Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Sosiologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sos Komunikasi

6920102315

T=0

P=2

ECTS=3.18

3

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-8

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasil¬kan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi, dan mengunggah¬nya;

PLO-12

Mampu menyajikan dan mengorganisasi alternatif solusi dalam memecahkan masalah-masalah sosial, perubahan sosial, pembangunan, khususnya pendidikan dan masyarakat inklusif, serta pemberdayaan masyarakat.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan sejarah, konsep dasar, dan ruang lingkup Sosiologi Komunikasi.

PO - 2

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis teori-teori Sosiologi Komunikasi dari perspektif makro dan mikro.

PO - 3

Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan penelitian sosiologis yang berkaitan dengan komunikasi, menggunakan metode yang sesuai.

PO - 4

Mahasiswa mampu menerapkan teori-teori Sosiologi Komunikasi untuk memahami dinamika komunikasi massa, media digital, dan inklusi sosial dalam konteks masyarakat Indonesia.

PO - 5

Mahasiswa mampu mengembangkan proyek penelitian yang mengintegrasikan teori dan praktik dalam Sosiologi Komunikasi, serta mempresentasikan temuan dengan baik.

PO - 6

Menganalisis pengaruh teknologi komunikasi dan media sosial dalam era digital

PO - 7

Memahami peran komunikasi dalam pembangunan masyarakat inklusi

PO - 8

Mampu menunjukkan hasil pembelajaran teori dan praktik melalui ujian tertulis

PO - 9

Menganalisis peran komunikasi dalam pemberdayaan disabilitas

PO - 10

Memahami peran komunikasi dalam konteks politik dan bencana

PO - 11

Menganalisis dampak komunitas online terhadap identitas sosial

PO - 12

Memahami etika dalam komunikasi sosial

PO - 13

Pelaksanaan penelitian kecil

PO - 14

Pelaksanaan penelitian kecil

PO - 15

Menyusun laporan penelitian kecil

PO - 16

Mampu menunjukkan hasil pembelajaran praktik sosiologi komunikasi melalui ujian tertulis

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-8PLO-12
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4     
PO-5     
PO-6    
PO-7     
PO-8     
PO-9     
PO-10     
PO-11     
PO-12     
PO-13     
PO-14     
PO-15     
PO-16     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14
PO-15
PO-16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Sosiologi Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai hubungan antara fenomena komunikasi dan struktur sosial dalam masyarakat. Mata kuliah ini memfokuskan pada analisis sosiologis terhadap proses komunikasi yang terjadi dalam berbagai konteks sosial, baik dalam lingkup mikro (interaksi interpersonal) maupun makro (komunikasi massa dan media).

Pustaka

Utama :

  1. Mahyuddin, M. A., & Mubaraq, D. F. (2019). Sosiologi Komunikasi: (Dinamika Relasi Sosial di dalam Era Virtualitas). Gowa: Penerbit Shofia.
  2. Horton, Paul B. & Chester L, Hunt, 1996, Sosiologi, Penerbit Erlangga.
  3. Littlejohn, Stephen W. 2001. Theories of Human Communication. USA: Wadsworth Publishing.
  4. McQuail, Denis, 1994. Teori Komunikas Massa:Suatu Pengantar, Penerbit Erlangga, Jakarta
  5. Gerbner G., Gross L., Jackson-Beeck, Jeffries-Fox S., Signorielli N. Cultural Indicators: Violence Profile // Journal of Communication, 1978, Vol. 28, №. 3. – Pp. 176-207.
  6. Blumer, Herbert, 1969, Symbolic Interacton: Perspective and Method. New York : Englewood Cliffs, Prentice-Hall Inc.
  7. Berger, Peter L.,1985, Humanisme Sosiologi, Jakarta : Inti Sarana Aksara.
  8. Erving Goffman(1959). The Presentation Of Sell Everyday Lofe. Jakarta : Erlangga.
  9. Creswell, John W. (2010). Research Design pendekatan kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terj,Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  10. Denzin, N, & Lincoln, Y. (2009). HANDBOOK OF QUALITATIVE RESEARCH (Dariyanto, Badrus Samsul Fata, Abi, John Rinaldi,Terj.).Yogyakarta:Pustaka Pelajar
  11. McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail (Izzati Putri Iva, Terj.). Yogyakarta:Salemba Humanika
  12. Noelle-Neumann E. The Spiral of Silence. Chicago: University of Chicago, 1984. – 200 p.
  13. Baudrillard, J. 1998, The Consumer Society: Myths and Structures. Sage: London.
  14. Jenkins, H. (1992). Textual Poachers: Television Fans and Participatory Culture. New York: Routledge
  15. McLuhan M. Understanding Media: The Extensions of Man. –London and New York, McGraw-Hill, 1964. – 390 p.
  16. Alvermann, D. E,. Hagood, M.C. (2000). Fandom and Critical Media Literacy.
  17. McKee, Alan. (2007). The Fans of Culture Theory. Dalam Gray, J., Sandvoss, C., Lee, H. fandom Identities and Communities in a mediated world. New York:New York University Press
  18. Jenkins, H. (1992). Textual Poachers: Television Fans and Participatory Culture. New York: Routledge
  19. Wilcox, Allen J. (2007). Virtual Communities. Epidemology. 18(2), hal 185
  20. Brooker, Charlie. 2011, The Dark Side of Our Gadget Addiction, The Guardian.
  21. Fiske, John. 1982. Introduction to Communications Studies. London: Methuen & Co. London.
  22. Scheufele D. A. Framing as a theory of media effects //Journal of Communication, 1999, 49(1). – Pp. 103-122.
  23. SShoemaker P. J., & Reese S. D. Mediating the message: Theories of influences on mass media content (2nd ed.). – White Plains, NY, Longman, 1996. – 313 P. 16. Gans H. Deciding what’s news. New York, Pantheon Books, 1979. – 416 p.
  24. Baudrillard, J. 2005, The Conspiracy of Art, Semiotext(e): New York.
  25. Creswell, Jhon W. 2010. Research Design : Pendekatan Kalitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Belajar
  26. Hall S. Ideology and Communication Theory. In: B. Dervin, L. Grossberg, B. O'Keefe, E. Wartella (eds.). Rethinking Communication Theory. –Sage, Newbury Park, California, 1989, Vol. 1. – Pp. 40-52.
  27. Norris P. A Virtuous Circle: Political Communications in Postindustrial Societies. – Cambridge: Cambridge University Press, 2000. – 398 p.
  28. Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta

Pendukung :

Dosen Pengampu

Farid Pribadi, S.Sos., M.Sosio.

Eufrasia Kartika Hanindraputri, M.Sos.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Dapat menjelaskan konsep dasar Sosiologi Komunikasi

Partisipasi, Kuis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Offline, Ceramah, Diskusi
100

Materi: - Pengantar Sosiologi Komunikasi: Definisi dan Ruang Lingkup, Sejarah Perkembangan Sosiologi Komunikasi
Pustaka: Mahyuddin & Mubaraq (2019)

Materi: Hubungan antara Sosiologi dan Komunikasi ,Peran Sosiologi Komunikasi dalam Masyarakat Modern
Pustaka: Horton & Hunt (1996)
7%

2

Minggu ke 2

Mampu mengidentifikasi teori fungsionalisme dan konflik dalam komunikasi

Presentasi, Refleksi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi
100

Materi: Teori Fungsionalisme dalam Komunikasi ,Teori Konflik Sosial dalam Komunikasi
Pustaka: Littlejohn (2001)

Materi: - Teori Sistem dalam Komunikasi
Pustaka: McQuail (1994)

Materi: Teori Strukturalisme dan Pengaruhnya dalam Komunikasi
Pustaka: Gerbner et al. (1978)
6%

3

Minggu ke 3

Mampu menganalisis interaksi simbolik dalam komunikasi

Laporan Studi Kasus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
offline
100

Materi: - Teori Interaksionisme Simbolik dalam Komunikasi
Pustaka: Blumer (1969)

Materi: - Teori Pertukaran Sosial dan Komunikasi
Pustaka: Berger (1985)

Materi: - Pendekatan Etnometodologi dalam Komunikasi
Pustaka: Berger (1985)

Materi: - Penggunaan Teori Dramaturgi dalam Analisis Komunikasi
Pustaka: Goffman (1959)
7%

4

Minggu ke 4

Memahami metode penelitian dalam Sosiologi Komunikasi

Tugas Penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Simulasi, Diskusi
100

Materi: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif dalam Penelitian Komunikasi
Pustaka: Creswell (2010)

Materi: Desain Penelitian dalam Sosiologi Komunikasi,Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Komunikasi , Analisis Data dalam Sosiologi Komunikasi
Pustaka: Denzin & Lincoln (2009)

Materi: Pengertian dan Ruang Lingkup Komunikasi Massa
Pustaka: McQuail (1987)
5%

5

Minggu ke 5

Menganalisis pengaruh komunikasi massa terhadap masyarakat

Kuis, Partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi Kelas
100

Materi: Pengertian dan Ruang Lingkup Komunikasi Massa
Pustaka: McQuail (1987)

Materi: Media Massa sebagai Agen Sosialisasi, Pengaruh Media Massa terhadap Masyarakat
Pustaka: Gerbner et al. (1978),

Materi: Teori Agenda Setting dan Komunikasi Massa
Pustaka: Noelle-Neumann (1984)
7%

