Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Desain Pelatihan

7320102009

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

1 Agustus 2022

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Olievia Prabandini Mulyana, M.Psi., Psikolog




Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog




Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

mampu memahami prinsip-prinsip analisis kebutuhan pelatihan

PO - 2

memahami metode-metode pelatihan psikologi

PO - 3

mampu memahami dan membuat evaluasi hasil pelatihan psikologi

PO - 4

mampu memahami prinsip-prinsip dan membuat pengukuran investasi pelatihan psikologi

PO - 5

mampu membuat proposal dan modul pelatihan psikologi

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar desain pelatihan, prinsip experiental learning, TNA , prosedur dasar untuk merancang pelatihan, dan membuat modul pelatihan.

Pustaka

Utama :

  1. Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press.
  2. Kraiger, K., Passmore, J., Santos, N. R., & Malvezzi, S. 2015. The Wiley Blackwell Handbook of The Psychology of Training, Development and Performance Improvement . John Wiley & Sons Ltd.
  3. Noe, R. A. 2020. Employee Training and Development (Eighth ed). McGraw-Hill Education.
  4. Saks, A. M., & Haccoun, R. R. 2016. Managing Performance Through Training and Development (Seventh ed ). Nelson Education.

Pendukung :

  1. -

Dosen Pengampu

Olievia Prabandini Mulyana, S.Psi., M.Psi Psikolog

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa mampu memahami kontrak belajar perkuliahan
  2. Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup materi desain pelatihan
  3. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar pelatihan psikologi
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mematuhi kontrak belajar perkuliahan
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup materi desain pelatihan
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pelatihan psikologi
Kriteria:

A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Grup Discussion dan Contextual Instruction
2 X 50
-
Materi: konsep dasar pelatihan psikologi
Pustaka: Kraiger, K., Passmore, J., Santos, N. R., & Malvezzi, S. 2015. The Wiley Blackwell Handbook of The Psychology of Training, Development and Performance Improvement . John Wiley & Sons Ltd.
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip analisis kebutuhan pelatihan

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip analisis kebutuhan pelatihan

Kriteria:

A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction.
2 X 50
-
Materi: Analisis kebutuhan pelatihan
Pustaka: Noe, R. A. 2020. Employee Training and Development (Eighth ed). McGraw-Hill Education.
2%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami program-program pelatihan

Mahasiswa mampu menjelaskan program-program pelatihan

Kriteria:

A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Small Grup Discussion dan Project Based Learning
2 X 50
-
Materi: Program-program pelatihan
Pustaka: Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press.
2%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami proses pembelajaran dalam pelatihan psikologi

Mahasiswa mampu menjelaskan proses pembelajaran pelatihan psikologi

Kriteria:

A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction
2 X 50
-
Materi: Experiental learning
Pustaka: Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press.

Materi: Meode pelatihan psikologi
Pustaka: Kraiger, K., Passmore, J., Santos, N. R., & Malvezzi, S. 2015. The Wiley Blackwell Handbook of The Psychology of Training, Development and Performance Improvement . John Wiley & Sons Ltd.

Materi: Proses pembelajaran pelatihan psikologi
Pustaka: Noe, R. A. 2020. Employee Training and Development (Eighth ed). McGraw-Hill Education.
2%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami off the job training

Mahasiswa mampu menjelaskan off the job training

Kriteria:

A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction
2 X 50
-
Materi: off the job training
Pustaka: Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press.
2%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami on the job training

Mahasiswa mampu menjelaskan on the job training

Kriteria:

A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction
2 X 50
-
Materi: on the job training
Pustaka: Saks, A. M., & Haccoun, R. R. 2016. Managing Performance Through Training and Development (Seventh ed ). Nelson Education.
2%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami technology based training

Mahasiswa mampu menjelaskan technology based training

Kriteria:

A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Synchonous dengan zoom meetingSmall Grup Discussion
2 X 50
-
Materi: technology based training
Pustaka: Kraiger, K., Passmore, J., Santos, N. R., & Malvezzi, S. 2015. The Wiley Blackwell Handbook of The Psychology of Training, Development and Performance Improvement . John Wiley & Sons Ltd.
3%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
2 X 50
-
Materi: UTS
Pustaka: Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press.

Materi: UTS
Pustaka: Kraiger, K., Passmore, J., Santos, N. R., & Malvezzi, S. 2015. The Wiley Blackwell Handbook of The Psychology of Training, Development and Performance Improvement . John Wiley & Sons Ltd.

Materi: UTS
Pustaka: Noe, R. A. 2020. Employee Training and Development (Eighth ed). McGraw-Hill Education.

Materi: UTS
Pustaka: Saks, A. M., & Haccoun, R. R. 2016. Managing Performance Through Training and Development (Seventh ed ). Nelson Education.
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip trainer dan trainee pada pelatihan psikologi

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip trainer dan trainee pada pelatihan psikologi

Kriteria:

A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction
2 X 50
-
Materi: prinsip-prinsip trainer dan trainee pada pelatihan psikologi
Pustaka: Noe, R. A. 2020. Employee Training and Development (Eighth ed). McGraw-Hill Education.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami evaluasi pelatihan pelatihan psikologi

Mahasiswa mampu menjelaskan evaluasi pelatihan psikologi

Kriteria:

A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction
2 X 50
-
Materi: evaluasi pelatihan pelatihan psikologi
Pustaka: Saks, A. M., & Haccoun, R. R. 2016. Managing Performance Through Training and Development (Seventh ed ). Nelson Education.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami prinsip dalam menghitung return on training investment

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dalam menghitung return on training investment

Kriteria:

A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok Kecil dan Pembelajaran Berbasis Proyek
2 X 50
-
Materi: return on training investment
Pustaka: Noe, R. A. 2020. Employee Training and Development (Eighth ed). McGraw-Hill Education.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip modul pelatihan psikologi

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip modul pelatihan psikologi

Kriteria:

A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction
2 X 50
-
Materi: modul pelatihan psikologi
Pustaka: Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu membuat modul pelatihan psikologi

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip modul pelatihan psikologi

Kriteria:

A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction
2 X 50
-
Materi: modul pelatihan psikologi
Pustaka: Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu melakukan uji coba modul pelatihan psikologi

Mahasiswa mampu melakukan uji coba modul pelatihan psikologi

Kriteria:

A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction
2 X 50
-
Materi: modul pelatihan psikologi
Pustaka: Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami evaluasi modul pelatihan psikologi

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip modul pelatihan psikologi

Kriteria:

A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction
2 X 50
-
Materi: modul pelatihan psikologi
Pustaka: Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press.
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
2 X 50
-
Materi: UAS
Pustaka: Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press.

Materi: UAS
Pustaka: Kraiger, K., Passmore, J., Santos, N. R., & Malvezzi, S. 2015. The Wiley Blackwell Handbook of The Psychology of Training, Development and Performance Improvement . John Wiley & Sons Ltd.

Materi: UAS
Pustaka: Noe, R. A. 2020. Employee Training and Development (Eighth ed). McGraw-Hill Education.

Materi: UAS
Pustaka: Kraiger, K., Passmore, J., Santos, N. R., & Malvezzi, S. 2015. The Wiley Blackwell Handbook of The Psychology of Training, Development and Performance Improvement . John Wiley & Sons Ltd.
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.