|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Futsal |
8520203690 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
5 |
2 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep periodisasi dalam program latihan futsal, termasuk perbedaan antara tahapan persiapan umum dan persiapan khusus
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menyusun tahapan persiapan umum yang fokus pada pengembangan komponen fisik aerobic endurance(kardiovaskular danotot), dengan latihan yang sesuai untuk meningkatkan daya tahan dasar
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merancang tahapan persiapan khusus yang memfokuskan pada pengembangan anaerobic endurance(kardiovaskular danotot), melalui latiha nyang ditujukan untuk daya tahan intensitas tinggi dalam futsal
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menerapkan strategi latihan untuk meningkatkan teknik menyerang dalam futsal, dengan menyesuaikan intensitas dan jenis latihan pada tahapan persiapan umum dan khusus
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mengembangkan latihan bertahan yang efektif, termasuk prinsip dasar bertahan individu dan tim, sesuai dengan tahap periodisasi yang disusun
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu merencanakan latihan transisi, baik dari menyerang ke bertahan maupun sebaliknya, yang efektif dan sesuai dengan tuntutan taktik dalam permainan futsal pada tahapan persiapan yang dirancang
|
PO - 7 |
UTS
|
PO - 8 |
UAS
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-2 | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | | ✔ | ✔ | | PO-5 | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-6 | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-7 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-8 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dalam merancang program latihan untuk atlet futsal tingkat elit. Mahasiswa akan mempelajari prinsip periodisasi, analisis kebutuhan fisik dan teknis, serta strategi latihan dan evaluasi performa |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Drs. Arif Bulqini, M.Kes. Dr. I Dewa Made Aryananda Wijaya Kusuma, S.Pd., M.Or. Bhekti Lestari, S.Pd., M.Kes. Afif Dwi Nugraha, M.Pd. Rizky Muhammad Sidik, S.Pd., M.Ed. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep periodisasi dalam program latihan futsal, termasuk perbedaan antara tahapan persiapan umum dan persiapan khusus. |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep dasar periodisasi dan membedakan antara tujuan serta karakteristik tahapan persiapan umum dan persiapan khusus dalam program latihan futsal. |
Kriteria:
Penjelasan periodisasi dalam futsal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,Diskusi,Persentasi dan Tanya Jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep periodisasi dalam program latihan futsal, Perbedaan tahapan persiapan umum dan persiapan khusus Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep periodisasi dalam program latihan futsal, termasuk perbedaan antara tahapan persiapan umum dan persiapan khusus. |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep dasar periodisasi dan membedakan antara tujuan serta karakteristik tahapan persiapan umum dan persiapan khusus dalam program latihan futsal. |
Kriteria:
Penjelasan periodisasi dalam futsal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,Diskusi,Persentasi dan Tanya Jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep periodisasi dalam program latihan futsal, Perbedaan tahapan persiapan umum dan persiapan khusus Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep periodisasi dalam program latihan futsal, termasuk perbedaan antara tahapan persiapan umum dan persiapan khusus. |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep dasar periodisasi dan membedakan antara tujuan serta karakteristik tahapan persiapan umum dan persiapan khusus dalam program latihan futsal. |
Kriteria:
Penjelasan periodisasi dalam futsal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,Diskusi,Persentasi dan Tanya Jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep periodisasi dalam program latihan futsal, Perbedaan tahapan persiapan umum dan persiapan khusus Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep periodisasi dalam program latihan futsal, termasuk perbedaan antara tahapan persiapan umum dan persiapan khusus. |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep dasar periodisasi dan membedakan antara tujuan serta karakteristik tahapan persiapan umum dan persiapan khusus dalam program latihan futsal. |
