
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Gangguan dan Intervensi Perkembangan |
7320106227 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=6 |
P=0 |
ECTS=9.54 |
3 |
22 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Satiningsih, S.Psi., M.Si., Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi., Ellyana Ilsan Eka Putri, S.Pd., M.Psi., Fitrania Magfiroh, S.Psi., M.Psi
|
Dr. Damajanti Kusuma Dewi., S.Psi., M.Si.
|
Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu berkomunikasi dan mengembangkan kolaborasi dengan mitra dalam bidang ilmu yang sama maupun lintas ilmu |
PLO-6 |
Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerjanya berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan, agama, dan kode etik yang berlaku |
PLO-8 |
Mampu menerapkan prinsip-prinsip literasi data dan pelaporan hasil sainstifik yang bebas plagiarisme dan berlandaskan pada integritas akademik |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Identifikasi keterlambatan perkembangan
|
PO - 2 |
Identifikasi gangguan perkembangan yang bersifat neurologis
|
PO - 3 |
Identifikasi gangguan perkembangan yang bersifat non-neurologis
|
PO - 4 |
Intervensi keterlambatan perkembangan
|
PO - 5 |
Intervensi gangguan perkembangan yang bersifat neurologis
|
PO - 6 |
Intervensi gangguan perkembangan yang bersifat non-neurologis
|
PO - 7 |
Mengkaji dan menerapkan prinsip dasar pendidikan inklusi
|
PO - 8 |
Konsep umum gangguan dan intervensi perkembangan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-7 | ✔ | | ✔ | | ✔ | PO-8 | ✔ | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-8 | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Gangguan Dan Intervensi Perkembangan pada program studi Psikologi jenjang S1 membahas tentang berbagai gangguan perkembangan yang dialami oleh individu dari anak hingga remaja. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai gangguan perkembangan, termasuk faktor penyebab, gejala, dan dampaknya terhadap individu. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari berbagai intervensi yang dapat dilakukan untuk membantu individu yang mengalami gangguan perkembangan. Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi pemahaman teoritis, studi kasus, serta rancangan intervensi yang efektif dalam menangani berbagai jenis gangguan perkembangan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons.
- Kavanaugh, Mark H., (2023). Developmental Psychology: Eleventh Edition (CourseBooks). Independently published
|
Pendukung : |
|
- Satwika, Y. W., Satiningsih, Siti Ina Savira,Miftakhul Jannah, & Ira Darmawanti.(2022). Pelatihan Deteksi Dini AttentionDeficit Hyperactivity Disorder (ADHD)pada Guru KB-TK Labschool Unesa.Majalah Ilmiah UPI YPTK, 29(1), 13–17.https://doi.org/10.35134/jmi.v29i1.96
- Anggara, O.F., Satiningsih.(2021) Penyusunan Asesmen Kebutuhan Anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktifitas (GPPH). Personifikasi Jurnal Ilmu Psikologi 12(2):195-207 DOI: 10.21107/personifikasi.v12i2.12495
|
Dosen Pengampu
|
Satiningsih, S.Psi., M.Si. Ellyana Ilsan Eka Putri, M.Psi. Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. Ribka Mutiara Simatupang, M.Psi. Muhammad Nuril Mukminin, S.Psi., M.Psi Lely Nur Azizah, S.Psi., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep perkembangan secara umum & Konsep gangguan perkembangan |
- 1.1 Mahasiswa mampu memahami konsep perkembangan secara umum
- 1.2 Mahasiswa mampu memahami konsep gangguan perkembangan
|
Kriteria:
- "Kriteria: 1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri
- 2. Hasil Praktikum Bentuk Penilaian : 1. Aktifitas Partisipasif 2. Praktik/Unjuk Kerja"
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
"- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi
|
|
Materi: Teori Perkembangan Pustaka: Kavanaugh, Mark H., (2023). Developmental Psychology: Eleventh Edition (CourseBooks). Independently published |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami konsep perkembangan secara umum & Konsep gangguan perkembangan |
1.1 Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis gangguan perkembangan dan studi kasus jenis gangguan |
Kriteria:
"Kriteria: 1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri 2. Hasil Praktikum Bentuk Penilaian : 1. Aktifitas Partisipasif 2. Praktik/Unjuk Kerja" Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
"- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi"
|
|
Materi: Teori Perkembangan Pustaka: Kavanaugh, Mark H., (2023). Developmental Psychology: Eleventh Edition (CourseBooks). Independently published |
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami identifikasi masalah keterlambatan perkembangan (non disorder) |
1.1 Mahasiswa mampu memahami cara identifikasi macam-macam masalah keterlambatan perkembangan (non disorder) |
Kriteria:
"Kriteria: Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif" Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
"- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi"
|
|
Materi: identifikasi masalah keterlambatan perkembangan Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami identifikasi masalah keterlambatan perkembangan (non disorder) |
- "1.1 Mahasiswa mampu memahami alat identifikasi macam-macam masalah keterlambatan perkembangan (non disorder)
- 1.2 Mahasiswa mampu mempraktekkan cara identifikasi macam-macam masalah keterlambatan perkembangan (non disorder)"
|
Kriteria:
"Kriteria: 1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri 2. Hasil Praktikum Bentuk Penilaian : 1. Aktifitas Partisipasif 2. Praktik/Unjuk Kerja" Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
"- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi"
|
|
Materi: identifikasi masalah keterlambatan perkembangan (non disorder) Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami identifikasi masalah gangguan neurologis |
1.1 Mahasiswa mampu memahami cara identifikasi macam-macam masalah gangguan neurologis |
Kriteria:
"Kriteria: Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif" Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas Presentasi
"- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi"
|
|
Materi: identifikasi macam-macam masalah gangguan neurologis Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami alat identifikasi dan praktek identifikasi masalah gangguan neurologis |
- 1.1 Mahasiswa mampu memahami alat identifikasi macam-macam masalahmasalah gangguan neurologis
- 1.2 Mahasiswa mampu mempraktekkan cara identifikasi macam-macam masalah masalah gangguan neurologis
|
Kriteria:
"Kriteria: 1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri 2. Hasil Praktikum Bentuk Penilaian : 1. Aktifitas Partisipasif 2. Praktik/Unjuk Kerja" Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
"- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi"
|
|
Materi: identifikasi masalah gangguan neurologis Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami identifikasi masalah disorder (non neurologis) |
1.1 Mahasiswa mampu memahami cara mengidentifikasi macam-macam disorder (non neurologis) |
Kriteria:
"Kriteria: Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif" Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
"- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi"
|
|
Materi: identifikasi masalah disorder (non neurologis) Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. |
0% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
mahasiswa mampu menyusun Membuat alat identifikasi secara berkelompok |
Kriteria:
Membuat alat identifikasi secara berkelompok untuk : 1 gangguan neuro 1 gangguan non neuro 1 kelompok terdiri dari 4 orang, tidak boleh sama jenisnya dalam 1 kelas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penyusunan modul (Identifikasi)
|
|
Materi: Satwika, Y. W., Satiningsih, Siti Ina Savira,Miftakhul Jannah, & Ira Darmawanti.(2022). Pelatihan Deteksi Dini AttentionDeficit Hyperactivity Disorder (ADHD)pada Guru KB-TK Labschool Unesa.Majalah Ilmiah UPI YPTK, 29(1), 13–17.https://doi.org/10.35134/jmi.v29i1.96 Pustaka: |
30% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami alat identifikasi dan praktek identifikasi |
- 1.1 Mahasiswa mampu memahami alat identifikasi macam-macam disorder (non neurologis)
- 1.2 Mahasiswa mampu mempraktekkan cara identifikasi masalah disorder (non neurologis)
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami alat identifikasi macam-macam disorder (non neurologis) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi
|
|
Materi: alat identifikasi dan praktek identifikasi Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. Materi: alat identifikasi dan prtaktek identifikasi Pustaka: Satwika, Y. W., Satiningsih, Siti Ina Savira,Miftakhul Jannah, & Ira Darmawanti.(2022). Pelatihan Deteksi Dini AttentionDeficit Hyperactivity Disorder (ADHD)pada Guru KB-TK Labschool Unesa.Majalah Ilmiah UPI YPTK, 29(1), 13–17.https://doi.org/... Materi: alat identifikasi dan prtaktek identifikasi Pustaka: Anggara, O.F., Satiningsih.(2021) Penyusunan Asesmen Kebutuhan Anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktifitas (GPPH). Personifikasi Jurnal Ilmu Psikologi 12(2):195-207 DOI: 10.21107/personifikasi.v12i2.12495 |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa melakukan praktek identifikasi di lapangan |
