Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen *

8321302060

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Nia Kusstianti, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Melakukanpengkajian dan memberikan pemahaman tentang peranan organisasi dan manajemen. Mata kuliah ini merupakan pengenalanmanajemendan organisasi serta penerapannya.Pembahasan dimulai dengan konsep-konsep manajemen, organisasi, manajemen danmanajer, lingkungan organisasi yang diperdalam dengan membahas fungsi-fungsi manajerialyang terdiri dari Perencanaan, PengorganisasianPenggerakan,dan Pengawasan dalam suatu organisasi. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan mengaplikasikanfungsi-fungsi manajemenoleh setiap mahasiswadalam kegiatan diskusi kelompok

Pustaka

Utama :

  1. George R. Terry, Lislie W. Rue,Dasar-Dasar Manajemen, alih bahasa GA. Ticoalu, Bumi Aksara ,Jakarta,2013.
  2. Handoko, Hani T. Manajemen, Edisi2, BPFE, Yogjakarta, 2013. 3. George R. Terry, Prinsip-PrinsipManajemen, alih bahasa J. Smith,D. E. M. Bumi Aksara , Jakarta, 2012.
  3. Manullang. M, Dasar-Dasar Manajemen,Gadjah Mada University Press, 2012.
  4. Robbins, Stephen P, Couler Mary,Manajemen, Jilid 1 & 2, Edisi 7, Alih Bahasa T, Hermaya, Harry Slamet,PT. Indeks Group Gramedia, Jakarta , 2004.
  5. James AF Stonner, R Edward F,Daniel R Gilbert JR, Manajemen, Sixth Edition, Printice Hall, Inc. USA, 1996.
  6. Harold Koontz, C O 19Donnell, HeinzW, Manajemen, Alih Bahasa D Susilaradeya, Airlangga, 1986.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Drs. Ec. Mein Kharnolis, M.SM.

Sri Dwiyanti, S.Pd., M.PSDM.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami konsep dan pengertian organisasi prinsip-prinsip organisasi ciri-ciri organisasi

- Menjelaskan pengertian organisasi - Menjelaskan prinsip-prinsip organisasi - Menjelaskan ciri-ciri organisasi

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa:
  7. Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Presentasi diskusi kelompok dan refleksi
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami pengertian manajemen alat-alat manajemen

- Menjelaskan defenisi manajemen - Menjelaskan alat-alat manajemen - Menjelaskan prinsip-prinsip manajemen

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa:
  7. Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Presentasi diskusi dan refleksi
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami perbedaan manajemen dan manajer serta keahlian yang harus dipunyai seorang menejer-

- Menjelaskan pengertian menejer - Menjelaskan tingkatan-tingkatan manajer - Menjelaskan keahlian seorang menejer - Menjelaskan kegiatan-kegiatan menejer

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa:
  7. Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Diskusi tugas latihan mencari sumber pustaka dan referensi lain
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami lingkungan eskternal dan internal organisasi serta tanggungjawab sosial organisasi terhadap lingkungan dan masyarakat

- Menjelaskan ciri-ciri lingkungan internal organisasi - Menjelaskan ciri-ciri lingkungan eksternal organisasi. - Menjelaskan tanggungjawab sosial organisasi pada masyarakat sekitar

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa:
  7. Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Diskusi latihan dan tugas
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami dan membuat perencanaan

- Menjelaskan tahapan-tahapan dalam membuat rencana - Menjelaskan ciri-ciri rencana yang baik. - Menjelaskan manfaat perencanaan. - Menjelaskan kebaikan dan keburukan perencanaan. - Menjelaskan faktor-faktor gagalnya sebuah perencanaa

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa:
  7. Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Diskusi latihan dan tugas
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami bagaimana membuat sebuah keputusan

- Menjelaskan proses pembuatan keputusan - Menjelaskan teknik pembuatan keputusan - Menjelaskan perbedaan gejala dan masalah - Menjelaskan tipe-tipe keputusan

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa:
  7. Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Prensentasi diskusi kelompok
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami komunikasi tujuan komunikasi fungsi komunikasi serta cara mengatasi hambatan komunikasi.

- Menjelaskan pengertian komunikasi - Menjelaskan teknik tehnik komunikasi yang baik. - Menjelaskan alur komunikasi dalam organisasi. - Menjelaskan faktor-faktor penghambat dalam komunikasi. - Menjelaskan cara-cara mengatasi hambatan dalam komunikasi.

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa:
  7. Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Presentasi diskusi kelompok
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa dapat menjawab soal-soal yang di Ujikan setelah menerima materi 7 kali pertemuan

Mahasiswa memahami soal-soal yang di ujikan

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa:
  7. Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Mandiri
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami pengorganisasian membuat struktur organisasi pembagian pekerjaan.

- Menjelaskan pengertian pengorganisasian. - Menjelaskan pembagian pekerjaan dalam organisasi. - Menjelaskan departementalisasi - Menjelaskan bagian-bagian dalam struktur organisasi

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa:
  7. Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Presentasi dan diskusi kelompok
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami tentang Wewenang dan Kekuasaan

- Menjelaskan Wewenang - Menjelaskan Kekuasaan - Menjelaskan wewenang menejer dan pengaruhnya

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa:
  7. Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Presentasi dan diskusi kelompok melalui WhatsApp, Google classroom dan absensi pakai google form
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami cara seleksi Sumber Daya Manusia menyusun Staf pelatihan promosi dan mutasi

- Menjelaskan cara-cara selesksi SDM - Menjelaskan sumber-sumber tenaga kerja. - Menjelasakan cara menyusun staf. - Menjelaskan cara pelatihan bagi karyawan baru dan lama. - Menjelaskan promosi dan mutasi

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa:
  7. Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Presentasi pakai google meet dan diskusi melalui Whas App, absensi pakai google form
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami cara memotivasi karyawan.

- Menjelaskan teori-teori motivasi. - Menjelaskan tentang kompensasi. - Menjelaskan Reward dan funishman.

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa:
  7. Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Presentasi Pakai Google mee dan diskusi kelompok pakai WA kls, absensi pakai Google Form
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami cara-cara memimpin

- Menjelaskan defenisi kepemimpinan. - Menjelaskan teori-teori tentang kepemimpinan.

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa:
  7. Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Presentasi dan diskusi kelompok
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami macam gaya gaya kepemimpinan berserta sifat-sifat seorang pemimpin

- Menjelaskan macam-macam gaya kepemimpinan. - Menjelaskan macam-macam sifat dari pemimpin

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa:
  7. Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Presentasi dan diskusi kelompok
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami cara-cara mengawasi kegiatan dalam organisasi Mampu menjelaskan tehnik tehnik pengawasan

- Menjelaskan defenisi pengawasan. - Menjelaskan proses pengawasan. - Menjelaskan tipe-tipe dari pengawasan - Menjelaskan tehnik-teknik pengawasan. - Menjelaskan Standar-standar pengawasan. - Menjelaskan hubungan fungsi pengawasan dengan perencanaan. -

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa:
  7. Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Diskusi latihan dan refleksi
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.