
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan IPS
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perubahan dan Patologi Sosial |
8420703130 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
2 |
22 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ali Imron, S.Sos., M.A. dan Katon Galih Setyawan, S.Sos., M.Sosio.
|
Ali Imron, S.Sos., M.A.
|
Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal. |
PLO-8 |
Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang bidang keahliannya agar kompetitif di tataran lokal dan global. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan konsep-konsep teori sosial dalam analisis kasus perubahan dan patologi sosial yang terjadi di masyarakat (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis faktor penyebab perubahan sosial dan dampaknya terhadap struktur masyarakat menggunakan pendekatan ilmu sosial (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas solusi yang diterapkan untuk mengatasi masalah patologi sosial berdasarkan teori dan data empiris (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan strategi intervensi sosial yang inovatif untuk mengatasi masalah patologi sosial di tingkat lokal dan global (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teknologi informasi dalam pengumpulan dan analisis data terkait perubahan sosial dan patologi sosial (C3)
|
PO - 6 |
Mengevaluasi dampak perubahan sosial terhadap keberlanjutan pembangunan sosial dan ekonomi (C5)
|
PO - 7 |
Menciptakan metode pembelajaran yang efektif untuk mengedukasi masyarakat tentang dampak dan solusi patologi sosial (C6)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-8 | PO-1 | | | ✔ | | PO-2 | | | ✔ | | PO-3 | ✔ | | | | PO-4 | ✔ | | | ✔ | PO-5 | | | | ✔ | PO-6 | ✔ | | | | PO-7 | | ✔ | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Perubahan dan Patologi Sosial membahas tentang berbagai aspek perubahan sosial dan patologi sosial dalam masyarakat. Matakuliah ini bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai proses perubahan sosial yang terjadi di masyarakat serta dampak dari patologi sosial. Ruang lingkup mata kuliah mencakup konsep dan teori perubahan sosial dan patologi sosial, faktor-faktor yang memengaruhi perubahan sosial, studi kasus mengenai perubahan dan patologi sosial, serta upaya pencegahan dan penanggulangan patologi sosial. Pemahaman terhadap konsep dan teori perubahan dan patologi sosial diaktualisasikan dalam bentuk projek/produk. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Burlian Paisol. 2016. Patologi Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Kartono Kartini. 2003. Patologi Sosial Jilid 1. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Kartono. Kartini. 2008. Patologi Sosial 2. Jakarta: Grafindo Persada.
- Sudarsono. 2005. Kenakalan Remaja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Martono, Nanang. 2014. Sosiologi Perubahan Sosial, Jakarta: RajaGrafindo Persada.
- Sztompaka, Piotr. 2008. Sosiologi Perubahan Sosial, Jakarta: Prenada.
- Saebani, B. A. (2016). Perspektif Perubahan Sosial (pertama). Pustaka Setia.
- Indraddin dan Irwan (2016). Strategi dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: Deepublish.
|
Pendukung : |
|
- Weibush, Richard; Raelene Freitag; dan Christopher Baird. 2007. “Preventing Deliquency through Improved Child Protection Services”. Juvenile Justice Bulletin Vol. 1 No. 2. 2007. pp: 1–19.
- Seffrin, Patrick M.; Peggy C Giordano; Wendy D. Manning; dan Monica A. Longmore. 2007. “Dating and Deliquency: An Examination of Links Between Early Heterosexual Interest and Involvement and Later Delinquent Behavior”. Journal of Family and Demographic Research Vol. 1 No. 1. March 2007. pp: 1-48.
- Greenwood, J and Guner, N. 2008. Social Change. Forschungsinstitut zur Zukunft der Arbeit Institute for the Study of Labor.
- Lemert, E.M. 2020. Social Pathology A Systematic Approach to the Theory of Sociopathic Behavior. Barakaldo Books.
|
Dosen Pengampu
|
Ali Imron, S.Sos., M.A. Katon Galih Setyawan, S.Sos., M.Sosio. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menerapkan konsep-konsep teori sosial dalam analisis kasus perubahan dan patologi sosial, serta mengembangkan kemampuan analisis kritis terhadap permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat |
- Konsep teori sosial diterapkan dengan tepat
- Analisis kasus patologi sosial dilakukan secara kritis
- Kemampuan menyusun argumen berdasarkan teori sosial
|
Kriteria:
Partisipasi dan portofolio Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok untuk menganalisis kasus patologi sosial dan presentasi 3x50‘ |
Diskusi kelompok daring untuk menganalisis kasus patologi sosial yang diberikan, penyusunan portofolio berisi analisis kasus patologi sosial 3x50‘ |
Materi: Konsep Patologi Sosial Pustaka: Burlian Paisol. 2016. Patologi Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara. Materi: Konsep Perubahan Sosial Pustaka: Martono, Nanang. 2014. Sosiologi Perubahan Sosial, Jakarta: RajaGrafindo Persada. Materi: Deliquency Pustaka: Weibush, Richard; Raelene Freitag; dan Christopher Baird. 2007. “Preventing Deliquency through Improved Child Protection Services”. Juvenile Justice Bulletin Vol. 1 No. 2. 2007. pp: 1–19. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menerapkan konsep-konsep teori sosial dalam menganalisis kasus-kasus patologi sosial yang terjadi di masyarakat |
- Konsep teori sosial diterapkan dengan tepat
- Analisis kasus patologi sosial dilakukan secara kritis
- Kemampuan menyusun argumen berdasarkan teori sosial
|
Kriteria:
Partisipasi dan portofolio Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi dan presentasi: Pembelajaran berbasis projek mahasiswa (PjBL) langkah 1. Menganalisis kasus patologi sosial 3x50‘ |
Diskusi kelompok daring untuk menganalisis kasus patologi sosial yang diberikan, penyusunan portofolio berisi analisis kasus patologi sosial 3x50‘ |
Materi: Kasus Patologi Sosial Pustaka: Kartono Kartini. 2003. Patologi Sosial Jilid 1. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Materi: Kasus Patologi Sosial Pustaka: Kartono. Kartini. 2008. Patologi Sosial 2. Jakarta: Grafindo Persada. Materi: Deliquency Pustaka: Seffrin, Patrick M.; Peggy C Giordano; Wendy D. Manning; dan Monica A. Longmore. 2007. “Dating and Deliquency: An Examination of Links Between Early Heterosexual Interest and Involvement and Later Delinquent Behavior”. Journal of Family and Demographic Research Vol. 1 No. 1. March 2007. pp: 1-48. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep teori sosial dalam menganalisis faktor penyebab perubahan dan patologi sosial, serta dampaknya terhadap struktur masyarakat |
- Konsep teori sosial diterapkan dengan tepat
- Analisis kasus patologi sosial dilakukan secara kritis
- Kemampuan menyusun argumen berdasarkan teori sosial
|
Kriteria:
Partisipasi dan portofolio Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi dan presentasi: Pembelajaran berbasis projek mahasiswa (PjBL) langkah 2. Menganalisis faktor penyebab perubahan dan patologi sosial, serta dampaknya terhadap struktur sosial 3x50‘ |
Diskusi kelompok daring untuk menganalisis faktor penyebab perubahan dan patologi sosial, serta dampaknya terhadap struktur sosial; penyusunan portofolio 3x50‘ |
Materi: Teori Perubahan Sosial Pustaka: Sztompaka, Piotr. 2008. Sosiologi Perubahan Sosial, Jakarta: Prenada. Materi: Teori Patologi Sosial Pustaka: Burlian Paisol. 2016. Patologi Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara. Materi: Konsep dan Teori Perubahan Sosial Pustaka: Greenwood, J and Guner, N. 2008. Social Change. Forschungsinstitut zur Zukunft der Arbeit Institute for the Study of Labor. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi efektivitas solusi untuk mengatasi masalah patologi sosial akibat perubahan sosial berdasarkan teori dan data empiris |
- Ketepatan variabel analisis evaluasi efektivitas solusi
- Ketepatan evaluasi efektivitas solusi
- Ketepatan teori dan data empiris yang digunakan
|
Kriteria:
Penilaian hasil projek/penilaian produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) mahasiswa langkah 3. Membuat dokumen evaluasi efektivitas solusi untuk mengatasi masalah patologi sosial akibat perubahan sosial berdasarkan teori dan data empiris 3x50‘ |
Diskusi penyusunan dokumen evaluasi efektivitas solusi untuk mengatasi masalah patologi sosial akibat perubahan sosial berdasarkan teori dan data empiris secara daring 3x50‘ |
Materi: Patologi Sosial dan Kenakalan Remaja Pustaka: Sudarsono. 2005. Kenakalan Remaja. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Materi: Teori Perubahan Sosial Pustaka: Sztompaka, Piotr. 2008. Sosiologi Perubahan Sosial, Jakarta: Prenada. Materi: Social Pathology Pustaka: Lemert, E.M. 2020. Social Pathology A Systematic Approach to the Theory of Sociopathic Behavior. Barakaldo Books. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi efektivitas solusi untuk mengatasi masalah patologi sosial akibat perubahan sosial berdasarkan teori dan data empiris |
- Ketepatan variabel analisis evaluasi efektivitas solusi
- Ketepatan evaluasi efektivitas solusi
- Ketepatan teori dan data empiris yang digunakan
|
Kriteria:
Penilaian hasil projek/penilaian produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) mahasiswa langkah 3. Membuat dokumen evaluasi efektivitas solusi untuk mengatasi masalah patologi sosial akibat perubahan sosial berdasarkan teori dan data empiris 3x50‘ |
Diskusi penyusunan dokumen evaluasi efektivitas solusi untuk mengatasi masalah patologi sosial akibat perubahan sosial berdasarkan teori dan data empiris secara daring 3x50‘ |
Materi: Teori Patologi Sosial Pustaka: Lemert, E.M. 2020. Social Pathology A Systematic Approach to the Theory of Sociopathic Behavior. Barakaldo Books. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menciptakan strategi intervensi sosial yang inovatif untuk mengatasi masalah patologi sosial akibat perubahan sosial di tingkat lokal dan gloal |
- Ketepatan variabel model intervensi sosial yang inovatif
- Ketepatan langkah-langkah intervensi sosial yang inovatif
|
Kriteria:
Penilaian hasil projek/penilaian produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) mahasiswa langkah 4. Menciptakan model intervensi sosial yang inovatif untuk mengatasi masalah patologi sosial akibat perubahan sosial di tingkat lokal dan global 3x50‘ |
Diskusi penyusunan model intervensi sosial yang inovatif untuk mengatasi masalah patologi sosial akibat perubahan sosial di tingkat lokal dan global daring 3x50‘ |
Materi: Teori Perubahan Sosial Pustaka: Martono, Nanang. 2014. Sosiologi Perubahan Sosial, Jakarta: RajaGrafindo Persada. Materi: Social Pathology Theory Pustaka: Lemert, E.M. 2020. Social Pathology A Systematic Approach to the Theory of Sociopathic Behavior. Barakaldo Books. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menciptakan strategi intervensi sosial yang inovatif untuk mengatasi masalah patologi sosial akibat perubahan sosial di tingkat lokal dan gloal |
- Ketepatan variabel model intervensi sosial yang inovatif
- Ketepatan langkah-langkah intervensi sosial yang inovatif
|
Kriteria:
Penilaian hasil projek/penilaian produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) mahasiswa langkah 4. Menciptakan model intervensi sosial yang inovatif untuk mengatasi masalah patologi sosial akibat perubahan sosial di tingkat lokal dan global 3x50‘ |
Diskusi penyusunan model intervensi sosial yang inovatif untuk mengatasi masalah patologi sosial akibat perubahan sosial di tingkat lokal dan global daring 3x50‘ |
Materi: Social Change Pustaka: Greenwood, J and Guner, N. 2008. Social Change. Forschungsinstitut zur Zukunft der Arbeit Institute for the Study of Labor. Materi: Social Pathology Pustaka: Lemert, E.M. 2020. Social Pathology A Systematic Approach to the Theory of Sociopathic Behavior. Barakaldo Books. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Materi yang diujikan materi pertemuan 1 - 7 |
Kriteria:
Penilaian melalui tes Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Tengah Semester 3x50‘ |
|
Materi: Materi pertemuan 1 - 7 Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menerapkan teknologi informasi dalam pengumpulan data terkait perubahan dan patologi sosial |
Ketepatan artikel jurnal nasional akreditasi yang ditelusur |
Kriteria:
Penilaian portofolio Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) mahasiswa langkah 5. Menelusur artikel jurnal nasional terakreditasi terkait perubahan dan patologi sosial 3x50‘ |
Diskusi daring tentang hasil penelusuran artikel jurnal nasional terakreditasi terkait perubahan dan patologi sosial 3x50‘ |
Materi: Konsep dan teori patologi sosial Pustaka: Burlian Paisol. 2016. Patologi Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara. Materi: Konsep dan teori perubahan sosial Pustaka: Martono, Nanang. 2014. Sosiologi Perubahan Sosial, Jakarta: RajaGrafindo Persada. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menerapkan teknologi informasi dalam pengumpulan data terkait perubahan dan patologi sosial |
Ketepatan artikel jurnal internasional bereputasi yang ditelusur |
Kriteria:
Penilaian portofolio Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) mahasiswa langkah 6. Menelusur artikel jurnal internasional bereputasi terkait perubahan dan patologi sosial 3x50‘ |
Diskusi daring tentang hasil penelusuran artikel jurnal internasional bereputasi terkait perubahan dan patologi sosial 3x50‘ |
Materi: Perspektif Perubahan Sosial Pustaka: Saebani, B. A. (2016). Perspektif Perubahan Sosial (pertama). Pustaka Setia. Materi: Strategi Perubaham Sosial Pustaka: Indraddin dan Irwan (2016). Strategi dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: Deepublish. Materi: Konsep dan teori patologi sosial Pustaka: Burlian Paisol. 2016. Patologi Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menerapkan teknologi informasi dalam analisis data terkait perubahan dan patologi sosial |
