Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Manajemen Informatika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

INTERNET OF THINGS

5730102191

T=3

P=0

ECTS=4.77

0

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dodik Arwin Dermawan, S.ST., S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini bertujuan untuk mengembangkan: Kompetensi: keterampilan merakit perangkat mikrokontroler untuk terkoneksi ke internet (Internet of Things) dan ke Middleware IoT dan menganalisis data serta menampilkannya dalam Dashboard IoT. Karakter: sikap yang berorientasi pada tujuan, serta kemampuan bekerjasama. Komitmen: kesadaran dan komitmen untuk melakukan hal-hal yang menambah nilai (value creating) di manapun mahasiswa kelak berkarir.

Pustaka

Utama :

  1. E. I. Santoso, Matematika Ekonomi: Fungsi dan Aplikasi, Graha Ilmu, 2006.
  2. J. Hoggett, and L. Edwards, Accounting in Australia, 4th ed., John Wiley & Sons, 2000.
  3. E. J. McCarthy, W. D. Perreault, and P. G. Quester, Basic Marketing: A Managerial Approach, 2nd ed., McGraw Hill, 1999.
  4. G. James, Business Wisdom of the Electronic Elite, Random House, 1996.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Rindu Puspita Wibawa, S.Kom., M.Kom.

Hafizhuddin Zul Fahmi, S.Kom., M.Sc.

I Gde Agung Sri Sidhimantra, S.Kom., M.Kom.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami definisi, konsep, dan urgensi IoTMahasiswa memahami sejarah dan perkembangan IoT

  1. Definisi dan Konsep IoT
  2. Urgensi IoT
  3. Sejarah dan Perkembangan IoT
Kriteria:

Rubrik Holistik


3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memahami konsep dasar jaringan komputerMahasiswa memahami konsep dan mekanisme protokol HTPP Mahasiswa memahami konsep dan mekanisme protokol MQTT

  1. Jaringan Komputer
  2. Protokol HTTP
  3. Protokol MQTT
Kriteria:

Rubrik Holistik


3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami teknologi dan jenis-jenis sensorMahasiswa memahami macam-macam koneksi nirkabel, frekuensi, dan jangkauan

  1. Teknologi dan Jenis Sensor Fisik
  2. Koneksi Nirkabel
  3. Sensor Sosial
Kriteria:

Rubrik Holistik


3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa memahami konsep dan teknologi mikrokontrolerMahasiswa memahami konsep dan teknologi komputer single-board

  1. Teknologi Embedded
  2. Mikrokontroler
  3. Komputer Single-board
Kriteria:

Rubrik Holistik


3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu melakukan konfigurasi Arduino dengan sensorMahasiswa mampu menghubungkan Arduino dengan komputer untuk memantau data

  1. Pengenalan Arduino
  2. Konfigurasi Arduino
  3. Pemasangan Sensor di Arduino
Kriteria:

Rubrik Holistik


3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa memahami konsep dan pentingnya IoT platform Mahasiswa memahami contoh dan mekanisme IoT platform Mahasiswa memahami konsep dan contoh IoT dashboard platform

  1. Platform IoT
  2. Dashboard IoT
Kriteria:

Rubrik Holistik


3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menghubungkan Arduino dengan internet melalui IoT platformMahasiswa mampu mengakses data Arduino melalui IoT dashboard

    Kriteria:

    Rubrik Holistik


    3 X 50

    0%

    8

    Minggu ke 8

    UTS


      3 X 50

      0%

      9

      Minggu ke 9

      Mahasiswa mampu menghubungkan Arduino dengan internet melalui IoT platformMahasiswa mampu mengakses data Arduino melalui IoT dashboard

      1. Koneksi Arduino ke Internet
      2. KOneksi ke Platform IoT Global Sensor Network (GSN)
      Kriteria:

      Rubrik Holistik


      3 X 50

      0%

      10

      Minggu ke 10

      Mahasiswa memahami konsep arsitektur berorientasi layanan Mahasiswa memahami perkembangan dan mekanisme dasar cloud computing Mahasiswa memahami konsep dan contoh implementasi web services

      1. Service-Oriented Architecture (SOA)
      2. Cloud Computing
      3. Web Services
      Kriteria:

      Rubrik Holistik


      3 X 50

      0%

      11

      Minggu ke 11

      Mahasiswa mampu mengkoneksikan Arduino melalui web servicesMahasiswa melakukan update status FB atau Tweet melalui Arduino

      1. Koneksi ke Web Service
      2. Update Data dari Arduino
      Kriteria:

      Rubrik Holistik


      3 X 50

      0%

      12

      Minggu ke 12

      Mahasiswa memahami konsep kendali dan otomasi melalui web servicesMahasiswa memahami konsep, mekanisme dan contoh implementasi Machine-to-Machine

      1. Kendali dan Otomasi
      2. Machine-to-Machine (M2M)
      Kriteria:

      Rubrik Holistik


      3 X 50

      0%

      13

      Minggu ke 13

      Mahasiswa memahami karakteristik data IoT Mahasiswa memahami metode dan teknik analisis data IoT

      Analisis Data IoT

      Kriteria:

      Rubrik Holistik


      3 X 50

      0%

      14

      Minggu ke 14

      Mahasiswa memahami model bisnis IoT

      Model Bisnis IoT

      Kriteria:

      Rubrik Holistik


      3 X 50

      0%

      15

      Minggu ke 15

      Presentasi Tugas Besar

        Kriteria:

        Rubrik Holistik


        3 X 50

        0%

        16

        Minggu ke 16

        UAS


          3 X 50

          0%



          Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

          No Evaluasi Persentase
          0%

          Catatan

          1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
          2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
          3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
          4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
          5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
          6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
          7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
          8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
          9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
          10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
          11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
          12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.