
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Film dan Sinema |
7920102208 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
1 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Ririe Rengganis, M.Hum.; Drs. Parmin, M.Hum.
|
Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.
|
PARMIN |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu melakukan empat kegiatan apresiasi drama, yakni dokumentasi, performansi, resepsi, dan produksi secara individu dan berkelompok dengan penuh tanggung jawab
|
Matrik PLO-PO |
| |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mampu mengidentifikasi unsur pementasan drama, persiapan, penyelenggaraan, serta pengevaluasian pementasan drama melalui kegiatan dokumentatif, reseptif, serta produktif guna menghasilkan sebuah pementasan drama untuk ditampilkan dan dipentaskan baik dalam diskusi kelas maupun pameran/gelar karya jurusan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Saini, KM. 1996. Peristiwa Teater . Bandung: Penerbit ITB. Hamzah, Adjib. 1985. Pengantar Bermain Drama . Bandung: Rosda Karya.
- Harymawan. 1988. Dramaturgi . Bandung: Rosda Karya.
- Rendra. 1985. Tentang Bermain Drama . Jakarta: Pustaka Jaya.
- Tambayong, Yapi. 2000. Seni Akting . Bandung: Rosda Karya.
- Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting . Jakarta: Gramedia.
- Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran. Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa.
- Sumardjo, Jakob. 1993. Ikhtisar Sejarah Teater Barat . Bandung: Penerbit Angkasa.
- Sumardjo, Jakob. 2004. Perkembangan Teater Modern dan Sastra Drama Indonesia . Bandung: STSI Press.
- Soemanto, Bakdi. 2001. Jagat Teater . Yogyakarta: Penerbit Media Pressindo.
- -----. 2002. Godot di Amerika dan Indonesia: Suatu Studi Banding . Jakarta: Grasindo.
- Dahana, Radhar Panca. 2000. Ideologi Politik dan Teater Modern . Magelang: Indonesiatera.
- Beberapa naskah drama Indonesia dan terjemahan
|
Pendukung : |
|
- Beberapa naskah drama (karya pengarang Indonesia maupun Asing)
- Beberapa video pementasan drama (Indonesia maupun Asing)
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendeskripsikan apresiasi drama |
Menjelaskan pengertian apresiasi drama serta wilayah kajian apresiasi sebagai tagihan |
Kriteria:
- 3: penjelasan lengkap dan benar
- 2: penjelasan kurang lengkap dan benar
- 1: penjelasan kurang lengkap dan ada yang kurang benar
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Pengertian apresiasi drama dan wilayah apresiasi drama Pustaka: Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran. Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa. |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Membedakan pengertian drama dan teater (juga sebagai drama teks dan panggung |
- Mengidentifikasi pengertian drama dan teater
- Membedakan pengertian drama dan teater
|
Kriteria:
- 2: penjelasan benar
- 1: penjelasan kurang lengkap
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Perbedaan drama dan teater Pustaka: Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran. Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami sejarah perkembangan teater Barat dan Indonesia |
- Mendeskripsikan perkembangan teater Barat
- b. Menjelaskan perkembangan teater Barat
|
Kriteria:
- 3: penjelasan lengkap dan tepat
- 2: penjelasan kurang lengkap
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
- 2: penjelasan benar
- 1: penjelasan kurang benar
- 0: Tidak ada penjelasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Teater Barat Pustaka: Sumardjo, Jakob. 1993. Ikhtisar Sejarah Teater Barat . Bandung: Penerbit Angkasa. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan tentang realisme dan absurdisme dalam jagat teater di Barat dan Indonesia |
- Mengidentifikasikan tentang realisme dalam teater Indonesia
- Mengidentifikasikan tentang absudisme jagat teater di Indonesia
- Menjelaskan tentang realisme dan absudisme jagat teater di Barat dan Indonesia
|
Kriteria:
- 3: penjelasan lengkap dan tepat
- 2: penjelasan kurang lengkap
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
- 2: penjelasan benar
- 1: penjelasan kurang benar
- 0: Tidak ada penjelasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mengobservasi, menanya, mengumpulkan, mengolah, dan mengomunikasikan informasi mengenai tetaer Indonesia 2 X 50 |
|
Materi: Teater absurd Pustaka: -----. 2002. Godot di Amerika dan Indonesia: Suatu Studi Banding . Jakarta: Grasindo. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menulis (artikel) kritik atau analisis drama (drama teks atau drama panggung) |
- Mendiskusikan dan menentukan naskah drama (atau pementasan drama)
- Mendesain rancangan produk artikel
- Menentukan objek yang akan dikaji atau dikritik atau ditelaah
- Memilih teori yang tepat untuk analisis
- Membahas sesuai teori yang digunakan
- Menyimpulkan secara tepat
- Menggunakan Bahasa yang baik dan mudah dipahami
- Menyajikan hasil tulisan untuk diuji oleh dosen pengampu matakuliah
|
Kriteria:
- 3: penjelasan lengkap dan tepat
- 2: penjelasan kurang lengkap
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
- 2: penjelasan benar
