Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Mekanika Fluida

2220102221

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

29 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mengembangkan pengetahuan dan tekonologi dalam bidang teknik sipil atau praktik professional melalui perancangan, riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

PLO-6

Mampu menganalisis, mendesain, merancang, serta mengevaluasi dalam mengambil keputusan yang strategis dalam bidang teknik sipil.

PLO-7

Mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan permasalahan keteknisksipilan dan sains melalui penerapan ilmu atau menggunakan aplikasi pendukung.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai konsep dan teori secara mendalam tentang sifat-sifat fluida, tekanan hidrostatis pada bidang datar, gaya apung,persamaan energy pada fluida bergerak, prinsip persamaan energy Bernoulli, aplikasi persamaan Bernoulli dalam bidang teknik sipil, aliran melalui orifice, aliran melalui pelimpah, aliran melalui pipa

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6PLO-7
PO-1   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang sifat-sifat fluida, tekanan hidrostatis pada bidang datar, gaya apung,persamaan energy pada fluida bergerak, prinsip persamaan energy Bernoulli, aplikasi persamaan Bernoulli dalam bidang teknik sipil, aliran melalui orifice, aliran melalui pelimpah, aliran melalui pipa

Pustaka

Utama :

  1. Anggraini. 1995. Hidrolika Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
  2. ASCE. 2015. Jurnal of Hydraulic Engineering.
  3. Frank M. White. 1994. Fluide Mechanic and Hidraulic. Mc GrawHill
  4. ISH. 2015. Jurnal of Hydraulic Engineering.
  5. Soedradjat. 1983. Mekanika Fluida dan Hidrolika . Bandung: Nova.
  6. Soemitro Herman Widodo, Ronald V. Giles. 1990. Mekanika fluida & Hidrolika . Jakarta: Erlangga.
  7. Subramanya. 1995. Hidrolika . Jakarta: Erlangga.
  8. Triatmodjo, B. 1991. Hidraulika . Yogyakarta: Beta Offset.
  9. Ven Te Chow. 1985. Hidrolika dan Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
  10. Triatmodjo, B. 1991. Hidraulika II . Yogyakarta: Beta Offset

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendeskripsikan secara umum definisi fluida,aplikasi mekanika fluida pada bidang teknik sipil,dan satuan dan dimensi pada mekanika fluida

  1. Kontrak kuliah dan RPS
  2. Pengertian dan definisi fluida
  3. Aplikasi mekanika fluida pada bidang teknik sipil
  4. Satuan dan Dimensi
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep fluida
  2. Ketepatan dalam menjelaskan konsep fluida
  3. Ketepatan dalam menjelaskan satuan dan dimensi
  4. Ketepatan dalam menjelaskan aplikasi mekanika fluida dalam bidang teknik sipil

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50

2 x 50
Materi: ASCE. 2015. Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:

Materi: Anggraini. 1995. Hidrolika Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:

Materi: Ven Te Chow. 1985. Hidrolika dan Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu Mendeskripsikan sifat-sifat fluida

  1. Sifat-sifat fluida
  2. Fluida ideal dan Newtonian Fluid,
  3. Rapat massa, kerapatan relative, dan berat spesifik.
  4. Kekentalan fluida (viskositas))
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menjelaskan sifat-sifat fluida
  2. Ketepatan dalam menjelaskan fluida idela dan newtonan fluida
  3. Ketepatan dalam menjelaskan rapat massa, kerpatan relative dan berat spesifik
  4. Ketepatan dalam menjelaskan kekntalan fluida

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Materi: ASCE. 2015. Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:

Materi: Anggraini. 1995. Hidrolika Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangg
Pustaka:

Materi: Ven Te Chow. 1985. Hidrolika dan Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu Menguasai definisi tekanan permukaan, compresibilitas fluida, dan aliran laminar dan turbulen

  1. Tekanan permukaan
  2. Kompressibilitas
  3. Kapilaritas fluida
  4. Aliran laminar dan turbulen
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menjelaskan dan perhitungan tekanan permukaan
  2. Ketepatan dalam menjelaskan kompressibilitas
  3. Ketepatan dalam menjelaskan dan perhitungan kapilaritas fluida
  4. Ketepatan dalam menjelaskan aliran laminar dan turbulen

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Materi: ASCE. 2015. Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:

Materi: Anggraini. 1995. Hidrolika Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangg
Pustaka:

Materi: Ven Te Chow. 1985. Hidrolika dan Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu Mendeskripsikan Tekanan Hidrostatis

  1. Pengertian tekanan
  2. Tekanan pada suatu titik
  3. Tekanan atmosfir, absolut, dan relatif
  4. Manometer dan alat ukur tekanan
Kriteria:

Ketepatan dalam menjelaskan konsep tekanan hidrostatais


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Materi: ASCE. 2015. Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:

Materi: Anggraini. 1995. Hidrolika Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: Ven Te Chow. 1985. Hidrolika dan Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu Menentukan Tekanan hidrostatis pada bidang datar vertical, horizontal, dan miring

  1. Tekanan pada bidang datar
  2. Tekanan pada bidang vertical dan horizontal
  3. Tekanan pada bidang miring
Kriteria:

Ketepatan dalam menghitung Tekanan pada bidang datar, vertical dan horizonatl dan bidang miring


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Materi: ASCE. 2015. Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:

Materi: Anggraini. 1995. Hidrolika Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: Ven Te Chow. 1985. Hidrolika dan Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu Menentukan Tekanan hidrostatis pada bending dan pintu air

  1. Tekanan pada bendung
  2. Tekanan pada pintu air
Kriteria:
  1. Ketepatan dallam menjelaskan dan menghitung tekanan pada pintu air
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung tekanan pada bending

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Materi: ASCE. 2015. Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:

Materi: Anggraini. 1995. Hidrolika Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: Ven Te Chow. 1985. Hidrolika dan Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu Mendiskripsikan keseimbangan benda dalam fluida

  1. Gaya Apung
  2. Hukum Archimedes
  3. Keseimbangan benda apung
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep dan menghitung gaya apung
  2. Ketepatan dalam menjelaskan konsep dan menghitung hokum Archimedes
  3. Ketepatan dalam menjelaskan konsep dan menghitung keseimbangan benda apung

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Materi: ASCE. 2015. Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:

Materi: Anggraini. 1995. Hidrolika Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: Ven Te Chow. 1985. Hidrolika dan Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

Evaluasi Tengah Semester

Hasil ujian

Kriteria:

Ketepatan dalam mengerjakan soal ujian tengah semester


Bentuk Penilaian :
Tes
Evaluasi Tengah Semester
90 MENIT
Evaluasi Tengah Semester
90 MENIT
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menjelaskan kenematika aliran

  1. Jenis jenis aliran
  2. Garis arus (streamline) dan tabung arus
  3. Kecepatan, percepatan, dan debit aliran
  4. Persaman kontinuitas
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menjelaskan jenis-jenis aliran
  2. Ketepatan dalam menjelaskan Garis arus (streamline) dan tabung arus
  3. Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung Kecepatan, percepatan, dan debit aliran
  4. Ketepatan dalam menjelaskan persamaan kontinuitas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Materi: Anggraini. 1995. Hidrolika Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: ASCE. 2015. Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:

Materi: Ven Te Chow. 1985. Hidrolika dan Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menjelaskan persamaan Bernoulli

  1. Garis tekanan dan garis energi
  2. Persamaan Bernoulli
  3. Venturimeter
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menjelaskan garis tekanan dan garis energi
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung menggunakan persamaan bernauli
  3. Ketepatan dalam menggunakan venturimeter

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Materi: ASCE. 2015. Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:

Materi: Anggraini. 1995. Hidrolika Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:

Materi: Ven Te Chow. 1985. Hidrolika dan Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu Mendeskripsikan Persamaan Momentum

  1. Persamaan momentum
  2. Gaya akibat perubahan kecepatan
  3. Gaya akibat perubahan arah aliran.
  4. Gaya akibat pancaran air
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep dan perhitungan persamaan momentum
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung gaya akibat perubahan kecepatan
  3. Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung gaya akibat perubahan arah aliran
  4. Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung gaya akibat pancaran air

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Materi: ASCE. 2015. Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:

Materi: Anggraini. 1995. Hidrolika Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:

Materi: Ven Te Chow. 1985. Hidrolika dan Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu Menentukan aliran melalui orifice.Indikator

  1. Pengertian aliran orifice
  2. Aliran melalui orifice kecil
  3. Aliran melalui lubang besar
  4. Pengosongan tangki
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep Aliran orifice
  2. Ketepatan dalam menjelaskan aliran melalui orifice kecil
  3. Ketepatan dalam menjelaskan aliran melalui orifice besar
  4. Ketepatan dalam menghitung pengosongan tangki

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Materi: ASCE. 2015. Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:

Materi: Anggraini. 1995. Hidrolika Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:

Materi: Ven Te Chow. 1985. Hidrolika dan Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu Menentukan aliran melalui pelimpah.

  1. Pengertian aliran melalui pelimpah
  2. Aliran melalui pelimpah segiempat, segitiga, dan trapezium.
  3. Aliran melalui pelimpah tenggelam
  4. Aliran melalui ambang lebar
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep aliran melalui pelimpah
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung Aliran melalui pelimpah segiempat, segitiga, dan trapezium.
  3. Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung Aliran melalui pelimpah tenggelam
  4. Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung aliran melalui amabng lebar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Materi: ASCE. 2015. Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:

Materi: Anggraini. 1995. Hidrolika Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:

Materi: Ven Te Chow. 1985. Hidrolika dan Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu Menentukan pompa dan turbin

  1. Jenis jenis pompa dan turbin
  2. Tinggi aliran pompa
  3. Daya pada aliran.
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menjelaskan jeinis-jenis pompa dan turbin
  2. Ketepatan dalam menjelaskan konsep dan perhitungan tinggi aliran pompa
  3. Ketepatan dalam perhitungan daya tahan aliran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Kuliah (Tatap muka)
2 x 50
Materi: ASCE. 2015. Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:

Materi: Anggraini. 1995. Hidrolika Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:

Materi: Ven Te Chow. 1985. Hidrolika dan Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu Menentukan aliran melalui pipa

  1. Mengetian aliran melalui pipa
  2. Kehilangan energi pada aliran pipa
  3. Persamaan gaya gesekan
  4. Aliran pipa seri, parallel, dan equivalen
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menjelaskan aliran melalui pipa
  2. Ketepatan dalam menjelaskan konsep dan perhitungan kehilangan energi pada pipa
  3. Ketepatan dalam perhitungan persamaan gaya gesekan
  4. Ketepatan dalam mnejlaskan konsep aliran pipa seri, parallel dan equivalen

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah tatap muka
2 x 50
kuliah tatap muka
2 x 50
Materi: ASCE. 2015. Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:

Materi: Anggraini. 1995. Hidrolika Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:

Materi: Ven Te Chow. 1985. Hidrolika dan Saluran Terbuka . Jakarta: Erlangga.
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

Evaluasi Akhir Semester

hasil ujian

Kriteria:

Ketepatan dalam mengerjakan soal Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Tes
Evaluasi Akhir Semester
2 x 50
Evaluasi Akhir Semester
2 x 50
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 70%
2. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.