Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Jerman

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sprechen 2

7920603229

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

2

13 Juli 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ajeng Dianing Kartika, S.S, M.Hum




Lutfi Saksono, S.Pd, M.Pd




Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu menguasai keterampilan berbahasa Jerman dan menerapkannya secara lisan dan tulis sesuai dengan konteks dengan kemampuan yang setara Common European Framework of Reference (CEFR) level B1

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman di tingkat A2

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5
PO-1     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembekalan keterampilan berkomunikasi lisan dalam bahasa Jerrnan sehari-hari setingkat A1-A2. Tema-tema yang dipelajari dalam perkuliahan ini meliputi 10 tema, yaitu Meine Wohnung, Alles Arbeit, Kleidung und Mode, Gesund und munter, Ab in den Urlaub, Rund ums Essen, Nach der Schulzeit, Medien im Alltag, Große und kleine Gefühle, Was machen Sie beruflich. Kegiatan perkuliahan meliputi ceramah, tanya jawab, diskusi, menyimak, unjuk kerja, baik secara individu dan kelompok dengan menggunakan media cetak, CD Player, dan Video. Penilaian diperoleh dari keaktivan di kelas, tugas, UTS dan UAS

Pustaka

Utama :

  1. Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A1 . Jakarta: Katalis.
  2. Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A1 . Jakarta: Katalis.
  3. Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis.
  4. Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis.
  5. Funk, Hermann, dkk. 2008. Studio D A1 . Jakarta: Katalis.
  6. Funk, Hermann. 2010. Studio d A2 . Jakarta: Katalis.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd.

Lutfi Saksono, S.Pd., M.Pd.

Ajeng Dianing Kartika, S.S., M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami tujuan perkuliahan, materi-materi yang dipelajari, kontrak perkuliahan sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat terkait dengan PBM.mahasiswa mampu berdialog tentang ruang-ruang dalam rumah beserta perabotannya serta menyebutkan tempat di yang paling disukai dalam bahasa Jerman

  1. Mahasiswa dapat menyebutkan tujuan perkuliahan Sprechen 2
  2. mahasiswa dapat menyebutkan materi-materi yang dipelajari dalam perkuliahan Sprechen 2
  3. mahasiswa ikut aktiv memutuskan kontrak perkuliahan Sprechen 2
  4. mahasiswa dapat menyebutkan ruang-ruang di rumah dalam bahasa Jerman
  5. mahasiswa dapat menyebutkan perabot rumah dan letaknya dalam bahasa Jerman
  6. mahasiswa dapat bercerita tentang tempat yang paling disukai di rumah dan kegiatan yang dilakukan di sana dalam bahasa Jerman
Kriteria:

A jika mahasiswa sangat aktiv; B jika mahasiswa aktiv; C jika mahasiswa tidak aktivA= baik sekali; B=baik; C=cukup


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode berceritaMetode tanya jawabMetode kooperatifteknik bermain peran
2 X 50

5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan jenis tempat tinggal dalam iklan sesuai dengan kriteria yang diinginkan calon penyewamahasiswa dapat menceritakan kembali peletakan perabotan rumahtangga ke rumah baru sesuai dengan rencana pemilik rumah

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan semua ciri-ciri tempat tinggal sesuai dengan keinginan calon penyewa
  2. Mahasiswa dapat menyebutkan tempat tinggal dalam iklan yang sesuai dengan keinginan calon penyewa
  3. Mahasiswa dapat menceritakan peletakan perabot rumahtangga yang direncanakan oleh pemilik rumah baru
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichendungenug


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode komunikatifMetode tanya jawabMetode kooperatif
2 X 50

5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menyatakan rasa senang dan tidak senang dalam konteks tempat tinggal.

  1. Mahasiswa dapat menyatakan rasa senang terhadap benda atau ruangan atau tempat tinggal secara lisan
  2. mahasiswa dapat bercerita secara lisan dengan tema tempat tinggal
  3. Mahasiswa dapat menceritakan kembali einen Ich-Text secara lisan dengan kalimat sederhana.
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichendungenugend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode tanya jawabMetode kooperatif
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mendeskripsikan foto yang bertema "Arbeit" dengan bahasa Jerman sederhana .

  1. Mahasiswa dapat menyebutkan situasi dan aktivitas yang terlihat dalam foto dengan tema "Arbeit" secara lisan dengan bahasa Jerman sederhana.
  2. Mahasiswa dapat membuat dugaan mengenai tempat dan situasi dalam foto dengan tema "Arbeit" secara lisan dengan bahasa Jerman sederhana.
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigenausreichendungenugend

Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat bercerita tentang aktivitas mereka di masa sekolah di masa lalu dalam bahasa Jerman sederhana.

  1. Mahasiswa dapat membuat kalimat sederhana yang menyatakan aktivitas mereka di masa sekolah di masa lalu secara lisan.
  2. Mahasiswa dapat menyusun kalimat dengan kata kerja dalam bentuk Perfekt untuk menyatakan aktivitas mereka di masa sekolah di masa lalu dalam bahasa Jerman sederhana secara lisan.
  3. Mahasiswa dapat menyusun kalimat yang memperlihatkan aktivitas mereka di masa sekolah di masa lalu dalam bahasa Jerman menjadi sebuah karangan sederhana dalam bahasa Jerman secara lisan.
  4. Mahasiswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengar.
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichendungenugend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif
2 X 50

5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu berkomunikasi tentang berbagai aktivitas di masa lampau ketika masih kuliah secara lisan.