Kriteria:
Penjelasan periodisasi dalam futsal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,Diskusi,Persentasi dan Tanya Jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep periodisasi dalam program latihan futsal, Perbedaan tahapan persiapan umum dan persiapan khusus Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengembangkan latihan bertahan yang efektif, termasuk prinsip dasar bertahan individu dan tim, sesuai dengan tahap periodisasi yang disusun. |
Mahasiswa mampu mengembangkan dan menjelaskan latihan bertahan yang efektif berdasarkan prinsip pertahanan individu dan tim yang sesuai dengan tahap periodisasi latihan. |
Kriteria:
Penyusunan Periodesasi strategi latihan taktik bertahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,Diskusi,Persentasi dan Tanya Jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep anaerobic endurance dalam futsal, Prinsip latihan intensitas tinggi, Rancangan program latihan untuk pengembangan anaerobic endurance Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mengembangkan latihan bertahan yang efektif, termasuk prinsip dasar bertahan individu dan tim, sesuai dengan tahap periodisasi yang disusun. |
Mahasiswa mampu mengembangkan dan menjelaskan latihan bertahan yang efektif berdasarkan prinsip pertahanan individu dan tim yang sesuai dengan tahap periodisasi latihan. |
Kriteria:
Penyusunan Periodesasi strategi latihan taktik bertahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,Diskusi,Persentasi dan Tanya Jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep anaerobic endurance dalam futsal, Prinsip latihan intensitas tinggi, Rancangan program latihan untuk pengembangan anaerobic endurance Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengembangkan latihan bertahan yang efektif, termasuk prinsip dasar bertahan individu dan tim, sesuai dengan tahap periodisasi yang disusun. |
Mahasiswa mampu mengembangkan dan menjelaskan latihan bertahan yang efektif berdasarkan prinsip pertahanan individu dan tim yang sesuai dengan tahap periodisasi latihan. |
Kriteria:
Penyusunan Periodesasi strategi latihan taktik bertahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,Diskusi,Persentasi dan Tanya Jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep anaerobic endurance dalam futsal, Prinsip latihan intensitas tinggi, Rancangan program latihan untuk pengembangan anaerobic endurance Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengembangkan latihan bertahan yang efektif, termasuk prinsip dasar bertahan individu dan tim, sesuai dengan tahap periodisasi yang disusun. |
Mahasiswa mampu mengembangkan dan menjelaskan latihan bertahan yang efektif berdasarkan prinsip pertahanan individu dan tim yang sesuai dengan tahap periodisasi latihan. |
Kriteria:
Penyusunan Periodesasi strategi latihan taktik bertahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,Diskusi,Persentasi dan Tanya Jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep anaerobic endurance dalam futsal, Prinsip latihan intensitas tinggi, Rancangan program latihan untuk pengembangan anaerobic endurance Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengimplementasikan strategi latihan yang sesuai untuk meningkatkan teknik menyerang dalam futsal, dengan memperhatikan intensitas dan jenis latihan pada tahapan persiapan umum dan khusus. |
- teknik menyerang yang diperlihatkan dalam latihan
- penyesuaian intensitas latihan dengan tahapan persiapan
- pemahaman konsep strategi latihan futsal
|
Kriteria:
nilai penuh jika dapat melaksanakan tugas dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi, tanya jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep strategi latihan futsal, Penerapan intensitas latihan, Jenis latihan untuk meningkatkan teknik menyerang Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengimplementasikan strategi latihan yang sesuai untuk meningkatkan teknik menyerang dalam futsal, dengan memperhatikan intensitas dan jenis latihan pada tahapan persiapan umum dan khusus. |
- teknik menyerang yang diperlihatkan dalam latihan
