Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Etika dan Akuntabilitas Publik

6320103661

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

2

3 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Muhammad Farid Ma‘ruf S. sos.,M.AP




Muhammad Farid Ma‘ruf S. sos.,M.AP




Eva Hany Fanida, S.AP., M.AP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menguasai konsep etika dalam studi administrasi publik

PO - 2

Memiliki sikap etis, berintegritas, partisipatif dan bertanggung jawab secara tertulis maupun lisan dalam masyarakat organisasi

PO - 3

Mampu menerapkan prinsip-prinsip etika administrasi negara dalam pengambilan keputusan

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan kajian aspek etika, moral dan etis. Dalam pembelajaran yang lebih dalam akan membahas tentang pentingnya etika dalam penyelenggaraan pemerintahan untuk mewujudkan nilai-nilai publik: efisiensi, efektivitas, berkeadilan, dan demokrasi. Pembahasan tentang urgensi nilai, moral, etika dan legitimasi kekuasaan. Selain itu di dalam mata kuliah ini mahasiswa juga diajak untuk mengkaji etika pelayanan publik, etika kebijakan publik dan dilema etik. Termasuk membahas peluang penerapan ajaran etika di birokrasi publik untuk mengurangi penyakit birokrasi terutama kolusi, korupsi dan nepotisme.

Pustaka

Utama :

  1. Kumorotomo, Wahyudi. 1999. Etika Administrasi Negara. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  2. Martinez, J. Michael. 2009. Public Administration Ethics. Praeger
  3. W.J.C. Huberts, Leo. 2008. Ethics and Integrity of Governance. Edwar Elgar
  4. Yasin, Mahmudin. 2013. Membangun Organisasi Berbudaya. Expose
  5. Graham, Gordon. 2014. Teori-Teori Etika. Nusamedia: Bandung.
  6. Svara, James. 2014. The Ethics Primer for Public Administrators in Government and Nonprofit Organizations. Sudbury, MA: Jones and Bartlett Publishers
  7. Bauman, Z. 2014. Postmodern Ethics (Translated: Alev Türker). Detay Publications: Istanbul
  8. Rukmana, Nana. 2013. Etika dan Integritas. Sarana Bhakti Media. Publishing: Jakarta
  9. Haryatmoko. 2013. Etika Publik untuk Integritas Pejabat Publik dan Politisi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Pendukung :

Dosen Pengampu

Muhammad Farid Ma'ruf, S.Sos., M.AP.

Tauran, S.Sos., M.Soc.Sc.

Dr. Suci Megawati, S.IP., M.Si.

Lili Nur Indah Sari, S.Sos., MSW.

Ahmad Nizar Hilmi, S.AP., MPA.

M. Noer Falaq Al Amin, SIP., M.KP.

Adam Jamal, S.I.P., M.P.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar etika dan konsep-konsep yang terkait dengan etika

  1. Mampu menjelaskan konsep dasar etika, moral dan etis
  2. Mampu menjelaskan pentingnya etika dalam kehidupan
Kriteria:

kemampuan pemahaman konsep etika (bobot : 15)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah mimbar dan tanya jawab
3 X 50

Materi: Konsep Dasar Etika
Pustaka: Kumorotomo, Wahyudi. 1999. Etika Administrasi Negara. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memahami konsep etika, nilai dan moral.

  1. Mampu menjelaskan landasan dasar etika
  2. Mampu menjelaskan berbagai jenis nilai
  3. Mampu menjelaskan tahap pertimbangan moral
  4. Mampu menjelaskan relasi antara etika, nilai dan moral
Kriteria:

kemampuan mendeskripsikan konsep dasar etika dan konsep lain yang terkait dengan etika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan tanya jawab
3 X 50

Materi: Konsep Etika, Nilai, dan Moral.
Pustaka: Martinez, J. Michael. 2009. Public Administration Ethics. Praeger
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami Aliran yang berkembang dalam Etika

  1. Mahasiswa memilki kemammpuan tentang teori dan aliran dalam etika
  2. Mampu menjelaskan berbagai aliran dalam etika
Kriteria:

Jawaban diuraikan dengan tepat.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan kajian pustaka
3 X 50

Materi: Aliran Etika
Pustaka: W.J.C. Huberts, Leo. 2008. Ethics and Integrity of Governance. Edwar Elgar
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa memahami konsep, peran dan Aspek etika dalam Administrasi Publik

