|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Desain Pelatihan |
7320102009 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
1 Agustus 2022 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Olievia Prabandini Mulyana, M.Psi., Psikolog
|
Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog
|
Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
mampu memahami prinsip-prinsip analisis kebutuhan pelatihan
|
PO - 2 |
memahami metode-metode pelatihan psikologi
|
PO - 3 |
mampu memahami dan membuat evaluasi hasil pelatihan psikologi
|
PO - 4 |
mampu memahami prinsip-prinsip dan membuat pengukuran investasi pelatihan psikologi
|
PO - 5 |
mampu membuat proposal dan modul pelatihan psikologi
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar desain pelatihan, prinsip experiental learning, TNA , prosedur dasar untuk merancang pelatihan, dan membuat modul pelatihan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press.
- Kraiger, K., Passmore, J., Santos, N. R., & Malvezzi, S. 2015. The Wiley Blackwell Handbook of The Psychology of Training, Development and Performance Improvement . John Wiley & Sons Ltd.
- Noe, R. A. 2020. Employee Training and Development (Eighth ed). McGraw-Hill Education.
- Saks, A. M., & Haccoun, R. R. 2016. Managing Performance Through Training and Development (Seventh ed ). Nelson Education.
|
Pendukung : |
|
- -
|
Dosen Pengampu
|
Olievia Prabandini Mulyana, S.Psi., M.Psi Psikolog |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa mampu memahami kontrak belajar perkuliahan
- Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup materi desain pelatihan
- Mahasiswa mampu memahami konsep dasar pelatihan psikologi
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan mematuhi kontrak belajar perkuliahan
- Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup materi desain pelatihan
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pelatihan psikologi
|
Kriteria:
A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Grup Discussion dan Contextual Instruction 2 X 50 |
-
|
Materi: konsep dasar pelatihan psikologi Pustaka: Kraiger, K., Passmore, J., Santos, N. R., & Malvezzi, S. 2015. The Wiley Blackwell Handbook of The Psychology of Training, Development and Performance Improvement . John Wiley & Sons Ltd. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip analisis kebutuhan pelatihan |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip analisis kebutuhan pelatihan |
Kriteria:
A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction. 2 X 50 |
-
|
Materi: Analisis kebutuhan pelatihan Pustaka: Noe, R. A. 2020. Employee Training and Development (Eighth ed). McGraw-Hill Education. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami program-program pelatihan |
Mahasiswa mampu menjelaskan program-program pelatihan |
Kriteria:
A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Grup Discussion dan Project Based Learning 2 X 50 |
-
|
Materi: Program-program pelatihan Pustaka: Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami proses pembelajaran dalam pelatihan psikologi |
Mahasiswa mampu menjelaskan proses pembelajaran pelatihan psikologi |
Kriteria:
A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction 2 X 50 |
-
|
Materi: Experiental learning Pustaka: Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press. Materi: Meode pelatihan psikologi Pustaka: Kraiger, K., Passmore, J., Santos, N. R., & Malvezzi, S. 2015. The Wiley Blackwell Handbook of The Psychology of Training, Development and Performance Improvement . John Wiley & Sons Ltd. Materi: Proses pembelajaran pelatihan psikologi Pustaka: Noe, R. A. 2020. Employee Training and Development (Eighth ed). McGraw-Hill Education. |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami off the job training |
Mahasiswa mampu menjelaskan off the job training |
Kriteria:
A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction 2 X 50 |
-
|
Materi: off the job training Pustaka: Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press. |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami on the job training |
Mahasiswa mampu menjelaskan on the job training |
Kriteria:
A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction 2 X 50 |
-
|
Materi: on the job training Pustaka: Saks, A. M., & Haccoun, R. R. 2016. Managing Performance Through Training and Development (Seventh ed ). Nelson Education. |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami technology based training |
Mahasiswa mampu menjelaskan technology based training |
Kriteria:
A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Synchonous dengan zoom meetingSmall Grup Discussion 2 X 50 |
-
|
Materi: technology based training Pustaka: Kraiger, K., Passmore, J., Santos, N. R., & Malvezzi, S. 2015. The Wiley Blackwell Handbook of The Psychology of Training, Development and Performance Improvement . John Wiley & Sons Ltd. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 2 X 50 |
-
|
Materi: UTS Pustaka: Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press. Materi: UTS Pustaka: Kraiger, K., Passmore, J., Santos, N. R., & Malvezzi, S. 2015. The Wiley Blackwell Handbook of The Psychology of Training, Development and Performance Improvement . John Wiley & Sons Ltd. Materi: UTS Pustaka: Noe, R. A. 2020. Employee Training and Development (Eighth ed). McGraw-Hill Education. Materi: UTS Pustaka: Saks, A. M., & Haccoun, R. R. 2016. Managing Performance Through Training and Development (Seventh ed ). Nelson Education. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip trainer dan trainee pada pelatihan psikologi |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip trainer dan trainee pada pelatihan psikologi |
Kriteria:
A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction 2 X 50 |
-
|
Materi: prinsip-prinsip trainer dan trainee pada pelatihan psikologi Pustaka: Noe, R. A. 2020. Employee Training and Development (Eighth ed). McGraw-Hill Education. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami evaluasi pelatihan pelatihan psikologi |
Mahasiswa mampu menjelaskan evaluasi pelatihan psikologi |
Kriteria:
A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction 2 X 50 |
-
|
Materi: evaluasi pelatihan pelatihan psikologi Pustaka: Saks, A. M., & Haccoun, R. R. 2016. Managing Performance Through Training and Development (Seventh ed ). Nelson Education. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami prinsip dalam menghitung return on training investment |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dalam menghitung return on training investment |
Kriteria:
A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok Kecil dan Pembelajaran Berbasis Proyek 2 X 50 |
-
|
Materi: return on training investment Pustaka: Noe, R. A. 2020. Employee Training and Development (Eighth ed). McGraw-Hill Education. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip modul pelatihan psikologi |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip modul pelatihan psikologi |
Kriteria:
A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction 2 X 50 |
-
|
Materi: modul pelatihan psikologi Pustaka: Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu membuat modul pelatihan psikologi |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip modul pelatihan psikologi |
Kriteria:
A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction 2 X 50 |
-
|
Materi: modul pelatihan psikologi Pustaka: Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu melakukan uji coba modul pelatihan psikologi |
Mahasiswa mampu melakukan uji coba modul pelatihan psikologi |
Kriteria:
A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction 2 X 50 |
-
|
Materi: modul pelatihan psikologi Pustaka: Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memahami evaluasi modul pelatihan psikologi |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip modul pelatihan psikologi |
Kriteria:
A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Grup Discussion dan Contextual Instruction 2 X 50 |
-
|
Materi: modul pelatihan psikologi Pustaka: Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2 X 50 |
-
|
Materi: UAS Pustaka: Johnson, W. B., & Kaslow, N. J. 2014. The Ofxord Handbook of Education and Training in Professional Psychology . Oxford University Press. Materi: UAS Pustaka: Kraiger, K., Passmore, J., Santos, N. R., & Malvezzi, S. 2015. The Wiley Blackwell Handbook of The Psychology of Training, Development and Performance Improvement . John Wiley & Sons Ltd. Materi: UAS Pustaka: Noe, R. A. 2020. Employee Training and Development (Eighth ed). McGraw-Hill Education. Materi: UAS Pustaka: Kraiger, K., Passmore, J., Santos, N. R., & Malvezzi, S. 2015. The Wiley Blackwell Handbook of The Psychology of Training, Development and Performance Improvement . John Wiley & Sons Ltd. |
30% |