|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Fisika Bangunan * |
2220102014 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
31 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Yogie Risdianto, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pengertian, persyaratan dan perhitungan kalor dan kelembaban terhadap suatu konstruksi isolasi (lantai, dinding, dan atap) bangunan dari pengaruh iklim setempat; Norma-norma dan persyaratan serta perhitungan penerangan buatan (lampu) dan penerangan siang hari/alami (matahari) yang baik pada bangunan; Pengaruh penghawaan alami dan penghawaan buatan terhadap bangunan; Perilaku suara terhadap bangunan, menganalisa sebab dan pengaruh cacat akustik dan material untuk mengantisipasi cacat akustik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Meijs, PJM Van der. 1983. Fisika Bangunan . Jakarta: Erlangga.
- Mangun Wijaya, YB. 1980. Fisika Bangunan . Jakarta: Gramedia
- Sears, Zemansky. 1962. Fisika untuk Universitas . Jakarta: Bina Cipta.
- Departemen Pekerjaan Umum. 1981. Penerangan Alami Siang Hari di Dalam Gedung . Bandung: DPMB.
- Departemen Pekerjaan Umum. 1978. Standar Penerangan Buatan di Dalam Gedung . Bandung: DPMB.
- Satwiko, Prasasto. 2004. Fisika Bangunan 1 . Yogyakarta: Andi
- Satwiko, Prasasto. 2004. Fisika Bangunan 2 . Yogyakarta: Andi
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
DIDIEK PURWADI Krisna Dwi Handayani, S.T., M.MT., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami pengertian dan aplikasi Fisika terhadap Bangunan |
Dapat menyebutkan pengertian dan aplikasi ilmu fisika serta pengaruhnya terhadap bangunan sipil |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Ceramah, diskusi, tanya jawab. 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis pengertian, sifat dan pengaruh kalor pada material bangunan dan cara mengantisipasi pengaruh buruknya. |
Dapat menganalisa pengertian, sifat dan pengaruh kalor pada material bangunan dan cara mengantisipasi pengaruh buruknya. |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar. |
Ceramah, diskusi, tanya jawab. 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Menghitung jumlah kalor yang mengalir pada lapisan material |
Dapat menghitung jumlah kalor yang mengalir pada lapisan material |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Ceramah, latihan soal 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Menghitung Indeks isolasi termal pada lapisan-lapisan material bangunan |
Dapat menghitung Indeks isolasi termal pada lapisan-lapisan material bangunan |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Ceramah, latihan soal 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisa proses- proses kondensasi pada bangunan |
Dapat menganalisa proses- proses kondensasi pada bangunan |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Ceramah, diskusi, tanya jawab. 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisa pengaruh penghawaan alami di dalam bangunan Menghitung potensi aliran udara alami di dalam ruang |
Dapat menganalisa pengaruh penghawaan alami di dalam bangunan Dapat menghitung potensi aliran udara alami di dalam ruang |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan latihan soal 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisa pengaruh penghawaan buatan di dalam bangunan Menghitung kebutuhan penghawaan buatan di dalam ruang |
Dapat menganalisa pengaruh penghawaan buatan di dalam bangunan Dapat menghitung kebutuhan penghawaan buatan di dalam ruang |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan latihan soal. 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Menganalisa pengaruh kalor dan penghawaan pada bangunan yang ada di sekitar |
Secara kelompok dapat menganalisa pengaruh kalor dan penghawaan pada bangunan yang ada di sekitar |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan, presentasi. 2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
USS |
USS |
|
USS 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisa pengaruh pencahayaan alami dalam bangunan dan cara mengantisipasi pengaruh buruknya Menghitung pengaruh faktor langit pada ruang dalam |
Dapat menganalisa pengaruh pencahayaan alami dalam bangunan dan cara mengantisipasi pengaruh buruknya Dapat menghitung faktor langit pada ruang dalam |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan latihan soal. 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisa pengaruh pencahayaan buatan dalam bangunan Menghitung kebutuhan pecahayaan buatan pada ruang dalam |
Dapat menganalisa pengaruh pencahayaan buatan dalam bangunan Dapat menghitung kebutuhan pecahayaan buatan pada ruang dalam |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan latihan soal. 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisa pengaruh pencahayaan dan antisipasinya pada bangunan yang ada di sekitar |
Secara kelompok dapat menganalisa pengaruh pencahayaan dan antisipasinya pada bangunan yang ada di sekitar |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan, presentasi. 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Menganalisa perilaku suara terhadap bangunan |
Dapat menganalisa perilaku suara terhadap bangunan |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Ceramah, diskusi, tanya jawab. 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Menganalisa cacat akustik dan antisipasinya pada bangunan |
Dapat menganalisa cacat akustik dan antisipasinya pada bangunan |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Ceramah, diskusi, tanya jawab. 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mengaplikasikan jenis-jenis material akustik dalam pengendalian suara |
Dapat mengaplikasikan jenis-jenis material akustik dalam pengendalian suara |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Ceramah, diskusi, tanya jawab. 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |