Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi Islam

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Praktik Kewirausahaan Islami

6020203124

T=0

P=3

ECTS=4.77

4

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ahmad Ajib Ridlwan, S.Pd., M.SEI.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai konsep teoritis bidang Ekonomi Islam, Bisnis Islam dan Keuangan Islam secara umum dan khusus untuk menyelesaikan masalah secara prosedural sesuai dengan lingkup pekerjaannya.

PLO-8

Mampu mendesain dan mengimplementasikan perencanaan bisnis yang sesuai dengan konsep Islam.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Bertanggung jawab terhadap pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas praktik kewirausahaan yang dilakukan baik secara individu maupun kelompok

PO - 2

Mampu menguasai teori Kewirausahaan berbasis Ekonomi Islam, Bisnis Islam, dan Keuangan Islam secara menyeluruh

PO - 3

Mampu melakukan pengembangan diri secara berkelanjutan melalui kegiatan praktik kewirausahaan untuk mendukung kemampuan berwirausaha berbasis ekonomi Islam

PO - 4

Mampu merancang rencana bisnis yang sesuai dengan konsep Syariah, dan mengimplementasikannya dalam kegiatan kewirausahaan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-5PLO-8
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Praktik Kewirausahaan Islami pada program studi Ekonomi Islam bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis dalam mengembangkan bisnis berdasarkan prinsip-prinsip ekonomi Islam. Mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep dasar kewirausahaan Islami, prinsip-prinsip ekonomi Islam, serta penerapan nilai-nilai Islam dalam berwirausaha. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pembahasan tentang perencanaan bisnis, manajemen keuangan Islami, pemasaran berbasis nilai, serta etika bisnis dalam perspektif Islam.

Pustaka

Utama :

  1. Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS
  2. Tim Kewirausahaan FE Unesa 2015. Kewirausahaan. UNIPRESS
  3. Kaplan, Robert S. 2010. Conceptual Foundation of the Balance Scorecard Working Paper. Harvard Business School
  4. David, Fred R. 2011. Manajemen Strategik: Konsep. Jakarta: Salemba Empat
  5. Robinson& Pearce. 2008. Manajemen Strategik Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat
  6. Cravens, David W & Nigel F Pearcy. 2006. Strategic Marketing, 8 th edition. McGraw-Hill
  7. Suryaningsih, Sri Abidah, Abdul Hafidz, Ahmad Ajib Ridlwan, Muhammad Farid Ilhamuddin, and Khusnul Fikriyah. 2021. “Rebranding Dan Peningkatan Kualitas Produk Air Minum Dalam Kemasan ‘Maden’ Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Jombang”. Inspirasi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 1 (1):1-13. https://journal.inspirasi.or.id/jppm/article/view/18.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.