|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Psikologi Umum I |
7320103118 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
24 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang hakekat dan ruang lingkup psikologi, dasar-dasar biologi perilaku, perkembangan manusia, sensasi dan persepsi, kesadaran, belajar dan ingatan manusia |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Laura A,King.2010. Psikologi Umum, sebuah pandangan apresiatif. Jakarta. Salemba Humanika
- Sarlito W, Sarwono.2013. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
- Alex Sobur. 2003. Psikologi Umum. Bandung.Pustaka Setia.
- Carole Wade & Carol Travis.2007. Psikologi, jilid 1. Jakarta. Erlangga.
- Robert S,Fieldman.2011. Pengantar Psikologi, buku 1. Jakarta. Salemba Humanika
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi. Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog. Muhammad Syafiq, S.Psi., M.Sc. Ni Wayan Sukmawati Puspitadewi, S.Psi., M.Psi. Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami hakekat dan ruang lingkup psikologi. |
Dapat menjelaskan hakekat, ruang lingkup, membedakan pengertian bidang-bidang kajian dalam psikologi, dapat menjelaskan pendekatan pendekatan dalam psikologi, dapat menjelaskan metode ilmiah dan penelitian-penelitian dalam psikologi.. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami hakekat dan ruang lingkup psikologi. |
Dapat menjelaskan hakekat, ruang lingkup, membedakan pengertian bidang-bidang kajian dalam psikologi, dapat menjelaskan pendekatan pendekatan dalam psikologi, dapat menjelaskan metode ilmiah dan penelitian-penelitian dalam psikologi. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami dasar-dasar biologis perilaku. |
Dapat menjelaskan System saraf, dapat menjelaskan Neuron, dapat menjelaskan struktur otak dan berbagai fungsinya. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami dasar-dasar biologis perilaku. |
Dapat menjelaskan System saraf, dapat menjelaskan Neuron, dapat menjelaskan struktur otak dan berbagai fungsinya. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami proses perkembangan manusia. |
- Dapat menjelaskan perkembangan masa kanak-kanak,
- Dapat menjelaskan perkembangan masa remaja,
- Dapat menjelaskan perkembangan dewasa dan lansia.
|
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami proses perkembangan manusia. |
Dapat menjelaskan perkembangan kanak-kanak, perkembangan remaja, perkembangan dewasa dan lansia. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami proses sensasi dan persepsi. |
Dapat menjelaskan bagaimana manusia mengindra.dan mempersepsi dunia, Sistem Visual, d Sistem Auditori, indra kulit, hidun. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Memahami proses sensasi dan persepsi. |
- Dapat menjelaskan bagaimana manusia mengindra.dan mempersepsi dunia, Sistem Visual, Sistem Auditori, indra kulit, hidung, lidah
- Dapat menjelaskan proses sensasi dan persepsi
|
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami hakekat dan ruang lingkup psikologi.Memahami dasar-dasar biologis perilaku.Memahami proses perkembangan manusia.Memahami proses sensasi dan persepsi.Ujian Tengah Semester |
- Dapat menjelaskan hakekat, ruang lingkup, membedakan pengertian bidang-bidang kajian dalam psikologi, dapat menjelaskan pendekatan pendekatan dalam psikologi, dapat menjelaskan metode ilmiah dan penelitian-penelitian dalam psikologi.
- Dapat menjelaskan System saraf, dapat menjelaskan Neuron, dapat menjelaskan struktur otak dan berbagai fungsinya.
- Dapat menjelaskan perkembangan kanak-kanak, perkembangan remaja, perkembangan dewasa dan lansia.
- Dapat menjelaskan bagaimana manusia mengindra.dan mempersepsi dunia, Sistem Visual, d Sistem Auditori, indra kulit, hidun.
|
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami proses kesadaran manusia. |
Dapat menjelaskan tentang hakikat kesadaran, proses tidur dan bermimpi, hypnosis dan kesadaran, pengaruh obat psikoaktif pada kesadaran. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami proses kesadaran manusia. |
Dapat menjelaskan tentang hakikat kesadaran, proses tidur dan bermimpi, hypnosis dan kesadaran, pengaruh obat psikoaktif pada kesadaran. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami perilaku belajar. |
Dapat menjelaskan tentang jenis-jenis pembelajaran, teori-teori belajar, factor kognitif dalam pembelajaran, tentang factor-faktor biologis, psikologis dan budaya dalam pembelajaran. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami perilaku belajar. |
Dapat menjelaskan tentang jenis-jenis pembelajaran, teori-teori belajar, factor kognitif dalam pembelajaran, tentang factor-faktor biologis, psikologis dan budaya dalam pembelajaran. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami sifat dasar ingatan, prosen encoding, storage, retrieval,tentang ingatan dan kesehatan. |
Dapat menjelaskan sifat dasar ingatan, proses encoding, storage, retrieval, ingatan dan kesehatan. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami proses ingatan manusia. |
Dapat menjelaskan sifat dasar ingatan, prosen encoding, storage, retrieval,tentang ingatan dan kesehatan. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Memahami hakekat dan ruang lingkup psikologi.Memahami dasar-dasar biologis perilaku.Memahami proses perkembangan manusia.Memahami proses sensasi dan persepsi.Ujian Tengah Memahami proses kesadaran manusia.Memahami perilaku belajar.Memahami proses ingatan manusia. |
- Dapat menjelaskan hakekat, ruang lingkup, membedakan pengertian bidang-bidang kajian dalam psikologi, dapat menjelaskan pendekatan pendekatan dalam psikologi, dapat menjelaskan metode ilmiah dan penelitian-penelitian dalam psikologi.
- Dapat menjelaskan System saraf, dapat menjelaskan Neuron, dapat menjelaskan struktur otak dan berbagai fungsinya.
- Dapat menjelaskan perkembangan kanak-kanak, perkembangan remaja, perkembangan dewasa dan lansia.
- Dapat menjelaskan bagaimana manusia mengindra.dan mempersepsi dunia, Sistem Visual, d Sistem Auditori, indra kulit, hidun.
- Dapat menjelaskan tentang hakikat kesadaran, proses tidur dan bermimpi, hypnosis dan kesadaran, pengaruh obat psikoaktif pada kesadaran.
- Dapat menjelaskan tentang jenis-jenis pembelajaran, teori-teori belajar, factor kognitif dalam pembelajaran, tentang factor-faktor biologis, psikologis dan budaya dalam pembelajaran.
- Dapat menjelaskan sifat dasar ingatan, prosen encoding, storage, retrieval,tentang ingatan dan kesehatan.
|
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |