|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Sosiologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sos Komunikasi |
6920102315 |
|
T=0 |
P=2 |
ECTS=3.18 |
3 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-8 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasil¬kan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi, dan mengunggah¬nya; |
PLO-12 |
Mampu menyajikan dan mengorganisasi alternatif solusi dalam memecahkan masalah-masalah sosial, perubahan sosial, pembangunan, khususnya pendidikan dan masyarakat inklusif, serta pemberdayaan masyarakat. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan sejarah, konsep dasar, dan ruang lingkup Sosiologi Komunikasi.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis teori-teori Sosiologi Komunikasi dari perspektif makro dan mikro.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan penelitian sosiologis yang berkaitan dengan komunikasi, menggunakan metode yang sesuai.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menerapkan teori-teori Sosiologi Komunikasi untuk memahami dinamika komunikasi massa, media digital, dan inklusi sosial dalam konteks masyarakat Indonesia.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mengembangkan proyek penelitian yang mengintegrasikan teori dan praktik dalam Sosiologi Komunikasi, serta mempresentasikan temuan dengan baik.
|
PO - 6 |
Menganalisis pengaruh teknologi komunikasi dan media sosial dalam era digital
|
PO - 7 |
Memahami peran komunikasi dalam pembangunan masyarakat inklusi
|
PO - 8 |
Mampu menunjukkan hasil pembelajaran teori dan praktik melalui ujian tertulis
|
PO - 9 |
Menganalisis peran komunikasi dalam pemberdayaan disabilitas
|
PO - 10 |
Memahami peran komunikasi dalam konteks politik dan bencana
|
PO - 11 |
Menganalisis dampak komunitas online terhadap identitas sosial
|
PO - 12 |
Memahami etika dalam komunikasi sosial
|
PO - 13 |
Pelaksanaan penelitian kecil
|
PO - 14 |
Pelaksanaan penelitian kecil
|
PO - 15 |
Menyusun laporan penelitian kecil
|
PO - 16 |
Mampu menunjukkan hasil pembelajaran praktik sosiologi komunikasi melalui ujian tertulis
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-8 | PLO-12 | PO-1 | ✔ | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | PO-3 | | ✔ | | | | | PO-4 | | | ✔ | | | | PO-5 | | | | ✔ | | | PO-6 | | | | ✔ | | ✔ | PO-7 | | | | ✔ | | | PO-8 | | | | ✔ | | | PO-9 | | | | ✔ | | | PO-10 | | | | ✔ | | | PO-11 | | | | ✔ | | | PO-12 | | | | ✔ | | | PO-13 | | | | | ✔ | | PO-14 | | | | | ✔ | | PO-15 | | | | | ✔ | | PO-16 | | | | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-13 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-14 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-15 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-16 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Sosiologi Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai hubungan antara fenomena komunikasi dan struktur sosial dalam masyarakat. Mata kuliah ini memfokuskan pada analisis sosiologis terhadap proses komunikasi yang terjadi dalam berbagai konteks sosial, baik dalam lingkup mikro (interaksi interpersonal) maupun makro (komunikasi massa dan media). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Mahyuddin, M. A., & Mubaraq, D. F. (2019). Sosiologi Komunikasi: (Dinamika Relasi Sosial di dalam Era Virtualitas). Gowa: Penerbit Shofia.
- Horton, Paul B. & Chester L, Hunt, 1996, Sosiologi, Penerbit Erlangga.
- Littlejohn, Stephen W. 2001. Theories of Human Communication. USA: Wadsworth Publishing.
- McQuail, Denis, 1994. Teori Komunikas Massa:Suatu Pengantar, Penerbit Erlangga, Jakarta
- Gerbner G., Gross L., Jackson-Beeck, Jeffries-Fox S., Signorielli N. Cultural Indicators: Violence Profile // Journal of Communication, 1978, Vol. 28, №. 3. – Pp. 176-207.
- Blumer, Herbert, 1969, Symbolic Interacton: Perspective and Method. New York : Englewood Cliffs, Prentice-Hall Inc.
- Berger, Peter L.,1985, Humanisme Sosiologi, Jakarta : Inti Sarana Aksara.
- Erving Goffman(1959). The Presentation Of Sell Everyday Lofe. Jakarta : Erlangga.
- Creswell, John W. (2010). Research Design pendekatan kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terj,Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Denzin, N, & Lincoln, Y. (2009). HANDBOOK OF QUALITATIVE RESEARCH (Dariyanto, Badrus Samsul Fata, Abi, John Rinaldi,Terj.).Yogyakarta:Pustaka Pelajar
- McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail (Izzati Putri Iva, Terj.). Yogyakarta:Salemba Humanika
- Noelle-Neumann E. The Spiral of Silence. Chicago: University of Chicago, 1984. – 200 p.
