|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Gelombang dan Optik |
8420103049 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
24 Juli 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Tutut Nurita, S.Pd., M.Pd., Laily Rosdiana, S.Pd., M.Pd., An Nuril Maulida Fauziah, S.Pd., M.Pd., Muhamad Arif Mahdiannur, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Mohammad Budiyanto
|
Prof. Dr. Erman, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab, mendemontrasikan sikap ilmiah, kritis dan inovatif secara mandiri selama proses perkuliahan
|
PO - 2 |
Mampu menguasai konsep subtantif dasar getaran, gelombang, cahaya, alat optik serta penerapannya untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
|
PO - 3 |
Mampu menunjukan kinerja mandiri , bermutu, dan terukur serta mengambil keputusan secara tepat dan bisa bekerja secara individu maupun dalam tim
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini mengaji dasar-dasar getaran, gelombang, cahaya, alat optic dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.Disajikan dalam bentuk teori dan praktek. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Matakuliah ini mengaji dasar-dasar getaran, gelombang, cahaya, alat optic dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.Disajikan dalam bentuk teori dan praktek.
- Referensi:
- Bass, Michael. 1995. Hand Book Of Optics. United States: McGraw-Hill Office
- Crowell, Benjamin. 2003. Vibrations and Waves. California: Fullerrton
- Giancoli, Douglas. 2014. Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley.
- Giancoli, Douglas. 2010. Fisika II. Jakarta: Erlangga.
- Sahara Muslim. 2004. Gelombang dan Optik.Jakarta : Depdikbud Dikti
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof.Dr. Wahono Widodo, M.Si. Dr. Elok Sudibyo, S.Pd.,M.Pd. Dr. Mohammad Budiyanto, S.Pd., M.Pd. Tutut Nurita, S.Pd., M.Pd. Laily Rosdiana, S.Pd., M.Pd. An Nuril Maulida Fauziah, S.Pd., M.Pd. Muhamad Arif Mahdiannur, S.Pd., M.Pd. Dyah Permata Sari, S.Pd., M.Pd. Ahmad Fauzi Hendratmoko, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menganalisis gejala-gejala getaran untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganalisis sifat-sifat getaran.
- Menurunkan persamaan rumus getaran.
- Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan getaran
- Menyusun laporan praktikum berkaitan dengan getaran
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan fungsi simpangan terhadap waktu dari getaran
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes |
Case based learning dan peer interaction 3 X 50‘ |
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa 3 x 60‘ |
Materi: Getaran Pustaka: Bueche, F.J.(2000). Schaum's outline of college physics. Mc Graw-Hill. Materi: Getaran Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley. |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis gejala-gejala getaran teredam untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganalisis getaran teredam
- Menjabarkan persamaan getaran teredam
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan fungsi simpangan terhadap waktu dari getaran teredam
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case based learning dan peer interaction 3 X 50‘ |
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa 3 x 60‘ |
Materi: Getaran Pustaka: Bueche, F.J.(2000). Schaum's outline of college physics. Mc Graw-Hill Materi: Getaran Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis gejala-gejala resonansi getaran dan superposisi getaran untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi, bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganalisis resonansi getaran
- Menganalisis superposisi getaran
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan fungsi simpangan terhadap waktu dari resonansi getaran dan superposisi getaran
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case based learning dan peer interaction 3 X 50‘ |
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa 3 x 60‘ |
Materi: Getaran Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley. Materi: Getaran Pustaka: Crowell, Benjamin. (2003). Vibrations and Waves. California: Fullerrton |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis gejala-gejala gelombang untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganalisis sifat-sifat gelombang
- Menurunkan persamaan rumus gelombang
- Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan gelombang
- Menyusun laporan praktikum berkaitan dengan gelombang
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan gelombang
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes |
Case based learning dan peer interaction 3 X 50‘ |
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa 3 x 60‘ |
Materi: Gelombang Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley. Materi: Gelombang Pustaka: Crowell, Benjamin. (2003). Vibrations and Waves. California: Fullerrton Materi: Gelombang Pustaka: Sahara Muslim. (2004). Gelombang dan Optik.Jakarta : Depdikbud Dikti Materi: Gelombang Pustaka: Bueche, F.J.(2000). Schaum's outline of college physics. Mc Graw-Hill |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis gejala-gejala gelombang harmonik untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganalisis gelombang harmonik
- Menganalisis superposisi dan interferensi gelombang harmonik
- Menurunkan persamaan rumus superposisi dan interferensi gelombang harmonik
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan gelombang harmonik
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case based learning 3 X 50‘ |
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa 3 x 60‘ |
Materi: Gelombang Harmonik Pustaka: Crowell, Benjamin. (2003). Vibrations and Waves. California: Fullerrton Materi: Gelombang Harmonik Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis gejala-gejala gelombang berdiri untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganalisis gelombang berdiri
- Menurunkan rumus gelombang berdiri
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan gelombang berdiri
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case based learning 3 X 50‘ |
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa 3 x 60‘ |
Materi: Gelombang Pustaka: Crowell, Benjamin. (2003). Vibrations and Waves. California: Fullerrton Materi: Gelombang Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis gejala-gejala superposisi gelombang berdiri untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganalisis superposisi gelombang berdiri
- Menurunkan persamaan rumus superposisi gelombang berdiri
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan superposisi gelombang berdiri
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case based learning 3 X 50‘ |
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa 3 x 60‘ |
Materi: Gelombang Pustaka: Crowell, Benjamin. (2003). Vibrations and Waves. California: Fullerrton Materi: Gelombang Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
- |
Sub-CMPK Pertemuan ke-1 s.d. ke-7 |
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)UTS Bentuk Penilaian : Tes |
Evaluasi Tengah Semester/Ujian Tengah Semester (UTS) 2 X 50‘ |
|
Materi: - Pustaka: |
0% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis bunyi untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganalisis karakteristik bunyi (properties of sound) dikaitkan dengan gelombang.
