|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Program Proyek Kemanusiaan |
7920209090 |
|
T=0 |
P=4 |
ECTS=6.36 |
5 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Di akhir perkuliahan, mahasiswa mampu memahami dan mengevaluasi elemen-elemen kunci dari proyek kemanusiaan, mulai dari penilaian kebutuhan hingga analisis dampak.
|
PO - 2 |
Melakukan pengumpulan dan analisis data untuk merancang dan meningkatkan program kemanusiaan berdasarkan studi kasus nyata. CPMK 3: Mengusulkan strategi berkelanjutan untuk pelaksanaan da
|
PO - 3 |
Mengusulkan strategi berkelanjutan untuk pelaksanaan dan manajemen proyek kemanusiaan di berbagai konteks.
|
PO - 4 |
Menyajikan evaluasi komprehensif proyek kemanusiaan, termasuk rekomendasi untuk perbaikan dan strategi masa depan.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PO-1 | | | ✔ | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa untuk menganalisis dan mengevaluasi program proyek kemanusiaan. Materi mencakup aspek-aspek penting dari pekerjaan kemanusiaan, termasuk penilaian kebutuhan, perancangan program, pelaksanaan, dan evaluasi. Mahasiswa akan mempelajari teori-teori kunci serta praktik-praktik yang digunakan dalam konteks kemanusiaan, serta bagaimana menangani isu-isu kritis seperti bantuan bencana, dukungan komunitas, dan program pengembangan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Jones, Leo. (2001). Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry. Cambridge University Press.
- Wyatt, Rawdon. (2007). Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism (2nd ed.). A&C Black.
- Hutchby, Ian. (2006). Media Talk: Conversation Analysis and the Study of Broadcasting. Open University Press.
- Tannen, Deborah. (2007). Talking Voices: Repetition, Dialogue, and Imagery in Conversational Discourse. Cambridge University Press.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pada masa akhir perkuliahan, mahasiswa mampu memahami dan mengevaluasi elemen-elemen kunci dari proyek kemanusiaan, mulai dari penilaian kebutuhan hingga analisis dampak. |
- Menganalisis studi kasus krisis kemanusiaan
- Mengidentifikasi kebutuhan utama seperti tempat tinggal, pangan, kesehatan, dan pendidikan.
- Menilai peran pemerintah dan LSM dalam menangani kebutuhan tersebut
- Mengusulkan strategi respons awal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara mendesak.
|
Kriteria:
Analisis studi kasus Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: keterlibatan pemangku kepentingan dan analisis kebutuhan yang relevan dengan konteks proyek kemanusiaan. Pustaka: Jones, Leo. (2001). Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry. Cambridge University Press. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Pada masa akhir perkuliahan, mahasiswa mampu memahami dan mengevaluasi elemen-elemen kunci dari proyek kemanusiaan, mulai dari penilaian kebutuhan hingga analisis dampak. |
- Menganalisis studi kasus krisis kemanusiaan
- Mengidentifikasi kebutuhan utama seperti tempat tinggal, pangan, kesehatan, dan pendidikan.
- Menilai peran pemerintah dan LSM dalam menangani kebutuhan tersebut
- Mengusulkan strategi respons awal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara mendesak.
|
Kriteria:
Analisis studi kasus Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: keterlibatan pemangku kepentingan dan analisis kebutuhan yang relevan dengan konteks proyek kemanusiaan. Pustaka: Jones, Leo. (2001). Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry. Cambridge University Press. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Pada masa akhir perkuliahan, mahasiswa mampu memahami dan mengevaluasi elemen-elemen kunci dari proyek kemanusiaan, mulai dari penilaian kebutuhan hingga analisis dampak. |
- Menganalisis studi kasus krisis kemanusiaan
- Mengidentifikasi kebutuhan utama seperti tempat tinggal, pangan, kesehatan, dan pendidikan.
- Menilai peran pemerintah dan LSM dalam menangani kebutuhan tersebut
- Mengusulkan strategi respons awal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara mendesak.
|
Kriteria:
Analisis studi kasus Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: keterlibatan pemangku kepentingan dan analisis kebutuhan yang relevan dengan konteks proyek kemanusiaan. Pustaka: Jones, Leo. (2001). Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry. Cambridge University Press. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Pada masa akhir perkuliahan, mahasiswa mampu memahami dan mengevaluasi elemen-elemen kunci dari proyek kemanusiaan, mulai dari penilaian kebutuhan hingga analisis dampak. |
- Menganalisis studi kasus krisis kemanusiaan
- Mengidentifikasi kebutuhan utama seperti tempat tinggal, pangan, kesehatan, dan pendidikan.
- Menilai peran pemerintah dan LSM dalam menangani kebutuhan tersebut
- Mengusulkan strategi respons awal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara mendesak.
|
Kriteria:
Analisis studi kasus Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: keterlibatan pemangku kepentingan dan analisis kebutuhan yang relevan dengan konteks proyek kemanusiaan. Pustaka: Jones, Leo. (2001). Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry. Cambridge University Press. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu melakukan pengumpulan dan analisis data untuk merancang dan meningkatkan program kemanusiaan berdasarkan studi kasus nyata |
- Menganalisis struktur program termasuk tujuan, garis waktu, dan sumber daya.
- Mengidentifikasi pemangku kepentingan utama dan peran mereka dalam pelaksanaan proyek.
|
Kriteria:
Presentasi desain program Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: terminologi dan konsep yang berkaitan dengan proyek kemanusiaan yang melibatkan dukungan komunitas dan pariwisata Pustaka: Wyatt, Rawdon. (2007). Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism (2nd ed.). A&C Black. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu melakukan pengumpulan dan analisis data untuk merancang dan meningkatkan program kemanusiaan berdasarkan studi kasus nyata |
- Menganalisis struktur program termasuk tujuan, garis waktu, dan sumber daya.
- Mengidentifikasi pemangku kepentingan utama dan peran mereka dalam pelaksanaan proyek.
|
Kriteria:
Presentasi desain program Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: terminologi dan konsep yang berkaitan dengan proyek kemanusiaan yang melibatkan dukungan komunitas dan pariwisata Pustaka: Wyatt, Rawdon. (2007). Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism (2nd ed.). A&C Black. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu melakukan pengumpulan dan analisis data untuk merancang dan meningkatkan program kemanusiaan berdasarkan studi kasus nyata |
- Menganalisis struktur program termasuk tujuan, garis waktu, dan sumber daya.
- Mengidentifikasi pemangku kepentingan utama dan peran mereka dalam pelaksanaan proyek.
|
Kriteria:
Presentasi desain program Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: terminologi dan konsep yang berkaitan dengan proyek kemanusiaan yang melibatkan dukungan komunitas dan pariwisata Pustaka: Wyatt, Rawdon. (2007). Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism (2nd ed.). A&C Black. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu melakukan pengumpulan dan analisis data untuk merancang dan meningkatkan program kemanusiaan berdasarkan studi kasus nyata |
- Menganalisis struktur program termasuk tujuan, garis waktu, dan sumber daya.
- Mengidentifikasi pemangku kepentingan utama dan peran mereka dalam pelaksanaan proyek.
|
Kriteria:
Presentasi desain program Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: terminologi dan konsep yang berkaitan dengan proyek kemanusiaan yang melibatkan dukungan komunitas dan pariwisata Pustaka: Wyatt, Rawdon. (2007). Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism (2nd ed.). A&C Black. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
|
- Mengidentifikasi tantangan logistik, keuangan, dan sumber daya manusia dalam proyek kemanusiaan.
- Mengevaluasi strategi yang digunakan untuk mengatasi tantangan dalam proyek sebelumnya.
|
Kriteria:
- Analisis pelaksanaan
- Essay tertulis mengenai solusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: analisis strategi komunikasi dalam proyek kemanusiaan, khususnya dalam manajemen krisis dan keterlibatan media. Pustaka: Hutchby, Ian. (2006). Media Talk: Conversation Analysis and the Study of Broadcasting. Open University Press. |
6% |
10
Minggu ke 10 |
|
- Mengidentifikasi tantangan logistik, keuangan, dan sumber daya manusia dalam proyek kemanusiaan.
- Mengevaluasi strategi yang digunakan untuk mengatasi tantangan dalam proyek sebelumnya.
|
Kriteria:
- Analisis pelaksanaan
- Essay tertulis mengenai solusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: analisis strategi komunikasi dalam proyek kemanusiaan, khususnya dalam manajemen krisis dan keterlibatan media. Pustaka: Hutchby, Ian. (2006). Media Talk: Conversation Analysis and the Study of Broadcasting. Open University Press. |
6% |
11
Minggu ke 11 |
|
- Mengidentifikasi tantangan logistik, keuangan, dan sumber daya manusia dalam proyek kemanusiaan.
