Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Filsafat Ilmu Ekonomi

8710302074

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

8 Januari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Agung Listiadi, S.Pd., M.Ak.




Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D.




Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan ekonomi secara mandiri, bermutu dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

PLO-6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja denga n pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dalam jangka pendek dan jangka panjang.

PLO-7

Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya

PLO-8

Menguasai konsep dan prinsip pedagogi, didaktik dan ilmu ekonomika secara mendalam untuk melakukan perancangan, pengelolaan dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

PLO-9

Menguasai konsep teoritis perencanaan, strategi dan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi

PLO-10

Menguasai konsep teoritis metode penelitian dan mempublikasikan hasilnya sehingga dapat dipergunakan untuk kepentingan pemecahan masalah dalam pembelajaran ekonomi

PLO-11

Menguasai konsep dan prinsip pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan pembelajaran ekonomi

PLO-12

Mampu merancang, menerapkan, mengembangkan dan mengevaluasi konsep pembelajaran ekonomi dan prinsip-prinsip dalam bidang ilmu Pendidikan Ekonomi secara efektif, efisien, kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mutakhir dan tepat guna

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa terkait dengan pemahaman dan kemampuan untuk berfikir filosofis, logis kreatif dan kritis menurut kaidah-kaidah ilmiah

PO - 2

Memiliki pengetahuan dan wawasan tentang filsafat ilmu untuk berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.

PO - 3

Memiliki keterampilan berfikir kritis dan kreatif serta inovatif dalam menghadapi permasalahan

PO - 4

Memiliki sikap bertanggung jawab dan objektif dalam mengembangkan keterampilan berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.

PO - 5

Memiliki pengetahuan dan wawasan tentang filsafat ilmu untuk berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9PLO-10PLO-11PLO-12
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini menjelaskan terkait: 1) Hakikat filsafat ilmu; (2) Pokok Ajaran Filsafat Bidang Filsafat Ilmu (materialisme, idealisme/spiritualisme, realisme); (3) teori-teori kebenaran ; (4) aspek ontologi, aspek epistemologi, dan aspek aksiologi; (5) Filsafat Pendidikan (Esensialisme, Perrenialisme, Progresivisme, Eksistensialisme, Rekonstruksi, Pedagogi Kritis); (6) Aliran Postmodernisme, (Konstruksionisme Sosial, Hermeneutika, Dekonstruksi, Strukturalisme); (7) Cara Berpikir Kritis (relativitas daya nalar, penguasaan literasi dasar dan penguasaan literasi kritis.)

Pustaka

Utama :

  1. Fautanu, Idzam.. 2012. Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya
  2. Jujun S. Suriasumantri. 2009. Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu
  3. Nigel Warbuton. 2013. Philosophy The Basics. New York: Routledge
  4. Walter Ott & Alex Dunn. 2010. Modern Philosophy. Virginia: University of Virginia press

Pendukung :

  1. James Ladyman. 2002. Understanding Philosophy of Science. London: Routledge
  2. The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty
  3. Hariyati. Pengembangan Evaluasi Diri Unesa sebagai PTN-BH (Penelitian Penugasan Kebijakan Strategis Universitas Batch 3 Dana PNBP 2020)

Dosen Pengampu

Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D.

Prof. Dr. Agung Listiadi, S.Pd., M.Ak.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menguasai hakikat filsafat ilmu dan ruang lingkupnya.

  1. Menjelaskan pengertian hakekat filsafat ilmu
  2. Mendeskripsikan Substansi Filsafat ilmu
  3. Menjelaskan Manfaat Berfikir filosofis
  4. Mengklasifikasi Karakteristik berfikir filosofis
  5. Mendeskripsikan Jaman Yunani kuno 6 SM
Kriteria:

Tes lisan dan pelaporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Menguasai hakikat filsafat ilmu dan ruang lingkupnya.
Pustaka: Fautanu, Idzam.. 2012. Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya
3%

2

Minggu ke 2

Menganalisis sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dari mito sampai logi.

  1. Mendeskripsikan Jaman Yunani kuno 6 SM
  2. Menjelaskan Jaman Palto, Socrates dan Aristoteles
  3. Membedakan Abad kegelapan ilmu dan abad pencerahan
  4. Mendeskripsikan Jaman Aufklarung
  5. Mendeskripsikan Substansi Filsafat Ilmu
Kriteria:

Tes lisan dan pelaporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Menganalisis sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dari mito sampai logi.
Pustaka: Fautanu, Idzam.. 2012. Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya
3%

3

Minggu ke 3

Menganalisis substansi dan fungsi filsafat ilmu

  1. Mengklasifikasi Fungsi fisafat dalam kehidupan
  2. Membedakan Pendekatan -pendekatan filsafat
  3. Mendeskripsikan Pendekatan Ontology
  4. Menjelaskan Pendekatan Epistemology
  5. Mendeskripsikan Pendekatan Axiologi
Kriteria:

Tes lisan dan pelaporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Menganalisis substansi dan fungsi filsafat ilmu
Pustaka: Nigel Warbuton. 2013. Philosophy The Basics. New York: Routledge
3%

4

Minggu ke 4

Memahami kajian ontology, epistemology dan aksiologi.

  1. Menjelaskan Ajaran filsafat materialism
  2. Mendeskripsikan Ajaran idealism
  3. Menjelaskan Ajaran realism
  4. Ajaran spiritualisme
Kriteria:

Tes lisan dan pelaporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Memahami kajian ontology, epistemology dan aksiologi.
Pustaka: Walter Ott & Alex Dunn. 2010. Modern Philosophy. Virginia: University of Virginia press
3%

5

Minggu ke 5

Memahamai ajaran pokok filsafat materialisme, idealisme/ spiritualisme, realisme).

  1. Menjelaskan Teori kebenaran koherensi
  2. Menjelaskan Teori korespondensi
  3. Mendeskripskan Teori pragmatism religius
  4. Mendeskripsikan Berfikir filosogis
Kriteria:

Tes lisan dan pelaporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Memahamai ajaran pokok filsafat materialisme, idealisme/ spiritualisme, realisme).
Pustaka: James Ladyman. 2002. Understanding Philosophy of Science. London: Routledge
3%

6

Minggu ke 6

Memahami teori -teori kebenaran (koherensi, kores - pondensi pragmatism, religius).

  1. Menjelaskan Teori kebenaran koherensi
  2. Menjelaskan Teori korespondensi
  3. Mendeskripskan Teori pragmatism religius
  4. Mendeskripsikan Berfikir filosogis
Kriteria:

Tes lisan dan pelaporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Memahami teori-teori kebenaran (koherensi, kores-pondensi pragmatism, religius).
Pustaka: James Ladyman. 2002. Understanding Philosophy of Science. London: Routledge
3%

7

Minggu ke 7

Terampil Berpikir Kritis (relativitas daya nalar, Penguasaan literasi dasar, penguasaan literasi kritis)

  1. Mengklasifikasi Berfikir kritis
  2. Mendeskripsikan Penguasaan literasi
  3. Mendeskripsikan Pengembangan nalar
Kriteria:

Tes lisan dan pelaporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Terampil Berpikir Kritis (relativitas daya nalar, Penguasaan literasi dasar, penguasaan literasi kritis)
Pustaka: Walter Ott & Alex Dunn. 2010. Modern Philosophy. Virginia: University of Virginia press
7%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
100 menit
UTS
100 menit
Materi: -
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Menganalisis gerakan Humanisme dan Renaissanse

  1. jelaskan pengertian hakekat filsafat ilmu
  2. Jelaskan Substansi Filsafat ilmu
  3. jelaskan Manfaat Berfikir filosofis
  4. Jelaskan Karakteristik berfikir filosofis
  5. Jelaskan Jaman Yunani kuno 6 SM
  6. jelaskan Jaman Palto, Socrates dan Aristoteles
  7. Jelaskan Abad kegelapan ilmu dan abad pencerahan
  8. Jelaskan Jaman Aufklarung
  9. Jelaskan Substansi Filsafat Ilmu
  10. Jelaskan Fungsi fisafat dalam kehidupan
  11. Membedakan Pendekatan -pendekatan filsafat
  12. Jelaskan Pendekatan Ontology
  13. Jelaskan Pendekatan Epistemology
  14. Jelaskan Pendekatan Axiologi
  15. jelaskan Ajaran filsafat materialism
  16. Mendeskripsikan Ajaran idealism
  17. jelaskan Ajaran realism
  18. Ajaran spiritualisme
  19. Menjelaskan Teori kebenarankoherensi
  20. Melaskan Teori korespondensi
  21. Jelaskan Teori pragmatism religius
  22. Mendeskripsikan Berfikir filosogis
  23. Jelaskan Karakteristik berfikir ilmiah
  24. Mengklasifikasi Berfikir kritis
  25. Jelaska Penguasaan literasi
  26. Jelaskaikan Pengembangan nalar
Kriteria:

Tes lisan dan pelaporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Menganalisis gerakan Humanisme dan Renaissanse
Pustaka: Walter Ott & Alex Dunn. 2010. Modern Philosophy. Virginia: University of Virginia press
3%

10

Minggu ke 10

Terampil berfikir rasional, empiris, kritis dan pragmatis.

  1. Menjelaskan Gerakan humanism
  2. Mendeskripsikan Gerakan Renaissanse
  3. Mendeskripkan Aliran rasionalisme
  4. Menjelaskan Empirisme
Kriteria:

Tes lisan dan pelaporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Terampil berfikir rasional, empiris, kritis dan pragmatis.
Pustaka: Nigel Warbuton. 2013. Philosophy The Basics. New York: Routledge
3%

11

Minggu ke 11

Menganalisis aliran postmodern (Konstruksionisme Sosial, Hermeneuti ka)

  1. Aliran postmodern
  2. Konstruksionisme social
  3. Hermeneutika
  4. Menjelaskan Aliran postmodern
Kriteria:

Tes lisan dan pelaporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Menganalisis aliran postmodern (Konstruksionisme Sosial, Hermeneuti ka)
Pustaka: Jujun S. Suriasumantri. 2009. Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu
3%

12

Minggu ke 12

Memahami aliran postmodern (Dekonstruksi, Struktura-lisme).

  1. Mendeskripsikan Kritisme
  2. Menjelaskan aliran Pragmatisme
  3. Aliran postmodern
  4. Konstruksionisme social
Kriteria:

Tes lisan dan pelaporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Memahami aliran postmodern (Dekonstruk si, Struktura-lisme).
Pustaka: Walter Ott & Alex Dunn. 2010. Modern Philosophy. Virginia: University of Virginia press
3%

13

Minggu ke 13

Menganalisis aspek ontology tentang hakekat ada

  1. Menjelaskan Aliran postmodern
  2. Mendeskripsikan Aliran dekonstruksi
  3. Mendeskripsikan Aliran Struktural lisasi
Kriteria:

Tes lisan dan pelaporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Menganalisis aspek ontology tentang hakekat ada
Pustaka: Walter Ott & Alex Dunn. 2010. Modern Philosophy. Virginia: University of Virginia press
3%

14

Minggu ke 14

Menganalisis aspek epistemology dalam aliran filsafat

  1. MendeskripsikanAliran Struktural lisasi
  2. Menjelaskan aspek Ontologi dalam Hakekat yang ada
  3. Mendeskripsikan aspek Ontologi sains
  4. Mendeskripsikan Ontologi filsafat
Kriteria:

Tes lisan dan pelaporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Menganalisis aspek epistemology dalam aliran filsafat
Pustaka: Nigel Warbuton. 2013. Philosophy The Basics. New York: Routledge
3%

15

Minggu ke 15

Terampil menerapkan aksiolgi dalam nilai kegunaan dan pertimbangan nilai dan ilmu

  1. MendeskripsikanKonst ruktivisme individu dan social
  2. Membedakan Metode memperoleh pengetahuan
  3. Menjelaskan Kebenaran dalam epistemologi
Kriteria:

Tes lisan dan pelaporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Terampil menerapkan aksiolgi dalam nilai kegunaan dan pertimbangan nilai dan ilmu
Pustaka: James Ladyman. 2002. Understanding Philosophy of Science. London: Routledge
7%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
100
UAS
100
Materi: -
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.