Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Program Proyek Kemanusiaan

7920209090

T=0

P=4

ECTS=6.36

5

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Di akhir perkuliahan, mahasiswa mampu memahami dan mengevaluasi elemen-elemen kunci dari proyek kemanusiaan, mulai dari penilaian kebutuhan hingga analisis dampak.

PO - 2

Melakukan pengumpulan dan analisis data untuk merancang dan meningkatkan program kemanusiaan berdasarkan studi kasus nyata. CPMK 3: Mengusulkan strategi berkelanjutan untuk pelaksanaan da

PO - 3

Mengusulkan strategi berkelanjutan untuk pelaksanaan dan manajemen proyek kemanusiaan di berbagai konteks.

PO - 4

Menyajikan evaluasi komprehensif proyek kemanusiaan, termasuk rekomendasi untuk perbaikan dan strategi masa depan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa untuk menganalisis dan mengevaluasi program proyek kemanusiaan. Materi mencakup aspek-aspek penting dari pekerjaan kemanusiaan, termasuk penilaian kebutuhan, perancangan program, pelaksanaan, dan evaluasi. Mahasiswa akan mempelajari teori-teori kunci serta praktik-praktik yang digunakan dalam konteks kemanusiaan, serta bagaimana menangani isu-isu kritis seperti bantuan bencana, dukungan komunitas, dan program pengembangan.

Pustaka

Utama :

  1. Jones, Leo. (2001). Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry. Cambridge University Press.
  2. Wyatt, Rawdon. (2007). Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism (2nd ed.). A&C Black.
  3. Hutchby, Ian. (2006). Media Talk: Conversation Analysis and the Study of Broadcasting. Open University Press.
  4. Tannen, Deborah. (2007). Talking Voices: Repetition, Dialogue, and Imagery in Conversational Discourse. Cambridge University Press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pada masa akhir perkuliahan, mahasiswa mampu memahami dan mengevaluasi elemen-elemen kunci dari proyek kemanusiaan, mulai dari penilaian kebutuhan hingga analisis dampak.

  1. Menganalisis studi kasus krisis kemanusiaan
  2. Mengidentifikasi kebutuhan utama seperti tempat tinggal, pangan, kesehatan, dan pendidikan.
  3. Menilai peran pemerintah dan LSM dalam menangani kebutuhan tersebut
  4. Mengusulkan strategi respons awal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara mendesak.
Kriteria:

Analisis studi kasus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4 X 50

Materi: keterlibatan pemangku kepentingan dan analisis kebutuhan yang relevan dengan konteks proyek kemanusiaan.
Pustaka: Jones, Leo. (2001). Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry. Cambridge University Press.
5%

2

Minggu ke 2

Pada masa akhir perkuliahan, mahasiswa mampu memahami dan mengevaluasi elemen-elemen kunci dari proyek kemanusiaan, mulai dari penilaian kebutuhan hingga analisis dampak.

  1. Menganalisis studi kasus krisis kemanusiaan
  2. Mengidentifikasi kebutuhan utama seperti tempat tinggal, pangan, kesehatan, dan pendidikan.
  3. Menilai peran pemerintah dan LSM dalam menangani kebutuhan tersebut
  4. Mengusulkan strategi respons awal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara mendesak.
Kriteria:

Analisis studi kasus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4 X 50

Materi: keterlibatan pemangku kepentingan dan analisis kebutuhan yang relevan dengan konteks proyek kemanusiaan.
Pustaka: Jones, Leo. (2001). Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry. Cambridge University Press.
5%

3

Minggu ke 3

Pada masa akhir perkuliahan, mahasiswa mampu memahami dan mengevaluasi elemen-elemen kunci dari proyek kemanusiaan, mulai dari penilaian kebutuhan hingga analisis dampak.

  1. Menganalisis studi kasus krisis kemanusiaan
  2. Mengidentifikasi kebutuhan utama seperti tempat tinggal, pangan, kesehatan, dan pendidikan.
  3. Menilai peran pemerintah dan LSM dalam menangani kebutuhan tersebut
  4. Mengusulkan strategi respons awal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara mendesak.
Kriteria:

Analisis studi kasus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4 X 50

Materi: keterlibatan pemangku kepentingan dan analisis kebutuhan yang relevan dengan konteks proyek kemanusiaan.
Pustaka: Jones, Leo. (2001). Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry. Cambridge University Press.
5%

4

Minggu ke 4

Pada masa akhir perkuliahan, mahasiswa mampu memahami dan mengevaluasi elemen-elemen kunci dari proyek kemanusiaan, mulai dari penilaian kebutuhan hingga analisis dampak.

