|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S2 Hukum
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Law and Sports |
7410802051 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dita Perwitasari, S.H., M.Kn.
|
Arinto Nugroho, S.H., S.Pd., M.H.
|
Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dan solutif melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dalam bidang keilmuannya |
PLO-18 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dengan semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
mahasiswa mampu menganalisis materi law and sports dan dikontekstualisasikan dalam kasus-kasus hukum yang ada di masyarakat.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Law and Sports berorientasi untuk mempelajari bidang olahraga dalam perspektif hukum, baik secara privat, administrasi, serta publik dan tetap menegaskan keberlakuan asas lex sportiva dan lex ludica yang terdapat dalam cabang olahraga itu sendiri. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Firmansyah, Nurharsya Khaer Hanafie, Hukum Keolahragaan: Mengungkap Bisnis Klub dan Sengketa Kontrak Pemain Sepakbola Profesional di Indonesia, Badan Penerbit UNM, Makassar, 2022.
- Putu Sudarma. Hukum Olahrag Dalam Bingkai Hukum Bisnis. UdayanaUniversity Press. Denpasar. 2016.
- Thornton, Patrick. Sports Law. Massachusetts: Jones and Bartlett Publishers. 2011.
- Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan. Republik Indonesia.
|
Pendukung : |
|
- Robert C. R. Siekmann, Janwillem Soek. Lex sportiva: what is sports law?. T.M.C. Asser Press, 2012
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. I Made Sri Undy Mahardika, M.Pd. Arinto Nugroho, S.H., S.Pd., M.H. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami pengertian umum tentang law and sports |
Dapat memahami pengertian umum tentang hukum dan olahraga |
Kriteria:
Ketepatan memahami pengertian umum tentang hukum dan olahraga Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah &
Diskusi,
*Tugas-1: Menjelaskan pengertian umum tentang hukum dan olahraga 50 |
|
Materi: Pengantar Pustaka: Materi: Dasar-Dasar hukum dan olahraga Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa menjelaskan perbedaan hukum dan olahraga (law and sports) dan hukum keolahragaan (sports law) |
Dapat menjelaskan perbedaan hukum dan olahraga (law and sports) dan hukum keolahragaan (sports law) |
Kriteria:
Ketepatan menjelaskan perbedaan hukum dan olahraga (law and sports) dan hukum keolahragaan (sports law) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-2: Melakukan review materi terkait perbedaan hukum dan olahraga (law and sports) dan hukum keolahragaan (sports law) 50 |
|
Materi: Pengantar Pustaka: Materi: Dasar-Dasar hukum dan olahraga Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami asas dasar dalam law and sports yaitu asas lex sportiva dan lex ludica |
Dapat menjelaskan asas dasar dalam law and sports yaitu asas lex sportiva dan lex ludica |
Kriteria:
Ketepatan analisis tentang asas dasar dalam law and sports yaitu asas lex sportiva dan lex ludica Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah &
Diskusi,
*Tugas-3: Melakukan review materi 50 |
|
Materi: Hukum dan olahraga (law and sports) Pustaka: Materi: Hukum keolahragaan (sports law) Pustaka: Materi: Hukum olahraga (sporting law) Pustaka: Materi: Lex Sportiva Pustaka: Materi: Lex Ludica Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiwa mampu menjelaskan penerapan dan problematika terkait asas dasar dalam law and sports yaitu asas lex sportiva dan lex ludica |
Dapat menjelaskan penerapan dan problematika terkait asas dasar dalam law and sports yaitu asas lex sportiva dan lex ludica |
Kriteria:
Ketepatan menjelaskan penerapan dan problematika terkait asas dasar dalam law and sports yaitu asas lex sportiva dan lex ludica Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-4: menjelaskan penerapan dan problematika terkait asas dasar dalam law and sports yaitu asas lex sportiva dan lex ludica 50 |
|
Materi: Hukum dan olahraga (law and sports) Pustaka: Materi: Hukum keolahragaan (sports law) Pustaka: Materi: Hukum olahraga (sporting law) Pustaka: Materi: Lex Sportiva Pustaka: Materi: Lex Ludica Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan dan relevansi antara keolahragaan dengan berbagai bidang ilmu yang lain |
Dapat menjelaskan perkembangan dan relevansi antara keolahragaan dengan berbagai bidang ilmu yang lain |
Kriteria:
Ketepatan menjelaskan perkembangan dan relevansi antara keolahragaan dengan berbagai bidang ilmu yang lain Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-5: menjelaskan perkembangan dan relevansi antara keolahragaan dengan berbagai bidang ilmu yang lain 50 |
|
Materi: Perkembangan dan relevansi antara keolahragaan dengan berbagai bidang ilmu yang lain Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi fungsi pembelajaran tentang law and sports dalam ranah ilmu hukum |
Dapat mengidentifikasi fungsi pembelajaran tentang law and sports dalam ranah ilmu hukum |
Kriteria:
Ketepatan mengidentifikasi fungsi pembelajaran tentang law and sports dalam ranah ilmu hukum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-6: Presentasi secara berkelompok terkait dengan fungsi pembelajaran tentang law and sports dalam ranah ilmu hukum 50 |
|
Materi: Manfaat pembelajaran tentang law and sports dalam ranah ilmu hukum Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi problematika secara umum yang dikaji dalam law and sports |
Dapat mengidentifikasi problematika secara umum yang dikaji dalam law and sports |
Kriteria:
Ketepatan analisis tentang problematika secara umum yang dikaji dalam law and sports Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas-7: bedah kasus-kasus tentang problematika secara umum yang dikaji dalam law and sports 50 |
|
Materi: Problematika secara umum yang dikaji dalam law and sports Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UTS
|
|
Materi: UTS Pustaka: Firmansyah, Nurharsya Khaer Hanafie, Hukum Keolahragaan: Mengungkap Bisnis Klub dan Sengketa Kontrak Pemain Sepakbola Profesional di Indonesia, Badan Penerbit UNM, Makassar, 2022. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan istilah dan konsep keolahragaan sebagaimana dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan dan peraturan lainnya |
Dapat menjelaskan istilah dan konsep keolahragaan sebagaimana dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan dan peraturan lainnya |
Kriteria:
Ketepatan menjelaskan istilah dan konsep keolahragaan sebagaimana dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan dan peraturan lainnya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah & Diskusi
*Tugas 8 : review materi 50 |
|
Materi: Memahami Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan dan peraturan lainnya Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami hak dan kewajiban dari subjek hukum serta para pihak yang berkaitan dengan keolahragaan |
Dapat memahami hak dan kewajiban dari subjek hukum serta para pihak yang berkaitan dengan keolahragaan |
Kriteria:
Ketepatan analisis tentang hak dan kewajiban dari subjek hukum serta para pihak yang berkaitan dengan keolahragaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 9 : bedah kasus-kasus tentang hak dan kewajiban dari subjek hukum serta para pihak yang berkaitan dengan keolahragaan 50 |
|
Materi: Memahami Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan dan peraturan lainnya Pustaka: Materi: Hak dan kewajiban dari subjek hukum serta para pihak yang berkaitan dengan keolahragaan Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami prinsip dasar penyelesaian sengketa keolahragaan |
Dapat memahami prinsip dasar penyelesaian sengketa keolahragaan |
Kriteria:
Ketepatan memahami prinsip dasar penyelesaian sengketa keolahragaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 10: review materi 50 |
|
Materi: Prinsip dasar penyelesaian sengketa keolahragaan Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menganalisis problematika hukum dalam kaitannya dengan penyelesaian sengketa keolahragaan |
Dapat menganalisis problematika hukum dalam kaitannya dengan penyelesaian sengketa keolahragaan |
Kriteria:
Ketepatan menganalisis problematika hukum dalam kaitannya dengan penyelesaian sengketa keolahragaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 10: Studi kasus tentang problematika hukum dalam kaitannya dengan penyelesaian sengketa keolahragaan 50 |
|
Materi: problematika hukum dalam kaitannya dengan penyelesaian sengketa keolahragaan Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami pengaturan anti doping yang berlaku di bidang keolahragaan |
Dapat memahami pengaturan anti doping yang berlaku di bidang keolahragaan |
Kriteria:
Ketepatan memahami pengaturan anti doping yang berlaku di bidang keolahragaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 12 : Mempresentasikan pengaturan anti doping yang berlaku di bidang keolahragaan 50 |
|
Materi: Pengaturan anti doping yang berlaku di bidang keolahragaan Pustaka: |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami perkembangan industri keolahragaan ditinjau dari aspek ilmu hukum |
Dapat memahami perkembangan industri keolahragaan ditinjau dari aspek ilmu hukum |
Kriteria:
Ketepatan dalam memahami perkembangan industri keolahragaan ditinjau dari aspek ilmu hukum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 13 : Mempresentasikan industri keolahragaan ditinjau dari aspek ilmu hukum 50 |
|
Materi: Industri Keolahragaan Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu merumuskan upaya asuransi dan pembuatan kontrak dalam keolahragaan |
Dapat merumuskan upaya asuransi dan pembuatan kontrak dalam keolahragaan |
Kriteria:
Ketepatan dan keseuaian upaya asuransi dan pembuatan kontrak dalam keolahragaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 14 : Membuat draft kontrak terkait berbagai aspek di bidang keolahragaan yang secara substantif juga memuat klausul asuransi 50 |
|
Materi: Pembuatan kontrak keolahragaan Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
UAS
|
|
Materi: UAS Pustaka: Firmansyah, Nurharsya Khaer Hanafie, Hukum Keolahragaan: Mengungkap Bisnis Klub dan Sengketa Kontrak Pemain Sepakbola Profesional di Indonesia, Badan Penerbit UNM, Makassar, 2022. |
15% |