Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Critical Literacy

7920204314

T=2

P=1

ECTS=4.77

2

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof Pratiwi Retnaningdyah, Ph.D




Prof Pratiwi Retnaningdyah, Ph.D




Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu memahami, menganalisis, dan menginterpretasikan karya sastra dan non-sastra dalam berbagai genre dan moda komunikasi

PLO-9

Mampu memahami dan mengaplikasikan metode penelitian, termasuk desain penelitian, analisis, dan interpretasi data di bidang bahasa/sastra

PLO-10

Mampu menghasilkan karya akademik atau non-akademik dengan baik dalam bentuk lisan maupun tulisan untuk beragam audiens dan tujuan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis teks sastra dengan pendekatan kritis, mengidentifikasi struktur, konteks, dan pesan yang terkandung dalam karya sastra dari berbagai perspektif teori sastra.

PO - 2

Mengembangkan kemampuan argumentasi dalam menilai dan mengkritisi teks sastra, baik dari aspek estetika, ideologi, maupun konteks sosial budaya.

PO - 3

Mengintegrasikan teori-teori literasi kritis dalam membaca dan memahami teks, dengan kemampuan untuk mengeksplorasi berbagai interpretasi dan perspektif dalam kajian sastra.

PO - 4

Menerapkan keterampilan literasi kritis dalam diskusi, presentasi, dan penulisan akademik untuk menghasilkan analisis teks yang berdasar pada argumen logis dan mendalam.

PO - 5

Mengidentifikasi dan merespon isu-isu sosial, politik, dan budaya yang terkandung dalam teks sastra dengan perspektif yang reflektif dan mempertimbangkan dampaknya terhadap masyarakat.

PO - 6

Mengembangkan kesadaran dan sikap kritis terhadap pengaruh teks sastra dalam pembentukan nilai-nilai sosial dan budaya, serta kemampuan untuk menyikapi teks secara kontekstual.

PO - 7

Menghasilkan tulisan kritis yang menunjukkan kemampuan analisis mendalam dan penguasaan teori literasi kritis dalam kajian sastra, baik secara lisan maupun tertulis.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-6PLO-9PLO-10
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4   
PO-5    
PO-6    
PO-7    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

This course aims to enhance students‘ eading and writing proficiency for academic purposes. Updating SDG issues will also enhance the learning process. Learning materials will cover various academic writing genres, including essays, reports, and research papers. Moreover, the teaching approach emphasizes interactive learning through workshops, discussions, and individual feedback. In constructing evaluations for each participant, assessments will include quizzes and group studies that require tasks such as projects, case study analyses, or reflective reports. By the end of the course, participants will be able to demonstrate critical reading and analytical writing skills, some of which will relate to SDG issues.

Pustaka

Utama :

  1. Zemach, D E & Ghulldu, L A. 2011. Writing essays: from paragraph to essay. London: Macmillan
  2. Bailey, S. 2018. Academic writing : a handbook for international students. New York: Routledge
  3. Kirszner, L G & Mandell, S R. 2018. Patterns for college writing (14th edition). Boston: Bedford/St
  4. Newsome, Bruce. 2016. An Introduction to research analysis and writing. California:Sage publication
  5. Chin, P et al. 2015. Academic Writing Skills 2 Student’s Book. Cambridge: Cambridge University Press.

Pendukung :

  1. News Articles
  2. Journals
  3. Social Media Posts

Dosen Pengampu

Diana Budi Darma, S.S., M.Pd.

Kenya Permata Kusumadewi, S.S., M.Pd.

Hujuala Rika Ayu, S.S., M.A.

Dr. Zulidyana Dwi Rusnalasari, M.Hum.

Dwi Nur Cahyani Sri Kusumaningtyas, S.S., M.Hum.

Ephrilia Noor Fitriana, S.Hum., M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

mahasiswa mampu Menganalisis teks sastra dengan pendekatan kritis, mengidentifikasi struktur, konteks, dan pesan yang terkandung dalam karya sastra dari berbagai perspektif teori sastra.