  1. Menganalisis studi kasus krisis kemanusiaan
  2. Mengidentifikasi kebutuhan utama seperti tempat tinggal, pangan, kesehatan, dan pendidikan.
  3. Menilai peran pemerintah dan LSM dalam menangani kebutuhan tersebut
  4. Mengusulkan strategi respons awal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara mendesak.
Kriteria:

Analisis studi kasus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4 X 50

Materi: keterlibatan pemangku kepentingan dan analisis kebutuhan yang relevan dengan konteks proyek kemanusiaan.
Pustaka: Jones, Leo. (2001). Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry. Cambridge University Press.
5%

5

Minggu ke 5

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu melakukan pengumpulan dan analisis data untuk merancang dan meningkatkan program kemanusiaan berdasarkan studi kasus nyata

  1. Menganalisis struktur program termasuk tujuan, garis waktu, dan sumber daya.
  2. Mengidentifikasi pemangku kepentingan utama dan peran mereka dalam pelaksanaan proyek.
Kriteria:

Presentasi desain program


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Luring
4 X 50

Materi: terminologi dan konsep yang berkaitan dengan proyek kemanusiaan yang melibatkan dukungan komunitas dan pariwisata
Pustaka: Wyatt, Rawdon. (2007). Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism (2nd ed.). A&C Black.
5%

6

Minggu ke 6

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu melakukan pengumpulan dan analisis data untuk merancang dan meningkatkan program kemanusiaan berdasarkan studi kasus nyata

  1. Menganalisis struktur program termasuk tujuan, garis waktu, dan sumber daya.
  2. Mengidentifikasi pemangku kepentingan utama dan peran mereka dalam pelaksanaan proyek.
Kriteria:

Presentasi desain program


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Luring
4 X 50

Materi: terminologi dan konsep yang berkaitan dengan proyek kemanusiaan yang melibatkan dukungan komunitas dan pariwisata
Pustaka: Wyatt, Rawdon. (2007). Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism (2nd ed.). A&C Black.
5%

7

Minggu ke 7

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu melakukan pengumpulan dan analisis data untuk merancang dan meningkatkan program kemanusiaan berdasarkan studi kasus nyata

  1. Menganalisis struktur program termasuk tujuan, garis waktu, dan sumber daya.
  2. Mengidentifikasi pemangku kepentingan utama dan peran mereka dalam pelaksanaan proyek.
Kriteria:

Presentasi desain program


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Luring
4 X 50

Materi: terminologi dan konsep yang berkaitan dengan proyek kemanusiaan yang melibatkan dukungan komunitas dan pariwisata
Pustaka: Wyatt, Rawdon. (2007). Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism (2nd ed.). A&C Black.
5%

8

Minggu ke 8

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu melakukan pengumpulan dan analisis data untuk merancang dan meningkatkan program kemanusiaan berdasarkan studi kasus nyata

  1. Menganalisis struktur program termasuk tujuan, garis waktu, dan sumber daya.
  2. Mengidentifikasi pemangku kepentingan utama dan peran mereka dalam pelaksanaan proyek.
Kriteria:

Presentasi desain program


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Luring
4 X 50

Materi: terminologi dan konsep yang berkaitan dengan proyek kemanusiaan yang melibatkan dukungan komunitas dan pariwisata
Pustaka: Wyatt, Rawdon. (2007). Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism (2nd ed.). A&C Black.
5%

9

Minggu ke 9

  1. Mengidentifikasi tantangan logistik, keuangan, dan sumber daya manusia dalam proyek kemanusiaan.
  2. Mengevaluasi strategi yang digunakan untuk mengatasi tantangan dalam proyek sebelumnya.
Kriteria:
  1. Analisis pelaksanaan
  2. Essay tertulis mengenai solusi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4 X 50

Materi: analisis strategi komunikasi dalam proyek kemanusiaan, khususnya dalam manajemen krisis dan keterlibatan media.
Pustaka: Hutchby, Ian. (2006). Media Talk: Conversation Analysis and the Study of Broadcasting. Open University Press.
6%

10

Minggu ke 10

  1. Mengidentifikasi tantangan logistik, keuangan, dan sumber daya manusia dalam proyek kemanusiaan.
  2. Mengevaluasi strategi yang digunakan untuk mengatasi tantangan dalam proyek sebelumnya.
Kriteria:
  1. Analisis pelaksanaan
  2. Essay tertulis mengenai solusi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4 X 50

Materi: analisis strategi komunikasi dalam proyek kemanusiaan, khususnya dalam manajemen krisis dan keterlibatan media.
Pustaka: Hutchby, Ian. (2006). Media Talk: Conversation Analysis and the Study of Broadcasting. Open University Press.
6%

11

Minggu ke 11

  1. Mengidentifikasi tantangan logistik, keuangan, dan sumber daya manusia dalam proyek kemanusiaan.
  2. Mengevaluasi strategi yang digunakan untuk mengatasi tantangan dalam proyek sebelumnya.
Kriteria:
  1. Analisis pelaksanaan
  2. Essay tertulis mengenai solusi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4 X 50

Materi: analisis strategi komunikasi dalam proyek kemanusiaan, khususnya dalam manajemen krisis dan keterlibatan media.
Pustaka: Hutchby, Ian. (2006). Media Talk: Conversation Analysis and the Study of Broadcasting. Open University Press.
6%

12

Minggu ke 12

  1. Mengidentifikasi tantangan logistik, keuangan, dan sumber daya manusia dalam proyek kemanusiaan.
  2. Mengevaluasi strategi yang digunakan untuk mengatasi tantangan dalam proyek sebelumnya.
Kriteria:
  1. Analisis pelaksanaan
  2. Essay tertulis mengenai solusi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4 X 50

Materi: analisis strategi komunikasi dalam proyek kemanusiaan, khususnya dalam manajemen krisis dan keterlibatan media.
Pustaka: Hutchby, Ian. (2006). Media Talk: Conversation Analysis and the Study of Broadcasting. Open University Press.
6%

13

Minggu ke 13

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengomunikasikan hasil analisis proyek kemanusiaan secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis, menggunakan data dan studi kasus yang relevan.

  1. Melakukan penilaian dampak dari proyek kemanusiaan yang telah selesai.
  2. Mengevaluasi efektivitas proyek berdasarkan tujuan dan KPI-nya.
  3. Mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan menyarankan rekomendasi yang dapat diimplementasikan.
Kriteria:
  1. Presentasi
  2. laporan evaluasi tertulis.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Luring
4 X 50

Materi: menganalisis komunikasi pemangku kepentingan dan keterlibatan komunitas dalam konteks kemanusiaan.
Pustaka: Tannen, Deborah. (2007). Talking Voices: Repetition, Dialogue, and Imagery in Conversational Discourse. Cambridge University Press.
7%

14

Minggu ke 14

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengomunikasikan hasil analisis proyek kemanusiaan secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis, menggunakan data dan studi kasus yang relevan.

  1. Melakukan penilaian dampak dari proyek kemanusiaan yang telah selesai.
  2. Mengevaluasi efektivitas proyek berdasarkan tujuan dan KPI-nya.
  3. Mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan menyarankan rekomendasi yang dapat diimplementasikan.
Kriteria:
  1. Presentasi
  2. laporan evaluasi tertulis.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Luring
4 X 50

Materi: menganalisis komunikasi pemangku kepentingan dan keterlibatan komunitas dalam konteks kemanusiaan.
Pustaka: Tannen, Deborah. (2007). Talking Voices: Repetition, Dialogue, and Imagery in Conversational Discourse. Cambridge University Press.
7%

15

Minggu ke 15

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengomunikasikan hasil analisis proyek kemanusiaan secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis, menggunakan data dan studi kasus yang relevan.

  1. Melakukan penilaian dampak dari proyek kemanusiaan yang telah selesai.
  2. Mengevaluasi efektivitas proyek berdasarkan tujuan dan KPI-nya.
  3. Mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan menyarankan rekomendasi yang dapat diimplementasikan.
Kriteria:
  1. Presentasi
  2. laporan evaluasi tertulis.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Luring
4 X 50

Materi: menganalisis komunikasi pemangku kepentingan dan keterlibatan komunitas dalam konteks kemanusiaan.
Pustaka: Tannen, Deborah. (2007). Talking Voices: Repetition, Dialogue, and Imagery in Conversational Discourse. Cambridge University Press.
7%

16

Minggu ke 16

  1. Final Exam
  2. Mahasiswa memilih proyek kemanusiaan nyata atau hipotetis dan melakukan evaluasi menyeluruh

analisis kebutuhan, desain program, tantangan pelaksanaan, serta evaluasi dampak keseluruhan dari proyek tersebut

Kriteria:
  1. Ketepatan analisis kebutuhan dan desain program.
  2. Kualitas dan kelayakan solusi yang diusulkan untuk tantangan pelaksanaan.
  3. Kedalaman analisis dalam mengevaluasi dampak dan keberlanjutan proyek.
  4. Keterampilan presentasi dan kemampuan mempertahankan rekomendasi.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


14%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 6.68%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 14%
3. Penilaian Portofolio 17.18%
4. Penilaian Praktikum 42.5%
5. Praktik / Unjuk Kerja 18.68%
99.04%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.