Praktikum 1.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 2.5%
4. Tes 15.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.