Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kajian Film dan Sinema

7920102208

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

1 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ririe Rengganis, M.Hum.; Drs. Parmin, M.Hum.




Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.




PARMIN

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu melakukan empat kegiatan apresiasi drama, yakni dokumentasi, performansi, resepsi, dan produksi secara individu dan berkelompok dengan penuh tanggung jawab

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mampu mengidentifikasi unsur pementasan drama, persiapan, penyelenggaraan, serta pengevaluasian pementasan drama melalui kegiatan dokumentatif, reseptif, serta produktif guna menghasilkan sebuah pementasan drama untuk ditampilkan dan dipentaskan baik dalam diskusi kelas maupun pameran/gelar karya jurusan.

Pustaka

Utama :

  1. Saini, KM. 1996. Peristiwa Teater . Bandung: Penerbit ITB. Hamzah, Adjib. 1985. Pengantar Bermain Drama . Bandung: Rosda Karya.
  2. Harymawan. 1988. Dramaturgi . Bandung: Rosda Karya.
  3. Rendra. 1985. Tentang Bermain Drama . Jakarta: Pustaka Jaya.
  4. Tambayong, Yapi. 2000. Seni Akting . Bandung: Rosda Karya.
  5. Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting . Jakarta: Gramedia.
  6. Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran. Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa.
  7. Sumardjo, Jakob. 1993. Ikhtisar Sejarah Teater Barat . Bandung: Penerbit Angkasa.
  8. Sumardjo, Jakob. 2004. Perkembangan Teater Modern dan Sastra Drama Indonesia . Bandung: STSI Press.
  9. Soemanto, Bakdi. 2001. Jagat Teater . Yogyakarta: Penerbit Media Pressindo.
  10. -----. 2002. Godot di Amerika dan Indonesia: Suatu Studi Banding . Jakarta: Grasindo.
  11. Dahana, Radhar Panca. 2000. Ideologi Politik dan Teater Modern . Magelang: Indonesiatera.
  12. Beberapa naskah drama Indonesia dan terjemahan

Pendukung :

  1. Beberapa naskah drama (karya pengarang Indonesia maupun Asing)
  2. Beberapa video pementasan drama (Indonesia maupun Asing)

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendeskripsikan apresiasi drama

Menjelaskan pengertian apresiasi drama serta wilayah kajian apresiasi sebagai tagihan

Kriteria:
  1. 3: penjelasan lengkap dan benar
  2. 2: penjelasan kurang lengkap dan benar
  3. 1: penjelasan kurang lengkap dan ada yang kurang benar
  4. 0: tidak ada penjelasan yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Pengertian apresiasi drama dan wilayah apresiasi drama
Pustaka: Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran. Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa.
4%

2

Minggu ke 2

Membedakan pengertian drama dan teater (juga sebagai drama teks dan panggung

  1. Mengidentifikasi pengertian drama dan teater
  2. Membedakan pengertian drama dan teater
Kriteria:
  1. 2: penjelasan benar
  2. 1: penjelasan kurang lengkap
  3. 0: tidak ada penjelasan yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Perbedaan drama dan teater
Pustaka: Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran. Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa.
5%

3

Minggu ke 3

Memahami sejarah perkembangan teater Barat dan Indonesia

  1. Mendeskripsikan perkembangan teater Barat
  2. b. Menjelaskan perkembangan teater Barat
Kriteria:
  1. 3: penjelasan lengkap dan tepat
  2. 2: penjelasan kurang lengkap
  3. 0: tidak ada penjelasan yang benar
  4. 2: penjelasan benar
  5. 1: penjelasan kurang benar
  6. 0: Tidak ada penjelasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Teater Barat
Pustaka: Sumardjo, Jakob. 1993. Ikhtisar Sejarah Teater Barat . Bandung: Penerbit Angkasa.
5%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan tentang realisme dan absurdisme dalam jagat teater di Barat dan Indonesia

  1. Mengidentifikasikan tentang realisme dalam teater Indonesia
  2. Mengidentifikasikan tentang absudisme jagat teater di Indonesia
  3. Menjelaskan tentang realisme dan absudisme jagat teater di Barat dan Indonesia
Kriteria:
  1. 3: penjelasan lengkap dan tepat
  2. 2: penjelasan kurang lengkap
  3. 0: tidak ada penjelasan yang benar
  4. 2: penjelasan benar
  5. 1: penjelasan kurang benar
  6. 0: Tidak ada penjelasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mengobservasi, menanya, mengumpulkan, mengolah, dan mengomunikasikan informasi mengenai tetaer Indonesia
2 X 50