Ketepatan analisis berdasarkan konsep dan teori perubahan dan patologi sosial |
Kriteria:
Penilaian projek/produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) mahasiswa langkah 7. Menganalisis artikel jurnal nasional terakreditasi dan artikel jurnal internasional bereputasi terkait perubahan dan patologi sosial 3x50‘ |
Diskusi daring tentang analisis artikel jurnal nasional terakreditasi dan artikel jurnal internasional bereputasi terkait perubahan dan patologi sosial 3x50‘ |
Materi: Konsep dan teori perubahan sosial Pustaka: Indraddin dan Irwan (2016). Strategi dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: Deepublish. Materi: Konsep dan teori patologi sosial Pustaka: Lemert, E.M. 2020. Social Pathology A Systematic Approach to the Theory of Sociopathic Behavior. Barakaldo Books. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi dampak perubahan dan patologi sosial terhadap keberlanjutan pembangunan sosial, budaya, politik dan ekonomi |
- Ketepatan variabel dalam instrumen wawancara dan observasi
- Ketepatan butir pertanyaan
|
Kriteria:
Penilaian projek/produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) mahasiswa langkah 8. Menyusun instrumen wawancara dan observasi tentang dampak perubahan dan patologi sosial terhadap keberlanjutan pembangunan sosial, budaya, politik dan ekonomi 3x50‘ |
Diskusi daring tentang hasil penyusunan instrumen wawancara dan observasi tentang dampak perubahan dan patologi sosial terhadap keberlanjutan pembangunan sosial, budaya, politik dan ekonomi 3x50‘ |
Materi: Social Change Pustaka: Greenwood, J and Guner, N. 2008. Social Change. Forschungsinstitut zur Zukunft der Arbeit Institute for the Study of Labor. Materi: Social Pathology Pustaka: Lemert, E.M. 2020. Social Pathology A Systematic Approach to the Theory of Sociopathic Behavior. Barakaldo Books. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi dampak perubahan dan patologi sosial terhadap keberlanjutan pembangunan sosial, budaya, politik dan ekonomi |
- Ketepatan data
- Kedalaman data
|
Kriteria:
Penilaian projek/produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) mahasiswa langkah 9. Menggali data lapangan tentang dampak perubahan dan patologi sosial terhadap keberlanjutan pembangunan sosial, budaya, politik dan ekonomi 3x50‘ |
Diskusi daring tentang hasil penggalian data lapangan tentang dampak perubahan dan patologi sosial terhadap keberlanjutan pembangunan sosial, budaya, politik dan ekonomi 3x50‘ |
Materi: Patologi Sosial Pustaka: Burlian Paisol. 2016. Patologi Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara. Materi: Perubahan Sosial Pustaka: Sztompaka, Piotr. 2008. Sosiologi Perubahan Sosial, Jakarta: Prenada. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menciptakan metode pembelajaran yang efektif untuk mengedukasi masyarakat tentang dampak dan solusi patologi sosial akibat perubahan sosial |
- Ketepatan model
- Kreativitas model
- Efektivitas model
|
Kriteria:
Penilaian projek/produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) mahasiswa langkah 10. Menciptakan model pembelajaran yang efektif untuk mengedukasi masyarakat tentang dampak dan solusi patologi sosial akibat perubahan sosial 3x50‘ |
Diskusi daring tentang hasil penggalian data lapangan tentang model pembelajaran yang efektif untuk mengedukasi masyarakat tentang dampak dan solusi patologi sosial akibat perubahan sosial 3x50‘ |
Materi: Perubahan Sosial Pustaka: Martono, Nanang. 2014. Sosiologi Perubahan Sosial, Jakarta: RajaGrafindo Persada. Materi: Patologi Sosial Pustaka: Burlian Paisol. 2016. Patologi Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan metode pembelajaran yang efektif untuk mengedukasi masyarakat tentang dampak dan solusi patologi sosial akibat perubahan sosial |
- Kreativitas media presentasi
- Penggunaan bahasa presentasi yang baku
- Ketepatan jawaban
|
Kriteria:
Penilaian projek/produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) mahasiswa langkah 11. Mempresentasikan model pembelajaran yang efektif untuk mengedukasi masyarakat tentang dampak dan solusi patologi sosial akibat perubahan sosial 3x50‘ |
|
Materi: Perubahan Sosial Pustaka: Greenwood, J and Guner, N. 2008. Social Change. Forschungsinstitut zur Zukunft der Arbeit Institute for the Study of Labor. Materi: Konsep dan teori perubahan sosial Pustaka: Indraddin dan Irwan (2016). Strategi dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: Deepublish. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Materi yang diujikan materi pertemuan 9 - 15 |
Kriteria:
Penilaian melalui tes Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Akhir Semester 3x50‘ |
|
Materi: Materi pertemuan 9 - 15 Pustaka: |
15% |