|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Kedokteran
Program Studi S1 Kedokteran
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
UROGENITAL |
1120306033 |
|
T=5 |
P=1 |
ECTS=9.54 |
4 |
12 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
dr. Nieke Andina Wijaya, M.Biomed, Sp.DVE, FINSDV
|
.......................................
|
Nur Ilahi Anjani, S.Ked., M.Kes. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai pengetahuan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu kedokteran klinik, ilmu Kesehatan Masyarakat/Kedokteran Pencegahan/Kedokteran Komunitas, dan kedokteran olahraga. |
PLO-6 |
Terampil dalam melakukan komunikasi yang efektif kepada individu, masyarakat, dan tim kerja. |
PLO-7 |
Terampil dalam memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dan informasi kesehatan. |
PLO-8 |
Terampil mensimulasikan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain dalam ranah layanan kesehatan primer. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis,dan kreatif dalam menentukan etiopatomekanisme, pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang kedokteran dalam ilmu Urogenital
|
PO - 2 |
Menguasai pengetahuan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu kedokteran klinik, IKM/KP/KK yang terkait dengan Urogenital
|
PO - 3 |
Terampil dalam melakukan komunikasi yang efektif dalam tim seusai peran pada mata kuliah Urogenital
|
PO - 4 |
Terampil dalam memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi terkait dengan Urogenital
|
PO - 5 |
Terampil mensimulasikan prosedur klinis (pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE) yang berkaitan dengan masalah Urogenital dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain dalam ranah layanan kesehatan primer
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | | | | | PO-2 | | | | | | PO-3 | | | | | | PO-4 | | | | | | PO-5 | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mendalam tentang Urogenital yang meliputi kelainan kongenital di bidang urogenital, Infeksi dan batu di saluran urogenital, Penyakit penyebab Hematuria, Retensi urine, edema, disfungsi seksual, serta upaya promotif dan preventif di bidang urogenital dalam kaitannya dengan olahraga. Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan SPICES dan model PBL. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah kuliah, tutorial, dan praktikum. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Eaton DC, Pooler JP. 2013. Vander’s Renal Physiology 8th edition. New York: McGraw-Hill Education.
- Loscalzo, J., et al. 2022. Harrison's Principles of Internal Medicine, 21e. New York: McGraw-Hill Education.
- Purnomo, B.B. 2019. Dasar-dasar Urologi: Jakarta: Sagung Seto.
- Kang, S., et al. 2019. Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition. New York: McGraw-Hill Education.
- Agustinus, dkk. 2018. Biologi Reproduksi Pria. Surabaya: Airlangga University Press.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE tentang infeksi dan kelainan kongenital di bidang urogenital |
- Mampu menjelaskan etiopatomekanisme
- Mampu menentukan pemeriksaan fisik/penunjang berdasarkan kasus
- Mampu menegakkan diagnosis berdasarkan kasus
- Mampu merekomendasikan tata laksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako
- Mampu memberi saran KIE yang tepat bagi pasien
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah
Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL
Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik
|
|
Materi: - Pustaka: Eaton DC, Pooler JP. 2013. Vander’s Renal Physiology 8th edition. New York: McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: Loscalzo, J., et al. 2022. Harrison's Principles of Internal Medicine, 21e. New York: McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: Purnomo, B.B. 2019. Dasar-dasar Urologi: Jakarta: Sagung Seto. Materi: - Pustaka: Kang, S., et al. 2019. Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition. New York: McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: Agustinus, dkk. 2018. Biologi Reproduksi Pria. Surabaya: Airlangga University Press. |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE tentang peradangan dan batu di saluran urogenital |
- Mampu menjelaskan etiopatomekanisme
- Mampu menentukan pemeriksaan fisik/penunjang berdasarkan kasus
- Mampu menegakkan diagnosis berdasarkan kasus
- Mampu merekomendasikan tata laksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako
- Mampu memberi saran KIE yang tepat bagi pasien
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah
Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL
Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik
|
|
Materi: - Pustaka: Eaton DC, Pooler JP. 2013. Vander’s Renal Physiology 8th edition. New York: McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: Loscalzo, J., et al. 2022. Harrison's Principles of Internal Medicine, 21e. New York: McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: Purnomo, B.B. 2019. Dasar-dasar Urologi: Jakarta: Sagung Seto. Materi: - Pustaka: Kang, S., et al. 2019. Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition. New York: McGraw-Hill Education. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE tentang trauma dan tumor pada saluran urogenital |
- Mampu menjelaskan etiopatomekanisme
- Mampu menentukan pemeriksaan fisik/penunjang berdasarkan kasus
- Mampu menegakkan diagnosis berdasarkan kasus
- Mampu merekomendasikan tata laksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako
- Mampu memberi saran KIE yang tepat bagi pasien
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah
Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL
Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik
|
|
Materi: - Pustaka: Eaton DC, Pooler JP. 2013. Vander’s Renal Physiology 8th edition. New York: McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: Loscalzo, J., et al. 2022. Harrison's Principles of Internal Medicine, 21e. New York: McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: Purnomo, B.B. 2019. Dasar-dasar Urologi: Jakarta: Sagung Seto. Materi: - Pustaka: Kang, S., et al. 2019. Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition. New York: McGraw-Hill Education. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE tentang gangguan pada sistem reproduksi pria |
- Mampu menjelaskan etiopatomekanisme
- Mampu menentukan pemeriksaan fisik/penunjang berdasarkan kasus
- Mampu menegakkan diagnosis berdasarkan kasus
- Mampu merekomendasikan tata laksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako
- Mampu memberi saran KIE yang tepat bagi pasien
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah
Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL
Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik
|
|
Materi: - Pustaka: Eaton DC, Pooler JP. 2013. Vander’s Renal Physiology 8th edition. New York: McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: Loscalzo, J., et al. 2022. Harrison's Principles of Internal Medicine, 21e. New York: McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: Purnomo, B.B. 2019. Dasar-dasar Urologi: Jakarta: Sagung Seto. Materi: - Pustaka: Kang, S., et al. 2019. Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition. New York: McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: Agustinus, dkk. 2018. Biologi Reproduksi Pria. Surabaya: Airlangga University Press. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memutuskan upaya promotif dan preventif tentang Sistem urogenital, Reproduksi Pria dan Olahraga |
- Mampu memberi saran KIE Olahraga yang tepat bagi individu dengan gangguan sistem urogenital
- Mampu menjelaskan efek/kaitan olahraga dengan sistem urogenital
- Mampu menjelaskan kemungkinan gangguan sistem urogenital akibat olahraga yang kurang tepat
- Mampu mengaitkan Gangguan reproduksi pada atlet pria
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah
Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL
Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik
|
|
Materi: - Pustaka: Eaton DC, Pooler JP. 2013. Vander’s Renal Physiology 8th edition. New York: McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: Loscalzo, J., et al. 2022. Harrison's Principles of Internal Medicine, 21e. New York: McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: Purnomo, B.B. 2019. Dasar-dasar Urologi: Jakarta: Sagung Seto. Materi: - Pustaka: Kang, S., et al. 2019. Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition. New York: McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: Agustinus, dkk. 2018. Biologi Reproduksi Pria. Surabaya: Airlangga University Press. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Ujian Akhir BLOK |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Tes |
CBT & Praktikum
|
|
|
80% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |