|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Filsafat Ilmu Ekonomi |
8710302074 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
8 Januari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Agung Listiadi, S.Pd., M.Ak.
|
Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D.
|
Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan ekonomi secara mandiri, bermutu dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
PLO-6 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja denga n pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dalam jangka pendek dan jangka panjang. |
PLO-7 |
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya |
PLO-8 |
Menguasai konsep dan prinsip pedagogi, didaktik dan ilmu ekonomika secara mendalam untuk melakukan perancangan, pengelolaan dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
PLO-9 |
Menguasai konsep teoritis perencanaan, strategi dan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi |
PLO-10 |
Menguasai konsep teoritis metode penelitian dan mempublikasikan hasilnya sehingga dapat dipergunakan untuk kepentingan pemecahan masalah dalam pembelajaran ekonomi |
PLO-11 |
Menguasai konsep dan prinsip pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan pembelajaran ekonomi |
PLO-12 |
Mampu merancang, menerapkan, mengembangkan dan mengevaluasi konsep pembelajaran ekonomi dan prinsip-prinsip dalam bidang ilmu Pendidikan Ekonomi secara efektif, efisien, kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mutakhir dan tepat guna |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa terkait dengan pemahaman dan kemampuan untuk berfikir filosofis, logis kreatif dan kritis menurut kaidah-kaidah ilmiah
|
PO - 2 |
Memiliki pengetahuan dan wawasan tentang filsafat ilmu untuk berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.
|
PO - 3 |
Memiliki keterampilan berfikir kritis dan kreatif serta inovatif dalam menghadapi permasalahan
|
PO - 4 |
Memiliki sikap bertanggung jawab dan objektif dalam mengembangkan keterampilan berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.
|
PO - 5 |
Memiliki pengetahuan dan wawasan tentang filsafat ilmu untuk berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | PLO-11 | PLO-12 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | ✔ | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | PO-5 | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini menjelaskan terkait: 1) Hakikat filsafat ilmu; (2) Pokok Ajaran Filsafat Bidang Filsafat Ilmu (materialisme, idealisme/spiritualisme, realisme); (3) teori-teori kebenaran ; (4) aspek ontologi, aspek epistemologi, dan aspek aksiologi; (5) Filsafat Pendidikan (Esensialisme, Perrenialisme, Progresivisme, Eksistensialisme, Rekonstruksi, Pedagogi Kritis); (6) Aliran Postmodernisme, (Konstruksionisme Sosial, Hermeneutika, Dekonstruksi, Strukturalisme); (7) Cara Berpikir Kritis
(relativitas daya nalar, penguasaan literasi dasar dan penguasaan literasi kritis.) |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Fautanu, Idzam.. 2012. Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya
- Jujun S. Suriasumantri. 2009. Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu
- Nigel Warbuton. 2013. Philosophy The Basics. New York: Routledge
- Walter Ott & Alex Dunn. 2010. Modern Philosophy. Virginia: University of Virginia press
|
Pendukung : |
|
- James Ladyman. 2002. Understanding Philosophy of Science. London: Routledge
- The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty
- Hariyati. Pengembangan Evaluasi Diri Unesa sebagai PTN-BH (Penelitian Penugasan Kebijakan Strategis Universitas Batch 3 Dana PNBP 2020)
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D. Prof. Dr. Agung Listiadi, S.Pd., M.Ak. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menguasai hakikat filsafat ilmu dan ruang lingkupnya. |
- Menjelaskan pengertian hakekat filsafat ilmu
- Mendeskripsikan Substansi Filsafat ilmu
- Menjelaskan Manfaat Berfikir filosofis
- Mengklasifikasi Karakteristik berfikir filosofis
- Mendeskripsikan Jaman Yunani kuno 6 SM
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Menguasai hakikat filsafat ilmu dan ruang lingkupnya. Pustaka: Fautanu, Idzam.. 2012. Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dari mito sampai logi. |
- Mendeskripsikan Jaman Yunani kuno 6 SM
- Menjelaskan Jaman Palto, Socrates dan Aristoteles
- Membedakan Abad kegelapan ilmu dan abad pencerahan
- Mendeskripsikan Jaman Aufklarung
- Mendeskripsikan Substansi Filsafat Ilmu
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Menganalisis sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dari mito sampai logi. Pustaka: Fautanu, Idzam.. 2012. Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis substansi dan fungsi filsafat ilmu |
- Mengklasifikasi Fungsi fisafat dalam kehidupan
- Membedakan Pendekatan -pendekatan filsafat
- Mendeskripsikan Pendekatan Ontology
- Menjelaskan Pendekatan Epistemology
- Mendeskripsikan Pendekatan Axiologi
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Menganalisis substansi dan fungsi filsafat ilmu Pustaka: Nigel Warbuton. 2013. Philosophy The Basics. New York: Routledge |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami kajian ontology, epistemology dan aksiologi. |
- Menjelaskan Ajaran filsafat materialism
- Mendeskripsikan Ajaran idealism
- Menjelaskan Ajaran realism
- Ajaran spiritualisme
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Memahami kajian ontology, epistemology dan aksiologi. Pustaka: Walter Ott & Alex Dunn. 2010. Modern Philosophy. Virginia: University of Virginia press |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Memahamai ajaran pokok filsafat materialisme, idealisme/ spiritualisme, realisme). |