6

Minggu ke 6

Mampu menganalisis dampak media sosial terhadap norma sosial

Esai, Presentasi


Bentuk Penilaian :
Tes
Esai, Presentasi
100

Materi: - Evolusi Teknologi Komunikasi
Pustaka: Baudrillard (1998)

Materi: Pengaruh Media Sosial terhadap Interaksi Sosial
Pustaka: Jenkins (1992)

Materi: - Digitalisasi dan Perubahan Sosial - Etika dalam Penggunaan Media Sosial
Pustaka: McLuhan (1964)
7%

7

Minggu ke 7

Mampu menjelaskan peran gender dalam pembangunan inklusi

Laporan, Partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok
100

Materi: - Peran Komunikasi dalam Pembangunan Masyarakat Inklusi ,Perspektif Gender dalam Media Massa
Pustaka: Norris P. A Virtuous Circle: Political Communications in Postindustrial Societies. – Cambridge: Cambridge University Press, 2000. – 398 p.

Materi: Representasi Gender dalam Media Sosial,Studi Kasus: Pengaruh Media terhadap Isu Gender
Pustaka: Hall S. Ideology and Communication Theory. In: B. Dervin, L. Grossberg, B. O'Keefe, E. Wartella (eds.). Rethinking Communication Theory. –Sage, Newbury Park, California, 1989, Vol. 1. – Pp. 40-52.
7%

8

Minggu ke 8

Mampu menganalisis persoalan-persoalan berkaitan dengan teori dan konsep sosiologi komunikasi


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
100

Materi: Peran Komunikasi dalam Meningkatkan Kesadaran akan Disabilitas, Media dan Representasi Disabilitas
Pustaka: Alvermann & Hagood (2000),

Materi: Komunitas Sosial dan Keterlibatan dalam Isu Disabilitas
Pustaka: McKee (2007),

Materi: Studi Kasus: Kampanye Media untuk Disabilitas
Pustaka: Jenkins (1992)
5%

9

Minggu ke 9

Mampu mengidentifikasi komunikasi dalam pemberdayaan disabilitas

Laporan Studi Kasus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi Kasus, Diskusi
100

Materi: Peran Komunikasi dalam Meningkatkan Kesadaran akan Disabilitas
Pustaka: Alvermann & Hagood (2000),

Materi: edia dan Representasi Disabilitas
Pustaka: McKee (2007),

Materi: Komunitas Sosial dan Keterlibatan dalam Isu Disabilitas , Studi Kasus: Kampanye Media untuk Disabilitas
Pustaka: Jenkins (1992)
6%

10

Minggu ke 10

Memahami peran komunikasi dalam konteks politik dan bencana

Tugas, Partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
offline
100

Materi: komunitas virtual dan identitas sosial
Pustaka: Shoemaker & Reese (1996),
6%

11

Minggu ke 11

Mampu menganalisis dampak masyarakat

Esai, Partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Analisis, Diskusi
100

Materi: - Definisi dan Karakteristik Masyarakat Maya - Komunitas Virtual dan Interaksi Sosial
Pustaka: Wilcox (2007),

Materi: Dampak Sosial dari Kehidupan Digital
Pustaka: Brooker (2011)

Materi: Tantangan dan Peluang dalam Masyarakat Maya
Pustaka: Fiske (1982)
7%

12

Minggu ke 12

Memahami etika dalam komunikasi sosial

Kuis, Partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
offline
100

Materi: Etika dalam Komunikasi: Prinsip dan Praktik
Pustaka: Scheufele (2007),

Materi: - Tantangan dalam Komunikasi Lintas Budaya - Privasi dan Keamanan dalam Komunikasi Digital
Pustaka: Shoemaker & Reese (1996),

Materi: - Studi Kasus: Pelanggaran Etika dalam Media Sosial
Pustaka: Baudrillard (1998)
7%

13

Minggu ke 13

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian tentang komunikasi inklusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
offline
100

Materi: Perumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian
Pustaka: Creswell (2010)

Materi: Metode dan Teknik Pengumpulan Data
Pustaka: Sugiyono (2010)
8%

14

Minggu ke 14

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian tentang komunikasi inklusi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
offline
100

Materi: Perumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian
Pustaka: Creswell (2010)

Materi: Metode dan Teknik Pengumpulan Data
Pustaka: Sugiyono (2010)
8%

15

Minggu ke 15

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian tentang komunikasi inklusi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
offline
100

Materi: Analisis Data dan Penyusunan Laporan Penelitian
Pustaka: Creswell (2010)

Materi: - Metode dan Teknik Pengumpulan Data - Analisis Data dan Penyusunan Laporan Penelitian - Presentasi Hasil Penelitian
Pustaka: Sugiyono (2010)
8%

16

Minggu ke 16

offline
100

8%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 66%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 8%
3. Penilaian Portofolio 8%
4. Tes 19%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.