Penilaian: Partisipasi dalam diskusi.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pengantar literasi kritis: definisi, tujuan, dan ruang lingkupnya.
Sejarah dan perkembangan literasi kritis dalam kajian sastra.
Pentingnya literasi kritis dalam kehidupan sosial dan budaya.
Metode Pembelajaran: Kuliah interaktif, diskusi kelompok kecil.
Tugas: Bacaan pengantar literasi kritis (artikel atau bab buku) untuk diskusi.
50x 2

0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu Mengembangkan kemampuan argumentasi dalam menilai dan mengkritisi teks sastra, baik dari aspek estetika, ideologi, maupun konteks sosial budaya.

Teori-teori Kritis dalam Sastra
Materi:
Pengenalan teori sastra kritis: Marxisme, Strukturalisme, Post-Strukturalisme, Feminisme, Dekonstruksi, dll.
Konsep-konsep dasar dari masing-masing teori.

10%

3

Minggu ke 3

Mengintegrasikan teori-teori literasi kritis dalam membaca dan memahami teks, dengan kemampuan untuk mengeksplorasi berbagai interpretasi dan perspektif dalam kajian sastra.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
eori Marxisme dalam Sastra
Materi:
Analisis sastra dengan pendekatan Marxisme: ideologi, kelas sosial, dan ekonomi.
Menelaah teks sastra dengan perspektif Marxisme.

Materi: Books and podcast
Pustaka: Kirszner, L G & Mandell, S R. 2018. Patterns for college writing (14th edition). Boston: Bedford/St
0%

4

Minggu ke 4

mahasiswa mampu Menerapkan keterampilan literasi kritis dalam diskusi, presentasi, dan penulisan akademik untuk menghasilkan analisis teks yang berdasar pada argumen logis dan mendalam.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Teori Feminisme dalam Sastra
Materi:
Pendekatan feminis dalam kajian sastra: representasi gender, peran perempuan dalam sastra.
Peran teori feminisme dalam membaca teks sastra kritis.
Metode Pembelajaran: Kuliah, diskusi, analisis teks sastra dengan pendekatan feminisme.

Materi: Books and podcast
Pustaka: Newsome, Bruce. 2016. An Introduction to research analysis and writing. California:Sage publication
0%

5

Minggu ke 5

mahasiswa mampu Menghasilkan tulisan kritis yang menunjukkan kemampuan analisis mendalam dan penguasaan teori literasi kritis dalam kajian sastra, baik secara lisan maupun tertulis.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Teori Postkolonialisme dalam Sastra
Materi:
Konsep postkolonialisme: imperialisme, kolonialisme, dan pasca-kolonialisme dalam teks sastra.
Analisis teks sastra dengan pendekatan postkolonialisme.
Metode Pembelajaran: Kuliah, diskusi, analisis teks sastra.
50x 2
Tugas: Menganalisis teks sastra menggunakan teori postkolonialisme.
Materi: Books and podcast
Pustaka: Kirszner, L G & Mandell, S R. 2018. Patterns for college writing (14th edition). Boston: Bedford/St
0%

6

Minggu ke 6


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Teori Dekonstruksi dalam Sastra
Materi:
Pengenalan dekonstruksi: konsep-konsep utama Derrida.
Menganalisis teks sastra dengan dekonstruksi: ketidakstabilan makna.
Metode Pembelajaran: Kuliah, diskusi, analisis teks sastra dengan dekonstruksi.
Tugas: Menganalisis teks sastra menggunakan dekonstruksi.
Penilaian: Tugas analisis teks.

Materi: Books and podcast
Pustaka: Newsome, Bruce. 2016. An Introduction to research analysis and writing. California:Sage publication
0%

7

Minggu ke 7

mahasiswa mampu Menerapkan keterampilan literasi kritis dalam diskusi, presentasi, dan penulisan akademik untuk menghasilkan analisis teks yang berdasar pada argumen logis dan mendalam.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Teori Postmodernisme dalam Sastra
Materi:
Postmodernisme dan karakteristiknya dalam sastra.
Teks sastra dalam konteks postmodernisme: ironi, metafiksi, pluralitas makna.
Metode Pembelajaran: Kuliah, diskusi.
Tugas: Menganalisis teks sastra postmodern.
Penilaian: Tugas analisis teks.

Materi: Books and podcast
Pustaka: Journals
0%

8

Minggu ke 8

mahasiswa mampu Menganalisis teks sastra dengan pendekatan kritis, mengidentifikasi struktur, konteks, dan pesan yang terkandung dalam karya sastra dari berbagai perspektif teori sastra.

mahasiswa mampu Menganalisis teks sastra dengan pendekatan kritis, mengidentifikasi struktur, konteks, dan pesan yang terkandung dalam karya sastra dari berbagai perspektif teori sastra.

Kriteria:

mahasiswa mampu Menganalisis teks sastra dengan pendekatan kritis, mengidentifikasi struktur, konteks, dan pesan yang terkandung dalam karya sastra dari berbagai perspektif teori sastra.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Tugas Midterm : Analisis Teks Sastra

Teknik-teknik dasar analisis sastra: tema, karakter, alur, setting, dan simbolisme.
Langkah-langkah analisis kritis terhadap teks sastra.
Metode Pembelajaran: praktek analisis teks.
Tugas: Menganalisis teks sastra menggunakan teknik dasar analisis.
Penilaian: Tugas analisis teks.

Materi: Books and podcast
Pustaka: Social Media Posts

Materi: Books and podcast
Pustaka: News Articles
0%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan argumentasi dalam menilai dan mengkritisi teks sastra, baik dari aspek estetika, ideologi, maupun konteks sosial budaya.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Analisis Teks Sastra: Kritis terhadap Ideologi
Materi:
Menganalisis ideologi yang tersembunyi dalam teks sastra.
Peran ideologi dalam membentuk makna dan pesan dalam teks sastra.
Metode Pembelajaran: Kuliah, analisis teks sastra secara kritis.
Tugas: Menganalisis teks sastra dari sudut pandang ideologi.
Penilaian: Tugas analisis teks.
50x 2

Materi: Books and podcast
Pustaka: Journals
0%

10

Minggu ke 10


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Teks Sastra: Perspektif Sosial dan Politik
Materi:
Mengidentifikasi isu sosial dan politik dalam teks sastra.
Diskusi teks sastra dengan mempertimbangkan konteks sosial-politik penulis dan pembaca.
Metode Pembelajaran: Diskusi kelompok.
Tugas: Menyusun argumen dalam diskusi kelompok berdasarkan analisis sosial-politik.
Penilaian: Partisipasi dalam diskusi.
50x 2

0%

11

Minggu ke 11

Mengidentifikasi dan merespon isu-isu sosial, politik, dan budaya yang terkandung dalam teks sastra dengan perspektif yang reflektif dan mempertimbangkan dampaknya terhadap masyarakat.

Kriteria:

Mengidentifikasi dan merespon isu-isu sosial, politik, dan budaya yang terkandung dalam teks sastra dengan perspektif yang reflektif dan mempertimbangkan dampaknya terhadap masyarakat.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Literasi Kritis dan Media
Materi:
Literasi kritis terhadap teks non-sastra: media massa, iklan, dan budaya populer.
Menganalisis pengaruh media terhadap pemahaman sastra dan budaya.
Metode Pembelajaran: Kuliah, analisis teks media.
Tugas: Analisis media populer (film, iklan, berita) dengan teori literasi kritis.
Penilaian: Tugas analisis media.
50x 2

Materi: Books and podcast
Pustaka: Social Media Posts
0%

12

Minggu ke 12

Menghasilkan tulisan kritis yang menunjukkan kemampuan analisis mendalam dan penguasaan teori literasi kritis dalam kajian sastra, baik secara lisan maupun tertulis.

Kriteria:

Menghasilkan tulisan kritis yang menunjukkan kemampuan analisis mendalam dan penguasaan teori literasi kritis dalam kajian sastra, baik secara lisan maupun tertulis.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktik Analisis Teks Sastra Lanjutan
Materi:
Praktik menganalisis teks sastra panjang (novel, drama) menggunakan teori-teori kritis.
Diskusi hasil analisis teks sastra.
Metode Pembelajaran: Kuliah, analisis teks panjang.
Tugas: Menganalisis novel atau drama dengan pendekatan kritis.
Penilaian: Tugas analisis teks panjang.
50x 2

Materi: Books and podcast
Pustaka: Kirszner, L G & Mandell, S R. 2018. Patterns for college writing (14th edition). Boston: Bedford/St
0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan merespon isu-isu sosial, politik, dan budaya yang terkandung dalam teks sastra dengan perspektif yang reflektif dan mempertimbangkan dampaknya terhadap masyarakat.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tantangan dan Pembaca dalam Literasi Kritis
Materi:
Peran pembaca dalam membentuk makna teks sastra.
Bagaimana pembaca yang kritis dapat mengubah pemahaman terhadap teks.
Metode Pembelajaran: Kuliah, diskusi.
Tugas: Menulis refleksi tentang peran pembaca dalam literasi kritis.
Penilaian: Tugas refleksi.
50x 2

Materi: articles
Pustaka: Journals
0%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mengembangkan kesadaran dan sikap kritis terhadap pengaruh teks sastra dalam pembentukan nilai-nilai sosial dan budaya, serta kemampuan untuk menyikapi teks secara kontekstual.

Mahasiswa mampu mengembangkan kesadaran dan sikap kritis terhadap pengaruh teks sastra dalam pembentukan nilai-nilai sosial dan budaya, serta kemampuan untuk menyikapi teks secara kontekstual.

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengembangkan kesadaran dan sikap kritis terhadap pengaruh teks sastra dalam pembentukan nilai-nilai sosial dan budaya, serta kemampuan untuk menyikapi teks secara kontekstual.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi Analisis Teks Sastra
Materi:
Teknik presentasi yang efektif untuk menganalisis teks sastra.
Presentasi hasil analisis teks sastra berdasarkan teori kritis.
Metode Pembelajaran: Presentasi kelompok.
Tugas: Menyusun dan menyampaikan presentasi analisis teks sastra.
Penilaian: Penilaian presentasi kelompok.

Materi: articles
Pustaka: Social Media Posts
0%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mengembangkan kesadaran dan sikap kritis terhadap pengaruh teks sastra dalam pembentukan nilai-nilai sosial dan budaya, serta kemampuan untuk menyikapi teks secara kontekstual.

Mahasiswa mampu mengembangkan kesadaran dan sikap kritis terhadap pengaruh teks sastra dalam pembentukan nilai-nilai sosial dan budaya, serta kemampuan untuk menyikapi teks secara kontekstual.

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengembangkan kesadaran dan sikap kritis terhadap pengaruh teks sastra dalam pembentukan nilai-nilai sosial dan budaya, serta kemampuan untuk menyikapi teks secara kontekstual.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi Analisis Teks Sastra
Materi:
Teknik presentasi yang efektif untuk menganalisis teks sastra.
Presentasi hasil analisis teks sastra berdasarkan teori kritis.
Metode Pembelajaran: Presentasi kelompok.
Tugas: Menyusun dan menyampaikan presentasi analisis teks sastra.
Penilaian: Penilaian presentasi kelompok.
50x 2

Materi: articles
Pustaka: Social Media Posts
0%

16

Minggu ke 16

Menghasilkan tulisan kritis yang menunjukkan kemampuan analisis mendalam dan penguasaan teori literasi kritis dalam kajian sastra, baik secara lisan maupun tertulis.\

Menghasilkan tulisan kritis yang menunjukkan kemampuan analisis mendalam dan penguasaan teori literasi kritis dalam kajian sastra, baik secara lisan maupun tertulis.

Kriteria:

Menghasilkan tulisan kritis yang menunjukkan kemampuan analisis mendalam dan penguasaan teori literasi kritis dalam kajian sastra, baik secara lisan maupun tertulis.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Evaluasi dan Diskusi Hasil Analisis
Materi:
Evaluasi akhir mengenai capaian pembelajaran.
Diskusi terbuka mengenai penerapan literasi kritis dalam kehidupan sehari-hari dan pengembangan ilmu sastra.
Metode Pembelajaran: Diskusi, refleksi akhir.
Tugas: Menyusun laporan akhir analisis teks.
Penilaian: Laporan akhir.
50x 2

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.