Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Fisika Bangunan *

2220102014

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pengertian, persyaratan dan perhitungan kalor dan kelembaban terhadap suatu konstruksi isolasi (lantai, dinding, dan atap) bangunan dari pengaruh iklim setempat; Norma-norma dan persyaratan serta perhitungan penerangan buatan (lampu) dan penerangan siang hari/alami (matahari) yang baik pada bangunan; Pengaruh penghawaan alami dan penghawaan buatan terhadap bangunan; Perilaku suara terhadap bangunan, menganalisa sebab dan pengaruh cacat akustik dan material untuk mengantisipasi cacat akustik.

Pustaka

Utama :

  1. Meijs, PJM Van der. 1983. Fisika Bangunan . Jakarta: Erlangga.
  2. Mangun Wijaya, YB. 1980. Fisika Bangunan . Jakarta: Gramedia
  3. Sears, Zemansky. 1962. Fisika untuk Universitas . Jakarta: Bina Cipta.
  4. Departemen Pekerjaan Umum. 1981. Penerangan Alami Siang Hari di Dalam Gedung . Bandung: DPMB.
  5. Departemen Pekerjaan Umum. 1978. Standar Penerangan Buatan di Dalam Gedung . Bandung: DPMB.
  6. Satwiko, Prasasto. 2004. Fisika Bangunan 1 . Yogyakarta: Andi
  7. Satwiko, Prasasto. 2004. Fisika Bangunan 2 . Yogyakarta: Andi

Pendukung :

Dosen Pengampu

DIDIEK PURWADI

Krisna Dwi Handayani, S.T., M.MT., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami pengertian dan aplikasi Fisika terhadap Bangunan

Dapat menyebutkan pengertian dan aplikasi ilmu fisika serta pengaruhnya terhadap bangunan sipil

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, diskusi, tanya jawab.
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Menganalisis pengertian, sifat dan pengaruh kalor pada material bangunan dan cara mengantisipasi pengaruh buruknya.

Dapat menganalisa pengertian, sifat dan pengaruh kalor pada material bangunan dan cara mengantisipasi pengaruh buruknya.

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.

Ceramah, diskusi, tanya jawab.
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Menghitung jumlah kalor yang mengalir pada lapisan material

Dapat menghitung jumlah kalor yang mengalir pada lapisan material

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, latihan soal
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Menghitung Indeks isolasi termal pada lapisan-lapisan material bangunan

Dapat menghitung Indeks isolasi termal pada lapisan-lapisan material bangunan

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, latihan soal
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Menganalisa proses- proses kondensasi pada bangunan

Dapat menganalisa proses- proses kondensasi pada bangunan

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, diskusi, tanya jawab.
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Menganalisa pengaruh penghawaan alami di dalam bangunan Menghitung potensi aliran udara alami di dalam ruang

Dapat menganalisa pengaruh penghawaan alami di dalam bangunan Dapat menghitung potensi aliran udara alami di dalam ruang

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, diskusi, tanya jawab dan latihan soal
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Menganalisa pengaruh penghawaan buatan di dalam bangunan Menghitung kebutuhan penghawaan buatan di dalam ruang

Dapat menganalisa pengaruh penghawaan buatan di dalam bangunan Dapat menghitung kebutuhan penghawaan buatan di dalam ruang

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, diskusi, tanya jawab dan latihan soal.
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Menganalisa pengaruh kalor dan penghawaan pada bangunan yang ada di sekitar

Secara kelompok dapat menganalisa pengaruh kalor dan penghawaan pada bangunan yang ada di sekitar

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Diskusi, tanya jawab, dan penugasan, presentasi.
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

USS

USS

USS
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Menganalisa pengaruh pencahayaan alami dalam bangunan dan cara mengantisipasi pengaruh buruknya Menghitung pengaruh faktor langit pada ruang dalam

Dapat menganalisa pengaruh pencahayaan alami dalam bangunan dan cara mengantisipasi pengaruh buruknya Dapat menghitung faktor langit pada ruang dalam

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, diskusi, tanya jawab dan latihan soal.
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Menganalisa pengaruh pencahayaan buatan dalam bangunan Menghitung kebutuhan pecahayaan buatan pada ruang dalam

Dapat menganalisa pengaruh pencahayaan buatan dalam bangunan Dapat menghitung kebutuhan pecahayaan buatan pada ruang dalam

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, diskusi, tanya jawab dan latihan soal.
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Menganalisa pengaruh pencahayaan dan antisipasinya pada bangunan yang ada di sekitar

Secara kelompok dapat menganalisa pengaruh pencahayaan dan antisipasinya pada bangunan yang ada di sekitar

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan, presentasi.
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Menganalisa perilaku suara terhadap bangunan

Dapat menganalisa perilaku suara terhadap bangunan

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, diskusi, tanya jawab.
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Menganalisa cacat akustik dan antisipasinya pada bangunan

Dapat menganalisa cacat akustik dan antisipasinya pada bangunan

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, diskusi, tanya jawab.
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mengaplikasikan jenis-jenis material akustik dalam pengendalian suara

Dapat mengaplikasikan jenis-jenis material akustik dalam pengendalian suara

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, diskusi, tanya jawab.
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.