Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Kedokteran
Program Studi S1 Kedokteran

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

UROGENITAL

1120306033

T=5

P=1

ECTS=9.54

4

12 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




dr. Nieke Andina Wijaya, M.Biomed, Sp.DVE, FINSDV




.......................................




Nur Ilahi Anjani, S.Ked., M.Kes.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai pengetahuan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu kedokteran klinik, ilmu Kesehatan Masyarakat/Kedokteran Pencegahan/Kedokteran Komunitas, dan kedokteran olahraga.

PLO-6

Terampil dalam melakukan komunikasi yang efektif kepada individu, masyarakat, dan tim kerja.

PLO-7

Terampil dalam memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dan informasi kesehatan.

PLO-8

Terampil mensimulasikan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain dalam ranah layanan kesehatan primer.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis,dan kreatif dalam menentukan etiopatomekanisme, pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang kedokteran dalam ilmu Urogenital

PO - 2

Menguasai pengetahuan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu kedokteran klinik, IKM/KP/KK yang terkait dengan Urogenital

PO - 3

Terampil dalam melakukan komunikasi yang efektif dalam tim seusai peran pada mata kuliah Urogenital

PO - 4

Terampil dalam memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi terkait dengan Urogenital

PO - 5

Terampil mensimulasikan prosedur klinis (pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE) yang berkaitan dengan masalah Urogenital dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain dalam ranah layanan kesehatan primer

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4     
PO-5     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mendalam tentang Urogenital yang meliputi kelainan kongenital di bidang urogenital, Infeksi dan batu di saluran urogenital, Penyakit penyebab Hematuria, Retensi urine, edema, disfungsi seksual, serta upaya promotif dan preventif di bidang urogenital dalam kaitannya dengan olahraga. Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan SPICES dan model PBL. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah kuliah, tutorial, dan praktikum.

Pustaka

Utama :

  1. Eaton DC, Pooler JP. 2013. Vander’s Renal Physiology 8th edition. New York: McGraw-Hill Education.
  2. Loscalzo, J., et al. 2022. Harrison's Principles of Internal Medicine, 21e. New York: McGraw-Hill Education.
  3. Purnomo, B.B. 2019. Dasar-dasar Urologi: Jakarta: Sagung Seto.
  4. Kang, S., et al. 2019. Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition. New York: McGraw-Hill Education.
  5. Agustinus, dkk. 2018. Biologi Reproduksi Pria. Surabaya: Airlangga University Press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE tentang infeksi dan kelainan kongenital di bidang urogenital

  1. Mampu menjelaskan etiopatomekanisme
  2. Mampu menentukan pemeriksaan fisik/penunjang berdasarkan kasus
  3. Mampu menegakkan diagnosis berdasarkan kasus
  4. Mampu merekomendasikan tata laksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako
  5. Mampu memberi saran KIE yang tepat bagi pasien
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah

Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL

Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik

Materi: -
Pustaka: Eaton DC, Pooler JP. 2013. Vander’s Renal Physiology 8th edition. New York: McGraw-Hill Education.

Materi: -
Pustaka: Loscalzo, J., et al. 2022. Harrison's Principles of Internal Medicine, 21e. New York: McGraw-Hill Education.

Materi: -
Pustaka: Purnomo, B.B. 2019. Dasar-dasar Urologi: Jakarta: Sagung Seto.

Materi: -
Pustaka: Kang, S., et al. 2019. Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition. New York: McGraw-Hill Education.

Materi: -
Pustaka: Agustinus, dkk. 2018. Biologi Reproduksi Pria. Surabaya: Airlangga University Press.
4%

2

Minggu ke 2

Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE tentang peradangan dan batu di saluran urogenital

  1. Mampu menjelaskan etiopatomekanisme
  2. Mampu menentukan pemeriksaan fisik/penunjang berdasarkan kasus
  3. Mampu menegakkan diagnosis berdasarkan kasus
  4. Mampu merekomendasikan tata laksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako
  5. Mampu memberi saran KIE yang tepat bagi pasien
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah

Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL

Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik

Materi: -
Pustaka: Eaton DC, Pooler JP. 2013. Vander’s Renal Physiology 8th edition. New York: McGraw-Hill Education.

