Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengemb Pemb Bhs&sastra Ind Sd

8620602142

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

31 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-8

Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).

PLO-10

Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-8PLO-10

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembahasan hakikat ABK, jenis dan karakteristik ABK, kemampuan dan gangguan berbahasa ABK, silabus BI untuk ABK, metode Pembelajaran BI untuk ABK, media pembelajaran BI untuk ABK, penilaian BI untuk ABK, penyusunan RPP Mapel BI ABK, penelitian BI untuk ABK, dan literasi untuk ABK melalui kegiatan tatap muka, pelatihan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi guna menghasilkan artikel/makalah untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran/gelar karya prodi.

Pustaka

Utama :

  1. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SLB . 2016. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.
  2. Julka, A., Sudesh Mukhopuhysy, dan Sidhi Viyas. 2014. Including Children with Special Needs. Departement of Education of Group with Special Needs
  3. Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education.
  4. Supporting Students with Special Needs in School . 2013. National Council for Special Education.
  5. Kurikulum 2013. Mata Pelajaran BI untuk ABK. 2013
  6. Soetjiningsih. 1995. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC
  7. Hurlock, E.B. 1998. Perkembangan Anak. Jilid 1 dan 2

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendeskripsikan hakikat Anak Berkebutuhan Khusus'

Menjelaskan pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK

Kriteria:

3: penjelasan lengkap dan benar 2: penjelasan kurang lengkap dan benar 1: penjelasan kurang lengkap dan ada yang kurang benar 0: tidak ada penjelasan yang benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK
Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education.
10%

2

Minggu ke 2

Mendeskripsikan hakikat Anak Berkebutuhan Khusus'

Menjelaskan pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK

Kriteria:

3: penjelasan lengkap dan benar 2: penjelasan kurang lengkap dan benar 1: penjelasan kurang lengkap dan ada yang kurang benar 0: tidak ada penjelasan yang benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK
Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education.
10%

3

Minggu ke 3

Mendeskripsikan hakikat Anak Berkebutuhan Khusus'

Menjelaskan pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK

Kriteria:

3: penjelasan lengkap dan benar 2: penjelasan kurang lengkap dan benar 1: penjelasan kurang lengkap dan ada yang kurang benar 0: tidak ada penjelasan yang benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK
Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education.
10%

4

Minggu ke 4

Mendeskripsikan hakikat Anak Berkebutuhan Khusus'

Menjelaskan pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK

Kriteria:

3: penjelasan lengkap dan benar 2: penjelasan kurang lengkap dan benar 1: penjelasan kurang lengkap dan ada yang kurang benar 0: tidak ada penjelasan yang benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK
Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education.
10%

5

Minggu ke 5

Mendeskripsikan hakikat Anak Berkebutuhan Khusus'

Menjelaskan pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK

Kriteria:

3: penjelasan lengkap dan benar 2: penjelasan kurang lengkap dan benar 1: penjelasan kurang lengkap dan ada yang kurang benar 0: tidak ada penjelasan yang benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK
Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education.
10%

6

Minggu ke 6

Mendeskripsikan hakikat Anak Berkebutuhan Khusus'

Menjelaskan pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK

Kriteria:

3: penjelasan lengkap dan benar 2: penjelasan kurang lengkap dan benar 1: penjelasan kurang lengkap dan ada yang kurang benar 0: tidak ada penjelasan yang benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK
Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education.
10%

7

Minggu ke 7

Mendeskripsikan hakikat Anak Berkebutuhan Khusus'

Menjelaskan pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK

Kriteria:

3: penjelasan lengkap dan benar 2: penjelasan kurang lengkap dan benar 1: penjelasan kurang lengkap dan ada yang kurang benar 0: tidak ada penjelasan yang benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: pengertian ABK Menjelaskan ruang lingkup ABK
Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education.
10%

8

Minggu ke 8


2 X 50

25%

9

Minggu ke 9

Menguasai konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK

Memahami konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK

Kriteria:

1. menulis makalah sesuai dengan topik dan mampu mempresentasikan dengan baik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK
Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education.
10%

10

Minggu ke 10

Menguasai konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK

Memahami konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK

Kriteria:

1. menulis makalah sesuai dengan topik dan mampu mempresentasikan dengan baik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK
Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education.
10%

11

Minggu ke 11

Menguasai konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK

Memahami konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK

Kriteria:

1. menulis makalah sesuai dengan topik dan mampu mempresentasikan dengan baik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK
Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education.
10%

12

Minggu ke 12

Menguasai konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK

Memahami konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK

Kriteria:

1. menulis makalah sesuai dengan topik dan mampu mempresentasikan dengan baik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK
Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education.
10%

13

Minggu ke 13

Menguasai konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK

Memahami konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK

Kriteria:

1. menulis makalah sesuai dengan topik dan mampu mempresentasikan dengan baik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK
Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education.
10%

14

Minggu ke 14

Menguasai konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK

Memahami konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK

Kriteria:

1. menulis makalah sesuai dengan topik dan mampu mempresentasikan dengan baik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK
Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education.
10%

15

Minggu ke 15

Menguasai konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK

Memahami konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK

Kriteria:

1. menulis makalah sesuai dengan topik dan mampu mempresentasikan dengan baik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: konsep pembelajaran BI untuk ABK Merencanakan pembelajaran BI untuk ABK
Pustaka: Children with Special Educational Needs: Information Booklet for Parents . 2014. National Council for Special Education.
10%

16

Minggu ke 16

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes

2 X 50

25%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 140%
2. Tes 25%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.