- penyesuaian intensitas latihan dengan tahapan persiapan
- pemahaman konsep strategi latihan futsal
|
Kriteria:
nilai penuh jika dapat melaksanakan tugas dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi, tanya jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep strategi latihan futsal, Penerapan intensitas latihan, Jenis latihan untuk meningkatkan teknik menyerang Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan latihan bertahan yang efektif dalam futsal, memahami prinsip dasar bertahan individu dan tim, serta menerapkan konsep periodisasi dalam perencanaan program latihan. |
- latihan bertahan individu yang efektif
- latihan bertahan tim yang terkoordinasi
- integrasi prinsip dasar bertahan dalam program latihan
|
Kriteria:
nilai penuh jika dapat melaksanakan tugas dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Kolaboratif. 4 X 50 |
Diskusi daring tentang penerapan prinsip dasar bertahan dalam situasi latihan futsal simulasi
|
Materi: Prinsip Dasar Bertahan Individu, Strategi Bertahan Tim, Periodisasi Latihan Futsal Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan latihan bertahan yang efektif dalam futsal, memahami prinsip dasar bertahan individu dan tim, serta menerapkan konsep periodisasi dalam perencanaan program latihan. |
- latihan bertahan individu yang efektif
- latihan bertahan tim yang terkoordinasi
- integrasi prinsip dasar bertahan dalam program latihan
|
Kriteria:
nilai penuh jika dapat melaksanakan tugas dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Kolaboratif. 4 X 50 |
Diskusi daring tentang penerapan prinsip dasar bertahan dalam situasi latihan futsal simulasi
|
Materi: Prinsip Dasar Bertahan Individu, Strategi Bertahan Tim, Periodisasi Latihan Futsal Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan merencanakan latihan transisi yang efektif dalam permainan futsal, sehingga dapat meningkatkan kualitas permainan tim dalam menghadapi situasi perubahan taktik. |
- Kemampuan merencanakan latihan transisi yang sesuai dengan taktik futsal
- Kemampuan menjelaskan prinsip-prinsip latihan transisi dalam futsal
- Kemampuan menerapkan latihan transisi dalam situasi permainan
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 4 X 50 |
|
Materi: Prinsip-prinsip Latihan Transisi dalam Futsal, Strategi Menyerang ke Bertahan dalam Futsal, Strategi Bertahan ke Menyerang dalam Futsal Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan merencanakan latihan transisi yang efektif dalam permainan futsal, sehingga dapat meningkatkan kualitas permainan tim dalam menghadapi situasi perubahan taktik. |
- Kemampuan merencanakan latihan transisi yang sesuai dengan taktik futsal
- Kemampuan menjelaskan prinsip-prinsip latihan transisi dalam futsal
- Kemampuan menerapkan latihan transisi dalam situasi permainan
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 4 X 50 |
|
Materi: Prinsip-prinsip Latihan Transisi dalam Futsal, Strategi Menyerang ke Bertahan dalam Futsal, Strategi Bertahan ke Menyerang dalam Futsal Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan merencanakan latihan transisi yang efektif dalam permainan futsal, sehingga dapat meningkatkan kualitas permainan tim dalam menghadapi situasi perubahan taktik. |
- Kemampuan merencanakan latihan transisi yang sesuai dengan taktik futsal
- Kemampuan menjelaskan prinsip-prinsip latihan transisi dalam futsal
- Kemampuan menerapkan latihan transisi dalam situasi permainan
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 4 X 50 |
|
Materi: Prinsip-prinsip Latihan Transisi dalam Futsal, Strategi Menyerang ke Bertahan dalam Futsal, Strategi Bertahan ke Menyerang dalam Futsal Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan merencanakan latihan transisi yang efektif dalam permainan futsal, sehingga dapat meningkatkan kualitas permainan tim dalam menghadapi situasi perubahan taktik. |
- Kemampuan merencanakan latihan transisi yang sesuai dengan taktik futsal
- Kemampuan menjelaskan prinsip-prinsip latihan transisi dalam futsal
- Kemampuan menerapkan latihan transisi dalam situasi permainan
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 4 X 50 |
|
Materi: Prinsip-prinsip Latihan Transisi dalam Futsal, Strategi Menyerang ke Bertahan dalam Futsal, Strategi Bertahan ke Menyerang dalam Futsal Pustaka: Handbook Perkuliahan |
25% |