Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Bahasa Inggris II

8820102028

T=2

P=0

ECTS=3.18

0

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Anas Ahmadi, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membekali mahasiswa pada keterampilan dan komponen bahasa pada level dasar (pre-intermediate). Matakuliah ini juga memperkenalkan tes terstandarisasi yang memuat latihan keterampilan membaca (reading skills), menyimak (listening comprehension) dan tata bahasa dan kosakata (structure and vocabulary) yang diarahkan untuk persiapan test bahasa inggris standar Internasional. Semua kegiatan perkuliahan akan disajikan dengan cara ceramah dan diskusi.

Pustaka

Utama :

  1. Sharpe, Pamela. J. 2003. How to prepare for the TOEFL. Barron&rsquos Educational Series. NY
  2. Phillips, Deborah. 2004. Longman Preparation Course for the TOEFL Test: The Paper Test (Student Book with Answer Key and CD-ROM). Pearson Education. NY
  3. _______. 2012. Official Guide to the TOEFL Test With CD-ROM, 4th Edition (Official Guide to the Toefl Ibt). McGraw-Hill. USA.
  4. Phillips, Deborah. 2001. Longman Introductory Course for the TOEFL Test: iBT, 2nd ed. Pearson Education. NY
  5. Worcester, Adam, et al. 2008. Building Skill for the TOEFL iBT: Beginning. Compass Publishing.
  6. Cullen, Pauline, et al. 2014. The Official Cambridge Guide to IELTS Students Book With Answers with DVD-ROM. Oxford University Press.
  7. Parthare, Emma Parthare, Gary May, Peter. 2013. Headway Academic Skills IELTS Study Skills Edition: Level 1 Students Book.Oxford University Press.
  8. Lougheed, Lin. 2007. Longman Preparation Series for the TOEIC Test: Listening and Reading, 5th Edition. Pearson Education. NY
  9. Buku yang disusun oleh Tim Mata Kuliah Bahasa Inggris

Pendukung :

Dosen Pengampu

Mukhzamilah, S.S., S.Pd., M.Ed.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami seluk beluk English Standardized TestMemahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Part Of Speech & Singular-Plural Forms (Count-Uncount)

  1. Mahasiswa mampu:Membedakan jenis-jenis English Standardized Test
  2. Memahami pentingnya English Standardized Test
  3. Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Part Of Speech & Singular-Plural Forms (Count-Uncount)
  4. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Part Of Speech & Singular-Plural Forms (Count-Uncount)
Kriteria:

null

Ceramah, Diskusi
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Word Order dan DeterminersMemahami isi percakapan pendek tentang Topics & Details

  1. Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Word Order dan Determiners
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Word Order dan Determiners
  3. Mengidentifikasi topik utama dan hal detail dalam sebuah percakapan pendek
Kriteria:

null

Ceramah, Diskusi
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Reflexive And Emphatic Pronouns dan ModalsMemahami isi percakapan pendek tentang Reversals & Problems

  1. Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Reflexive And Emphatic Pronouns dan Modals
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Reflexive And Emphatic Pronouns dan Modals
  3. Mengidentifikasi putusan akhir dan masalah dalam sebuah percakapan pendek
Kriteria:

null

Ceramah, Diskusi
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Causative dan SubjunctiveMemahami isi percakapan pendek tentang Idioms & Emotions

  1. Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Causative dan Subjunctive
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Causative dan Subjunctive
  3. Mengidentifikasi arti idiom dan perasaan atau emosi yang terdapat dalam sebuah percakapan pendek
Kriteria:

null

Ceramah, Diskusi
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Tenses (Active) dan Passive VoiceMemahami isi percakapan pendek tentang Suggestions & Assumptions

  1. Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Tenses (Active) dan Passive Voice
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Tenses (Active) dan Passive Voice
  3. Mengidentifikasi saran dan asumsi yang terdapat dalam sebuah percakapan pendek
Kriteria:

null

Ceramah, Diskusi
1 X 1

0%

6

Minggu ke 6

Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Subject-Verb Agreement dan Gerunds & InfinitivesMemahami isi percakapan agak panjang (longer dialog) tentang kehidupan di kampus dan diluar kampus

  1. Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Subject-Verb Agreement dan Gerunds & Infinitives
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Subject-Verb Agreement dan Gerunds & Infinitives
  3. Menentukan informasi rinci yang terdapat dalam sebuah percakapan agak panjang
Kriteria:

null

Ceramah, Diskusi
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective dan Noun Clause Memahami isi monolog (General Talks)

  1. Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective dan Noun Clause
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective dan Noun Clause
  3. Menentukan informasi rinci yang terdapat dalam sebuah monolog
Kriteria:

null

Ceramah, Diskusi
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UTSMemahami Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses & Parallel StructureMengidentifikasi Main Idea/Topic, Main Purpose, Organization Of Ideas, Tone, Previous/Following Paragraph Questions pada sebuah wacana tulis

  1. Mahasiswa mampu:Menjelaskan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses & Parallel Structure
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses & Parallel Structure
  3. Menyelesaikan soal-soal Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses & Parallel Structure
  4. Mengidentifikasi Main Idea/Topic, Main Purpose, Organization Of Ideas, Tone, Previous/Following Paragraph Questions pada sebuah wacana tulis
  5. Menyelesaikan soal-soal Reading Comprehension yang terkait dengan Main Idea/Topic, Main Purpose, Organization Of Ideas, Tone, Previous/Following Paragraph Questions pada sebuah wacana tulis
Kriteria:

null

Ceramah, Diskusi
3 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Memahami Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Conditional Sentences & Comparison Mengidentifikasi Inference, Purpose, Details, Negative And Line Items pada sebuah wacana tulis

  1. Mahasiswa mampu:Menjelaskan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Conditional Sentences & Comparison
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Conditional Sentences & Comparison
  3. Menyelesaikan soal-soal Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Conditional Sentences & Comparison
  4. Mengidentifikasi Inference, Purpose, Details, Negative And Line Items pada sebuah wacana tulis
  5. Menyelesaikan soal-soal Reading Comprehension yang terkait dengan Inference, Purpose, Details, Negative And Line Items pada sebuah wacana tulis
Kriteria:

null

Ceramah, Diskusi
3 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Memahami materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan pada pertemuan 1 s/d 10Mengidentifikasi Vocabulary Items & Reference Items pada sebuah wacana tulis

  1. Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan pada pertemuan 1 s/d 10
  2. Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yangdiajarkan pada pertemuan 1 s/d 10
  3. Mengidentifikasi Vocabulary Items & Reference Items pada sebuah wacana tulis
Kriteria:

null

Ceramah, Diskusi
3 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Memahami materi Tata Bahasa InggrisMemahami materi Reading ComprehensionMemahami materi Listening Comprehension

  1. Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Bahasa Inggris yang telah diajarkan
  2. Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan
  3. Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang telah diajarkan
  4. Menyelesaikan soal-soal materi Listening Comprehension yang telah diajarkan
Kriteria:

null

Ceramah, Diskusi
3 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Memahami materi Tata Bahasa InggrisMemahami materi Reading ComprehensionMemahami materi Listening Comprehension

  1. Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Bahasa Inggris yang telah diajarkan
  2. Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan
  3. Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang telah diajarkan
  4. Menyelesaikan soal-soal materi Listening Comprehension yang telah diajarkan
Kriteria:

null

Ceramah, Diskusi
3 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Memahami materi Tata Bahasa InggrisMemahami materi Reading ComprehensionMemahami materi Listening Comprehension

  1. Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Bahasa Inggris yang telah diajarkan
  2. Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan
  3. Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang telah diajarkan
  4. Menyelesaikan soal-soal materi Listening Comprehension yang telah diajarkan
Kriteria:

null

Ceramah, Diskusi
3 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Memahami materi Tata Bahasa InggrisMemahami materi Reading ComprehensionMemahami materi Listening Comprehension

  1. Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Bahasa Inggris yang telah diajarkan
  2. Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan
  3. Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang telah diajarkan
  4. Menyelesaikan soal-soal materi Listening Comprehension yang telah diajarkan
Kriteria:

null

Ceramah, Diskusi
3 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Memahami materi Tata Bahasa InggrisMemahami materi Reading ComprehensionMemahami materi Listening Comprehension

  1. Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Bahasa Inggris yang telah diajarkan
  2. Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan
  3. Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang telah diajarkan
  4. Menyelesaikan soal-soal materi Listening Comprehension yang telah diajarkan
Kriteria:

null

Ceramah, Diskusi
3 X 50

0%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester


    3 X 50

    0%



    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

    No Evaluasi Persentase
    0%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.