- 1: penjelasan kurang benar
- 0: Tidak ada penjelasan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning (PjBL) 2 X 50 |
Project Based Learning (PjBL)
|
Materi: Menulis Kritik drama Pustaka: Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran. Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menulis (artikel) kritik atau analisis drama (drama teks atau drama panggung) |
- Mendiskusikan dan menentukan naskah drama (atau pementasan drama)
- Mendesain rancangan produk artikel
- Menentukan objek yang akan dikaji atau dikritik atau ditelaah
- Memilih teori yang tepat untuk analisis
- Membahas sesuai teori yang digunakan
- Menyimpulkan secara tepat
- Menggunakan Bahasa yang baik dan mudah dipahami
- Menyajikan hasil tulisan untuk diuji oleh dosen pengampu matakuliah
|
Kriteria:
- 3: penjelasan lengkap dan tepat
- 2: penjelasan kurang lengkap
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
- 2: penjelasan benar
- 1: penjelasan kurang benar
- 0: Tidak ada penjelasan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning (PjBL) 2 X 50 |
Project Based Learning (PjBL)
|
Materi: Menulis Kritik drama Pustaka: Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran. Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menulis (artikel) kritik atau analisis drama (drama teks atau drama panggung) |
- Mendiskusikan dan menentukan naskah drama (atau pementasan drama)
- Mendesain rancangan produk artikel
- Menentukan objek yang akan dikaji atau dikritik atau ditelaah
- Memilih teori yang tepat untuk analisis
- Membahas sesuai teori yang digunakan
- Menyimpulkan secara tepat
- Menggunakan Bahasa yang baik dan mudah dipahami
- Menyajikan hasil tulisan untuk diuji oleh dosen pengampu matakuliah
|
Kriteria:
- 3: penjelasan lengkap dan tepat
- 2: penjelasan kurang lengkap
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
- 2: penjelasan benar
- 1: penjelasan kurang benar
- 0: Tidak ada penjelasan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning (PjBL) 2 X 50 |
Project Based Learning (PjBL)
|
Materi: Menulis Kritik drama Pustaka: Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran. Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UTS 2 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: Beberapa naskah drama Indonesia dan terjemahan |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Menulis naskah/teks drama, baik berupa saduran atau adaptasi dari teks lain |
- Membaca secara eksploratif teks lain (cerpen, dongeng, legenda) yang yang akan diadaptasi atau disadur
- Menentukan teks lain, misal cerpen, dongeng, atau legenda yang akan disadur atau diadaptasi
- Mengidentifikasi unsur pembangun teks drama untuk menentukan desain produk (naskah drama)
- Menyusun jadwal dan menyadur atau mengadaptasi teks lain menjadi teks drama
- Menyunting
- Menyajikan hasil produk berupa naskah drama (saduran atau adaptasi)
|
Kriteria:
- 3: penjelasan lengkap dan rinci
- 2: penjelasan kurang lengkap dan rinci
- 1: penjelasan kurang lengkap dan kurang rinci
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: Menulis naskah drama Pustaka: Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran. Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menulis naskah/teks drama, baik berupa saduran atau adaptasi dari teks lain |
- Membaca secara eksploratif teks lain (cerpen, dongeng, legenda) yang yang akan diadaptasi atau disadur
- Menentukan teks lain, misal cerpen, dongeng, atau legenda yang akan disadur atau diadaptasi
- Mengidentifikasi unsur pembangun teks drama untuk menentukan desain produk (naskah drama)
- Menyusun jadwal dan menyadur atau mengadaptasi teks lain menjadi teks drama
- Menyunting
- Menyajikan hasil produk berupa naskah drama (saduran atau adaptasi)
|
Kriteria:
- 3: penjelasan lengkap dan rinci
- 2: penjelasan kurang lengkap dan rinci
- 1: penjelasan kurang lengkap dan kurang rinci
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: Menulis naskah drama Pustaka: Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran. Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menulis naskah/teks drama, baik berupa saduran atau adaptasi dari teks lain |
- Membaca secara eksploratif teks lain (cerpen, dongeng, legenda) yang yang akan diadaptasi atau disadur
- Menentukan teks lain, misal cerpen, dongeng, atau legenda yang akan disadur atau diadaptasi
- Mengidentifikasi unsur pembangun teks drama untuk menentukan desain produk (naskah drama)
- Menyusun jadwal dan menyadur atau mengadaptasi teks lain menjadi teks drama
- Menyunting
- Menyajikan hasil produk berupa naskah drama (saduran atau adaptasi)
|
Kriteria:
- 3: penjelasan lengkap dan rinci
- 2: penjelasan kurang lengkap dan rinci
- 1: penjelasan kurang lengkap dan kurang rinci
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: Menulis naskah drama Pustaka: Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran. Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mementaskan drama, dengan memperhatikan unsur drama atau teater, seperti sutradara, pemain/aktor, naskah, panggung, rias dan busana, bunyi dan musik, dll. |
- Secara berkelompok membaca, memilih, dan menentukan naskah drama yang akan dipentaskan