Materi: -
Pustaka: Loscalzo, J., et al. 2022. Harrison's Principles of Internal Medicine, 21e. New York: McGraw-Hill Education.

Materi: -
Pustaka: Purnomo, B.B. 2019. Dasar-dasar Urologi: Jakarta: Sagung Seto.

Materi: -
Pustaka: Kang, S., et al. 2019. Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition. New York: McGraw-Hill Education.
4%

3

Minggu ke 3

Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE tentang trauma dan tumor pada saluran urogenital

  1. Mampu menjelaskan etiopatomekanisme
  2. Mampu menentukan pemeriksaan fisik/penunjang berdasarkan kasus
  3. Mampu menegakkan diagnosis berdasarkan kasus
  4. Mampu merekomendasikan tata laksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako
  5. Mampu memberi saran KIE yang tepat bagi pasien
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah

Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL

Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik

Materi: -
Pustaka: Eaton DC, Pooler JP. 2013. Vander’s Renal Physiology 8th edition. New York: McGraw-Hill Education.

Materi: -
Pustaka: Loscalzo, J., et al. 2022. Harrison's Principles of Internal Medicine, 21e. New York: McGraw-Hill Education.

Materi: -
Pustaka: Purnomo, B.B. 2019. Dasar-dasar Urologi: Jakarta: Sagung Seto.

Materi: -
Pustaka: Kang, S., et al. 2019. Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition. New York: McGraw-Hill Education.
4%

4

Minggu ke 4

Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE tentang gangguan pada sistem reproduksi pria

  1. Mampu menjelaskan etiopatomekanisme
  2. Mampu menentukan pemeriksaan fisik/penunjang berdasarkan kasus
  3. Mampu menegakkan diagnosis berdasarkan kasus
  4. Mampu merekomendasikan tata laksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako
  5. Mampu memberi saran KIE yang tepat bagi pasien
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah

Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL

Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik

Materi: -
Pustaka: Eaton DC, Pooler JP. 2013. Vander’s Renal Physiology 8th edition. New York: McGraw-Hill Education.

Materi: -
Pustaka: Loscalzo, J., et al. 2022. Harrison's Principles of Internal Medicine, 21e. New York: McGraw-Hill Education.

Materi: -
Pustaka: Purnomo, B.B. 2019. Dasar-dasar Urologi: Jakarta: Sagung Seto.

Materi: -
Pustaka: Kang, S., et al. 2019. Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition. New York: McGraw-Hill Education.

Materi: -
Pustaka: Agustinus, dkk. 2018. Biologi Reproduksi Pria. Surabaya: Airlangga University Press.
4%

5

Minggu ke 5

Mampu memutuskan upaya promotif dan preventif tentang Sistem urogenital, Reproduksi Pria dan Olahraga

  1. Mampu memberi saran KIE Olahraga yang tepat bagi individu dengan gangguan sistem urogenital
  2. Mampu menjelaskan efek/kaitan olahraga dengan sistem urogenital
  3. Mampu menjelaskan kemungkinan gangguan sistem urogenital akibat olahraga yang kurang tepat
  4. Mampu mengaitkan Gangguan reproduksi pada atlet pria
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah

Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL

Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik

Materi: -
Pustaka: Eaton DC, Pooler JP. 2013. Vander’s Renal Physiology 8th edition. New York: McGraw-Hill Education.

Materi: -
Pustaka: Loscalzo, J., et al. 2022. Harrison's Principles of Internal Medicine, 21e. New York: McGraw-Hill Education.

Materi: -
Pustaka: Purnomo, B.B. 2019. Dasar-dasar Urologi: Jakarta: Sagung Seto.

Materi: -
Pustaka: Kang, S., et al. 2019. Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition. New York: McGraw-Hill Education.

Materi: -
Pustaka: Agustinus, dkk. 2018. Biologi Reproduksi Pria. Surabaya: Airlangga University Press.
4%

6

Minggu ke 6

Ujian Akhir BLOK


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Tes
CBT & Praktikum

80%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Praktikum 40%
3. Tes 40%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.