- Mengevaluasi strategi yang digunakan untuk mengatasi tantangan dalam proyek sebelumnya.
|
Kriteria:
- Analisis pelaksanaan
- Essay tertulis mengenai solusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: analisis strategi komunikasi dalam proyek kemanusiaan, khususnya dalam manajemen krisis dan keterlibatan media. Pustaka: Hutchby, Ian. (2006). Media Talk: Conversation Analysis and the Study of Broadcasting. Open University Press. |
6% |
12
Minggu ke 12 |
|
- Mengidentifikasi tantangan logistik, keuangan, dan sumber daya manusia dalam proyek kemanusiaan.
- Mengevaluasi strategi yang digunakan untuk mengatasi tantangan dalam proyek sebelumnya.
|
Kriteria:
- Analisis pelaksanaan
- Essay tertulis mengenai solusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: analisis strategi komunikasi dalam proyek kemanusiaan, khususnya dalam manajemen krisis dan keterlibatan media. Pustaka: Hutchby, Ian. (2006). Media Talk: Conversation Analysis and the Study of Broadcasting. Open University Press. |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengomunikasikan hasil analisis proyek kemanusiaan secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis, menggunakan data dan studi kasus yang relevan. |
- Melakukan penilaian dampak dari proyek kemanusiaan yang telah selesai.
- Mengevaluasi efektivitas proyek berdasarkan tujuan dan KPI-nya.
- Mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan menyarankan rekomendasi yang dapat diimplementasikan.
|
Kriteria:
- Presentasi
- laporan evaluasi tertulis.
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: menganalisis komunikasi pemangku kepentingan dan keterlibatan komunitas dalam konteks kemanusiaan. Pustaka: Tannen, Deborah. (2007). Talking Voices: Repetition, Dialogue, and Imagery in Conversational Discourse. Cambridge University Press. |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengomunikasikan hasil analisis proyek kemanusiaan secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis, menggunakan data dan studi kasus yang relevan. |
- Melakukan penilaian dampak dari proyek kemanusiaan yang telah selesai.
- Mengevaluasi efektivitas proyek berdasarkan tujuan dan KPI-nya.
- Mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan menyarankan rekomendasi yang dapat diimplementasikan.
|
Kriteria:
- Presentasi
- laporan evaluasi tertulis.
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: menganalisis komunikasi pemangku kepentingan dan keterlibatan komunitas dalam konteks kemanusiaan. Pustaka: Tannen, Deborah. (2007). Talking Voices: Repetition, Dialogue, and Imagery in Conversational Discourse. Cambridge University Press. |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengomunikasikan hasil analisis proyek kemanusiaan secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis, menggunakan data dan studi kasus yang relevan. |
- Melakukan penilaian dampak dari proyek kemanusiaan yang telah selesai.
- Mengevaluasi efektivitas proyek berdasarkan tujuan dan KPI-nya.
- Mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan menyarankan rekomendasi yang dapat diimplementasikan.
|
Kriteria:
- Presentasi
- laporan evaluasi tertulis.
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: menganalisis komunikasi pemangku kepentingan dan keterlibatan komunitas dalam konteks kemanusiaan. Pustaka: Tannen, Deborah. (2007). Talking Voices: Repetition, Dialogue, and Imagery in Conversational Discourse. Cambridge University Press. |
7% |
16
Minggu ke 16 |
- Final Exam
- Mahasiswa memilih proyek kemanusiaan nyata atau hipotetis dan melakukan evaluasi menyeluruh
|
analisis kebutuhan, desain program, tantangan pelaksanaan, serta evaluasi dampak keseluruhan dari proyek tersebut |
Kriteria:
- Ketepatan analisis kebutuhan dan desain program.
- Kualitas dan kelayakan solusi yang diusulkan untuk tantangan pelaksanaan.
- Kedalaman analisis dalam mengevaluasi dampak dan keberlanjutan proyek.
- Keterampilan presentasi dan kemampuan mempertahankan rekomendasi.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
|
14% |