  1. Mampu memahami berbagai aspek etis dalam administrasi Publik
  2. Mampu menjelaskan kajian etika dalam Administrasi Publik
  3. Mampu menjelaskan urgensi etika dalam Administrasi publik
Kriteria:

Jawaban diuraikan dengan tepat.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
ceramah dan diskusi
3 X 50

Materi: Konsep, Peran dan Aspek etika dalam Administrasi Publik
Pustaka: Yasin, Mahmudin. 2013. Membangun Organisasi Berbudaya. Expose
7%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa memahami Pendekatan etika dalam Administrasi Publik

  1. Mampu memahami berbagai pendekatan etika dalam administrasi publik
  2. Mampu menjelaskan perbedaan dan perkembangan pendekatan etika dalam administrasi publik
Kriteria:

Jawaban diuraikan dengan tepat.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
3 X 50

Materi: Pendekatan Etika dalam Administrasi Publik
Pustaka: Graham, Gordon. 2014. Teori-Teori Etika. Nusamedia: Bandung.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menganalisa etika birokrasi dan masyarakat dalam perspektif demokrasi

Mampu menganalisa perilaku birokrasi dan masyarakat dengan perspektif etika birokrasi dan etika dalam demokrasi

Kriteria:

Jawaban diuraikan dengan tepat.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
3 X 50

Materi: Etika Birokrasi dan Masyarakat
Pustaka: Bauman, Z. 2014. Postmodern Ethics (Translated: Alev Türker). Detay Publications: Istanbul
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menganalisa etika birokrasi dan masyarakat dalam perspektif Administrasi Publik

Mampu menganalisa perilaku birokrasi dan masyarakat dengan perspektif etika birokrasi dan etika

Kriteria:

kemampuan mendiskripsikan aspek etika dalam administrasi negarakemampuan menganalisis kasus pelanggaran etika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
diskusi kelompok
3 X 50

Materi: Etika dalam Birokrasi Analisis Praktek Etika dalam Administrasi Publika
Pustaka: Kumorotomo, Wahyudi. 1999. Etika Administrasi Negara. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
8%

8

Minggu ke 8

memiliki pemahaman tentang konsep dasar etikamampu menjelaskan etika dalam perspektik adminitrasi publikmampu mengidentifikasi kasus pelanggaran etika

  1. memiliki kemampuan pemahaman konsep dasar etika
  2. mampu menjelaskan etika dalam perspektik adminitrasi publik
  3. mampu mengidentifikasi kasus pelanggaran etika
Kriteria:
  1. Masing-masing pertanyaan memiliki bobot nilai yang berbeda:
  2. Pertanyaan nomor 1 = 30Pertanyaan nomor 2 = 35Pertanyaan nomor 3 = 35

Bentuk Penilaian :
Tes
tes tertulis
3 X 50

Materi: Materi 1-8
Pustaka: Yasin, Mahmudin. 2013. Membangun Organisasi Berbudaya. Expose
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami konsekuensi moral kebijakan publik

- Mampu menjelaskan tentang welfare state, keadilan sosial dan partisipasi masyarakat dalam kebijakan publik

Kriteria:

Jawaban diuraikan dengan tepat.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok Kecil
3 sks x 50 menit = 150 menit
Diskusi Kelompok Kecil
3 sks x 50 menit = 150 menit
Materi: Aspek Etis Dalam Studi Administrasi Publik
Pustaka: Kumorotomo, Wahyudi. 1999. Etika Administrasi Negara. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami pola perilaku korupsi masyarakat dan aparatur negara

- Mampu menjelaskan pengertian korupsi, korupsi dalam praktek administrasi negara, penyebab dan penanggulangan korupsi

Kriteria:

Jawaban diuraikan dengan tepat.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok Kecil
3 sks x 50 menit = 150 menit
Diskusi Kelompok Kecil
3 sks x 50 menit = 150 menit
Materi: Pemahaman Pentingnya Kajian Etik dalam Administrasi Publik
Pustaka: Kumorotomo, Wahyudi. 1999. Etika Administrasi Negara. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami kaidah transparansi dan kepentingan umum

- Mampu menjelaskan teori tentang transparansi, kepentingan umum dan pelayanan publik

Kriteria:

Jawaban diuraikan dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok Kecil
3 sks x 50 menit = 150 menit
Diskusi Kelompok Kecil
3 sks x 50 menit = 150 menit
Materi: Kajian Pemahaman Moral dan Etis dalam proses penyusunan Kebijakan Publik
Pustaka: Graham, Gordon. 2014. Teori-Teori Etika. Nusamedia: Bandung.

