Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Bermain Anak Usia Dini

8620702245

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

26 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa

PLO-7

Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini

PO - 2

Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-7
PO-1  
PO-2

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah "Konsep Bermain dan Permainan" membahas konsep dasar tentang permainan sebagai salah satu elemen utama dalam pendidikan anak usia dini. Mahasiswa akan belajar tentang makna dan peran bermain dalam perkembangan anak, serta cara merancang permainan yang mendukung pertumbuhan intelektual, sosial, emosional, dan fisik anak-anak usia dini. Metode pembelajaran Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.

Pustaka

Utama :

  1. Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan permainan anak usia dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52-64.
  2. Johnson, J. E., Sevimli-Celik, S., Al-Mansour, M. A., Tunçdemir, T. B. A., & Dong, P. I. (2019). Play in early childhood education. In Handbook of research on the education of young children (pp. 165-175). Routledge.
  3. Anggraini, F. G., Ningrum, M. A., Adhe, K. R., & Widayanti, M. D. (2024). Pengaruh Permainan Bisik Berantai dengan Media BATAKA terhadap Kemampuan Komunikasi Lisan pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 18 Surabaya: The Effect Of A Chain Whisper Game Using BATAKA On Oral Communication Skills In Group B Children At Aisyiyah Bustanul Athfal 18 Surabaya. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 86-99.

Pendukung :

  1. Wolfgang, Charles H., School for Young Children Depevelopmentally Appropiate Practices. Needham Height Alyn and Bacon, 1992.
  2. Feeney, Stephanie, et all., Who am I in the Lives of Children. 7 ed., Pearson Education, Inc., 2006.
  3. "Froebel Web Time Line", 2015, < https://www.froebelweb.org/webline.html>
  4. Wulan, Sri, Laporan Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat: Workshop Pemanfaatan Alat dan Bahan Rumah Tangga sebagai Alat Permainan Anak Usia Dini bagi Tutor PAUD di DKI Jakarta, FIP UNJ, 2011.
  5. Wulan, Sri, Laporan Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat Pelatihan Membuat Media Belajar PAUD Menggunakan Bahan Daur Ulang Bagi Guru PAUD Di Bantar Gebang, Bekasi, FIP UNJ, 2020.
  6. Suryani, Yuni, Dhieni, N., Wulan, Sri., Development of Kucermat Media for Early Writing Skill Children Aged 5-6 Years, Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 3 Nomor 2 (Desember 2019) ISSN 2549- 8371 | E-ISSN 2580-5843, https://ejournal.unisba.ac.id/in dex.php/golden_age/article/vi ew/5466/3586

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Tahapan ini memperkenalkan mahasiswa pada urgensi dan definisi bermain dan permainan dalam konteks pendidikan anak usia dini.

  1. Definisi bermain dan permainan dalam pendidikan anak usia dini
  2. Urgensi bermain dan permainan dalam pendidikan anak usia dini
Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu memahami definisi bermain dan permainan dalam pendidikan anak usia dini
  2. Mahasiswa mampu memahami urgensi bermain dan permainan dalam pendidikan anak usia dini

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Materi: Urgensi dan definisi bermain dan permainan
Pustaka: 1. Brewer, Jo Ann, Introduction to Early Childhood Education_Preschool through Primary School, 4th Press, USA: Pearson Education, Inc., 2007.
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa akan memahami teori-teori modern dan klasik yang berkaitan dengan bermain dan permainan dalam pendidikan anak usia dini.

Teori modern dan klasik yang berkaitan dengan bermain dan permainan

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami teori modern dan klasik yang berkaitan dengan bermain dan permainan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Materi: Pemahaman tentang teori-teori modern dan klasik yang relevan dengan permainan dan pendidikan anak usia dini.
Pustaka: 1. Brewer, Jo Ann, Introduction to Early Childhood Education_Preschool through Primary School, 4th Press, USA: Pearson Education, Inc., 2007.
3%

3

Minggu ke 3

Analisis perkembangan sejarah bermain dan permainan dalam anak usia dini.

0 - 100

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami perkembangan sejarah bermain dan permainan dalam anak usia dini


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Materi: Menganalisis perkembangan sejarah bermain dan permainan dalam anak usia dini.
Pustaka: 1. Brewer, Jo Ann, Introduction to Early Childhood Education_Preschool through Primary School, 4th Press, USA: Pearson Education, Inc., 2007.
2%

4

Minggu ke 4

Tahapan-tahapan bermain dalam perkembangan anak usia dini.

Pemahaman tahapan-tahapan bermain dalam perkembangan anak usia dini

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami tahapan-tahapan bermain dalam perkembangan anak usia dini

Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Materi: Tahapan- tahapan bermain dalam perkembangan anak usia dibagi menjadi beberapa fase (Infant-toddler).
Pustaka: 1. Brewer, Jo Ann, Introduction to Early Childhood Education_Preschool through Primary School, 4th Press, USA: Pearson Education, Inc., 2007.
3%

5

Minggu ke 5

Tahapan-tahapan bermain dalam perkembangan anak usia dini.

Pemahaman tahapan-tahapan bermain dalam perkembangan anak usia dini

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami tahapan-tahapan bermain dalam perkembangan anak usia dini

Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Materi: Tahapan- tahapan bermain dalam perkembangan anak usia dibagi menjadi beberapa fase (Preschool-Kindergarten).
Pustaka: 1. Brewer, Jo Ann, Introduction to Early Childhood Education_Preschool through Primary School, 4th Press, USA: Pearson Education, Inc., 2007.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami Structured Play VS Unstructured Play (Bermain terstruktur Vs Bermain tak tersruktur)

Pemahaman structured play VS unstructured play (bermain terstruktur VS bermain tidak terstruktur)

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami structured play VS unstructured play (bermain terstruktur VS bermain tidak terstruktur)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Materi: Menganalisis Games with Rules VS Free Play dan Indoor Play VS Outdoor Play
Pustaka: Wolfgang, Charles H., School for Young Children Depevelopmentally Appropiate Practices. Needham Height Alyn and Bacon, 1992.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami Structured Play VS Unstructured Play (Bermain terstruktur Vs Bermain tak tersruktur)

Pemahaman structured play VS unstructured play (bermain terstruktur VS bermain tidak terstruktur)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Materi: Menganalisis komponen Transformative Play dan Play as therapy
Pustaka: Wolfgang, Charles H., School for Young Children Depevelopmentally Appropiate Practices. Needham Height Alyn and Bacon, 1992.
10%

8

Minggu ke 8

Menguji pemahaman konsep bermain dan permainan yang telah dipelajari dari materi 1-7

Mengerjakan soal dengan tepat

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes tertulis/Sumatif
2 X 50
Tes Tulis/Sumatif
2 X 50
Materi: Mampu memahami dasar-dasar bermain dan permainan
Pustaka: Johnson, J. E., Sevimli-Celik, S., Al-Mansour, M. A., Tunçdemir, T. B. A., & Dong, P. I. (2019). Play in early childhood education. In Handbook of research on the education of young children (pp. 165-175). Routledge.
15%

9

Minggu ke 9

Analisis tentang type dan jenis kegiatan bermain untuk Anak Usia Dini mencakup permainan aktif dan pasif.

Menganalisa tentang type dan jenis kegiatan bermain untuk Anak Usia Dini mencakup permainan aktif dan pasif.

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisa tentang type dan jenis kegiatan bermain untuk anak usia dini mencakup permainan aktif dan pasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Materi: Mengenal permainan aktif yang terdiri dari Taktil Play, Fungsional Play, Kontruktivis play, Destruktif Play, Kreativplay, Dramatic play (roleplay) dan Play Games Bermain pasif (reseptive play).
Pustaka: Wolfgang, Charles H., School for Young Children Depevelopmentally Appropiate Practices. Needham Height Alyn and Bacon, 1992.
2%

10

Minggu ke 10

Model bermain dan alat permainan menurut para ahli.

