|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Etika dan Akuntabilitas Publik |
6320103661 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
2 |
3 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Muhammad Farid Ma‘ruf S. sos.,M.AP
|
Muhammad Farid Ma‘ruf S. sos.,M.AP
|
Eva Hany Fanida, S.AP., M.AP. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menguasai konsep etika dalam studi administrasi publik
|
PO - 2 |
Memiliki sikap etis, berintegritas, partisipatif dan bertanggung jawab secara tertulis maupun lisan dalam masyarakat organisasi
|
PO - 3 |
Mampu menerapkan prinsip-prinsip etika administrasi negara dalam pengambilan keputusan
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan kajian aspek etika, moral dan etis. Dalam pembelajaran yang lebih dalam akan membahas tentang pentingnya etika dalam penyelenggaraan pemerintahan untuk mewujudkan nilai-nilai publik: efisiensi, efektivitas, berkeadilan, dan demokrasi. Pembahasan tentang urgensi nilai, moral, etika dan legitimasi kekuasaan. Selain itu di dalam mata kuliah ini mahasiswa juga diajak untuk mengkaji etika pelayanan publik, etika kebijakan publik dan dilema etik. Termasuk membahas peluang penerapan ajaran etika di birokrasi publik untuk mengurangi penyakit birokrasi terutama kolusi, korupsi dan nepotisme. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Kumorotomo, Wahyudi. 1999. Etika Administrasi Negara. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
- Martinez, J. Michael. 2009. Public Administration Ethics. Praeger
- W.J.C. Huberts, Leo. 2008. Ethics and Integrity of Governance. Edwar Elgar
- Yasin, Mahmudin. 2013. Membangun Organisasi Berbudaya. Expose
- Graham, Gordon. 2014. Teori-Teori Etika. Nusamedia: Bandung.
- Svara, James. 2014. The Ethics Primer for Public Administrators in Government and Nonprofit Organizations. Sudbury, MA: Jones and Bartlett Publishers
- Bauman, Z. 2014. Postmodern Ethics (Translated: Alev Türker). Detay Publications: Istanbul
- Rukmana, Nana. 2013. Etika dan Integritas. Sarana Bhakti Media. Publishing: Jakarta
- Haryatmoko. 2013. Etika Publik untuk Integritas Pejabat Publik dan Politisi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Muhammad Farid Ma'ruf, S.Sos., M.AP. Tauran, S.Sos., M.Soc.Sc. Dr. Suci Megawati, S.IP., M.Si. Lili Nur Indah Sari, S.Sos., MSW. Ahmad Nizar Hilmi, S.AP., MPA. M. Noer Falaq Al Amin, SIP., M.KP. Adam Jamal, S.I.P., M.P.A. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar etika dan konsep-konsep yang terkait dengan etika |
- Mampu menjelaskan konsep dasar etika, moral dan etis
- Mampu menjelaskan pentingnya etika dalam kehidupan
|
Kriteria:
kemampuan pemahaman konsep etika (bobot : 15) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kuliah mimbar dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: Konsep Dasar Etika Pustaka: Kumorotomo, Wahyudi. 1999. Etika Administrasi Negara. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memahami konsep etika, nilai dan moral. |
- Mampu menjelaskan landasan dasar etika
- Mampu menjelaskan berbagai jenis nilai
- Mampu menjelaskan tahap pertimbangan moral
- Mampu menjelaskan relasi antara etika, nilai dan moral
|
Kriteria:
kemampuan mendeskripsikan konsep dasar etika dan konsep lain yang terkait dengan etika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: Konsep Etika, Nilai, dan Moral. Pustaka: Martinez, J. Michael. 2009. Public Administration Ethics. Praeger |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami Aliran yang berkembang dalam Etika |
- Mahasiswa memilki kemammpuan tentang teori dan aliran dalam etika
- Mampu menjelaskan berbagai aliran dalam etika
|
Kriteria:
Jawaban diuraikan dengan tepat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan kajian pustaka 3 X 50 |
|
Materi: Aliran Etika Pustaka: W.J.C. Huberts, Leo. 2008. Ethics and Integrity of Governance. Edwar Elgar |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa memahami konsep, peran dan Aspek etika dalam Administrasi Publik |
- Mampu memahami berbagai aspek etis dalam administrasi Publik
- Mampu menjelaskan kajian etika dalam Administrasi Publik
- Mampu menjelaskan urgensi etika dalam Administrasi publik
|
Kriteria:
Jawaban diuraikan dengan tepat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
ceramah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Konsep, Peran dan Aspek etika dalam Administrasi Publik Pustaka: Yasin, Mahmudin. 2013. Membangun Organisasi Berbudaya. Expose |
7% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa memahami Pendekatan etika dalam Administrasi Publik |
- Mampu memahami berbagai pendekatan etika dalam administrasi publik
- Mampu menjelaskan perbedaan dan perkembangan pendekatan etika dalam administrasi publik
|
Kriteria:
Jawaban diuraikan dengan tepat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Pendekatan Etika dalam Administrasi Publik Pustaka: Graham, Gordon. 2014. Teori-Teori Etika. Nusamedia: Bandung. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menganalisa etika birokrasi dan masyarakat dalam perspektif demokrasi |
Mampu menganalisa perilaku birokrasi dan masyarakat dengan perspektif etika birokrasi dan etika dalam demokrasi |
Kriteria:
Jawaban diuraikan dengan tepat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Etika Birokrasi dan Masyarakat Pustaka: Bauman, Z. 2014. Postmodern Ethics (Translated: Alev Türker). Detay Publications: Istanbul |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisa etika birokrasi dan masyarakat dalam perspektif Administrasi Publik |
Mampu menganalisa perilaku birokrasi dan masyarakat dengan perspektif etika birokrasi dan etika |
Kriteria:
kemampuan mendiskripsikan aspek etika dalam administrasi negarakemampuan menganalisis kasus pelanggaran etika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
diskusi kelompok 3 X 50 |
|
Materi: Etika dalam Birokrasi Analisis Praktek Etika dalam Administrasi Publika Pustaka: Kumorotomo, Wahyudi. 1999. Etika Administrasi Negara. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. |
8% |
8
Minggu ke 8 |
memiliki pemahaman tentang konsep dasar etikamampu menjelaskan etika dalam perspektik adminitrasi publikmampu mengidentifikasi kasus pelanggaran etika |
- memiliki kemampuan pemahaman konsep dasar etika
- mampu menjelaskan etika dalam perspektik adminitrasi publik
- mampu mengidentifikasi kasus pelanggaran etika
|
Kriteria:
- Masing-masing pertanyaan memiliki bobot nilai yang berbeda:
- Pertanyaan nomor 1 = 30Pertanyaan nomor 2 = 35Pertanyaan nomor 3 = 35
Bentuk Penilaian : Tes |
tes tertulis 3 X 50 |
|
Materi: Materi 1-8 Pustaka: Yasin, Mahmudin. 2013. Membangun Organisasi Berbudaya. Expose |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami konsekuensi moral kebijakan publik |
- Mampu menjelaskan tentang welfare state, keadilan sosial dan partisipasi masyarakat dalam kebijakan publik |
Kriteria:
Jawaban diuraikan dengan tepat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok Kecil 3 sks x 50 menit = 150 menit |
Diskusi Kelompok Kecil 3 sks x 50 menit = 150 menit |
Materi: Aspek Etis Dalam Studi Administrasi Publik Pustaka: Kumorotomo, Wahyudi. 1999. Etika Administrasi Negara. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami pola perilaku korupsi masyarakat dan aparatur negara |
- Mampu menjelaskan pengertian korupsi, korupsi dalam praktek administrasi negara, penyebab dan penanggulangan korupsi |
Kriteria:
Jawaban diuraikan dengan tepat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok Kecil 3 sks x 50 menit = 150 menit |
Diskusi Kelompok Kecil 3 sks x 50 menit = 150 menit |
Materi: Pemahaman Pentingnya Kajian Etik dalam Administrasi Publik Pustaka: Kumorotomo, Wahyudi. 1999. Etika Administrasi Negara. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami kaidah transparansi dan kepentingan umum |
- Mampu menjelaskan teori tentang transparansi, kepentingan umum dan pelayanan publik |
Kriteria:
Jawaban diuraikan dengan tepat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok Kecil 3 sks x 50 menit = 150 menit |
Diskusi Kelompok Kecil 3 sks x 50 menit = 150 menit |
Materi: Kajian Pemahaman Moral dan Etis dalam proses penyusunan Kebijakan Publik Pustaka: Graham, Gordon. 2014. Teori-Teori Etika. Nusamedia: Bandung. Materi: Kajian Pemahaman Moral dan Etis dalam proses penyusunan Kebijakan Publik Pustaka: Bauman, Z. 2014. Postmodern Ethics (Translated: Alev Türker). Detay Publications: Istanbul |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami pertanggungjawaban dalam birokrasi publik |
- Mampu menjelaskan sistem pertanggungjawaban secara norrmatif - Mampu menjelaskan akuntabilitas birokrasi publik |
Kriteria:
Jawaban diuraikan dengan tepat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok Kecil 3 sks x 50 menit = 150 menit |
Diskusi Kelompok Kecil 3 sks x 50 menit = 150 menit |
Materi: Problemtaika Moral dan Etika dalam proses penyusunan Kebijakan Publik Pustaka: Rukmana, Nana. 2013. Etika dan Integritas. Sarana Bhakti Media. Publishing: Jakarta Materi: Problemtaika Moral dan Etika dalam proses penyusunan Kebijakan Publik Pustaka: Bauman, Z. 2014. Postmodern Ethics (Translated: Alev Türker). Detay Publications: Istanbul |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami relevansi pendidikan moral di Indonesia |
- Mampu menjelaskan konsep pendidikan moral dan penerapannya |
Kriteria:
Jawaban diuraikan dengan tepat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok Kecil 3 sks x 50 menit = 150 menit |
Diskusi Kelompok Kecil 3 sks x 50 menit = 150 menit |
Materi: Kajian Moral dan Etika dalam implementasi pelayanan Pustaka: Haryatmoko. 2013. Etika Publik untuk Integritas Pejabat Publik dan Politisi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Materi: Kajian Moral dan Etika dalam implementasi pelayanan Pustaka: Kumorotomo, Wahyudi. 1999. Etika Administrasi Negara. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menganalisa etika dalam kebijakan public |
- Mampu menganalisa isu-isu kebijakan di Indonesia dalam perspektif etika administrasi negara |
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- Non Tes
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok Kecil 3 sks x 50 menit = 150 menit |
Diskusi Kelompok Kecil 3 sks x 50 menit = 150 menit |
Materi: Moral dan etika serta hambatan dalam pelayanan publik Pustaka: Rukmana, Nana. 2013. Etika dan Integritas. Sarana Bhakti Media. Publishing: Jakarta Materi: Moral dan etika serta hambatan dalam pelayanan publik Pustaka: Yasin, Mahmudin. 2013. Membangun Organisasi Berbudaya. Expose |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Mampu memahami Etika dan maladministrasi
- Mampu menjelaskan pelanggaran etik dalam maladministrasi
|
- Ketepatan memahami Etika dan Mal-administrasi
- Ketepatan menjelaskan pelanggaran etik dalam maladministrasi
|
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- Non Tes
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi Kelompok Kecil 3 sks x 50 menit = 150 menit |
Diskusi Kelompok Kecil 3 sks x 50 menit = 150 menit |
Materi: Pelanggaran etik dalam maladministrasi Pustaka: Martinez, J. Michael. 2009. Public Administration Ethics. Praeger Materi: Etika dan Mal-administrasi Pustaka: Svara, James. 2014. The Ethics Primer for Public Administrators in Government and Nonprofit Organizations. Sudbury, MA: Jones and Bartlett Publishers |
8% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Mahasiswa mampu mengerjakan UAS dengan baik. |
Kriteria:
Jawaban diuraikan dengan tepat Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Tulis 2 x 50 menit = 100 menit |
Tes Tulis 2 x 50 menit = 100 menit |
Materi: Etika dalam Birokrasi Analisis Praktek Etika dalam Administrasi Publika Pustaka: Bauman, Z. 2014. Postmodern Ethics (Translated: Alev Türker). Detay Publications: Istanbul Materi: Materi 9-15 Pustaka: Rukmana, Nana. 2013. Etika dan Integritas. Sarana Bhakti Media. Publishing: Jakarta |
10% |