Materi: Teater absurd
Pustaka: -----. 2002. Godot di Amerika dan Indonesia: Suatu Studi Banding . Jakarta: Grasindo.
5%

5

Minggu ke 5

Menulis (artikel) kritik atau analisis drama (drama teks atau drama panggung)

  1. Mendiskusikan dan menentukan naskah drama (atau pementasan drama)
  2. Mendesain rancangan produk artikel
  3. Menentukan objek yang akan dikaji atau dikritik atau ditelaah
  4. Memilih teori yang tepat untuk analisis
  5. Membahas sesuai teori yang digunakan
  6. Menyimpulkan secara tepat
  7. Menggunakan Bahasa yang baik dan mudah dipahami
  8. Menyajikan hasil tulisan untuk diuji oleh dosen pengampu matakuliah
Kriteria:
  1. 3: penjelasan lengkap dan tepat
  2. 2: penjelasan kurang lengkap
  3. 0: tidak ada penjelasan yang benar
  4. 2: penjelasan benar
  5. 1: penjelasan kurang benar
  6. 0: Tidak ada penjelasan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning (PjBL)
2 X 50
Project Based Learning (PjBL)
Materi: Menulis Kritik drama
Pustaka: Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran. Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa.
5%

6

Minggu ke 6

Menulis (artikel) kritik atau analisis drama (drama teks atau drama panggung)

  1. Mendiskusikan dan menentukan naskah drama (atau pementasan drama)
  2. Mendesain rancangan produk artikel
  3. Menentukan objek yang akan dikaji atau dikritik atau ditelaah
  4. Memilih teori yang tepat untuk analisis
  5. Membahas sesuai teori yang digunakan
  6. Menyimpulkan secara tepat
  7. Menggunakan Bahasa yang baik dan mudah dipahami
  8. Menyajikan hasil tulisan untuk diuji oleh dosen pengampu matakuliah
Kriteria:
  1. 3: penjelasan lengkap dan tepat
  2. 2: penjelasan kurang lengkap
  3. 0: tidak ada penjelasan yang benar
  4. 2: penjelasan benar
  5. 1: penjelasan kurang benar
  6. 0: Tidak ada penjelasan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning (PjBL)
2 X 50
Project Based Learning (PjBL)
Materi: Menulis Kritik drama
Pustaka: Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran. Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa.
5%

7

Minggu ke 7

Menulis (artikel) kritik atau analisis drama (drama teks atau drama panggung)

  1. Mendiskusikan dan menentukan naskah drama (atau pementasan drama)
  2. Mendesain rancangan produk artikel
  3. Menentukan objek yang akan dikaji atau dikritik atau ditelaah
  4. Memilih teori yang tepat untuk analisis
  5. Membahas sesuai teori yang digunakan
  6. Menyimpulkan secara tepat
  7. Menggunakan Bahasa yang baik dan mudah dipahami
  8. Menyajikan hasil tulisan untuk diuji oleh dosen pengampu matakuliah
Kriteria:
  1. 3: penjelasan lengkap dan tepat
  2. 2: penjelasan kurang lengkap
  3. 0: tidak ada penjelasan yang benar
  4. 2: penjelasan benar
  5. 1: penjelasan kurang benar
  6. 0: Tidak ada penjelasan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning (PjBL)
2 X 50
Project Based Learning (PjBL)
Materi: Menulis Kritik drama
Pustaka: Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran. Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa.
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
UTS
2 X 50

Materi: UTS
Pustaka: Beberapa naskah drama Indonesia dan terjemahan
5%

9

Minggu ke 9

Menulis naskah/teks drama, baik berupa saduran atau adaptasi dari teks lain

  1. Membaca secara eksploratif teks lain (cerpen, dongeng, legenda) yang yang akan diadaptasi atau disadur
  2. Menentukan teks lain, misal cerpen, dongeng, atau legenda yang akan disadur atau diadaptasi
  3. Mengidentifikasi unsur pembangun teks drama untuk menentukan desain produk (naskah drama)
  4. Menyusun jadwal dan menyadur atau mengadaptasi teks lain menjadi teks drama
  5. Menyunting
  6. Menyajikan hasil produk berupa naskah drama (saduran atau adaptasi)
Kriteria:
  1. 3: penjelasan lengkap dan rinci
  2. 2: penjelasan kurang lengkap dan rinci
  3. 1: penjelasan kurang lengkap dan kurang rinci
  4. 0: tidak ada penjelasan yang benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Menulis naskah drama
Pustaka: Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran. Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa.
5%

10

Minggu ke 10

Menulis naskah/teks drama, baik berupa saduran atau adaptasi dari teks lain

  1. Membaca secara eksploratif teks lain (cerpen, dongeng, legenda) yang yang akan diadaptasi atau disadur
  2. Menentukan teks lain, misal cerpen, dongeng, atau legenda yang akan disadur atau diadaptasi
  3. Mengidentifikasi unsur pembangun teks drama untuk menentukan desain produk (naskah drama)
  4. Menyusun jadwal dan menyadur atau mengadaptasi teks lain menjadi teks drama
  5. Menyunting
  6. Menyajikan hasil produk berupa naskah drama (saduran atau adaptasi)
Kriteria:
  1. 3: penjelasan lengkap dan rinci
  2. 2: penjelasan kurang lengkap dan rinci
  3. 1: penjelasan kurang lengkap dan kurang rinci
  4. 0: tidak ada penjelasan yang benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Menulis naskah drama
Pustaka: Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran. Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa.
5%

11

Minggu ke 11

Menulis naskah/teks drama, baik berupa saduran atau adaptasi dari teks lain

  1. Membaca secara eksploratif teks lain (cerpen, dongeng, legenda) yang yang akan diadaptasi atau disadur
  2. Menentukan teks lain, misal cerpen, dongeng, atau legenda yang akan disadur atau diadaptasi
  3. Mengidentifikasi unsur pembangun teks drama untuk menentukan desain produk (naskah drama)
  4. Menyusun jadwal dan menyadur atau mengadaptasi teks lain menjadi teks drama
  5. Menyunting
  6. Menyajikan hasil produk berupa naskah drama (saduran atau adaptasi)
Kriteria:
  1. 3: penjelasan lengkap dan rinci
  2. 2: penjelasan kurang lengkap dan rinci
  3. 1: penjelasan kurang lengkap dan kurang rinci
  4. 0: tidak ada penjelasan yang benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Menulis naskah drama
Pustaka: Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran. Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa.
5%

12

Minggu ke 12

Mementaskan drama, dengan memperhatikan unsur drama atau teater, seperti sutradara, pemain/aktor, naskah, panggung, rias dan busana, bunyi dan musik, dll.

  1. Secara berkelompok membaca, memilih, dan menentukan naskah drama yang akan dipentaskan
  2. Secara kelompok merancang dan mendesain pementasan
  3. Secara berkelompok menyusun jadwal berlatih dan berproses pementasan drama
  4. Secara berkelompok berproses (berlatih) pementasan drama dengan memperhatikan unsur drama panggung dan didampingi atau dimonitor dosen pengampu
  5. Menyajikan hasil pementasan di depan dosen pengampu matakluiah untuk diuji hasilnya
Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap, ketiganya dijawab benar
  2. 3: penjelasan lengkap, dua jawaban benar
  3. 2: penjelasan lengkap, satu jawaban benar
  4. 1: penjelasan tidak lengkap, satu jawabn benar
  5. 0: tidak ada penjelasan yang benar
  6. Rubrik Penyutradaraan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Mememntaskan drama
Pustaka: Beberapa naskah drama (karya pengarang Indonesia maupun Asing)
10%

13

Minggu ke 13

Mementaskan drama, dengan memperhatikan unsur drama atau teater, seperti sutradara, pemain/aktor, naskah, panggung, rias dan busana, bunyi dan musik, dll.

