|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Gangguan dan Intervensi Perkembangan |
7320106227 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=6 |
P=0 |
ECTS=9.54 |
3 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Satiningsih, S.Psi., M.Si., Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi., Ellyana Ilsan Eka Putri, S.Pd., M.Psi., Fitrania Magfiroh, S.Psi., M.Psi
|
Dr. Damajanti Kusuma Dewi., S.Psi., M.Si.
|
Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu berkomunikasi dan mengembangkan kolaborasi dengan mitra dalam bidang ilmu yang sama maupun lintas ilmu |
PLO-8 |
Mampu menerapkan prinsip-prinsip literasi data dan pelaporan hasil sainstifik yang bebas plagiarisme dan berlandaskan pada integritas akademik |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Identifikasi keterlambatan perkembangan
|
PO - 2 |
Identifikasi gangguan perkembangan yang bersifat neurologis
|
PO - 3 |
Identifikasi gangguan perkembangan yang bersifat non-neurologis
|
PO - 4 |
Intervensi keterlambatan perkembangan
|
PO - 5 |
Intervensi gangguan perkembangan yang bersifat neurologis
|
PO - 6 |
Intervensi gangguan perkembangan yang bersifat non-neurologis
|
PO - 7 |
Mengkaji dan menerapkan prinsip dasar pendidikan inklusi
|
PO - 8 |
Konsep umum gangguan dan intervensi perkembangan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | | PO-3 | ✔ | ✔ | | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-7 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-8 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-8 | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata Kuliah ini membahas tentang konsep dasar gangguan perkembangan, macam-macam jenis keterlambatan perkembangan, gangguan perkembangan baik yang bersifat neurologis dan non-neurologis, konsep dasar intervensi untuk berbagai keterlambatan dan gangguan perkembangan, dan juga mengkaji tentang konsep dasar pendidikan inklusi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons.
- Kavanaugh, Mark H., (2023). Developmental Psychology: Eleventh Edition (CourseBooks). Independently published
|
Pendukung : |
|
- Satwika, Y. W., Satiningsih, Siti Ina Savira,Miftakhul Jannah, & Ira Darmawanti.(2022). Pelatihan Deteksi Dini AttentionDeficit Hyperactivity Disorder (ADHD)pada Guru KB-TK Labschool Unesa.Majalah Ilmiah UPI YPTK, 29(1), 13–17.https://doi.org/10.35134/jmi.v29i1.96
- Anggara, O.F., Satiningsih.(2021) Penyusunan Asesmen Kebutuhan Anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktifitas (GPPH). Personifikasi Jurnal Ilmu Psikologi 12(2):195-207 DOI: 10.21107/personifikasi.v12i2.12495
|
Dosen Pengampu
|
Satiningsih, S.Psi., M.Si. Ellyana Ilsan Eka Putri, M.Psi. Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. Ribka Mutiara Simatupang, M.Psi. Muhammad Nuril Mukminin, S.Psi., M.Psi Lely Nur Azizah, S.Psi., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep perkembangan secara umum & Konsep gangguan perkembangan |
- 1.1 Mahasiswa mampu memahami konsep perkembangan secara umum
- 1.2 Mahasiswa mampu memahami konsep gangguan perkembangan
|
Kriteria:
- "Kriteria: 1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri
- 2. Hasil Praktikum Bentuk Penilaian : 1. Aktifitas Partisipasif 2. Praktik/Unjuk Kerja"
|
"- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi
|
|
Materi: Teori Perkembangan Pustaka: Kavanaugh, Mark H., (2023). Developmental Psychology: Eleventh Edition (CourseBooks). Independently published |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami konsep perkembangan secara umum & Konsep gangguan perkembangan |
1.1 Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis gangguan perkembangan dan studi kasus jenis gangguan |
Kriteria:
"Kriteria: 1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri 2. Hasil Praktikum Bentuk Penilaian : 1. Aktifitas Partisipasif 2. Praktik/Unjuk Kerja" |
"- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi"
|
|
Materi: Teori Perkembangan Pustaka: Kavanaugh, Mark H., (2023). Developmental Psychology: Eleventh Edition (CourseBooks). Independently published |
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami identifikasi masalah keterlambatan perkembangan (non disorder) |
1.1 Mahasiswa mampu memahami cara identifikasi macam-macam masalah keterlambatan perkembangan (non disorder) |
Kriteria:
"Kriteria: Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif" |
"- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi"
|
|
Materi: identifikasi masalah keterlambatan perkembangan Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami identifikasi masalah keterlambatan perkembangan (non disorder) |
- "1.1 Mahasiswa mampu memahami alat identifikasi macam-macam masalah keterlambatan perkembangan (non disorder)
- 1.2 Mahasiswa mampu mempraktekkan cara identifikasi macam-macam masalah keterlambatan perkembangan (non disorder)"
|
Kriteria:
"Kriteria: 1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri 2. Hasil Praktikum Bentuk Penilaian : 1. Aktifitas Partisipasif 2. Praktik/Unjuk Kerja" |
"- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi"
|
|
Materi: identifikasi masalah keterlambatan perkembangan (non disorder) Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami identifikasi masalah gangguan neurologis |
1.1 Mahasiswa mampu memahami cara identifikasi macam-macam masalah gangguan neurologis |
Kriteria:
"Kriteria: Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif" |
"- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi"
|
|
Materi: identifikasi macam-macam masalah gangguan neurologis Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. |
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami alat identifikasi dan praktek identifikasi masalah gangguan neurologis |
- 1.1 Mahasiswa mampu memahami alat identifikasi macam-macam masalahmasalah gangguan neurologis
- 1.2 Mahasiswa mampu mempraktekkan cara identifikasi macam-macam masalah masalah gangguan neurologis
|
Kriteria:
"Kriteria: 1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri 2. Hasil Praktikum Bentuk Penilaian : 1. Aktifitas Partisipasif 2. Praktik/Unjuk Kerja" |
"- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi"
|
|
Materi: identifikasi masalah gangguan neurologis Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami identifikasi masalah disorder (non neurologis) |
1.1 Mahasiswa mampu memahami cara mengidentifikasi macam-macam disorder (non neurologis) |
Kriteria:
"Kriteria: Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif" |
"- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi"
|
|
Materi: identifikasi masalah disorder (non neurologis) Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. |
0% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
|
|
Penyusunan modul (Identifikasi)
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami alat identifikasi dan praktek identifikasi |
- 1.1 Mahasiswa mampu memahami alat identifikasi macam-macam disorder (non neurologis)
- 1.2 Mahasiswa mampu mempraktekkan cara identifikasi masalah disorder (non neurologis)
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi
|
|
Materi: alat identifikasi dan praktek identifikasi Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. Materi: alat identifikasi dan prtaktek identifikasi Pustaka: Satwika, Y. W., Satiningsih, Siti Ina Savira,Miftakhul Jannah, & Ira Darmawanti.(2022). Pelatihan Deteksi Dini AttentionDeficit Hyperactivity Disorder (ADHD)pada Guru KB-TK Labschool Unesa.Majalah Ilmiah UPI YPTK, 29(1), 13–17.https://doi.org/... Materi: alat identifikasi dan prtaktek identifikasi Pustaka: Anggara, O.F., Satiningsih.(2021) Penyusunan Asesmen Kebutuhan Anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktifitas (GPPH). Personifikasi Jurnal Ilmu Psikologi 12(2):195-207 DOI: 10.21107/personifikasi.v12i2.12495 |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa melakukan praktek identifikasi di lapangan |
- 1.1. Mahasiswa dapat melakukan melakukan praktek identifikasi di lapangan untuk masalah keterlambatan perkembangan (non disorder)
- 1.2. Mahasiswa dapat melakukan melakukan praktek identifikasi di lapangan untuk masalah gangguan neurologis
- 1.3. Mahasiswa dapat melakukan melakukan praktek identifikasi di lapangan untuk masalah disorder (non neurologis)
|
Kriteria:
Hasil Praktikum (Ketrampilan) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi
|
|
Materi: praktek identifikasi Pustaka: Satwika, Y. W., Satiningsih, Siti Ina Savira,Miftakhul Jannah, & Ira Darmawanti.(2022). Pelatihan Deteksi Dini AttentionDeficit Hyperactivity Disorder (ADHD)pada Guru KB-TK Labschool Unesa.Majalah Ilmiah UPI YPTK, 29(1), 13–17.https://doi.org/... Materi: praktek identifikasi Pustaka: Anggara, O.F., Satiningsih.(2021) Penyusunan Asesmen Kebutuhan Anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktifitas (GPPH). Personifikasi Jurnal Ilmu Psikologi 12(2):195-207 DOI: 10.21107/personifikasi.v12i2.12495 |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa melakukan praktek identifikasi di lapangan |
- 1.1. Mahasiswa dapat melakukan melakukan praktek identifikasi di lapangan untuk masalah keterlambatan perkembangan (non disorder)
- 1.2. Mahasiswa dapat melakukan melakukan praktek identifikasi di lapangan untuk masalah gangguan neurologis
- 1.3. Mahasiswa dapat melakukan melakukan praktek identifikasi di lapangan untuk masalah disorder (non neurologis)
|
Kriteria:
Hasil Praktikum (Ketrampilan) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi
|
|
Materi: praktek identifikasi Pustaka: Satwika, Y. W., Satiningsih, Siti Ina Savira,Miftakhul Jannah, & Ira Darmawanti.(2022). Pelatihan Deteksi Dini AttentionDeficit Hyperactivity Disorder (ADHD)pada Guru KB-TK Labschool Unesa.Majalah Ilmiah UPI YPTK, 29(1), 13–17.https://doi.org/... Materi: praktek identifikasi Pustaka: Anggara, O.F., Satiningsih.(2021) Penyusunan Asesmen Kebutuhan Anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktifitas (GPPH). Personifikasi Jurnal Ilmu Psikologi 12(2):195-207 DOI: 10.21107/personifikasi.v12i2.12495 |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami konsep intervensi masalah keterlambatan perkembangan (non disorder) |
Mahasiswa mampu memahami konsep intervensi masalah keterlambatan perkembangan (non disorder) |
Kriteria:
Hasil Praktikum (Ketrampilan) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi
|
|
Materi: Konsep intervensi masalah keterlambatan perkembangan (non disorder) Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami konsep intervensi masalah gangguan neurologis |
Mahasiswa mampu memahami konsep intervensi masalah masalah gangguan neurologis |
Kriteria:
Hasil Praktikum (Ketrampilan) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi
|
|
Materi: Konsep intervensi masalah masalah gangguan neurologis Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami konsep intervensi disorder (non neurologis) |
Mahasiswa mampu memahami konsep intervensi disorder (non neurologis) |
Kriteria:
Hasil Praktikum (Ketrampilan) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi
|
|
Materi: Konsep intervensi disorder (non neurologis) Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memahami konsep pendidikan Inklusi (PI) |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar PI |
Kriteria:
Hasil Praktikum (Ketrampilan) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi
|
|
Materi: Konsep pendidikan Inklusi (PI) Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring
|
|
|
20% |