|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pembelajaran Apresiasi Sastra |
7920103198 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
8 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Phil. Moh. Rokib, M.A.; M. Erwan Saing, M.A.
|
Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.
|
Drs. Parmin, M.Hum. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-6 |
Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasaan dan kesastraan untuk meningkatkan pemahaman mengenai identitas keindonesiaan |
PLO-9 |
Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mengkaji kebudayaan Indonesia (dan umum) dengan mempertimbangkan kekuasaan (atau kehadiran negara/pemerintah) secara bertanggung jawab
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini merupakan kajian budaya di Indonesia dengan mencari bentuk/struktur, fungsi, dan makna budaya melalui pengkajian multidisiplin dari kehidupan sosial dan budaya masyarakat dari tradisi hingga modern. Perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk penugasan dan presentasi hasil tugas. Produk akhir adalah laporan hasil pengkajian budaya dalam bentuk makalah. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications
- Jenks, Chris. 1013. Culture Studi Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- White, Leslie A. -. The Concept of Culture . Calivornia: Bethdillingham University of Cincinnati.
- Story, John. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop. Yogyakarta: Qalam
- Spradley, James. 2006. Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana
- Dundes, Alan. 1965. The Study Of Folklore. Tokyo: Prentice Hall.Inc. Engiewood Clifis
- Strinati, Dominic. 1995. An Introduction to Theories of Popular Culture. Lomdon: Routledge.
- Danesi, Marcel. 2012. Pesan, Tanda dan Makna. Yogyakarta: Jalasutra
- Yuwana. Setya. 2013. Kearifan Budaya Lokal. Sidoarjo:Damar Ilmu
|
Pendukung : |
|
- Beberapa buku tentang kebudayaan dan kesenian Indonesia
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan hakikat kajian budaya |
Menjelaskan hakikat kajian budaya |
Kriteria:
- 5: 5 identifikasi benar
- 4: 4 identifikasi benar
- 3: 3 identifikasi benar
- 2: 2 identifikasi benar
- 1: 1 identifikasi benar
- 0: tidak ada identifikasi yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Menjelaskan / ceramah Tanya jawab Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: hakikat kajian budaya Pustaka: Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan konsep kebudayaan ditinjau dari struktur sosial, tindakan sosial dan material budaya |
Mampu menjelaskan konsep tentang kebudayaan, struktur social, tindakan social, dan pengertian kebudayaan material |
Kriteria:
- 5: 5 identifikasi benar
- 4: 4 identifikasi benar
- 3: 3 identifikasi benar
- 2: 2 identifikasi benar
- 1: 1 identifikasi benar
- 0: tidak ada identifikasi yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: konsep kebudayaan ditinjau dari struktur sosial, tindakan sosial dan material budaya Pustaka: Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan stratifikasi budaya dan reproduksi dalam budaya |
Mampu menjelaskan stratifikasi budaya dan reproduksi dalam budaya |
Kriteria:
- Penilaian tes tertulis dilakukan pada saat UTS.
- Bobot masing-masing instrument berbeda, yaitu:
- Nomor 1,2,3,6,7 masing-masing bobot skor 10.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Menjelaskan / ceramah- Tanya jawab Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: stratifikasi budaya dan reproduksi dalam budaya Pustaka: Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan tentang teori budaya dan perbedaan teori structural dan fungsional serta contoh penerapannya |
ยท Mampu menjelaskan teori struktur dan fungsi menurut ahlinya |
Kriteria:
Nomor 4 dan 5 masing-masing bobot skor15 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: teori budaya dan perbedaan teori structural dan fungsional serta contoh penerapannya Pustaka: Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menjelaskan teori semiotika, konsep budaya massa, budaya popular dan budaya lokal serta contoh penerapannya |
Mampu menjelaskan teori semiotika, budaya massa, budaya popular, dan budaya lokal |
Kriteria:
- : penjelasan 3 ciri benar
- 2: penjelasan 2 ciri benar
- 1: penjelasan 1 ciri benar
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: teori semiotika, konsep budaya massa, budaya popular dan budaya lokal serta contoh penerapannya Pustaka: Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menjelaskan teori semiotika, konsep budaya massa, budaya popular dan budaya lokal serta contoh penerapannya |
Mampu menjelaskan teori semiotika, budaya massa, budaya popular, dan budaya lokal |
Kriteria:
- : penjelasan 3 ciri benar
- 2: penjelasan 2 ciri benar
- 1: penjelasan 1 ciri benar
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: teori semiotika, konsep budaya massa, budaya popular dan budaya lokal serta contoh penerapannya Pustaka: Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menjelaskan teori semiotika, konsep budaya massa, budaya popular dan budaya lokal serta contoh penerapannya |
Mampu menjelaskan teori semiotika, budaya massa, budaya popular, dan budaya lokal |
Kriteria:
- : penjelasan 3 ciri benar
- 2: penjelasan 2 ciri benar