Materi: Kajian Pemahaman Moral dan Etis dalam proses penyusunan Kebijakan Publik
Pustaka: Bauman, Z. 2014. Postmodern Ethics (Translated: Alev Türker). Detay Publications: Istanbul
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami pertanggungjawaban dalam birokrasi publik

- Mampu menjelaskan sistem pertanggungjawaban secara norrmatif - Mampu menjelaskan akuntabilitas birokrasi publik

Kriteria:

Jawaban diuraikan dengan tepat.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok Kecil
3 sks x 50 menit = 150 menit
Diskusi Kelompok Kecil
3 sks x 50 menit = 150 menit
Materi: Problemtaika Moral dan Etika dalam proses penyusunan Kebijakan Publik
Pustaka: Rukmana, Nana. 2013. Etika dan Integritas. Sarana Bhakti Media. Publishing: Jakarta

Materi: Problemtaika Moral dan Etika dalam proses penyusunan Kebijakan Publik
Pustaka: Bauman, Z. 2014. Postmodern Ethics (Translated: Alev Türker). Detay Publications: Istanbul
7%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami relevansi pendidikan moral di Indonesia

- Mampu menjelaskan konsep pendidikan moral dan penerapannya

Kriteria:

Jawaban diuraikan dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok Kecil
3 sks x 50 menit = 150 menit
Diskusi Kelompok Kecil
3 sks x 50 menit = 150 menit
Materi: Kajian Moral dan Etika dalam implementasi pelayanan
Pustaka: Haryatmoko. 2013. Etika Publik untuk Integritas Pejabat Publik dan Politisi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Materi: Kajian Moral dan Etika dalam implementasi pelayanan
Pustaka: Kumorotomo, Wahyudi. 1999. Etika Administrasi Negara. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menganalisa etika dalam kebijakan public

- Mampu menganalisa isu-isu kebijakan di Indonesia dalam perspektif etika administrasi negara

Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Non Tes

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok Kecil
3 sks x 50 menit = 150 menit
Diskusi Kelompok Kecil
3 sks x 50 menit = 150 menit
Materi: Moral dan etika serta hambatan dalam pelayanan publik
Pustaka: Rukmana, Nana. 2013. Etika dan Integritas. Sarana Bhakti Media. Publishing: Jakarta

Materi: Moral dan etika serta hambatan dalam pelayanan publik
Pustaka: Yasin, Mahmudin. 2013. Membangun Organisasi Berbudaya. Expose
5%

15

Minggu ke 15

  1. Mampu memahami Etika dan maladministrasi
  2. Mampu menjelaskan pelanggaran etik dalam maladministrasi
  1. Ketepatan memahami Etika dan Mal-administrasi
  2. Ketepatan menjelaskan pelanggaran etik dalam maladministrasi
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Non Tes

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi Kelompok Kecil
3 sks x 50 menit = 150 menit
Diskusi Kelompok Kecil
3 sks x 50 menit = 150 menit
Materi: Pelanggaran etik dalam maladministrasi
Pustaka: Martinez, J. Michael. 2009. Public Administration Ethics. Praeger

Materi: Etika dan Mal-administrasi
Pustaka: Svara, James. 2014. The Ethics Primer for Public Administrators in Government and Nonprofit Organizations. Sudbury, MA: Jones and Bartlett Publishers
8%

16

Minggu ke 16

UAS

Mahasiswa mampu mengerjakan UAS dengan baik.

Kriteria:

Jawaban diuraikan dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Tulis
2 x 50 menit = 100 menit
Tes Tulis
2 x 50 menit = 100 menit
Materi: Etika dalam Birokrasi Analisis Praktek Etika dalam Administrasi Publika
Pustaka: Bauman, Z. 2014. Postmodern Ethics (Translated: Alev Türker). Detay Publications: Istanbul

Materi: Materi 9-15
Pustaka: Rukmana, Nana. 2013. Etika dan Integritas. Sarana Bhakti Media. Publishing: Jakarta
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 64.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 4%
3. Penilaian Portofolio 7.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 4%
5. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.