Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Psikologi Umum I

7320103118

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

24 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang hakekat dan ruang lingkup psikologi, dasar-dasar biologi perilaku, perkembangan manusia, sensasi dan persepsi, kesadaran, belajar dan ingatan manusia

Pustaka

Utama :

  1. Laura A,King.2010. Psikologi Umum, sebuah pandangan apresiatif. Jakarta. Salemba Humanika
  2. Sarlito W, Sarwono.2013. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
  3. Alex Sobur. 2003. Psikologi Umum. Bandung.Pustaka Setia.
  4. Carole Wade & Carol Travis.2007. Psikologi, jilid 1. Jakarta. Erlangga.
  5. Robert S,Fieldman.2011. Pengantar Psikologi, buku 1. Jakarta. Salemba Humanika

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi.

Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog.

Muhammad Syafiq, S.Psi., M.Sc.

Ni Wayan Sukmawati Puspitadewi, S.Psi., M.Psi.

Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami hakekat dan ruang lingkup psikologi.

Dapat menjelaskan hakekat, ruang lingkup, membedakan pengertian bidang-bidang kajian dalam psikologi, dapat menjelaskan pendekatan pendekatan dalam psikologi, dapat menjelaskan metode ilmiah dan penelitian-penelitian dalam psikologi..

Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan..

Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI).
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memahami hakekat dan ruang lingkup psikologi.

Dapat menjelaskan hakekat, ruang lingkup, membedakan pengertian bidang-bidang kajian dalam psikologi, dapat menjelaskan pendekatan pendekatan dalam psikologi, dapat menjelaskan metode ilmiah dan penelitian-penelitian dalam psikologi.

Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan..

Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI).
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Memahami dasar-dasar biologis perilaku.

Dapat menjelaskan System saraf, dapat menjelaskan Neuron, dapat menjelaskan struktur otak dan berbagai fungsinya.

Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan..

Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI).
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Memahami dasar-dasar biologis perilaku.

Dapat menjelaskan System saraf, dapat menjelaskan Neuron, dapat menjelaskan struktur otak dan berbagai fungsinya.

Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan..

Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI).
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Memahami proses perkembangan manusia.

  1. Dapat menjelaskan perkembangan masa kanak-kanak,
  2. Dapat menjelaskan perkembangan masa remaja,
  3. Dapat menjelaskan perkembangan dewasa dan lansia.
Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan..

Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI).
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Memahami proses perkembangan manusia.

Dapat menjelaskan perkembangan kanak-kanak, perkembangan remaja, perkembangan dewasa dan lansia.

Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan..

Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI).
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Memahami proses sensasi dan persepsi.

Dapat menjelaskan bagaimana manusia mengindra.dan mempersepsi dunia, Sistem Visual, d Sistem Auditori, indra kulit, hidun.

Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan..

Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI).
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Memahami proses sensasi dan persepsi.

  1. Dapat menjelaskan bagaimana manusia mengindra.dan mempersepsi dunia, Sistem Visual, Sistem Auditori, indra kulit, hidung, lidah
  2. Dapat menjelaskan proses sensasi dan persepsi
Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan..

Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI).
3 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Memahami hakekat dan ruang lingkup psikologi.Memahami dasar-dasar biologis perilaku.Memahami proses perkembangan manusia.Memahami proses sensasi dan persepsi.Ujian Tengah Semester

  1. Dapat menjelaskan hakekat, ruang lingkup, membedakan pengertian bidang-bidang kajian dalam psikologi, dapat menjelaskan pendekatan pendekatan dalam psikologi, dapat menjelaskan metode ilmiah dan penelitian-penelitian dalam psikologi.
  2. Dapat menjelaskan System saraf, dapat menjelaskan Neuron, dapat menjelaskan struktur otak dan berbagai fungsinya.
  3. Dapat menjelaskan perkembangan kanak-kanak, perkembangan remaja, perkembangan dewasa dan lansia.
  4. Dapat menjelaskan bagaimana manusia mengindra.dan mempersepsi dunia, Sistem Visual, d Sistem Auditori, indra kulit, hidun.
Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan..

Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI).
3 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Memahami proses kesadaran manusia.

Dapat menjelaskan tentang hakikat kesadaran, proses tidur dan bermimpi, hypnosis dan kesadaran, pengaruh obat psikoaktif pada kesadaran.

Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan..

Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI).
3 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Memahami proses kesadaran manusia.

Dapat menjelaskan tentang hakikat kesadaran, proses tidur dan bermimpi, hypnosis dan kesadaran, pengaruh obat psikoaktif pada kesadaran.

Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan..

Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI).
3 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Memahami perilaku belajar.

Dapat menjelaskan tentang jenis-jenis pembelajaran, teori-teori belajar, factor kognitif dalam pembelajaran, tentang factor-faktor biologis, psikologis dan budaya dalam pembelajaran.

Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan..

Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI).
3 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Memahami perilaku belajar.

Dapat menjelaskan tentang jenis-jenis pembelajaran, teori-teori belajar, factor kognitif dalam pembelajaran, tentang factor-faktor biologis, psikologis dan budaya dalam pembelajaran.

Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan..

Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI).
3 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Memahami sifat dasar ingatan, prosen encoding, storage, retrieval,tentang ingatan dan kesehatan.

Dapat menjelaskan sifat dasar ingatan, proses encoding, storage, retrieval, ingatan dan kesehatan.

Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan..

Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI).
3 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Memahami proses ingatan manusia.

Dapat menjelaskan sifat dasar ingatan, prosen encoding, storage, retrieval,tentang ingatan dan kesehatan.

Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan..

Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI).
3 X 50

0%

16

Minggu ke 16

Memahami hakekat dan ruang lingkup psikologi.Memahami dasar-dasar biologis perilaku.Memahami proses perkembangan manusia.Memahami proses sensasi dan persepsi.Ujian Tengah Memahami proses kesadaran manusia.Memahami perilaku belajar.Memahami proses ingatan manusia.

  1. Dapat menjelaskan hakekat, ruang lingkup, membedakan pengertian bidang-bidang kajian dalam psikologi, dapat menjelaskan pendekatan pendekatan dalam psikologi, dapat menjelaskan metode ilmiah dan penelitian-penelitian dalam psikologi.
  2. Dapat menjelaskan System saraf, dapat menjelaskan Neuron, dapat menjelaskan struktur otak dan berbagai fungsinya.
  3. Dapat menjelaskan perkembangan kanak-kanak, perkembangan remaja, perkembangan dewasa dan lansia.
  4. Dapat menjelaskan bagaimana manusia mengindra.dan mempersepsi dunia, Sistem Visual, d Sistem Auditori, indra kulit, hidun.
  5. Dapat menjelaskan tentang hakikat kesadaran, proses tidur dan bermimpi, hypnosis dan kesadaran, pengaruh obat psikoaktif pada kesadaran.
  6. Dapat menjelaskan tentang jenis-jenis pembelajaran, teori-teori belajar, factor kognitif dalam pembelajaran, tentang factor-faktor biologis, psikologis dan budaya dalam pembelajaran.
  7. Dapat menjelaskan sifat dasar ingatan, prosen encoding, storage, retrieval,tentang ingatan dan kesehatan.
Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan..

Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI).
3 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.