|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Jerman
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sprechen 2 |
7920603229 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
2 |
13 Juli 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ajeng Dianing Kartika, S.S, M.Hum
|
Lutfi Saksono, S.Pd, M.Pd
|
Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menguasai keterampilan berbahasa Jerman dan menerapkannya secara lisan dan tulis sesuai dengan konteks dengan kemampuan yang setara Common European Framework of Reference (CEFR) level B1 |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman di tingkat A2
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembekalan keterampilan berkomunikasi lisan dalam bahasa Jerrnan sehari-hari setingkat A1-A2. Tema-tema yang dipelajari dalam perkuliahan ini meliputi 10 tema, yaitu Meine Wohnung, Alles Arbeit, Kleidung und Mode, Gesund und munter, Ab in den Urlaub, Rund ums Essen, Nach der Schulzeit, Medien im Alltag, Große und kleine Gefühle, Was machen Sie beruflich. Kegiatan perkuliahan meliputi ceramah, tanya jawab, diskusi, menyimak, unjuk kerja, baik secara individu dan kelompok dengan menggunakan media cetak, CD Player, dan Video. Penilaian diperoleh dari keaktivan di kelas, tugas, UTS dan UAS |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A1 . Jakarta: Katalis.
- Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A1 . Jakarta: Katalis.
- Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis.
- Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis.
- Funk, Hermann, dkk. 2008. Studio D A1 . Jakarta: Katalis.
- Funk, Hermann. 2010. Studio d A2 . Jakarta: Katalis.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd. Lutfi Saksono, S.Pd., M.Pd. Ajeng Dianing Kartika, S.S., M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami tujuan perkuliahan, materi-materi yang dipelajari, kontrak perkuliahan sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat terkait dengan PBM.mahasiswa mampu berdialog tentang ruang-ruang dalam rumah beserta perabotannya serta menyebutkan tempat di yang paling disukai dalam bahasa Jerman |
- Mahasiswa dapat menyebutkan tujuan perkuliahan Sprechen 2
- mahasiswa dapat menyebutkan materi-materi yang dipelajari dalam perkuliahan Sprechen 2
- mahasiswa ikut aktiv memutuskan kontrak perkuliahan Sprechen 2
- mahasiswa dapat menyebutkan ruang-ruang di rumah dalam bahasa Jerman
- mahasiswa dapat menyebutkan perabot rumah dan letaknya dalam bahasa Jerman
- mahasiswa dapat bercerita tentang tempat yang paling disukai di rumah dan kegiatan yang dilakukan di sana dalam bahasa Jerman
|
Kriteria:
A jika mahasiswa sangat aktiv; B jika mahasiswa aktiv; C jika mahasiswa tidak aktivA= baik sekali; B=baik; C=cukup Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode berceritaMetode tanya jawabMetode kooperatifteknik bermain peran 2 X 50 |
|
Materi: Kapitel 11 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A1 . Jakarta: Katalis. Materi: Kapitel 11 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A1 . Jakarta: Katalis. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis tempat tinggal dalam iklan sesuai dengan kriteria yang diinginkan calon penyewamahasiswa dapat menceritakan kembali peletakan perabotan rumahtangga ke rumah baru sesuai dengan rencana pemilik rumah |
- Mahasiswa dapat menjelaskan semua ciri-ciri tempat tinggal sesuai dengan keinginan calon penyewa
- Mahasiswa dapat menyebutkan tempat tinggal dalam iklan yang sesuai dengan keinginan calon penyewa
- Mahasiswa dapat menceritakan peletakan perabot rumahtangga yang direncanakan oleh pemilik rumah baru
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichendungenug Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode komunikatifMetode tanya jawabMetode kooperatif 2 X 50 |
|
Materi: Kapitel 11 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A1 . Jakarta: Katalis. Materi: Kapitel 11 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A1 . Jakarta: Katalis. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menyatakan rasa senang dan tidak senang dalam konteks tempat tinggal. |
- Mahasiswa dapat menyatakan rasa senang terhadap benda atau ruangan atau tempat tinggal secara lisan
- mahasiswa dapat bercerita secara lisan dengan tema tempat tinggal
- Mahasiswa dapat menceritakan kembali einen Ich-Text secara lisan dengan kalimat sederhana.
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichendungenugend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode tanya jawabMetode kooperatif 2 X 50 |
|
Materi: Kapitel 1 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis. Materi: Kapitel 1 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan foto yang bertema "Arbeit" dengan bahasa Jerman sederhana . |
- Mahasiswa dapat menyebutkan situasi dan aktivitas yang terlihat dalam foto dengan tema "Arbeit" secara lisan dengan bahasa Jerman sederhana.
- Mahasiswa dapat membuat dugaan mengenai tempat dan situasi dalam foto dengan tema "Arbeit" secara lisan dengan bahasa Jerman sederhana.
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigenausreichendungenugend Bentuk Penilaian : Tes |
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif 2 X 50 |
|
Materi: Kapitel 2 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis. Materi: Kapitel 2 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat bercerita tentang aktivitas mereka di masa sekolah di masa lalu dalam bahasa Jerman sederhana. |
- Mahasiswa dapat membuat kalimat sederhana yang menyatakan aktivitas mereka di masa sekolah di masa lalu secara lisan.
- Mahasiswa dapat menyusun kalimat dengan kata kerja dalam bentuk Perfekt untuk menyatakan aktivitas mereka di masa sekolah di masa lalu dalam bahasa Jerman sederhana secara lisan.
- Mahasiswa dapat menyusun kalimat yang memperlihatkan aktivitas mereka di masa sekolah di masa lalu dalam bahasa Jerman menjadi sebuah karangan sederhana dalam bahasa Jerman secara lisan.
- Mahasiswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengar.
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichendungenugend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif 2 X 50 |
|
Materi: Kapitel 3 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis. Materi: Kapitel 3 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu berkomunikasi tentang berbagai aktivitas di masa lampau ketika masih kuliah secara lisan. |
Mahasiswa dapat melakukan interview tentang aktivitas di masa lampau ketika masih kuliah. |
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichendungenugend Bentuk Penilaian : Tes |
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif 2 X 50 |
|
Materi: Kapitel 4 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis. Materi: Kapitel 4 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu berkomunikasi secara lisan dalam tema Kleidung und Mode dengan situasi di toko pakaian. |
- Mahasiswa dapat bermain peran seperti penjual dan pembeli di toko pakaian dengan menggunakan bahasa Jerman
- Mahasiswa dapat bertanya tentang jenis pakaian dalam bahasa Jerman
- Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan tentang jenis pakaian dalam bahasa Jerman.
- Mahasiswa dapat bertanya tentang warna pakaian.
- Mahasiswa dapat menjawab tentang warna pakaian.
- Mahasiswa dapat bertanya tentang ukuran pakaian
- Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan tentang ukuran pakaian
- Mahasiswa dapat bertanya tentang harga pakaian
- Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan tentang harga pakaian.
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichendungenugend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif 4 X 50 |
|
Materi: Kapitel 5 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis. Materi: Kapitel 5 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan situasi dalam foto-foto dalam tema kesehatan. |
- Mahasiswa mampu menyebutkan kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang yang diperlihatkan dalam foto-foto dalam tema kesehatan
- Mahasiswa mampu menyatakan dugaannya tentang maksud dari kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang yang diperlihatkan dalam foto-foto dalam tema kesehatan.
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichendungenuegend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif 2 X 50 |
|
Materi: Kapitel 5 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis. Materi: Kapitel 5 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memberikan instruksi atau permintaan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu dengan kalimat perintah dalam bahasa Jerman. |
- Mahasiswa mampu menyusun kalimat perintah dalam bahasa Jerman untuk memberikan instruksi atau permintaan kepada orang lain
- Mahasiswa mampu memberikan instruksi atau permintaan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu dengan kalimat perintah dalam bahasa Jerman.
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichendungenuegend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif 2 X 50 |
|
Materi: Kapitel 6 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis. Materi: Kapitel 6 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu berkomunikasi dengan bahasa Jerman sederhana tentang tema kesehatan dalam konteks antara dokter dan pasien di ruang praktik dokter. |
- Mahasiswa dapat menyebutkan secara lisan apa yang diucapkan oleh dokter kepada pasien di ruang praktek
- Mahasiswa dapat menyebutkan penyakit yang diderita oleh pasien dari pembicaraan antara dokter dan pasien di ruang praktek
- Mahasiswa dapat bermain peran /berdialog sebagai dokter dan pasien di ruang praktek
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichendungenug Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif 2 X 50 |
|
Materi: Kapitel 7 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis. Materi: Kapiytel 7 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis liburan dan barang-barang yang dibawa saat berlibur. |
- Mahasiswa dapat menyebutkan jenis-jenis liburan dalam bahasa Jerman sederhana.
- Mahasiswa dapat menyebutkan barang-barang yang dibawa saat berlibur dalam bahasa Jerman sederhana.
- Mahasiswa dapat berdialog tentang liburan, khususnya menyangkut jenis-jenis yag disukai dan barang-barang yang dibawa saat liburan.
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichendungenuegend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif 2 X 50 |
|
Materi: Kapitel 8 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis. Materi: Kapitel 8 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami jenis liburan di kota dan berbagai kegiatan yang dapat dilakukan. |
- Mahasiswa dapat menyebutkan ciri-ciri jenis liburan di kota dalam bahasa Jerman sederhana
- Mahasiswa dapat menyebutkan tempat-tempat wisata di kota yang dapat dikunjungi pada saat liburan dalam bahasa Jerman sederhana
- Mahasiswa dapat menyebutkan berbagai kegiatan yang dapat dilakukan pada saat liburan di sebuah kota.
- Mahasiswa dapat menceritakan kembali jenis liburan, kegiatan, dan tempat wisata yang dikunjungi oleh orang-orang dalam percakapan yang diperdengarkan dalam bahasa Jerman sederhana.
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichendungenuegend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif 2 X 50 |
|
Materi: Kapitel 9 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis. Materi: Kapitel 9 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu berkomunikasi dalam bahasa Jerman sederhana dalam tema liburan. |
- Mahasiswa dapat bertanya secara lisan tentang jenis liburan yang direncanakan.
- Mahasiswa dapat bertanya secara lisan tentang tempat yang akan dikunjungi pada saat liburan
- Mahasiswa dapat bertanya secara lisan tentang kegiatan yang akan dilakukan pada saat liburan
- Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan tentang jenis liburan yang direncanakan.
- Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan tentang tempat yang akan dikunjungi pada saat liburan
- Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan tentang kegiatan yang akan dilakukan pada saat liburan
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichendungenuegend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif 2 X 50 |
|
Materi: Kapitel 9 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis. Materi: Kapitel 9 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami teks atau wacana yang didengar bertema kesehatan. |
- Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan tentang Koerper und Gesundheit: Koerper und Sport sesuai teks/dialog yang didengar.
- Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan tentang bei der Hausaerztin sesuai teks/dialog yang didengar.
- Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan tentang Emotionen sesuai teks/dialog yang didengar.
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichendungenug Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif 2 X 50 |
|
Materi: Kapitel 10 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UTS 2 X 50 |
|
Materi: Kapitel 10 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu berkomunikasi secara lisan level A2 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan gambar yang dihadapinya |
Kriteria:
15 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring: Pembelajaran langsung
|
|
Materi: Kapitel 10 Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis. |
20% |