Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Gelombang dan Optik

8420103049

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

24 Juli 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Tutut Nurita, S.Pd., M.Pd., Laily Rosdiana, S.Pd., M.Pd., An Nuril Maulida Fauziah, S.Pd., M.Pd., Muhamad Arif Mahdiannur, S.Pd., M.Pd.




Dr. Mohammad Budiyanto




Prof. Dr. Erman, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab, mendemontrasikan sikap ilmiah, kritis dan inovatif secara mandiri selama proses perkuliahan

PO - 2

Mampu menguasai konsep subtantif dasar getaran, gelombang, cahaya, alat optik serta penerapannya untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari

PO - 3

Mampu menunjukan kinerja mandiri , bermutu, dan terukur serta mengambil keputusan secara tepat dan bisa bekerja secara individu maupun dalam tim

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini mengaji dasar-dasar getaran, gelombang, cahaya, alat optic dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.Disajikan dalam bentuk teori dan praktek.

Pustaka

Utama :

  1. Matakuliah ini mengaji dasar-dasar getaran, gelombang, cahaya, alat optic dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.Disajikan dalam bentuk teori dan praktek.
  2. Referensi:
  3. Bass, Michael. 1995. Hand Book Of Optics. United States: McGraw-Hill Office
  4. Crowell, Benjamin. 2003. Vibrations and Waves. California: Fullerrton
  5. Giancoli, Douglas. 2014. Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley.
  6. Giancoli, Douglas. 2010. Fisika II. Jakarta: Erlangga.
  7. Sahara Muslim. 2004. Gelombang dan Optik.Jakarta : Depdikbud Dikti

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof.Dr. Wahono Widodo, M.Si.

Dr. Elok Sudibyo, S.Pd.,M.Pd.

Dr. Mohammad Budiyanto, S.Pd., M.Pd.

Tutut Nurita, S.Pd., M.Pd.

Laily Rosdiana, S.Pd., M.Pd.

An Nuril Maulida Fauziah, S.Pd., M.Pd.

Muhamad Arif Mahdiannur, S.Pd., M.Pd.

Dyah Permata Sari, S.Pd., M.Pd.

Ahmad Fauzi Hendratmoko, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menganalisis gejala-gejala getaran untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganalisis sifat-sifat getaran.
  2. Menurunkan persamaan rumus getaran.
  3. Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan getaran
  4. Menyusun laporan praktikum berkaitan dengan getaran
  5. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan fungsi simpangan terhadap waktu dari getaran
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes
Case based learning dan peer interaction
3 X 50‘
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa
3 x 60‘
Materi: Getaran
Pustaka: Bueche, F.J.(2000). Schaum's outline of college physics. Mc Graw-Hill.

Materi: Getaran
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley.
10%

2

Minggu ke 2

Menganalisis gejala-gejala getaran teredam untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganalisis getaran teredam
  2. Menjabarkan persamaan getaran teredam
  3. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan fungsi simpangan terhadap waktu dari getaran teredam
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case based learning dan peer interaction
3 X 50‘
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa
3 x 60‘
Materi: Getaran
Pustaka: Bueche, F.J.(2000). Schaum's outline of college physics. Mc Graw-Hill

Materi: Getaran
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley.
5%

3

Minggu ke 3

Menganalisis gejala-gejala resonansi getaran dan superposisi getaran untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi, bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganalisis resonansi getaran
  2. Menganalisis superposisi getaran
  3. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan fungsi simpangan terhadap waktu dari resonansi getaran dan superposisi getaran
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case based learning dan peer interaction
3 X 50‘
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa
3 x 60‘
Materi: Getaran
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley.

Materi: Getaran
Pustaka: Crowell, Benjamin. (2003). Vibrations and Waves. California: Fullerrton
5%

4

Minggu ke 4

Menganalisis gejala-gejala gelombang untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganalisis sifat-sifat gelombang
  2. Menurunkan persamaan rumus gelombang
  3. Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan gelombang
  4. Menyusun laporan praktikum berkaitan dengan gelombang
  5. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan gelombang
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes
Case based learning dan peer interaction
3 X 50‘
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa
3 x 60‘
Materi: Gelombang
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley.

