|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen * |
8321302060 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Nia Kusstianti, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Melakukanpengkajian dan memberikan pemahaman tentang peranan organisasi dan manajemen. Mata kuliah ini merupakan pengenalanmanajemendan organisasi serta penerapannya.Pembahasan dimulai dengan konsep-konsep manajemen, organisasi, manajemen danmanajer, lingkungan organisasi yang diperdalam dengan membahas fungsi-fungsi manajerialyang terdiri dari Perencanaan, PengorganisasianPenggerakan,dan Pengawasan dalam suatu organisasi. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan mengaplikasikanfungsi-fungsi manajemenoleh setiap mahasiswadalam kegiatan diskusi kelompok |
Pustaka
|
Utama : |
|
- George R. Terry, Lislie W. Rue,Dasar-Dasar Manajemen, alih bahasa GA. Ticoalu, Bumi Aksara ,Jakarta,2013.
- Handoko, Hani T. Manajemen, Edisi2, BPFE, Yogjakarta, 2013. 3. George R. Terry, Prinsip-PrinsipManajemen, alih bahasa J. Smith,D. E. M. Bumi Aksara , Jakarta, 2012.
- Manullang. M, Dasar-Dasar Manajemen,Gadjah Mada University Press, 2012.
- Robbins, Stephen P, Couler Mary,Manajemen, Jilid 1 & 2, Edisi 7, Alih Bahasa T, Hermaya, Harry Slamet,PT. Indeks Group Gramedia, Jakarta , 2004.
- James AF Stonner, R Edward F,Daniel R Gilbert JR, Manajemen, Sixth Edition, Printice Hall, Inc. USA, 1996.
- Harold Koontz, C O 19Donnell, HeinzW, Manajemen, Alih Bahasa D Susilaradeya, Airlangga, 1986.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Drs. Ec. Mein Kharnolis, M.SM. Sri Dwiyanti, S.Pd., M.PSDM. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dan pengertian organisasi prinsip-prinsip organisasi ciri-ciri organisasi |
- Menjelaskan pengertian organisasi - Menjelaskan prinsip-prinsip organisasi - Menjelaskan ciri-ciri organisasi |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
|
Presentasi diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami pengertian manajemen alat-alat manajemen |
- Menjelaskan defenisi manajemen - Menjelaskan alat-alat manajemen - Menjelaskan prinsip-prinsip manajemen |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
|
Presentasi diskusi dan refleksi 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami perbedaan manajemen dan manajer serta keahlian yang harus dipunyai seorang menejer- |
- Menjelaskan pengertian menejer - Menjelaskan tingkatan-tingkatan manajer - Menjelaskan keahlian seorang menejer - Menjelaskan kegiatan-kegiatan menejer |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
|
Diskusi tugas latihan mencari sumber pustaka dan referensi lain 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami lingkungan eskternal dan internal organisasi serta tanggungjawab sosial organisasi terhadap lingkungan dan masyarakat |
- Menjelaskan ciri-ciri lingkungan internal organisasi - Menjelaskan ciri-ciri lingkungan eksternal organisasi. - Menjelaskan tanggungjawab sosial organisasi pada masyarakat sekitar |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
|
Diskusi latihan dan tugas 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami dan membuat perencanaan |
- Menjelaskan tahapan-tahapan dalam membuat rencana - Menjelaskan ciri-ciri rencana yang baik. - Menjelaskan manfaat perencanaan. - Menjelaskan kebaikan dan keburukan perencanaan. - Menjelaskan faktor-faktor gagalnya sebuah perencanaa |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
|
Diskusi latihan dan tugas 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami bagaimana membuat sebuah keputusan |
- Menjelaskan proses pembuatan keputusan - Menjelaskan teknik pembuatan keputusan - Menjelaskan perbedaan gejala dan masalah - Menjelaskan tipe-tipe keputusan |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
|
Prensentasi diskusi kelompok 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami komunikasi tujuan komunikasi fungsi komunikasi serta cara mengatasi hambatan komunikasi. |
- Menjelaskan pengertian komunikasi - Menjelaskan teknik tehnik komunikasi yang baik. - Menjelaskan alur komunikasi dalam organisasi. - Menjelaskan faktor-faktor penghambat dalam komunikasi. - Menjelaskan cara-cara mengatasi hambatan dalam komunikasi. |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
|
Presentasi diskusi kelompok 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa dapat menjawab soal-soal yang di Ujikan setelah menerima materi 7 kali pertemuan |
Mahasiswa memahami soal-soal yang di ujikan |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
|
Mandiri 2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami pengorganisasian membuat struktur organisasi pembagian pekerjaan. |
- Menjelaskan pengertian pengorganisasian. - Menjelaskan pembagian pekerjaan dalam organisasi. - Menjelaskan departementalisasi - Menjelaskan bagian-bagian dalam struktur organisasi |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
|
Presentasi dan diskusi kelompok 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami tentang Wewenang dan Kekuasaan |
- Menjelaskan Wewenang - Menjelaskan Kekuasaan - Menjelaskan wewenang menejer dan pengaruhnya |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
|
Presentasi dan diskusi kelompok melalui WhatsApp, Google classroom dan absensi pakai google form 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami cara seleksi Sumber Daya Manusia menyusun Staf pelatihan promosi dan mutasi |
- Menjelaskan cara-cara selesksi SDM - Menjelaskan sumber-sumber tenaga kerja. - Menjelasakan cara menyusun staf. - Menjelaskan cara pelatihan bagi karyawan baru dan lama. - Menjelaskan promosi dan mutasi |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
|
Presentasi pakai google meet dan diskusi melalui Whas App, absensi pakai google form 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami cara memotivasi karyawan. |
- Menjelaskan teori-teori motivasi. - Menjelaskan tentang kompensasi. - Menjelaskan Reward dan funishman. |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
|
Presentasi Pakai Google mee dan diskusi kelompok pakai WA kls, absensi pakai Google Form 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami cara-cara memimpin |
- Menjelaskan defenisi kepemimpinan. - Menjelaskan teori-teori tentang kepemimpinan. |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
|
Presentasi dan diskusi kelompok 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami macam gaya gaya kepemimpinan berserta sifat-sifat seorang pemimpin |
- Menjelaskan macam-macam gaya kepemimpinan. - Menjelaskan macam-macam sifat dari pemimpin |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
|
Presentasi dan diskusi kelompok 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memahami cara-cara mengawasi kegiatan dalam organisasi Mampu menjelaskan tehnik tehnik pengawasan |
- Menjelaskan defenisi pengawasan. - Menjelaskan proses pengawasan. - Menjelaskan tipe-tipe dari pengawasan - Menjelaskan tehnik-teknik pengawasan. - Menjelaskan Standar-standar pengawasan. - Menjelaskan hubungan fungsi pengawasan dengan perencanaan. - |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
|
Diskusi latihan dan refleksi 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |