Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Komunikasi Alternatif dan Augmentatif

8620202450

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. H. Pamuji, M.Kes.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-9

Terampil memberikan layanan akademik dan program kebutuhan khusus bagi PDBK

PLO-10

Memanfaatkan media dan teknologi asistif dalam layanan pendidikan khusus

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan teknik komunikasi alternatif dan augmentatif dalam situasi pendidikan khusus untuk meningkatkan keterampilan komunikasi PDBK (C3)

PO - 2

Menganalisis kebutuhan individu PDBK untuk menentukan alat komunikasi augmentatif yang paling efektif (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas penggunaan teknologi asistif dalam mendukung komunikasi PDBK dalam kelas inklusi (C5)

PO - 4

Menciptakan materi pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi komunikasi augmentatif untuk memenuhi kebutuhan spesifik PDBK (C6)

PO - 5

Menerapkan strategi komunikasi alternatif dalam pengajaran untuk meningkatkan interaksi sosial PDBK (C3)

PO - 6

Menganalisis dampak penggunaan komunikasi augmentatif terhadap kemandirian PDBK dalam belajar (C4)

PO - 7

Mengevaluasi pilihan alat komunikasi augmentatif berdasarkan keefektifan dan kenyamanan penggunaan oleh PDBK (C5)

PO - 8

Menciptakan program pelatihan untuk guru dalam penggunaan komunikasi alternatif dan augmentatif yang efektif (C6)

PO - 9

Menerapkan prinsip desain universal dalam pembuatan media komunikasi augmentatif untuk berbagai jenis kebutuhan PDBK (C3)

PO - 10

Menganalisis studi kasus penggunaan komunikasi alternatif dan augmentatif untuk mengidentifikasi faktor keberhasilan dan kegagalan (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-9PLO-10
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8
PO-9 
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Komunikasi Alternatif Dan Augmentatif pada jenjang S1 program studi Pendidikan Luar Biasa membahas tentang strategi dan teknik komunikasi yang digunakan untuk individu dengan kebutuhan khusus, seperti autisme, gangguan perkembangan, atau gangguan komunikasi lainnya. Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman tentang berbagai metode komunikasi alternatif dan augmentatif yang dapat membantu individu tersebut berkomunikasi secara efektif. Ruang lingkupnya meliputi pengenalan konsep dasar komunikasi alternatif dan augmentatif, penerapan teknik-teknik komunikasi, serta evaluasi dan penyesuaian metode komunikasi sesuai kebutuhan individu.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.