Materi: Gelombang
Pustaka: Crowell, Benjamin. (2003). Vibrations and Waves. California: Fullerrton

Materi: Gelombang
Pustaka: Sahara Muslim. (2004). Gelombang dan Optik.Jakarta : Depdikbud Dikti

Materi: Gelombang
Pustaka: Bueche, F.J.(2000). Schaum's outline of college physics. Mc Graw-Hill
10%

5

Minggu ke 5

Menganalisis gejala-gejala gelombang harmonik untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganalisis gelombang harmonik
  2. Menganalisis superposisi dan interferensi gelombang harmonik
  3. Menurunkan persamaan rumus superposisi dan interferensi gelombang harmonik
  4. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan gelombang harmonik
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case based learning
3 X 50‘
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa
3 x 60‘
Materi: Gelombang Harmonik
Pustaka: Crowell, Benjamin. (2003). Vibrations and Waves. California: Fullerrton

Materi: Gelombang Harmonik
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley.
5%

6

Minggu ke 6

Menganalisis gejala-gejala gelombang berdiri untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganalisis gelombang berdiri
  2. Menurunkan rumus gelombang berdiri
  3. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan gelombang berdiri
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case based learning
3 X 50‘
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa
3 x 60‘
Materi: Gelombang
Pustaka: Crowell, Benjamin. (2003). Vibrations and Waves. California: Fullerrton

Materi: Gelombang
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley.
5%

7

Minggu ke 7

Menganalisis gejala-gejala superposisi gelombang berdiri untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganalisis superposisi gelombang berdiri
  2. Menurunkan persamaan rumus superposisi gelombang berdiri
  3. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan superposisi gelombang berdiri
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case based learning
3 X 50‘
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa
3 x 60‘
Materi: Gelombang
Pustaka: Crowell, Benjamin. (2003). Vibrations and Waves. California: Fullerrton

Materi: Gelombang
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley.
5%

8

Minggu ke 8

-

Sub-CMPK Pertemuan ke-1 s.d. ke-7

Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
Evaluasi Tengah Semester/Ujian Tengah Semester (UTS)
2 X 50‘

Materi: -
Pustaka:
0%

9

Minggu ke 9

Menganalisis bunyi untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganalisis karakteristik bunyi (properties of sound) dikaitkan dengan gelombang.
  2. Menganalisis sumber bunyi (senar dan kolom udara)
  3. Mendeskripsikan mekanisme pendengaran manusia
  4. Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan permasalahan contoh bunyi
  5. Menyusun laporan praktikum berkaitan dengan bunyi
  6. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan bunyi
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes
Case based learning
3 x 50‘
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa
3 X 60‘
Materi: Bunyi
Pustaka: Crowell, Benjamin. (2003). Vibrations and Waves. California: Fullerrton

Materi: Bunyi
Pustaka: Bueche, F.J.(2000). Schaum's outline of college physics. Mc Graw-Hill

Materi: Bunyi
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley.
10%

10

Minggu ke 10

Menganalisis kualitas bunyi, interferensi dan efek doppler untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah.

  1. Menganalisis kualitas bunyi
  2. Menganalisis interferensi bunyi
  3. Menganalisis efek Doppler.
  4. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan terjadinya efek doppler
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case based learning
3 X 50‘
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa
3 x 60‘
Materi: Bunyi
Pustaka: Crowell, Benjamin. (2003). Vibrations and Waves. California: Fullerrton

Materi: Bunyi
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley.

Materi: Bunyi
Pustaka: Sahara Muslim. (2004). Gelombang dan Optik.Jakarta : Depdikbud Dikti
5%

11

Minggu ke 11

Menganalisis cahaya sebagai gelombang elektromagnetik untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah.