- 1.1. Mahasiswa dapat melakukan melakukan praktek identifikasi di lapangan untuk masalah keterlambatan perkembangan (non disorder)
- 1.2. Mahasiswa dapat melakukan melakukan praktek identifikasi di lapangan untuk masalah gangguan neurologis
- 1.3. Mahasiswa dapat melakukan melakukan praktek identifikasi di lapangan untuk masalah disorder (non neurologis)
|
Kriteria:
Hasil Praktikum (Ketrampilan) Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Turun Lapangan : Tugas Identifikasi Subyek
- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi
|
|
Materi: praktek identifikasi Pustaka: Satwika, Y. W., Satiningsih, Siti Ina Savira,Miftakhul Jannah, & Ira Darmawanti.(2022). Pelatihan Deteksi Dini AttentionDeficit Hyperactivity Disorder (ADHD)pada Guru KB-TK Labschool Unesa.Majalah Ilmiah UPI YPTK, 29(1), 13–17.https://doi.org/... Materi: praktek identifikasi Pustaka: Anggara, O.F., Satiningsih.(2021) Penyusunan Asesmen Kebutuhan Anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktifitas (GPPH). Personifikasi Jurnal Ilmu Psikologi 12(2):195-207 DOI: 10.21107/personifikasi.v12i2.12495 |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa melakukan praktek identifikasi di lapangan |
- 1.1. Mahasiswa dapat melakukan melakukan praktek identifikasi di lapangan untuk masalah keterlambatan perkembangan (non disorder)
- 1.2. Mahasiswa dapat melakukan melakukan praktek identifikasi di lapangan untuk masalah gangguan neurologis
- 1.3. Mahasiswa dapat melakukan melakukan praktek identifikasi di lapangan untuk masalah disorder (non neurologis)
|
Kriteria:
Hasil Praktikum (Ketrampilan) Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Turun Lapangan : Identifikasi Subyek
- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi
|
|
Materi: praktek identifikasi Pustaka: Satwika, Y. W., Satiningsih, Siti Ina Savira,Miftakhul Jannah, & Ira Darmawanti.(2022). Pelatihan Deteksi Dini AttentionDeficit Hyperactivity Disorder (ADHD)pada Guru KB-TK Labschool Unesa.Majalah Ilmiah UPI YPTK, 29(1), 13–17.https://doi.org/... Materi: praktek identifikasi Pustaka: Anggara, O.F., Satiningsih.(2021) Penyusunan Asesmen Kebutuhan Anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktifitas (GPPH). Personifikasi Jurnal Ilmu Psikologi 12(2):195-207 DOI: 10.21107/personifikasi.v12i2.12495 |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami konsep intervensi masalah keterlambatan perkembangan (non disorder) |
Mahasiswa mampu memahami konsep intervensi masalah keterlambatan perkembangan (non disorder) |
Kriteria:
Hasil Praktikum (Ketrampilan) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi
|
|
Materi: Konsep intervensi masalah keterlambatan perkembangan (non disorder) Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. |
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami konsep intervensi masalah gangguan neurologis |
Mahasiswa mampu memahami konsep intervensi masalah masalah gangguan neurologis |
Kriteria:
Hasil Praktikum (Ketrampilan) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi
|
|
Materi: Konsep intervensi masalah masalah gangguan neurologis Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. |
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami konsep intervensi disorder (non neurologis) |
Mahasiswa mampu memahami konsep intervensi disorder (non neurologis) |
Kriteria:
Hasil Praktikum (Ketrampilan) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi
|
|
Materi: Konsep intervensi disorder (non neurologis) Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. |
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memahami konsep pendidikan Inklusi (PI) |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar PI |
Kriteria:
Hasil Praktikum (Ketrampilan) Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
- Flipped Learning
- Case Based Learning
- Diskusi
|
|
Materi: Konsep pendidikan Inklusi (PI) Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. |
0% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Mahasiswa Membuat Rancangan Intervensi dan Alat bantu Intervensi |
Kriteria:
Mahasiswa mampu Membuat modul Rancangan Intervensi dan Alat bantu Intervensi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Membuat Rancangan Intervensi dan Alat bantu Intervensi
|
|
Materi: Satwika, Y. W., Satiningsih, Siti Ina Savira,Miftakhul Jannah, & Ira Darmawanti.(2022). Pelatihan Deteksi Dini AttentionDeficit Hyperactivity Disorder (ADHD)pada Guru KB-TK Labschool Unesa.Majalah Ilmiah UPI YPTK, 29(1), 13–17.https://doi.org/10.35134/jmi.v29i1.96 Pustaka: David J. Berghuis, L. Mark Peterson, William P. McInnis. (2014) Child Psychotherapy Homework Planner. (5th ed.). John Wiley & Sons. |
40% |