Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perancangan Bangunan Keairan**

2220102207

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

3 Oktober 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan permasalahan keteknisksipilan dan sains melalui penerapan ilmu atau menggunakan aplikasi pendukung.

PLO-8

Mampu menguasai metode dan aplikasi teknologi pendukung dengan pendekatan interdisplin atau multidisiplin baik individu atau kerjasama dalam tim

PLO-9

Mampu menguasai konsep ilmu keteknisipilan dan menerapkan dalam berbagai industri jasa konstruksi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas perancangan drainase permukiman

PO - 2

Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas perancangan daerah irigasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-8PLO-9
PO-1   
PO-2   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Perancangan Bangunan Keairan adalah matakuliah perancangan bangunan teknik sipil pada bidang keairan khususnya drainase dan irigasi. Pada matakuliah ini mahasiswa diberikan tugas perancangan dengan sistem perkuliahan secara asistensi. Ada dua tugas terstruktur secara mandiri tentang masterplan drainase permukiman dan perencanaan daerah irigasi. Tugas perancangan bangunan drainase permukiman adalah mulai dari pembuatan sistem jaringan drainase, perhitungan waktu pengaliran, perhitungan luasan daerah pematusan, perhitungan koefisien limpasan sehingga didapatkan debit, dimensi, dan penggambaran pekerjaan saluran serta bangunan air yang dibutuhkan. Tugas perancangan bangunan irigasi diantaranya adalah: sistem dan pola jaringan irigasi, debit kebutuhan irigasi, dimensi saluran, dan penggambaran pekerjaan saluran serta bangunan bantu yang dibutuhkan. Assitensi dilaksanakan secara tatap muka baik langsung maupun lewat daring. Penilaian dilakukan untuk mengetahui ketercapain dari capaian pembelajaran matakuliah lewat laporan tugas terstruktur yang diberikan.

Pustaka

Utama :

  1. Anonim. 2015. Kumpulan Materi Kuliah Drainase Teknik Sipil FT-Unesa 2015 . Surabaya: Unipres.
  2. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan FT-Unesa.
  3. Kusnan. 2015. Pengembangan Model Penanggulangan Banjir Kampus Unesa Ketintang . Surabaya: Unipres.
  4. _______. 2012. Drainse Perkotaan . Surabaya: Unipres.
  5. Suripin. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan . Semarang: Andi.
  6. Varshney, R.M.1978. Engineering Hydrologi Irrigation Research Institute .
  7. New Delhi: Central Water & Power Comission .

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengetahui penjelasan dan pembagian tugas 1 Perancangan Drainase Permukiman

Mahasiswa mampu mengetahui penjelasan dan pembagian tugas 1 Drainase Permukiman

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan soal dengan benar dan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Asistensi, Tanya Jawab, Refleksi
2 X 50
Asistensi, Tanya Jawab, Refleksi
2 X 50
Materi: Perkembangan drainase di suatu daerah
Pustaka: Suripin. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan . Semarang: Andi.
6%

2

Minggu ke 2

Membuat skema jaringan drainase permukiman sesuai dengan layout siteplan yang diberikan

Mahasiswa mampu membuat skema jaringan drainase permukiman sesuai dengan layout siteplan yang diberikan

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan soal dengan benar dan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Materi: Perancangan Drainase Permukiman
Pustaka: Anonim. 2015. Kumpulan Materi Kuliah Drainase Teknik Sipil FT-Unesa 2015 . Surabaya: Unipres.

Materi: Perancangan Drainase Permukiman
Pustaka: _______. 2012. Drainse Perkotaan . Surabaya: Unipres.
6%

3

Minggu ke 3

Menghitung Hidrologi: Perhitungan waktu konsentrasi aliran dan intesitas hujan

Mahasiswa mampu menghitung hidrologi: Perhitungan waktu konsentrasi aliran dan intesitas hujan

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan soal dengan benar dan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Materi: Perancangan Drainase Permukiman
Pustaka: Suripin. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan . Semarang: Andi.
6%

4

Minggu ke 4

Menghitung Hidrologi: Perhitungan luas daerah pematusan dan koefisien pengaliran

Mahasiswa mampu menghitung Hidrologi: Perhitungan luas daerah pematusan dan koefisien pengaliran

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan soal dengan benar dan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Materi: Perancangan Drainase Permukiman
Pustaka: Anonim. 2015. Kumpulan Materi Kuliah Drainase Teknik Sipil FT-Unesa 2015 . Surabaya: Unipres.
6%

5

Minggu ke 5

Menghitung Hidrolika: Perencanaan kebutuhan dimensi saluran drainase

Mahasiswa mampu menghitung Hidrolika: Perencanaan kebutuhan dimensi saluran drainase