- Menganalisis sumber bunyi (senar dan kolom udara)
- Mendeskripsikan mekanisme pendengaran manusia
- Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan permasalahan contoh bunyi
- Menyusun laporan praktikum berkaitan dengan bunyi
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan bunyi
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes |
Case based learning 3 x 50‘ |
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa 3 X 60‘ |
Materi: Bunyi Pustaka: Crowell, Benjamin. (2003). Vibrations and Waves. California: Fullerrton Materi: Bunyi Pustaka: Bueche, F.J.(2000). Schaum's outline of college physics. Mc Graw-Hill Materi: Bunyi Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisis kualitas bunyi, interferensi dan efek doppler untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah. |
- Menganalisis kualitas bunyi
- Menganalisis interferensi bunyi
- Menganalisis efek Doppler.
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan terjadinya efek doppler
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case based learning 3 X 50‘ |
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa 3 x 60‘ |
Materi: Bunyi Pustaka: Crowell, Benjamin. (2003). Vibrations and Waves. California: Fullerrton Materi: Bunyi Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications Ed 7E. California: Addison-Wesley. Materi: Bunyi Pustaka: Sahara Muslim. (2004). Gelombang dan Optik.Jakarta : Depdikbud Dikti |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis cahaya sebagai gelombang elektromagnetik untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah. |
- Menganalisis cahaya sebagai gelombang elektromagnetik dan spektrum elektromagnetik
- Menghitung laju cahaya
- Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan cahaya
- Menyusun laporan praktikum berkaitan dengan cahaya
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan cahaya
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes |
Case based learning dan peer-interaction 3 x 50‘ |
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa 3 X 60‘ |
Materi: Cahaya Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika II. Jakarta: Erlangga. Materi: Cahaya Pustaka: Bueche, F.J.(2000). Schaum's outline of college physics. Mc Graw-Hill |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis cahaya sebagai optik geometri untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah. |
- Menganalisis pembentukan bayangan akibat pemantulan cahaya pada cermin
- Menganalisis pembentukan bayangan akibat pembiasan cahaya pada lensa
- Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan pemantulan cahaya pada cermin dan pembiasan cahaya pada lensa
- Menyusun laporan praktikum berkaitan dengan pemantulan dan pembiasan cahaya
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan pemantulan dan pembiasan cahaya
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes |
Case based learning dan peer-interaction 3 X 50‘ |
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa 3 x 60‘ |
Materi: Cahaya Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika II. Jakarta: Erlangga. Materi: Cahaya Pustaka: Bueche, F.J.(2000). Schaum's outline of college physics. Mc Graw-Hill |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Menganalisis sifat gelombang pada cahaya untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah. |
- Menganalisis sifat gelombang cahaya (difraksi, interferensi dan polarisasi)
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan sifat gelombang cahaya
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case based learning dan peer-interaction 3 X 50‘ |
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa 3 x 60‘ |
Materi: Cahaya Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika II. Jakarta: Erlangga. Materi: Cahaya Pustaka: Bueche, F.J.(2000). Schaum's outline of college physics. Mc Graw-Hill |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menganalisis alat-alat optik (kamera dan mata manusia) untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah. |
- Menganalisis pembentukan bayangan dan sifat-sifatnya dalam peralatan yang memanfaatkan cahaya, meliputi kamera dan mata manusia
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan pembentukan bayangan pada kamera dan mata manusia
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case based learning dan peer-interaction 3 X 50‘ |
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa 3 x 60‘ |
Materi: Optik Pustaka: Bass, Michael. (1995). Hand Book Of Optics. United States: McGraw-Hill Office Materi: Optik Pustaka: Sahara Muslim. (2004). Gelombang dan Optik.Jakarta : Depdikbud Dikti Materi: Optik Pustaka: Bueche, F.J.(2000). Schaum's outline of college physics. Mc Graw-Hill |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis alat-alat optik (kacamata, lup, mikroskop dan teropong) untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi , bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah. |
- Menganalisis pembentukan bayangan dan sifat-sifatnya dalam peralatan yang memanfaat cahaya, meliputi kaca mata, lup, mikroskop, dan teropong
- Mengambil keputusan penggunaan alat optk dan kekuatan lensa yang dipilih untuk penggunaan tertentu
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk menggambarkan pembentukan bayangan pada kaca mata, lup, mikroskop, dan teropong
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case based learning dan peer-interaction 3 X 50‘ |
Case based learning dan peer-interaction (synchronous) via Zoom/Google Meet
Asynchronous via LMS Unesa 3 x 60‘ |
Materi: Optik Pustaka: Bass, Michael. (1995). Hand Book Of Optics. United States: McGraw-Hill Office Materi: Optik Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika II. Jakarta: Erlangga. Materi: Optik Pustaka: Bueche, F.J.(2000). Schaum's outline of college physics. Mc Graw-Hill |
10% |
16
Minggu ke 16 |
- |
Sub-CMPK 1 s.d. 15 |
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) UAS Bentuk Penilaian : Tes |
Evaluasi Akhir Semester/ Ujian Akhir Semester 2 x 50‘ |
|
Materi: - Pustaka: |
0% |