- Secara kelompok merancang dan mendesain pementasan
- Secara berkelompok menyusun jadwal berlatih dan berproses pementasan drama
- Secara berkelompok berproses (berlatih) pementasan drama dengan memperhatikan unsur drama panggung dan didampingi atau dimonitor dosen pengampu
- Menyajikan hasil pementasan di depan dosen pengampu matakluiah untuk diuji hasilnya
|
Kriteria:
- 4: penjelasan lengkap, ketiganya dijawab benar
- 3: penjelasan lengkap, dua jawaban benar
- 2: penjelasan lengkap, satu jawaban benar
- 1: penjelasan tidak lengkap, satu jawabn benar
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
- Rubrik Penyutradaraan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: Mememntaskan drama Pustaka: Beberapa naskah drama (karya pengarang Indonesia maupun Asing) |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mementaskan drama, dengan memperhatikan unsur drama atau teater, seperti sutradara, pemain/aktor, naskah, panggung, rias dan busana, bunyi dan musik, dll. |
- Secara berkelompok membaca, memilih, dan menentukan naskah drama yang akan dipentaskan
- Secara kelompok merancang dan mendesain pementasan
- Secara berkelompok menyusun jadwal berlatih dan berproses pementasan drama
- Secara berkelompok berproses (berlatih) pementasan drama dengan memperhatikan unsur drama panggung dan didampingi atau dimonitor dosen pengampu
- Menyajikan hasil pementasan di depan dosen pengampu matakluiah untuk diuji hasilnya
|
Kriteria:
- 4: penjelasan lengkap, ketiganya dijawab benar
- 3: penjelasan lengkap, dua jawaban benar
- 2: penjelasan lengkap, satu jawaban benar
- 1: penjelasan tidak lengkap, satu jawabn benar
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
- Rubrik Penyutradaraan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: Mememntaskan drama Pustaka: Beberapa naskah drama (karya pengarang Indonesia maupun Asing) |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mementaskan drama, dengan memperhatikan unsur drama atau teater, seperti sutradara, pemain/aktor, naskah, panggung, rias dan busana, bunyi dan musik, dll. |
- Secara berkelompok membaca, memilih, dan menentukan naskah drama yang akan dipentaskan
- Secara kelompok merancang dan mendesain pementasan
- Secara berkelompok menyusun jadwal berlatih dan berproses pementasan drama
- Secara berkelompok berproses (berlatih) pementasan drama dengan memperhatikan unsur drama panggung dan didampingi atau dimonitor dosen pengampu
- Menyajikan hasil pementasan di depan dosen pengampu matakluiah untuk diuji hasilnya
|
Kriteria:
- 4: penjelasan lengkap, ketiganya dijawab benar
- 3: penjelasan lengkap, dua jawaban benar
- 2: penjelasan lengkap, satu jawaban benar
- 1: penjelasan tidak lengkap, satu jawabn benar
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
- Rubrik Penyutradaraan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: Mememntaskan drama Pustaka: Beberapa naskah drama (karya pengarang Indonesia maupun Asing) |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mementaskan drama, dengan memperhatikan unsur drama atau teater, seperti sutradara, pemain/aktor, naskah, panggung, rias dan busana, bunyi dan musik, dll. |
- Secara berkelompok membaca, memilih, dan menentukan naskah drama yang akan dipentaskan
- Secara kelompok merancang dan mendesain pementasan
- Secara berkelompok menyusun jadwal berlatih dan berproses pementasan drama
- Secara berkelompok berproses (berlatih) pementasan drama dengan memperhatikan unsur drama panggung dan didampingi atau dimonitor dosen pengampu
- Menyajikan hasil pementasan di depan dosen pengampu matakluiah untuk diuji hasilnya
|
Kriteria:
- 4: penjelasan lengkap, ketiganya dijawab benar
- 3: penjelasan lengkap, dua jawaban benar
- 2: penjelasan lengkap, satu jawaban benar
- 1: penjelasan tidak lengkap, satu jawabn benar
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
- Rubrik Penyutradaraan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: Mememntaskan drama Pustaka: Beberapa naskah drama (karya pengarang Indonesia maupun Asing) |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mementaskan drama, dengan memperhatikan unsur drama atau teater, seperti sutradara, pemain/aktor, naskah, panggung, rias dan busana, bunyi dan musik, dll. |
- Secara berkelompok membaca, memilih, dan menentukan naskah drama yang akan dipentaskan
- Secara kelompok merancang dan mendesain pementasan
- Secara berkelompok menyusun jadwal berlatih dan berproses pementasan drama
- Secara berkelompok berproses (berlatih) pementasan drama dengan memperhatikan unsur drama panggung dan didampingi atau dimonitor dosen pengampu
- Menyajikan hasil pementasan di depan dosen pengampu matakluiah untuk diuji hasilnya
|
Kriteria:
- 4: penjelasan lengkap, ketiganya dijawab benar
- 3: penjelasan lengkap, dua jawaban benar
- 2: penjelasan lengkap, satu jawaban benar
- 1: penjelasan tidak lengkap, satu jawabn benar
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
- Rubrik Penyutradaraan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: Mememntaskan drama Pustaka: Beberapa naskah drama (karya pengarang Indonesia maupun Asing) |
6% |