|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Etika Profesi, Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (EPK3LH) |
8720902139 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
24 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Dr. Luqman Hakim, S.Pd., SE., M.SA.
|
Rochmawati, S.Pd., M.Ak. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu menerapkan nilai, norma, dan etika profesi pendidik akuntansi dan Keuangan |
PLO-11 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menguasai standar dan etika profesi dalam melaksanakan profesi guru Akuntansi (PLO 1)
|
PO - 2 |
Menguasai konsep, prinsip, teknik dan prosedur standar etika profesi secara mendalam dan merumuskannya dalam memecahkan masalah etika profesi guru Akuntansi (PLO 3)
|
PO - 3 |
Mampu menerapkan nilai, norma, dan erika profesi pendidik akuntansi dan keuangan dalam dunia kerja (PLO 6)
|
PO - 4 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam penyelesaian masalah etika profesi pendidik Akuntansi dan keuangan, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (PL0 11)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | | | | ✔ | PO-4 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Etika Profesi, Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (EPK3LH) membahas tentang konsep, prinsip, dan praktik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan lingkungan hidup dalam konteks bidang pendidikan. Mahasiswa akan mempelajari tentang konsep etika mencakup konsep dan prinsip etika, identifikasi bahaya dan penilaian resiko, pengendalian resiko dan pencegahan kecelakaan kerja, perlindungan dan pemeliharaan Kesehatan pekerja; etika profesi guru Akuntansi yang mencakup Standar K3 Guru Pendidikan Akuntansi, Undang-Undang Guru dan Dosen terkait Etika Profesi Guru, Etika profesional Guru Pendidik Akuntansi, Persyaratan sertifikasi dan akreditasi Guru Pendidik Akuntansi, Pengembangan karir dan peningkatan kompetensi Guru Pendidik Akuntansi, Permasalahan Etika Profesi Guru Akuntansi di Indonesia saat ini, dan Penanggulangan Pelanggaran Etika Profesi Guru Akuntansi di Indonesia; dan Etika Lingkungan Hidup yang mencakup konsep kebijakan ramah lingkungan sampai dengan penyelenggaraan Pemerintahan yang baik dan pengelolaan Lingkungan hidup pada dunia pendidikan. Model pembelajaran menggunakan problem based learning, dengan metode ceramah, diskusi dan demonstrasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta 2. Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama
|
Pendukung : |
|
- 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA. Rochmawati, S.Pd., M.Ak. Han Tantri Hardini, S.Pd., M.Pd. Irwan Adimas Ganda Saputra, S.Pd., M.A. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu mengidentifikasi konsep dasar dan Prinsip Etika |
- 1. Menganalisis Konsep dasar dan Prinsip Etika
- 2. Mengidentifikasi Sejarah Etika
- 3. Menyebutkan macam-Macam Etika
- 4. Menyebutkan fungsi etika diterapkan
- 5. Menyebutkan tujuan etika
|
Kriteria:
Nilai maksimal mendapatkan poin 100, jika mahasiswa mengerjakan semua soal dengan benar (terdapat dalam rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, 1 sks |
Ceramah, Diskusi 1 sks |
|
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mengidentifikasi Etika Profesi Guru |
- 1 Mengidentifikasi konsep etika Profesi Guru di Indonesia
- 2 Mengidentifikasi fungsi Etika guru
- 3 Mengidentifikasi tujuan etika profesi guru di Indonesia
- 4 Mengidentifikasi Standar Etika profesional Guru Pendidik Akuntansi terkait Undang-Undang Guru dan Dosen
- 5 Mengidentifikasi kode etik guru di Indonesia
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, presentasi 1 |
ceramah, diskusi, presentasi 1 |
Materi: 2. Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu mengidentifikasi Etika Profesi Guru |
- 1 Mengidentifikasi konsep etika Profesi Guru di Indonesia
- 2 Mengidentifikasi fungsi Etika guru
- 3 Mengidentifikasi tujuan etika profesi guru di Indonesia
- 4 Mengidentifikasi Standar Etika profesional Guru Pendidik Akuntansi terkait Undang-Undang Guru dan Dosen
- 5 Mengidentifikasi kode etik guru di Indonesia
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, presentasi 1 |
ceramah, diskusi, presentasi 1 |
Materi: 2. Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama Pustaka: |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menganalisis Penerapan Etika Profesi Guru |
1 Menyebutkan contoh penerapan etika profesi Guru yang sesuai dengan aturan etika di Indonesia |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Presentasi, Ceramah, dan penugasan 1 |
1 |
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menganalisis Penerapan Etika Profesi Guru |
1 Menyebutkan contoh penerapan etika profesi Guru yang sesuai dengan aturan etika di Indonesia |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Presentasi, Ceramah, dan penugasan 1 |
1 |
Materi: Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama Pustaka: |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu mengidentifikasi konsep dan Prinsip Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) |
- 1. Menganalisis Sejarah K3
- 2. Mengidentifikasi definisi dan tujuan K3
- 3. Menganalisis Peraturan dan standar keselamatan kerja
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Presentasi, Ceramah, dan penugasan 1 |
Diskusi, Presentasi, Ceramah, dan penugasan 1 |
Materi: Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama Pustaka: |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mengidentifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko di lingkungan kerja |
- 1. Menganalisis Sejarah K3
- 2. Mengidentifikasi definisi dan tujuan K3
- 3. Menganalisis Peraturan dan standar keselamatan kerja
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Presentasi, Ceramah, dan penugasan 1 |
Diskusi, Presentasi, Ceramah, dan penugasan 1 |
Materi: Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama Pustaka: |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
|
- 1. Menganalisis Pengendalian risiko teknis, administratif, dan perilaku.
- 2. Menerapkan prosedur keselamatan kerja di lingkungan kerja
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Ceramah, Demonstrasi, tanya jawab 1 |
1 |
Materi: Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama Pustaka: |
3% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
3% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
3% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
3% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
3% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
3% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
3% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
30% |