- Baudrillard, J. 1998, The Consumer Society: Myths and Structures. Sage: London.
- Jenkins, H. (1992). Textual Poachers: Television Fans and Participatory Culture. New York: Routledge
- McLuhan M. Understanding Media: The Extensions of Man. –London and New York, McGraw-Hill, 1964. – 390 p.
- Alvermann, D. E,. Hagood, M.C. (2000). Fandom and Critical Media Literacy.
- McKee, Alan. (2007). The Fans of Culture Theory. Dalam Gray, J., Sandvoss, C., Lee, H. fandom Identities and Communities in a mediated world. New York:New York University Press
- Jenkins, H. (1992). Textual Poachers: Television Fans and Participatory Culture. New York: Routledge
- Wilcox, Allen J. (2007). Virtual Communities. Epidemology. 18(2), hal 185
- Brooker, Charlie. 2011, The Dark Side of Our Gadget Addiction, The Guardian.
- Fiske, John. 1982. Introduction to Communications Studies. London: Methuen & Co. London.
- Scheufele D. A. Framing as a theory of media effects //Journal of Communication, 1999, 49(1). – Pp. 103-122.
- SShoemaker P. J., & Reese S. D. Mediating the message: Theories of influences on mass media content (2nd ed.). – White Plains, NY, Longman, 1996. – 313 P. 16. Gans H. Deciding what’s news. New York, Pantheon Books, 1979. – 416 p.
- Baudrillard, J. 2005, The Conspiracy of Art, Semiotext(e): New York.
- Creswell, Jhon W. 2010. Research Design : Pendekatan Kalitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Belajar
- Hall S. Ideology and Communication Theory. In: B. Dervin, L. Grossberg, B. O'Keefe, E. Wartella (eds.). Rethinking Communication Theory. –Sage, Newbury Park, California, 1989, Vol. 1. – Pp. 40-52.
- Norris P. A Virtuous Circle: Political Communications in Postindustrial Societies. – Cambridge: Cambridge University Press, 2000. – 398 p.
- Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Farid Pribadi, S.Sos., M.Sosio. Eufrasia Kartika Hanindraputri, M.Sos. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Dapat menjelaskan konsep dasar Sosiologi Komunikasi |
Partisipasi, Kuis |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Offline, Ceramah, Diskusi 100 |
|
Materi: - Pengantar Sosiologi Komunikasi: Definisi dan Ruang Lingkup, Sejarah Perkembangan Sosiologi Komunikasi Pustaka: Mahyuddin & Mubaraq (2019) Materi: Hubungan antara Sosiologi dan Komunikasi ,Peran Sosiologi Komunikasi dalam Masyarakat Modern Pustaka: Horton & Hunt (1996) |
7% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mengidentifikasi teori fungsionalisme dan konflik dalam komunikasi |
Presentasi, Refleksi |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi 100 |
|
Materi: Teori Fungsionalisme dalam Komunikasi ,Teori Konflik Sosial dalam Komunikasi Pustaka: Littlejohn (2001) Materi: - Teori Sistem dalam Komunikasi Pustaka: McQuail (1994) Materi: Teori Strukturalisme dan Pengaruhnya dalam Komunikasi Pustaka: Gerbner et al. (1978) |
6% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menganalisis interaksi simbolik dalam komunikasi |
Laporan Studi Kasus |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
offline 100 |
|
Materi: - Teori Interaksionisme Simbolik dalam Komunikasi Pustaka: Blumer (1969) Materi: - Teori Pertukaran Sosial dan Komunikasi Pustaka: Berger (1985) Materi: - Pendekatan Etnometodologi dalam Komunikasi Pustaka: Berger (1985) Materi: - Penggunaan Teori Dramaturgi dalam Analisis Komunikasi Pustaka: Goffman (1959) |
7% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami metode penelitian dalam Sosiologi Komunikasi |
Tugas Penelitian |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Simulasi, Diskusi 100 |
|
Materi: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif dalam Penelitian Komunikasi Pustaka: Creswell (2010) Materi: Desain Penelitian dalam Sosiologi Komunikasi,Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Komunikasi , Analisis Data dalam Sosiologi Komunikasi Pustaka: Denzin & Lincoln (2009) Materi: Pengertian dan Ruang Lingkup Komunikasi Massa Pustaka: McQuail (1987) |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis pengaruh komunikasi massa terhadap masyarakat |
Kuis, Partisipasi |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi Kelas 100 |
|
Materi: Pengertian dan Ruang Lingkup Komunikasi Massa Pustaka: McQuail (1987) Materi: Media Massa sebagai Agen Sosialisasi, Pengaruh Media Massa terhadap Masyarakat Pustaka: Gerbner et al. (1978), Materi: Teori Agenda Setting dan Komunikasi Massa Pustaka: Noelle-Neumann (1984) |
7% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menganalisis dampak media sosial terhadap norma sosial |
Esai, Presentasi |
Bentuk Penilaian : Tes |
Esai, Presentasi 100 |
|
Materi: - Evolusi Teknologi Komunikasi Pustaka: Baudrillard (1998) Materi: Pengaruh Media Sosial terhadap Interaksi Sosial Pustaka: Jenkins (1992) Materi: - Digitalisasi dan Perubahan Sosial - Etika dalam Penggunaan Media Sosial Pustaka: McLuhan (1964) |
7% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menjelaskan peran gender dalam pembangunan inklusi |
Laporan, Partisipasi |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok 100 |
|
Materi: - Peran Komunikasi dalam Pembangunan Masyarakat Inklusi ,Perspektif Gender dalam Media Massa Pustaka: Norris P. A Virtuous Circle: Political Communications in Postindustrial Societies. – Cambridge: Cambridge University Press, 2000. – 398 p. Materi: Representasi Gender dalam Media Sosial,Studi Kasus: Pengaruh Media terhadap Isu Gender Pustaka: Hall S. Ideology and Communication Theory. In: B. Dervin, L. Grossberg, B. O'Keefe, E. Wartella (eds.). Rethinking Communication Theory. –Sage, Newbury Park, California, 1989, Vol. 1. – Pp. 40-52. |
7% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu menganalisis persoalan-persoalan berkaitan dengan teori dan konsep sosiologi komunikasi |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Tes 100 |
|
Materi: Peran Komunikasi dalam Meningkatkan Kesadaran akan Disabilitas, Media dan Representasi Disabilitas Pustaka: Alvermann & Hagood (2000), Materi: Komunitas Sosial dan Keterlibatan dalam Isu Disabilitas Pustaka: McKee (2007), Materi: Studi Kasus: Kampanye Media untuk Disabilitas Pustaka: Jenkins (1992) |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu mengidentifikasi komunikasi dalam pemberdayaan disabilitas |
Laporan Studi Kasus |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi Kasus, Diskusi 100 |
|
Materi: Peran Komunikasi dalam Meningkatkan Kesadaran akan Disabilitas Pustaka: Alvermann & Hagood (2000), Materi: edia dan Representasi Disabilitas Pustaka: McKee (2007), Materi: Komunitas Sosial dan Keterlibatan dalam Isu Disabilitas , Studi Kasus: Kampanye Media untuk Disabilitas Pustaka: Jenkins (1992) |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami peran komunikasi dalam konteks politik dan bencana |
Tugas, Partisipasi |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
offline 100 |
|
Materi: komunitas virtual dan identitas sosial Pustaka: Shoemaker & Reese (1996), |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menganalisis dampak masyarakat |
Esai, Partisipasi |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Analisis, Diskusi 100 |
|
Materi: - Definisi dan Karakteristik Masyarakat Maya - Komunitas Virtual dan Interaksi Sosial Pustaka: Wilcox (2007), Materi: Dampak Sosial dari Kehidupan Digital Pustaka: Brooker (2011) Materi: Tantangan dan Peluang dalam Masyarakat Maya Pustaka: Fiske (1982) |
7% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami etika dalam komunikasi sosial |
Kuis, Partisipasi |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
offline 100 |
|
Materi: Etika dalam Komunikasi: Prinsip dan Praktik Pustaka: Scheufele (2007), Materi: - Tantangan dalam Komunikasi Lintas Budaya - Privasi dan Keamanan dalam Komunikasi Digital Pustaka: Shoemaker & Reese (1996), Materi: - Studi Kasus: Pelanggaran Etika dalam Media Sosial Pustaka: Baudrillard (1998) |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian tentang komunikasi inklusi |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
offline 100 |
|
Materi: Perumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian Pustaka: Creswell (2010) Materi: Metode dan Teknik Pengumpulan Data Pustaka: Sugiyono (2010) |
8% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian tentang komunikasi inklusi |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
offline 100 |
|
Materi: Perumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian Pustaka: Creswell (2010) Materi: Metode dan Teknik Pengumpulan Data Pustaka: Sugiyono (2010) |
8% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian tentang komunikasi inklusi |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
offline 100 |
|
Materi: Analisis Data dan Penyusunan Laporan Penelitian Pustaka: Creswell (2010) Materi: - Metode dan Teknik Pengumpulan Data - Analisis Data dan Penyusunan Laporan Penelitian - Presentasi Hasil Penelitian Pustaka: Sugiyono (2010) |
8% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
offline 100 |
|
|
8% |