|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengemb Pemb Bhs&sastra Ind Sd |
8620602142 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
31 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-8 |
Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga). |
PLO-10 |
Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian. |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembahasan hakikat ABK, jenis dan karakteristik ABK, kemampuan dan gangguan berbahasa ABK, silabus BI
untuk ABK, metode Pembelajaran BI untuk ABK, media pembelajaran BI untuk ABK, penilaian BI untuk ABK,
penyusunan RPP Mapel BI ABK, penelitian BI untuk ABK, dan literasi untuk ABK melalui kegiatan tatap muka,
pelatihan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi guna menghasilkan artikel/makalah untuk
dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran/gelar karya prodi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SLB . 2016. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Julka, A., Sudesh Mukhopuhysy, dan Sidhi Viyas. 2014. Including Children with Special Needs. Departement of Education of Group with Special Needs
- Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education.
- Supporting Students with Special Needs in School . 2013. National Council for Special Education.
- Kurikulum 2013. Mata Pelajaran BI untuk ABK. 2013
- Soetjiningsih. 1995. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC
- Hurlock, E.B. 1998. Perkembangan Anak. Jilid 1 dan 2
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendeskripsikan hakikat Anak Berkebutuhan Khusus' |
Menjelaskan pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK |
Kriteria:
3: penjelasan lengkap dan benar 2: penjelasan kurang lengkap dan benar 1: penjelasan kurang lengkap dan ada yang kurang benar 0: tidak ada penjelasan yang benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education. |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Mendeskripsikan hakikat Anak Berkebutuhan Khusus' |
Menjelaskan pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK |
Kriteria:
3: penjelasan lengkap dan benar 2: penjelasan kurang lengkap dan benar 1: penjelasan kurang lengkap dan ada yang kurang benar 0: tidak ada penjelasan yang benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education. |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Mendeskripsikan hakikat Anak Berkebutuhan Khusus' |
Menjelaskan pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK |
Kriteria:
3: penjelasan lengkap dan benar 2: penjelasan kurang lengkap dan benar 1: penjelasan kurang lengkap dan ada yang kurang benar 0: tidak ada penjelasan yang benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education. |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Mendeskripsikan hakikat Anak Berkebutuhan Khusus' |
Menjelaskan pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK |
Kriteria:
3: penjelasan lengkap dan benar 2: penjelasan kurang lengkap dan benar 1: penjelasan kurang lengkap dan ada yang kurang benar 0: tidak ada penjelasan yang benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education. |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Mendeskripsikan hakikat Anak Berkebutuhan Khusus' |
Menjelaskan pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK |
Kriteria:
3: penjelasan lengkap dan benar 2: penjelasan kurang lengkap dan benar 1: penjelasan kurang lengkap dan ada yang kurang benar 0: tidak ada penjelasan yang benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mendeskripsikan hakikat Anak Berkebutuhan Khusus' |
Menjelaskan pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK |
Kriteria:
3: penjelasan lengkap dan benar 2: penjelasan kurang lengkap dan benar 1: penjelasan kurang lengkap dan ada yang kurang benar 0: tidak ada penjelasan yang benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mendeskripsikan hakikat Anak Berkebutuhan Khusus' |
Menjelaskan pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK |
Kriteria:
3: penjelasan lengkap dan benar 2: penjelasan kurang lengkap dan benar 1: penjelasan kurang lengkap dan ada yang kurang benar 0: tidak ada penjelasan yang benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
2 X 50 |
|
|
25% |
9
Minggu ke 9 |
Menguasai konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK |
Memahami konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK |
Kriteria:
1. menulis makalah sesuai dengan topik dan mampu mempresentasikan dengan baik. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Menguasai konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK |
Memahami konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK |
Kriteria:
1. menulis makalah sesuai dengan topik dan mampu mempresentasikan dengan baik. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education. |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Menguasai konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK |
Memahami konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK |
Kriteria:
1. menulis makalah sesuai dengan topik dan mampu mempresentasikan dengan baik. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Menguasai konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK |
Memahami konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK |
Kriteria:
1. menulis makalah sesuai dengan topik dan mampu mempresentasikan dengan baik. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Menguasai konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK |
Memahami konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK |
Kriteria:
1. menulis makalah sesuai dengan topik dan mampu mempresentasikan dengan baik. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Menguasai konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK |
Memahami konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK |
Kriteria:
1. menulis makalah sesuai dengan topik dan mampu mempresentasikan dengan baik. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Menguasai konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK |
Memahami konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK |
Kriteria:
1. menulis makalah sesuai dengan topik dan mampu mempresentasikan dengan baik. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
2 X 50 |
|
|
25% |