  1. Secara berkelompok membaca, memilih, dan menentukan naskah drama yang akan dipentaskan
  2. Secara kelompok merancang dan mendesain pementasan
  3. Secara berkelompok menyusun jadwal berlatih dan berproses pementasan drama
  4. Secara berkelompok berproses (berlatih) pementasan drama dengan memperhatikan unsur drama panggung dan didampingi atau dimonitor dosen pengampu
  5. Menyajikan hasil pementasan di depan dosen pengampu matakluiah untuk diuji hasilnya
Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap, ketiganya dijawab benar
  2. 3: penjelasan lengkap, dua jawaban benar
  3. 2: penjelasan lengkap, satu jawaban benar
  4. 1: penjelasan tidak lengkap, satu jawabn benar
  5. 0: tidak ada penjelasan yang benar
  6. Rubrik Penyutradaraan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Mememntaskan drama
Pustaka: Beberapa naskah drama (karya pengarang Indonesia maupun Asing)
10%

14

Minggu ke 14

Mementaskan drama, dengan memperhatikan unsur drama atau teater, seperti sutradara, pemain/aktor, naskah, panggung, rias dan busana, bunyi dan musik, dll.

  1. Secara berkelompok membaca, memilih, dan menentukan naskah drama yang akan dipentaskan
  2. Secara kelompok merancang dan mendesain pementasan
  3. Secara berkelompok menyusun jadwal berlatih dan berproses pementasan drama
  4. Secara berkelompok berproses (berlatih) pementasan drama dengan memperhatikan unsur drama panggung dan didampingi atau dimonitor dosen pengampu
  5. Menyajikan hasil pementasan di depan dosen pengampu matakluiah untuk diuji hasilnya
Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap, ketiganya dijawab benar
  2. 3: penjelasan lengkap, dua jawaban benar
  3. 2: penjelasan lengkap, satu jawaban benar
  4. 1: penjelasan tidak lengkap, satu jawabn benar
  5. 0: tidak ada penjelasan yang benar
  6. Rubrik Penyutradaraan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Mememntaskan drama
Pustaka: Beberapa naskah drama (karya pengarang Indonesia maupun Asing)
10%

15

Minggu ke 15

Mementaskan drama, dengan memperhatikan unsur drama atau teater, seperti sutradara, pemain/aktor, naskah, panggung, rias dan busana, bunyi dan musik, dll.

  1. Secara berkelompok membaca, memilih, dan menentukan naskah drama yang akan dipentaskan
  2. Secara kelompok merancang dan mendesain pementasan
  3. Secara berkelompok menyusun jadwal berlatih dan berproses pementasan drama
  4. Secara berkelompok berproses (berlatih) pementasan drama dengan memperhatikan unsur drama panggung dan didampingi atau dimonitor dosen pengampu
  5. Menyajikan hasil pementasan di depan dosen pengampu matakluiah untuk diuji hasilnya
Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap, ketiganya dijawab benar
  2. 3: penjelasan lengkap, dua jawaban benar
  3. 2: penjelasan lengkap, satu jawaban benar
  4. 1: penjelasan tidak lengkap, satu jawabn benar
  5. 0: tidak ada penjelasan yang benar
  6. Rubrik Penyutradaraan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Mememntaskan drama
Pustaka: Beberapa naskah drama (karya pengarang Indonesia maupun Asing)
10%

16

Minggu ke 16

Mementaskan drama, dengan memperhatikan unsur drama atau teater, seperti sutradara, pemain/aktor, naskah, panggung, rias dan busana, bunyi dan musik, dll.

  1. Secara berkelompok membaca, memilih, dan menentukan naskah drama yang akan dipentaskan
  2. Secara kelompok merancang dan mendesain pementasan
  3. Secara berkelompok menyusun jadwal berlatih dan berproses pementasan drama
  4. Secara berkelompok berproses (berlatih) pementasan drama dengan memperhatikan unsur drama panggung dan didampingi atau dimonitor dosen pengampu
  5. Menyajikan hasil pementasan di depan dosen pengampu matakluiah untuk diuji hasilnya
Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap, ketiganya dijawab benar
  2. 3: penjelasan lengkap, dua jawaban benar
  3. 2: penjelasan lengkap, satu jawaban benar
  4. 1: penjelasan tidak lengkap, satu jawabn benar
  5. 0: tidak ada penjelasan yang benar
  6. Rubrik Penyutradaraan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Mememntaskan drama
Pustaka: Beberapa naskah drama (karya pengarang Indonesia maupun Asing)
6%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 22%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 78%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.