Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

METODOLOGI PENELITIAN

6120903066

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

23 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M.




Achmad Kautsar, S.E., M.M.




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh

PLO-6

Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik

PLO-7

Mampu mengembangkan ide bisnis digital secara kreatif dan inovatif

PLO-8

Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat

PLO-9

Mampu mengembangkan bisnis digital berdasarkan entrepreneurial leadership secara berkelanjutan

PLO-10

Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif

PLO-11

Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menguraikan perkembangan teori-teori bisnis digital mutakhir secara komprehensif

PO - 2

Mahasiswa mampu mengaitkan artikel-artikel yang sesuai dengan topik riset yang dipilih

PO - 3

Mahasiswa mampu membuat pra proposal skripsi sesuai pedoman

PO - 4

Mahasiswa mampu menunjukkan karakter jujur dan kritis dalam menyampaikan informasi dan menyusun artikel ilmiah baik yang bersumber buku maupun hasil penelitian

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9PLO-10PLO-11
PO-1      
PO-2      
PO-3     
PO-4     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini diharapkan agar mahasiswa mampu memanfaatkan TIK untuk menelusuri informasi dan sumber belajar yang mendukung penyusunan artikel ilmiah bidangpemasaran digital, technopreneur, dan konsultan bisnis digital, menelaah hasil penelitian di bidang pemasaran digital, technopreneur,dan konsultan bisnis digital, dasar-dasar pembuatan artikel ilmiah dalam pemasaran digital, technopreneur, dan konsultan bisnis digital.Mampu mengkomunikasikan gagasan dalam forum ilmiah/seminar baik sebagai narasumber maupun peserta seminar, keputusanstrategis berdasarkan data dan informasi (termasuk hasil masukan/ide/gagasan rekan sejawat/referensi) dan memberikan ide untukmemilih berbagaI alternatif solusi sikap jujur dan kritis dalam menyampaikan informasi dan menyusun artikel ilmiah baik yang bersumberbuku maupun hasil penelitian.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4rd Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
  2. Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.

Pendukung :

  1. Lim, W. M. (2022). The art of writing for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 41(6), 5-10. https://doi.org/10.1002/joe.22178
  2. Lim, W. M. (2022). The art of revising for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 42(1), 5-9. https://doi.org/10.1002/joe.22184
  3. Lim, W. M. (2022). Choosing a good research topic for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 42(2), 5-8. https://doi.org/10.1002/joe.22187

Dosen Pengampu

Dr. Nanang Hoesen Hidroes Abbrori, S.T., M.T.I.

Dr. Ratih Amelia, S.E., M.M.

Ika Diyah Candra Arifah, S.E., M.Com.

Riska Dhenabayu, S.Kom., M.M.

Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM.

Renny Sari Dewi, S. Kom., M. Kom., MCE., MOS.

Achmad Kautsar, S.E., M.M.

Anita Safitri, M. Kom.

Nadia Nur Thahirrah, S.E., M.SM.

Fresha Kharisma, S.E., M.SM.

Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu meringkas beragam teori dan isu Pemasaran Digital, Technopreneur, dan Konsultan Bisnis Digital

Mampu menjelaskan kembali tentang teori umum Pemasaran Digital, Technopreneur, dan Konsultan Bisnis Digital

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Teori dan Isu Bisnis Digital
Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4rd Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
5%

2

Minggu ke 2

Mampu meringkas beragam teori dan isu Pemasaran Digital, Technopreneur, dan Konsultan Bisnis Digital

Mampu menjelaskan kembali tentang teori umum Pemasaran Digital, Technopreneur, dan Konsultan Bisnis Digital

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Teori dan Isu Bisnis Digital
Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4rd Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu menguraikan konsep berpikir ilmiah meliputi penulisan karya ilmiah, pedoman ilmiah, dan sebagainya

Mampu menjelaskan konsep berpikir ilmiah

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Penulisan Karya Ilmiah
Pustaka: Lim, W. M. (2022). The art of writing for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 41(6), 5-10. https://doi.org/...
5%

4

Minggu ke 4

Mampu meringkas tentang beragam pendekatan penelitian dalam riset Pemasaran Digital, Technopreneur, dan Konsultan Bisnis Digital

Mampu menjelaskan jenis-jenis pendekatan penelitian dalam riset Pemasaran Digital, Technopreneur, dan Konsultan Bisnis Digital

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Pendekatan Penelitian dal Riset Bisnis Digital
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
5%

5

Minggu ke 5

Menjelaskan permasalahan penelitian, riset gap, dan fenomena gap penelitian

  1. Menjelaskan permasalahan penelitian
  2. Menjelaskan research gap penelitian
  3. Menjelaskan fenomena gap penelitian
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Permasalahan penelitian, riset gap, dan fenomena gap penelitian
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menelaah artikel jurnal/prosiding sesuai dengan topik yang diminati

  1. Mengidentifikasi teori yang relevan dengan research gap
  2. Mendesain model konseptual/kerangka penelitian
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Menelaah artikel jurnal/prosiding
Pustaka: Lim, W. M. (2022). The art of writing for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 41(6), 5-10. https://doi.org/...
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menelaah artikel jurnal/prosiding sesuai dengan topik yang diminati

  1. Mengidentifikasi teori yang relevan dengan research gap
  2. Mendesain model konseptual/kerangka penelitian
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Menelaah artikel jurnal/prosiding
Pustaka: Lim, W. M. (2022). Choosing a good research topic for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 42(2), 5-8. https://doi.org/...
5%

8

Minggu ke 8

Mampu Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester

Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Tengah Semester
3 x 50
Soal Ujian Tengah Semester
3 x 50
Materi: Pertemuan 1-7
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
10%

9

Minggu ke 9

Mampu membuat, memaparkan dan memahami Bab 1 draft proposal penelitian

  1. Menyusun Bab 1 draft proposal penelitian
  2. Memaparkan Bab 1 draft proposal penelitian
  3. Memahami Bab 1 draft proposal penelitian
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Penyusunan Bab 1 Proposal Penelitian
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
5%

10

Minggu ke 10

Mampu membuat, memaparkan dan memahami Bab 1 draft proposal penelitian

  1. Menyusun Bab 1 draft proposal penelitian
  2. Memaparkan Bab 1 draft proposal penelitian
  3. Memahami Bab 1 draft proposal penelitian
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Penyusunan Bab 1 Proposal Penelitian
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu membuat, memaparkan dan memahami Bab 1 draft proposal penelitian

  1. Menyusun Bab 1 draft proposal penelitian
  2. Memaparkan Bab 1 draft proposal penelitian
  3. Memahami Bab 1 draft proposal penelitian
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Penyusunan Bab 1 Proposal Penelitian
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
5%

12

Minggu ke 12

Mampu membuat dan memaparkan Bab 2 draft proposal penelitian

  1. Menyusun Bab 2 draft proposal penelitian
  2. Memaparkan Bab 2 draft proposal penelitian
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Penyusunan Bab 2 Proposal Penelitian
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
5%

13

Minggu ke 13

Mampu membuat dan memaparkan Bab 2 draft proposal penelitian

  1. Menyusun Bab 2 draft proposal penelitian
  2. Memaparkan Bab 2 draft proposal penelitian
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Penyusunan Bab 2 Proposal Penelitian
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu membuat dan memaparkan Bab 3 draft proposal penelitian

  1. Menyusun Bab 3 draft proposal penelitian
  2. Memaparkan Bab 3 draft proposal penelitian
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Penyusunan Bab 3 Proposal Penelitian
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu membuat dan memaparkan Bab 3 draft proposal penelitian

  1. Menyusun Bab 3 draft proposal penelitian
  2. Memaparkan Bab 3 draft proposal penelitian
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Penyusunan Bab 3 Proposal Penelitian
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
5%

16

Minggu ke 16

Mampu Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester

Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Akhir Semester
3 x 50
Ujian Akhir Semester
3 x 50
Materi: Pertemuan 9-15
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 35%
2. Praktik / Unjuk Kerja 35%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.