- 1: penjelasan 1 ciri benar
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: teori semiotika, konsep budaya massa, budaya popular dan budaya lokal serta contoh penerapannya Pustaka: Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
UTS 2 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: Beberapa buku tentang kebudayaan dan kesenian Indonesia |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Membedakan metodologi kajian budaya melalui pendekatan etnografi, tekstual dan studi resepsi |
Mampu menerapkan metodologi kajian budaya melalui pendekatan etnografi, tekstual dan studi resepsi |
Kriteria:
- 5 jika hasil laporan makalah/presentasi makalah sesuai dengan kreteria pada aspek penilaian
- 4 jika hasil laporan makalah/presentasi makalah sebagian besar sesuai dengan kreteria pada aspek penilaian
- 2 jika hasil laporan makalah/presentasi makalah sebagian kecil sesuai dengan kreteria pada aspek penilaian
- 1 jika hasil laporan makalah/presentasi makalah tidak memenuhi dengan kreteria pada aspek penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi kelompok dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: metodologi kajian budaya melalui pendekatan etnografi, tekstual dan studi resepsi Pustaka: Jenks, Chris. 1013. Culture Studi Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Membedakan metodologi kajian budaya melalui pendekatan etnografi, tekstual dan studi resepsi |
Mampu menerapkan metodologi kajian budaya melalui pendekatan etnografi, tekstual dan studi resepsi |
Kriteria:
- 5 jika hasil laporan makalah/presentasi makalah sesuai dengan kreteria pada aspek penilaian
- 4 jika hasil laporan makalah/presentasi makalah sebagian besar sesuai dengan kreteria pada aspek penilaian
- 2 jika hasil laporan makalah/presentasi makalah sebagian kecil sesuai dengan kreteria pada aspek penilaian
- 1 jika hasil laporan makalah/presentasi makalah tidak memenuhi dengan kreteria pada aspek penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi kelompok dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: metodologi kajian budaya melalui pendekatan etnografi, tekstual dan studi resepsi Pustaka: Jenks, Chris. 1013. Culture Studi Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Membuat makalah kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern |
Mampu mengkaji budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern |
Kriteria:
Penilaian produk hasil kinerja didasarkan pada perolehan skor pada rubrik yang telah ada. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi kelompok dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern Pustaka: Story, John. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop. Yogyakarta: Qalam |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Membuat makalah kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern |
Mampu mengkaji budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern |
Kriteria:
Penilaian produk hasil kinerja didasarkan pada perolehan skor pada rubrik yang telah ada. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi kelompok dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern Pustaka: Story, John. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop. Yogyakarta: Qalam |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Membuat makalah kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern |
Mampu mengkaji budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern |
Kriteria:
Penilaian produk hasil kinerja didasarkan pada perolehan skor pada rubrik yang telah ada. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi kelompok dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern Pustaka: Story, John. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop. Yogyakarta: Qalam |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Membuat makalah kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern |
Mampu mengkaji budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern |
Kriteria:
Penilaian produk hasil kinerja didasarkan pada perolehan skor pada rubrik yang telah ada. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi kelompok dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern Pustaka: Story, John. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop. Yogyakarta: Qalam |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Membuat makalah kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern |
Mampu mengkaji budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern |
Kriteria:
Penilaian produk hasil kinerja didasarkan pada perolehan skor pada rubrik yang telah ada. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi kelompok dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern Pustaka: Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Membuat makalah kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern |
Mampu mengkaji budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern |
Kriteria:
Penilaian produk hasil kinerja didasarkan pada perolehan skor pada rubrik yang telah ada. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Presentasi kelompok dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern Pustaka: Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications |
15% |