  1. Menganalisis cahaya sebagai gelombang elektromagnetik dan spektrum elektromagnetik
  2. Menghitung laju cahaya
  3. Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan cahaya
  4. Menyusun laporan praktikum berkaitan dengan cahaya
  5. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan cahaya
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes
Case based learning dan peer-interaction
3 x 50‘
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa
3 X 60‘
Materi: Cahaya
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika II. Jakarta: Erlangga.

Materi: Cahaya
Pustaka: Bueche, F.J.(2000). Schaum's outline of college physics. Mc Graw-Hill
10%

12

Minggu ke 12

Menganalisis cahaya sebagai optik geometri untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah.

  1. Menganalisis pembentukan bayangan akibat pemantulan cahaya pada cermin
  2. Menganalisis pembentukan bayangan akibat pembiasan cahaya pada lensa
  3. Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan pemantulan cahaya pada cermin dan pembiasan cahaya pada lensa
  4. Menyusun laporan praktikum berkaitan dengan pemantulan dan pembiasan cahaya
  5. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan pemantulan dan pembiasan cahaya
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes
Case based learning dan peer-interaction
3 X 50‘
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa
3 x 60‘
Materi: Cahaya
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika II. Jakarta: Erlangga.

Materi: Cahaya
Pustaka: Bueche, F.J.(2000). Schaum's outline of college physics. Mc Graw-Hill
10%

13

Minggu ke 13

Menganalisis sifat gelombang pada cahaya untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah.

  1. Menganalisis sifat gelombang cahaya (difraksi, interferensi dan polarisasi)
  2. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan sifat gelombang cahaya
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case based learning dan peer-interaction
3 X 50‘
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa
3 x 60‘
Materi: Cahaya
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika II. Jakarta: Erlangga.

Materi: Cahaya
Pustaka: Bueche, F.J.(2000). Schaum's outline of college physics. Mc Graw-Hill
5%

14

Minggu ke 14

Menganalisis alat-alat optik (kamera dan mata manusia) untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah.

  1. Menganalisis pembentukan bayangan dan sifat-sifatnya dalam peralatan yang memanfaatkan cahaya, meliputi kamera dan mata manusia
  2. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan pembentukan bayangan pada kamera dan mata manusia
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case based learning dan peer-interaction
3 X 50‘
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa
3 x 60‘
Materi: Optik
Pustaka: Bass, Michael. (1995). Hand Book Of Optics. United States: McGraw-Hill Office

Materi: Optik
Pustaka: Sahara Muslim. (2004). Gelombang dan Optik.Jakarta : Depdikbud Dikti

Materi: Optik
Pustaka: Bueche, F.J.(2000). Schaum's outline of college physics. Mc Graw-Hill
5%

15

Minggu ke 15

Menganalisis alat-alat optik (kacamata, lup, mikroskop dan teropong) untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah.

  1. Menganalisis pembentukan bayangan dan sifat-sifatnya dalam peralatan yang memanfaat cahaya, meliputi kaca mata, lup, mikroskop, dan teropong
  2. Mengambil keputusan penggunaan alat optk dan kekuatan lensa yang dipilih untuk penggunaan tertentu
  3. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan pembentukan bayangan pada kaca mata, lup, mikroskop, dan teropong
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case based learning dan peer-interaction
3 X 50‘
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa
3 x 60‘
Materi: Optik
Pustaka: Bass, Michael. (1995). Hand Book Of Optics. United States: McGraw-Hill Office

Materi: Optik
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika II. Jakarta: Erlangga.

Materi: Optik
Pustaka: Bueche, F.J.(2000). Schaum's outline of college physics. Mc Graw-Hill
10%

16

Minggu ke 16

-

Sub-CMPK 1 s.d. 15

Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
Evaluasi Akhir Semester/ Ujian Akhir Semester
2 x 50‘

Materi: -
Pustaka:
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 44.15%
2. Penilaian Praktikum 16.65%
3. Tes 39.15%
99.95%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.