Mahasiswa dapat melakukan interview tentang aktivitas di masa lampau ketika masih kuliah.

Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichendungenugend

Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif
2 X 50

5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu berkomunikasi secara lisan dalam tema Kleidung und Mode dengan situasi di toko pakaian.

  1. Mahasiswa dapat bermain peran seperti penjual dan pembeli di toko pakaian dengan menggunakan bahasa Jerman
  2. Mahasiswa dapat bertanya tentang jenis pakaian dalam bahasa Jerman
  3. Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan tentang jenis pakaian dalam bahasa Jerman.
  4. Mahasiswa dapat bertanya tentang warna pakaian.
  5. Mahasiswa dapat menjawab tentang warna pakaian.
  6. Mahasiswa dapat bertanya tentang ukuran pakaian
  7. Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan tentang ukuran pakaian
  8. Mahasiswa dapat bertanya tentang harga pakaian
  9. Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan tentang harga pakaian.
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichendungenugend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif
4 X 50

5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mendeskripsikan situasi dalam foto-foto dalam tema kesehatan.

  1. Mahasiswa mampu menyebutkan kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang yang diperlihatkan dalam foto-foto dalam tema kesehatan
  2. Mahasiswa mampu menyatakan dugaannya tentang maksud dari kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang yang diperlihatkan dalam foto-foto dalam tema kesehatan.
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichendungenuegend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif
2 X 50

5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memberikan instruksi atau permintaan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu dengan kalimat perintah dalam bahasa Jerman.

  1. Mahasiswa mampu menyusun kalimat perintah dalam bahasa Jerman untuk memberikan instruksi atau permintaan kepada orang lain
  2. Mahasiswa mampu memberikan instruksi atau permintaan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu dengan kalimat perintah dalam bahasa Jerman.
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichendungenuegend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif
2 X 50

10%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu berkomunikasi dengan bahasa Jerman sederhana tentang tema kesehatan dalam konteks antara dokter dan pasien di ruang praktik dokter.

  1. Mahasiswa dapat menyebutkan secara lisan apa yang diucapkan oleh dokter kepada pasien di ruang praktek
  2. Mahasiswa dapat menyebutkan penyakit yang diderita oleh pasien dari pembicaraan antara dokter dan pasien di ruang praktek
  3. Mahasiswa dapat bermain peran /berdialog sebagai dokter dan pasien di ruang praktek
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichendungenug


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif
2 X 50

10%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis liburan dan barang-barang yang dibawa saat berlibur.

  1. Mahasiswa dapat menyebutkan jenis-jenis liburan dalam bahasa Jerman sederhana.
  2. Mahasiswa dapat menyebutkan barang-barang yang dibawa saat berlibur dalam bahasa Jerman sederhana.
  3. Mahasiswa dapat berdialog tentang liburan, khususnya menyangkut jenis-jenis yag disukai dan barang-barang yang dibawa saat liburan.
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichendungenuegend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif
2 X 50

5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami jenis liburan di kota dan berbagai kegiatan yang dapat dilakukan.

  1. Mahasiswa dapat menyebutkan ciri-ciri jenis liburan di kota dalam bahasa Jerman sederhana
  2. Mahasiswa dapat menyebutkan tempat-tempat wisata di kota yang dapat dikunjungi pada saat liburan dalam bahasa Jerman sederhana
  3. Mahasiswa dapat menyebutkan berbagai kegiatan yang dapat dilakukan pada saat liburan di sebuah kota.
  4. Mahasiswa dapat menceritakan kembali jenis liburan, kegiatan, dan tempat wisata yang dikunjungi oleh orang-orang dalam percakapan yang diperdengarkan dalam bahasa Jerman sederhana.
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichendungenuegend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif
2 X 50

5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu berkomunikasi dalam bahasa Jerman sederhana dalam tema liburan.

  1. Mahasiswa dapat bertanya secara lisan tentang jenis liburan yang direncanakan.
  2. Mahasiswa dapat bertanya secara lisan tentang tempat yang akan dikunjungi pada saat liburan
  3. Mahasiswa dapat bertanya secara lisan tentang kegiatan yang akan dilakukan pada saat liburan
  4. Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan tentang jenis liburan yang direncanakan.
  5. Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan tentang tempat yang akan dikunjungi pada saat liburan
  6. Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan tentang kegiatan yang akan dilakukan pada saat liburan
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichendungenuegend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif
2 X 50

5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami teks atau wacana yang didengar bertema kesehatan.

  1. Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan tentang Koerper und Gesundheit: Koerper und Sport sesuai teks/dialog yang didengar.
  2. Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan tentang bei der Hausaerztin sesuai teks/dialog yang didengar.
  3. Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan tentang Emotionen sesuai teks/dialog yang didengar.
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichendungenug


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode inkuiriMetode komunikatifMetode audio-visualMetode tanya jawabMetode kooperatif
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
UTS
2 X 50

5%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes


25%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 65.83%
2. Praktik / Unjuk Kerja 13.33%
3. Tes 10.83%
89.99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.