- Menjelaskan Teori kebenaran koherensi
- Menjelaskan Teori korespondensi
- Mendeskripskan Teori pragmatism religius
- Mendeskripsikan Berfikir filosogis
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Memahamai ajaran pokok filsafat materialisme, idealisme/ spiritualisme, realisme). Pustaka: James Ladyman. 2002. Understanding Philosophy of Science. London: Routledge |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami teori -teori kebenaran (koherensi, kores - pondensi pragmatism, religius). |
- Menjelaskan Teori kebenaran koherensi
- Menjelaskan Teori korespondensi
- Mendeskripskan Teori pragmatism religius
- Mendeskripsikan Berfikir filosogis
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Memahami teori-teori kebenaran (koherensi, kores-pondensi pragmatism, religius). Pustaka: James Ladyman. 2002. Understanding Philosophy of Science. London: Routledge |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Terampil Berpikir Kritis (relativitas daya nalar, Penguasaan literasi dasar, penguasaan literasi kritis) |
- Mengklasifikasi Berfikir kritis
- Mendeskripsikan Penguasaan literasi
- Mendeskripsikan Pengembangan nalar
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Terampil Berpikir Kritis (relativitas daya nalar, Penguasaan literasi dasar, penguasaan literasi kritis) Pustaka: Walter Ott & Alex Dunn. 2010. Modern Philosophy. Virginia: University of Virginia press |
7% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 100 menit |
UTS 100 menit |
Materi: - Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis gerakan Humanisme dan Renaissanse |
- jelaskan pengertian hakekat filsafat ilmu
- Jelaskan Substansi Filsafat ilmu
- jelaskan Manfaat Berfikir filosofis
- Jelaskan Karakteristik berfikir filosofis
- Jelaskan Jaman Yunani kuno 6 SM
- jelaskan Jaman Palto, Socrates dan Aristoteles
- Jelaskan Abad kegelapan ilmu dan abad pencerahan
- Jelaskan Jaman Aufklarung
- Jelaskan Substansi Filsafat Ilmu
- Jelaskan Fungsi fisafat dalam kehidupan
- Membedakan Pendekatan -pendekatan filsafat
- Jelaskan Pendekatan Ontology
- Jelaskan Pendekatan Epistemology
- Jelaskan Pendekatan Axiologi
- jelaskan Ajaran filsafat materialism
- Mendeskripsikan Ajaran idealism
- jelaskan Ajaran realism
- Ajaran spiritualisme
- Menjelaskan Teori kebenarankoherensi
- Melaskan Teori korespondensi
- Jelaskan Teori pragmatism religius
- Mendeskripsikan Berfikir filosogis
- Jelaskan Karakteristik berfikir ilmiah
- Mengklasifikasi Berfikir kritis
- Jelaska Penguasaan literasi
- Jelaskaikan Pengembangan nalar
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Menganalisis gerakan Humanisme dan Renaissanse Pustaka: Walter Ott & Alex Dunn. 2010. Modern Philosophy. Virginia: University of Virginia press |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Terampil berfikir rasional, empiris, kritis dan pragmatis. |
- Menjelaskan Gerakan humanism
- Mendeskripsikan Gerakan Renaissanse
- Mendeskripkan Aliran rasionalisme
- Menjelaskan Empirisme
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Terampil berfikir rasional, empiris, kritis dan pragmatis. Pustaka: Nigel Warbuton. 2013. Philosophy The Basics. New York: Routledge |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis aliran postmodern (Konstruksionisme Sosial, Hermeneuti ka) |
- Aliran postmodern
- Konstruksionisme social
- Hermeneutika
- Menjelaskan Aliran postmodern
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Menganalisis aliran postmodern (Konstruksionisme Sosial, Hermeneuti ka) Pustaka: Jujun S. Suriasumantri. 2009. Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami aliran postmodern (Dekonstruksi, Struktura-lisme). |
- Mendeskripsikan Kritisme
- Menjelaskan aliran Pragmatisme
- Aliran postmodern
- Konstruksionisme social
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Memahami aliran postmodern (Dekonstruk si, Struktura-lisme). Pustaka: Walter Ott & Alex Dunn. 2010. Modern Philosophy. Virginia: University of Virginia press |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Menganalisis aspek ontology tentang hakekat ada |
- Menjelaskan Aliran postmodern
- Mendeskripsikan Aliran dekonstruksi
- Mendeskripsikan Aliran Struktural lisasi
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Menganalisis aspek ontology tentang hakekat ada Pustaka: Walter Ott & Alex Dunn. 2010. Modern Philosophy. Virginia: University of Virginia press |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Menganalisis aspek epistemology dalam aliran filsafat |
- MendeskripsikanAliran Struktural lisasi
- Menjelaskan aspek Ontologi dalam Hakekat yang ada
- Mendeskripsikan aspek Ontologi sains
- Mendeskripsikan Ontologi filsafat
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Menganalisis aspek epistemology dalam aliran filsafat Pustaka: Nigel Warbuton. 2013. Philosophy The Basics. New York: Routledge |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Terampil menerapkan aksiolgi dalam nilai kegunaan dan pertimbangan nilai dan ilmu |
- MendeskripsikanKonst ruktivisme individu dan social
- Membedakan Metode memperoleh pengetahuan
- Menjelaskan Kebenaran dalam epistemologi
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Terampil menerapkan aksiolgi dalam nilai kegunaan dan pertimbangan nilai dan ilmu Pustaka: James Ladyman. 2002. Understanding Philosophy of Science. London: Routledge |
7% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 100 |
UAS 100 |
Materi: - Pustaka: |
30% |