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan soal dengan benar dan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Materi: Perancangan Drainase Permukiman
Pustaka: Anonim. 2015. Kumpulan Materi Kuliah Drainase Teknik Sipil FT-Unesa 2015 . Surabaya: Unipres.
6%

6

Minggu ke 6

Menghitung Hidrolika: Perhitungan kemiringan rencana saluran dan elevasi

Mahasiswa mampu menghitung Hidrolika: Perhitungan kemiringan rencana saluran dan elevasi

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan soal dengan benar dan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Materi: Perancangan Drainase Permukiman
Pustaka: Suripin. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan . Semarang: Andi.
6%

7

Minggu ke 7

Menghitung Hidrolika: Gambar detail desain saluran dan bangunan pelengkapnya

Mahasiswa mampu menghitung Hidrolika: Gambar detail desain saluran dan bangunan pelengkapnya

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan soal dengan benar dan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Materi: Perancangan Drainase Permukiman
Pustaka: Suripin. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan . Semarang: Andi.
6%

8

Minggu ke 8

Menyelesaikan Tugas 1 Perancangan Bangunan Drainase Permukiman

Mahasiswa mampu menyelesaikan Tugas 1 Laporan Perancangan Bangunan Drainase Permukiman

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Laporan Akhir Tugas
2 X 50
Laporan Akhir Tugas
2 X 50
Materi: Perancangan Drainase Permukiman
Pustaka: _______. 2012. Drainse Perkotaan . Surabaya: Unipres.
6%

9

Minggu ke 9

Mengetahui penjelasan dan pembagian tugas 2 Perancangan Daerah Irigasi

Mahasiswa mampu mengetahui penjelasan dan pembagian tugas 2 Perancangan Daerah Irigasi

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan soal dengan benar dan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Asistensi, Tanya Jawab, Refleksi
2 X 50
Asistensi, Tanya Jawab, Refleksi
2 X 50
Materi: Perancangan Daerah Irigasi
Pustaka: Varshney, R.M.1978. Engineering Hydrologi Irrigation Research Institute .
6%

10

Minggu ke 10

Membuat skema jaringan irigasi sesuai dengan layout yang diberikan

Mahasiswa mampu membuat skema jaringan irigasi sesuai dengan layout yang diberikan

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan soal dengan benar dan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Materi: Perancangan Daerah Irigasi
Pustaka: Varshney, R.M.1978. Engineering Hydrologi Irrigation Research Institute .
6%

11

Minggu ke 11

Menghitung Kebutuhan Air Irigasi pada tiap saluran

Mahasiswa mampu Menghitung Kebutuhan Air Irigasi pada tiap saluran

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan soal dengan benar dan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Materi: Perancangan Daerah Irigasi
Pustaka: Varshney, R.M.1978. Engineering Hydrologi Irrigation Research Institute .
6%

12

Minggu ke 12

Menghitung Kebutuhan DImensi Saluran Primer, Sekunder, Tersier

Mahasiswa mampu menghitung Kebutuhan DImensi Saluran Primer, Sekunder, Tersier

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan soal dengan benar dan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Materi: Perancangan Daerah Irigasi
Pustaka: Varshney, R.M.1978. Engineering Hydrologi Irrigation Research Institute .
6%

13

Minggu ke 13

Menghitung bangunan perlintasan yang dibutuhkan (Gorong-gorong) pada saluran irigasi

Mahasiswa mampu menghitung bangunan perlintasan yang dibutuhkan (Gorong-gorong) pada saluran irigasi

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan soal dengan benar dan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Materi: Perancangan Daerah Irigasi
Pustaka: Varshney, R.M.1978. Engineering Hydrologi Irrigation Research Institute .
6%

14

Minggu ke 14

Menghitung bangunan perlintasan yang dibutuhkan (Talang atau Siphon) pada saluran irigasi

Mahasiswa mampu menghitung bangunan perlintasan yang dibutuhkan (Talang atau Siphon) pada saluran irigasi

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan soal dengan benar dan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Materi: Perancangan Daerah Irigasi
Pustaka: Varshney, R.M.1978. Engineering Hydrologi Irrigation Research Institute .
6%

15

Minggu ke 15

Membuat Hasil Gambar dan Site Plan Bendung

Mahasiswa mampu membuat Hasil Gambar dan Site Plan Bendung

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan soal dengan benar dan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Asistensi Draft Laporan
2 X 50
Materi: Perancangan Daerah Irigasi
Pustaka: Varshney, R.M.1978. Engineering Hydrologi Irrigation Research Institute .
6%

16

Minggu ke 16

Menyelesaikan Tugas 2 Perancangan Bangunan Irigasi

Mahasiswa mampu menyelesaikan Tugas 2 Laporan Perancangan Bangunan Irigasi

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Laporan Akhir Tugas 2
2 X 50
Laporan Akhir Tugas 2
2 X 50
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 95%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.