Universitas Negeri Surabaya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Program Studi S3 Pendidikan Sains
Kode Dokumen
SEMESTER LEARNING PLAN
Course
KODE
Rumpun MataKuliah
Bobot Kredit
SEMESTER
Tanggal Penyusunan
Filsafat Sains
8400102004
T=2
P=0
ECTS=5.04
1
23 November 2024
OTORISASI
Pengembang S.P
Koordinator Rumpun matakuliah
Koordinator Program Studi
.......................................
.......................................
Prof. Dr. Suyatno, M.Si.
Model Pembelajaran
Case Study
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah
Program Objectives (PO)
Matrik PLO-PO
PO
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)
PO
Minggu Ke
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang pendekatan umum filsafat ilmu, konseptualisasi, dan metodologi keilmuan, serta isu-isu yang lebih mendalam dan luas yang melibatkan ilmu, teknologi, dan masyarakat. Selain itu, mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang ontologi, epistemologi, dan aksiologi sains, karakteristik dan hakikat sains sebagai wahana untuk memperluas visi calon doktor sehingga dapat menjadi pemicu kemampuan berfikir reflektif dan berfikir kritis dalam mengembangkan dan menerapkan sains dan pendidikan sains serta keterkaitannya dengan teknologi dan masyarakat.
Pustaka
Utama :
McLelland, Christine V. 2006. The Nature of Science and The Scientific Method. USA: The Geological Society of America.
Dane, F.C. 2010. Evaluating Research: Methodology for People Who Need to Read Research (Chapter 2: The Scientific Approach). California: SAGE Publication, Inc.
Herron, J.D. et al. 1977. Problems Associated with Concept Analysis. Science Education 61(2). P. 185-199.
Camarinha, L. M. & Matos. (tanpa tahun). Scientific Research, Methodologies and Techniques. cam@uninova.pt
The Scientific Approach in Education
Materi Dasar Pendidikan Program Akta Mengajar V. 1985. Buku IA Filsafat Ilmu. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Universitas Terbuka.
Bunge, Mario. 2007. Philosophy of Science from Explanation to Justification. London: Transaction Publishers.
Pendukung :
Dosen Pengampu
Prof. Dr. Suyono, M.Pd.
Minggu Ke-
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot Penilaian (%)
Indikator
Kriteria & Bentuk
Luring (offline)
Daring (online)
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
1
Minggu ke 1
0%
2
Minggu ke 2
0%
3
Minggu ke 3
0%
4
Minggu ke 4
0%
5
Minggu ke 5
0%
6
Minggu ke 6
0%
7
Minggu ke 7
0%
8
Minggu ke 8
0%
9
Minggu ke 9
0%
10
Minggu ke 10
0%
11
Minggu ke 11
0%
12
Minggu ke 12
0%
13
Minggu ke 13
0%
14
Minggu ke 14
0%
15
Minggu ke 15
0%
16
Minggu ke 16
0%
Rekap Persentase Evaluasi : Case Study
No
Evaluasi
Persentase
0%
Catatan
Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.