Pemahaman model bermain dan alat permainan menurut para ahli

Kriteria:

Mahasiswa memahami model bermain dan alat permainan menurut para ahli


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Materi: Memahami model bermain dan alat permainan menurut para ahli seperti Pestalozi, Frobell dan Montessori.
Pustaka: Feeney, Stephanie, et all., Who am I in the Lives of Children. 7 ed., Pearson Education, Inc., 2006.
3%

11

Minggu ke 11

Memahami model bermain dan alat permainan menurut para ahli.

Pemahaman model bermain dan alat permainan menurut para ahli

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami model bermain dan alay permainan menurut para ahli


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Materi: Memahami model bermain dan alat permainan menurut para ahli seperti Decroly, Vygotsky dan Hurlock
Pustaka: Wolfgang, Charles H., School for Young Children Depevelopmentally Appropiate Practices. Needham Height Alyn and Bacon, 1992.
5%

12

Minggu ke 12

Menganalisis syarat bermain dan permainan.

Analisa syarat bermain dan permainan

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis syarat bermain dan permainan

Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Materi: Menganalisis syarat bermain dan permainan seperti Play space, play time, play fellos, play think dan play roles.
Pustaka: Feeney, Stephanie, et all., Who am I in the Lives of Children. 7 ed., Pearson Education, Inc., 2006.
5%

13

Minggu ke 13

Menganalisis karakteristik dan jenis alat permainan edukatif

Analisis karakteristik dan jenis permainan edukatif

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis karakteristik dan jenis permainan edukatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Materi: Menganalisis karakteristik dan jenis alat permainan edukatif sesuai dengan jenjang usia dari young infant (0-6 bulan) hingga primary school (6-8 tahun).
Pustaka: 1. Brewer, Jo Ann, Introduction to Early Childhood Education_Preschool through Primary School, 4th Press, USA: Pearson Education, Inc., 2007.
5%

14

Minggu ke 14

Memahami definisi, tujuan fungsi, jenis,klasifikasi dan ciri permainan kreatif.

Memahami definisi, tujuan fungsi, jenis, klasifikasi, dan ciri permainan kreatif

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami definisi, tjuuan fungsi, jenis, klasifikasi, dan ciri permainan kreatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Materi: Memahami macam-macam permainan kreatif untuk anak usia dini.
Pustaka: 1. Brewer, Jo Ann, Introduction to Early Childhood Education_Preschool through Primary School, 4th Press, USA: Pearson Education, Inc., 2007.
10%

15

Minggu ke 15

Menerapkan model-model pembelajaran sentra dalam konteks pembelajaran anak usia dini, termasuk strategi implementasinya.

Penerapan model-model pembelajaran sentra dalam konteks pembelajaran anak usia dini, termasuk strategi implementasinya

Kriteria:

Mahasiswa mampu menerapkan model-model pembelajaran sentra dalam konteks pembelajaran anak usia dini, termasuk strategi implementasinya.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi.
2 X 50
Materi: Mengenal Learning center dalam sentra, pijakan bermain dan macam-macam sentra bermain.
Pustaka: 1. Brewer, Jo Ann, Introduction to Early Childhood Education_Preschool through Primary School, 4th Press, USA: Pearson Education, Inc., 2007.
10%

16

Minggu ke 16

Menguji pemahaman konsep bermain dan permainan yang telah dipelajari dalam mata kuliah bermain dan permainan

Mengerjakan soal dengan tepat

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Tertulis/Sumatif
2 X 50
Tes Tertulis/Sumatif
2 X 50
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 21%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 26%
3. Penilaian Portofolio 5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 5%
5. Tes 30%
87%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.